Cek Suhu Normal Kulkas 1 Pintu dan Cara Mengaturnya

Tidak sedikit dari Anda mungkin akan bertanya-tanya, berapa suhu normal kulkas 1 pintu tersebut. Sebab sebagian besar dari masyarakat menemukan masalah dengan makanan ataupun minuman yang disimpan di dalam lemari pendingin.

Perlu diketahui bahwa apabila suhu kulkas kurang tepat ternyata dapat membuat bahan makanan ataupun minuman yang terdapat di dalamnya dapat berkurang kualitasnya. Bahkan Anda akan menemukan bahwa bahan tersebut akan cepat membusuk.

Tidak hanya bisa menjaga kualitasnya saja, tetapi dengan memasang temperature pada lemari pendingin dengan tepat juga akan terhindar dari bahaya terkena bakteri ataupun sumber penyakit. Apabila Anda belum mengetahui berapakah temperatur yang tepat, silahkan cek penjelasannya berikut.

Mengenal Kulkas 1 Pintu

Mengenal Kulkas 1 Pintu

Kalau berbicara mengenai lemari pendingin atau kulkas, tentu tipe 1 pintu adalah pilihan yang paling popular di kalangan keluarga Indonesia. Hal tersebut bukan tanpa alasan selain praktis, harganya juga relative lebih terjangkau dibandingkan dengan 12 pintu.

Tidak hanya itu saja, di dalamnya terdapat bagian pendingin serta freezer yang terintegrasi dengan adanya sekat pemisah. Dengan begitu, membuat Anda bisa mengakses kedua jenis pendingin tersebut hanya dengan membuka satu pintu saja.

Alasan lainnya kenapa kulkas dengan satu pintu lebih banyak dipilih adalah karena ukurannya compac serta cocok diaplikasikan pada rumah dengan ruangan terbatas. Kendati demikian, kapasitas yang tersedia sudah dapat menampung kebutuhan sehari-hari Anda.

Bahkan sebagian besar dari produk tersebut juga sudah dibekali dengan berbagai macam fitur serta teknologi canggih seperti dapat mengatur temperature dengan kebutuhan. Nah, kalau Anda merupakan salah satu pengguna jenis pendingin ini, maka perlu mengetahui suhu normal kulkas 1 pintu terlebih dahulu.

Berapakah Suhu Normal Kulkas 1 Pintu? Cek Jawabannya Berikut

Berapakah Suhu Normal Kulkas 1 Pintu Cek Jawabannya Berikut

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa mensetting kulkas dengan suhu normal memang menjadi hal yang wajib dilakukan. Dengan begitu bahan-bahan makanan ataupun minuman yang terdapat di dalamnya dalam bertahan lebih lama.

Baca Juga:  Kabel NYY: Karakteristik, Jenis-jenis, Fungsi & Penerapannya

Tetapi berapakah suhu yang normal kulkas 1 pintu? Idealnya lemari pendingin tersebut harus mempunyai temperatur  maksimum 4oC agar bisa menyimpan bahan-bahan makanan di dalamnya. Sedangkan buat penggunaan sehari-hari, idealnya berada di antara 1-3oC alias mendekati titik beku.

Sedangkan untuk suhu freezer kulkas 1 pintu yang normal adalah dibawah -18oC. Dengan mengatur temperatur dengan tepat itulah dapat mencegah adanya perkembangbiakan bakteri penyebab penyakit.

Apabila Anda mengatur suhu hingga ke titik 0 pada kulkas maka dapat mengurangi kualitas makanan yang ada di dalamnya. Sedangkan apabila mengatur hingga diatas 4oC mengakibatkan bakteri seperti salmonella dan e-colli dapat berkembang biak dengan mudah.

Bagaimana Cara Mengetahui Suhu Pada Lemari Pendingin?

Sudah mengetahui bagaimana suhu kulkas normal bukan? berikutnya Anda juga perlu mengetahui suhu sebenarnya pada lemari pendingin tersebut. Biasanya untuk mengetahuinya tersebut, Anda membutuhkan alat thermometer yang bisa ditemukan dengan mudah.

Silahkan tempatkan thermometer ke dalam pendingin selama kurang lebih 30 menit untuk mengetahui temperaturnya. Penggunaan dari alat thermometer itulah ternyata bukan tanpa alasan karena biasanya jenis kulkas 1 pintu belum dilengkapi dengan panel display penunjuk temperatur

Walaupun Anda menemukan adanya skala temperatur yang terdapat pada pengatur suhu, tetapi sebenarnya hal tersebut tidak akan memberikan informasi sebenarnya. Adapun skala yang tertulis tersebut biasanya mulai angka 1-5 saja.

