Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Berikut adalah cara mengatasi TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup. Gangguan perangkat elektronik yang terjadi di rumah terkadang mengesalkan dan harus segera diperbaiki supaya tidak mengganggu jalannya kegiatan Anda.

TV saat ini telah menjadi benda yang dapat ditemui di tiap rumah, sebab TV telah menjadi  kebutuhan masyarakat. Apalagi TV dapat menawar tayangan yang menghibur orang-orang saat istirahat. Itulah pula alasan TV tidak dapat lepas dari manusia. Sejak muncul di tahun 1920-an TV telah seperti barang yang mudah ditemukan dimana saja. Setiap barang tentunya dapat rusak secanggih apapun, begitu juga dengan TV.

Sebagai teman saat beristirahat tentunya akan mengecewakan apabila TV. Gangguan atau kerusakan di TV tentu tidak dapat diprediksi. Apalagi TV adalah barang buatan manusia yang tentunya akan rusak seiring semakin lamanya TV dipakai.

TV merk apapun tentu bisa rusak seperti TV yang tidak dapat nyala tetapi lampu power hidup. Kerusakan ini sering kali terjadi dan banyak orang orang yang mengalaminya.

Salah satu kerusakan yang paling sering terjadi adalah TV yang mati. Pertanyaan terkait penyebab TV tidak dapat menyala pastinya terbayang-bayang. Ada juga yang mungkin mengeluh tentang TV tidak menyala walaupun tombol power hidup.

Seluruh kerusakan di TV, tentu mempunyai penyebab di baliknya. Maka kalau TV kamu sedang rusak seperti tidak hidup namun lampu powernya hidup. Agar memperbaikinya kamu perlu mengetahui dahulu apa penyebab kerusakan di TV.

Keadaan TV yang tidak nyala ketika tombol power hidup dapat akibat komponen heater yang tidak bisa menyala. Kamu perlu mengatasinya segera supaya tidak berlarut-larut, sebab bisa mengakibatkan kerusakan TV yang semakin parah.

Baca Juga:  Rumus Transformator Step Down dan Step Up

Cara Mengatasi TV Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Sebab TV Tidak dapat Nyala Tapi Lampu Power Hidup

Hal awal yang seharusnya Kamu lakukan saat menemukan bahwa TV tidak nyala ketika tombol power hidup bisa mengidentifikasi penyebabnya. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab heater TV tidak menyala yaitu sebagai berikut:

  • Kabel listrik yang longgar: salah satu alasan sepele TV tidak bisa menyala saat tombol power hidup yaitu kabel listrik yang longgar. Hal ini rentan terjadi ketika TV baru dipindahkan ataupun saat stop kontak baru dipakai.
  • Aliran listrik yang tidak sempurna di kabel listrik juga akan membuat TV tidak bisa menyala. Komponen elco terganggu: elektrolit kondensator (elco) merupakan kapasitor yang menggunakan cairan elektrolit agar meningkatkan kapasitas simpanan arus listrik.
  • Gangguan di komponen elco bisa menyebabkan TV ada di mode standby dan tidak hidup meskipun lampu power telah hidup. Horizontal flyback tidak bekerja: Alasan heater TV tidak nyala selanjutnya yakni horizontal flyback tidak bekerja dengan baik. Hal ini menjadikan transistor horizontal tidak bisa menerima sinyal input oleh driver maka membuat TV tidak hidup.
  • Regulator alami gangguan tegangan turun: penyebab TV tidak nyala ini sering terjadi di level tegangan yang tinggi. Saat tegangan regulator tidak cukup untuk menghidupkan TV, maka Cuma lampu indikator power TV yang nyala sementara layar TV masih tidak nyala.

Solusi TV Tidak Bisa Nyala tapi Lampu Power Hidup

Jangan panik kalau TV tidak dapat menyala walaupun tombol power hidup. Kamu dapat melakukan beberapa hal berikut ini agar mengatasi gangguan tersebut.

  • Menggunakan switch channel di TV: pemakaian tombol switch channel di body TV adalah salah satu cara mudah atasi TV yang tidak nyala saat indikator power hidup. Kamu cukup menekan tombol volume di body TV lalu tunggu sebentar sampai TV nyala. Jika tak hidup, Kamu bisa coba  cara lainnya.
  • Soft Reset: Langkah selanjutnya yang bisa Kamu lakukan untuk tangani TV yang tidak dapat hidup adalah soft reset. Cara ini  bisa Kamu lakukan dengan cara mematikan TV lalu mencabut kabel melalui stopkontak.
  • Tunggu sekitar 30 detik sampai 1 menit sebelum menyambungkan lagi kabel TV pada stopkontak, kemudian hidupkan TV kembali. Cara sederhana ini bisa membuat kalibrasi TV dapat bekerja normal seperti semula.
  • Membuka rangka TV: Solusi yang satu ini Cuma dilakukan kalau kamu memiliki pengetahuan yang dalam mengenai bongkar pasang segala unit TV. Sebelum melakukannya, Anda harus memastikan kabel TV tidak terhubung dengan aliran listrik.
  • Lalu, Kamu dapat mulai membongkar dan memeriksa komponen B+115 di TV. Jika ukuran kondisi B+ normal, maka periksa komponen transistor horizontal. Sebaliknya, jika kondisi B+ tidak normal (drop), maka lepaskan transistor horizontal kemudian cek kembali komponen B+.
  • Jika B+ terlihat normal, maka permasalahan ada di transistor. Tapi B+ yang lepas saat transistor dilepaskan menampilkan gangguan di power supply.
  • Mengganti komponen TV rusak: sebab heater TV tidak nyala karena ada kerusakan komponen. Maka perlu segera diperbaiki dengan mengganti komponen rusak. Pengecekan yang cermat perlu segera dilakukan agar mengidentifikasi kerusakan tersebut.
Baca Juga:  7 Rekomendasi Parabola Mini Andalan

Komponen dari TV yang cenderung membuat TV tidak nyala walau tombol power hidup yakni elco, transistor horizontal serta power supply. Anda harus yakin memilih mana komponen yang sesuai spesifikasi dari komponen agar mengatasi gangguan TV dengan efektif.

Memperbaiki TV LCD Lampu Layar Mati Lampu Power Berkedip

  • Hal pertama yang bisa dilakukan mencabut colokan TV dari listrik kemudian tekan volume min (-) sekaligus dengan tombol input.
  • Pada posisi kedua tombol ditahan, colokkan kembali TV ke listrik sambil tetap menahan tombol volume min dan input hingga layar TV hidup dan ada huruf K pada ujung kiri atas. Usai huruf K keluar pada posisi televisi masih hidup, lepaskan kedua tombol bersamaan (min volume serta input)
  • Masih tetap di TV menyala mode K, tahan tombol volume min juga chanel min bersamaan akan memunculkan menu-menu setup, cari dengan tekan tombol down dan up (mencari halaman option).
  • Temukan EEP CLEAR jika telah menemukan, pilih dan ganti menjadi on (gunakan tombol chanel bawah dan atas dan kalau telah terpilih pakai tombol volume -+ untuk menggantinya
  • Temukan L ERR RESET ubah jadi nol.
  • Temukan FACTORY INIT ganti jadi ASIA kalau sudah ASIA biarkan dan tunggu RUNNING lalu OK.
  • Matikan TV oleh remot lalu hidupkan kembali, maka televisi bisa kembali normal.
  • Perlu diketahui, terdapat beberapa gangguan yang tidak dapat selesai cuma satu kali menggunakan cara diatas. Terkadang bisa sampai beberapa kali hingga sepuluh kali mencoba agar TV dapat hidup dengan normal.

Anda kini telah mengetahui cara mengatasi TV tidak bisa nyala tapi lampu power hidup, lalu suara juga mati dan lampu power berkedip. Namun untuk bisa berhasil melakukannya tidaklah cukup satu kali saja. Oleh karena itu perlu melakukannya berulang kali.

Baca Juga:  Cara Hitung Ukuran TV 43 Inch Berapa CM dan Tips Memilihnya
Bagikan Postingan:

Leave a Comment