Cara Mengatur Suhu Agar Normal

Seperti pada point sebelumnya bahwa buat mengetahui temperatur di dalam kulkas, maka Anda membutuhkan alat bernama thermometer. Setelah membelinya, maka Anda dapat segera melakukan pengaturan temperature atau suhu menggunakan alat ini.

Untuk cara mengatur suhu kulkas 1 pintu menggunakan alat tersebut sebenarnya tidaklah sulit dilakukan. Namun memang kalau belum terbiasa menggunakan thermometer, Anda mungkin akan kebingungan dalam melakukannya.

Baca Juga:  Berapa Watt Kompor Listrik, Tips dan Kelebihan Penggunaannya

Itulah mengapa kami berikan beberapa tips buat mengatur temperatur pada lemari pendingin tersebut agar tetap ideal serta normal.

  • Silahkan siapkan alat thermometer yang akan digunakan buat mengatur suhu
  • Taruh alat tersebut ke dalam kulkas dimana akan dihitung suhu didalamnya
  • Aturlah skala suhu pada posisi sedang atau biasanya ada di angka tiga atau tengah
  • Tunggu hingga sekitar 30 menit, thermometer berada di dalamnya
  • Setelah sudah selesai, Anda dapat melihat berapakah angka yang ditampilkan pada panel thermometer tersebut
  • Pastikan suhu ruang berada dibawah 4 derajat celcius
  • Jika suhu tersebut masih berada diatasnya, silahkan putar skala pengatur ke kanan sedikit
  • Masukkan lagi alat dan diamkan selama 25 menit
  • Jika sudah mendapatkan nilai tepat, maka Anda bisa menandai skala pengatur suhu normal yang terdapat di dalam kulkas.

Ciri-ciri Suhu Kulkas Yang Sudah Tepat

Apabila Anda telah mengatur suhu pada lemari pendingin dengan angka yang tepat, maka seharusnya sudah merasakan beberapa ciri dari suhu sudah normal tersebut. Adapun beberapa ciri yang ditampilkan pada lemari pendingin dengan suhu sudah normal diantaranya adalah

  • Jus ataupun susu yang ada di dalamnya teap dingin
  • Tidak terdapat bunga es pada makanan
  • Makanan tetap segar serta tidak cepat kadaluarsa
  • Es batu yang terdapat pada freezer cepat beku.

Tips Menjaga Suhu Agar Tetap Dingin dan Normal

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara mengatur suhu kulkas Sharp 1 pintu ataupun pada merk lainnya, maka perlu mengetahui bagaimana tips menjaga temperatur tetap normal dan dingin. Sebab adanya perubahan temperature ternyata disebabkan karena penggunaan dari penggunanya.

Tidak sedikit dari pengguna justru asal-asalan dalam menaruh barang serta tidak merawat benda tersebut dengan baik. Oleh sebab itulah, Anda perlu mengetahui beberapa tips dibawah ini buat menjaga temperature pada kulkas agar tetap normal dan dingin.

Baca Juga:  K3 Singkatan dari Apa? Ini Pengertian dan Penjelasannya

Jangan Memasukkan Makanan atau Minuman Panas

Tips pertama yang perlu Anda ketahui adalah pastikan jangan pernah memasukkan makanan ataupun minuman panas ke dalam kulkas terlebih dahulu. Sebab suhu panas dapat mengakibatkan peningkatan temperatur ruangan yang kecil dengan tepat.

Cobalah berikan waktu sejenak agar makanan ataupun minuman tersebut dingin dengan sendirinya terkena udara luar. Sesudah itu, Anda dapat memasukkannya ke dalam kulkas.

Hindari Membuka Tutup Secara Sering

Setiap kali Anda membuka pendingin untuk mengambil makanan minuman di dalamnya, udara luar yang panas bisa masuk serta mengakibatkan peningkatan temperatur di dalamnya dengan cepat. Adanya kondisi itulah maka bisa mengakibatkan mesin kulkas bekerja secara terus-menerus agar suhu didalamnya stabil.

Cek Lapisan Karet Pada Pintu

Lapisan karet atau biasa dikenal dengan gasket yang terpasang pada kulkas sendiri mempunyai fungsi buat memastikan agar pintu tersebut dapat tertutup dengan sempurna. Inilah mengapa pentingnya agar Anda juga mengecek lapisan karetnya tersebut.

Hindari Menaruh Banyak Bahan

Semakin banyak bahan-bahan yang dimasukkan ke dalam pendingin, maka semakin berat mesin kulkas buat menjaga agar temperatur tetap dingin. itulah mengapa sebaiknya hindari menaruh banyak bahan-bahan di dalamnya.

Dengan menyimpan makanan di dalam suhu tepat, maka dapat membantu mencegah adanya pembusukan pada makanan atau minuman dengan cepat. Itulah mengapa pentingnya agar mengatur suhu normal kulkas 1 pintu terlebih dahulu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment