Penyebab Dan Solusi Kulkas LG Bawah Tidak Dingin

Kulkas LG merupakan salah satu merek terbaik di Indonesia dan dunia. Namun hal itu bukan berarti membuatnya luput dari permasalahan, salah satunya adalah kulkas LG bawah tidak dingin lagi.

Meskipun terlihat sepele, akan tetapi jika hal tersebut dibiarkan maka dapat mengganggu fungsi dari kulkas. Sebagai contoh, saat pintu bawah kurang dingin lagi maka makanan atau minuman jadi cepat basi.

Apabila hal itu terjadi pada LG dua pintu Anda, maka harus segera dicari penyebab serta solusinya. Untuk mengetahui apa saja penyebab dari masalah tersebut, Anda bisa simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Kulkas 2 Pintu Bagian Bawah Tidak Dingin

kulkas 2 pintu LG tidak dingin

Tentunya ada berbagai macam hal yang menyebabkan bagian bawah kulkas LG tidak lagi dingin seperti biasanya. Berikut adalah penjelasan tentang penyebab mengapa kulkas LG bawah tidak dingin saat dinyalakan.

1. Bunga Es Menumpuk

Penyebab pertama mengapa suhu bagian bawah kulkas LG dinginnya tidak maksimal adalah karena adanya penumpukan bunga es. Umumnya, penumpukan dari bunga es tersebut terjadi di bagian evaporator kulkas atau freezer.

Bunga es dapat menumpuk di freezer bisa dikarenakan oleh berbagai macam hal. Untuk lebih jelasnya tentang mengapa bunga es ini bisa menumpuk, Anda dapat melihatnya pada penjelasan di bawah ini.

Sistem Defrost / heater kulkas LG 2 pintu rusak

Sistem defrost merupakan pemegang peranan penting dalam pengendalian bunga es di dalam freezer. Oleh karena itu, apabila sistem tersebut gagal berfungsi dengan baik atau mengalami error, produksi bunga es bisa menumpuk.

Pada saat bunga es tersebut menumpuk, udara dingin yang harusnya dihembuskan ke dalam pendingin akan terhambat. Nah, hal itu akan membuat suhu dingin tidak dapat masuk secara optimal sehingga suhu dingin bagian bawah kulkas jadi terganggu.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Filter Frekuensi

Pembuangan Tersumbat

Untuk menjaga sirkulasi udara dari luar lancar, diperlukan fungsi dari saluran pembuangan yang baik. Apabila terjadi penyumbatan pada alat tersebut, maka bunga es tidak akan cair dan membuat udara dingin yang harusnya mengalir jadi terganggu.

Fan Rusak

Fan atau kipas berfungsi dalam menyebarkan udara dingin ke berbagai bagian lemari es. Jika bagian tersebut mengalami kerusakan, maka suhu di dalam menjadi sulit stabil sehingga bisa membuat bagian bawah pada lemari es kurang dingin.

2. Pengaturan Suhu Bawah Sudah Tidak Akurat

Penyebab selanjutnya kulkas LG 2 pintu tidak dingin adalah karena pengaturan suhunya kurang tepat atau tidak sesuai. Seperti diketahui, pintu kulkas punya setting dalam bentuk knop putar.

Pada saat memutarnya ke arah kanan, suhu akan menjadi lebih dingin. Sedangkan saat knop diputar ke arah yang sebaliknya, suhunya akan menjadi naik sehingga jadi lebih hangat atau panas.

Apabila pengaturan tersebut sudah tidak sesuai, maka Anda bisa mengaturnya ke suhu paling rendah. Hal ini dilakukan supaya suhu yang dihasilkan dapat menjadi lebih merata sehingga pintu bawah lemari es tetap masih bisa dingin.

Namun, jika memang knop pengaturan suhunya sudah benar-benar tidak berfungsi, maka mau tidak mau harus segera dilakukan pergantian. Untuk pergantiannya, Anda bisa membawa knop lama supaya dapat membeli suku cadang yang tepat.

3. Aliran Udara Terganggu Spons

Suhu dingin di bagian bawah bisa didapatkan karena adanya sirkulasi dari bagian pendingin atau freezer. Artinya, freezer tersebut menjadi bagian penting dalam proses pendinginan yang terdapat di dalam lemari es.

Bagian tersebut tentunya dapat diatur dengan mudah menggunakan knop. Akan tetapi, hal itu baru dapat dilakukan saat spons yang bisa ditutup buka bekerja dengan baik.

Baca Juga:  Mengenal Berbagai Jenis Sensor Suhu yang Wajib Diketahui

Pada saat knop diputar ke kanan, maka sirkulasi udaranya menjadi lebih lebar. Hal itu berlaku juga sebaliknya saat knop pengaturan suhu diputar ke kiri, sirkulasi udara yang masuk menjadi lebih sempit.

Hal yang menjadi masalah adalah pada saat spons tersebut tidak bisa menutup dan membuka dengan baik alias rusak. Apabila kondisi tersebut terjadi, maka udara dingin tidak akan mempunyai sirkulasi lancar sehingga tidak dapat mengaliri bagian bawah.

4. Pintu Sering Dibuka Tutup

Secara normal, kulkas membutuhkan sekitar 6 sampai 9 jam guna bisa menjalankan fungsinya secara optimal. Namun, apabila saat proses tersebut pintu sering dibuka dan ditutup maka suhu dingin yang dihasilkan menjadi terbuang.

Alhasil, alat untuk mendinginkan suhunya memerlukan waktu lagi supaya mencapai suhu dingin sesuai pengaturan. Oleh karena itu, sangat tidak dianjurkan bagi Anda untuk sering-sering buka tutup pintu, terutama pada kulkas dua pintu bagian bawah.

Dengan tidak banyak suhu dingin yang keluar, udara dingin akan tetap terjaga. Alhasil, baik di bagian freezer ataupun pintu bawah suhunya dapat terus dingin saat kulkas dihidupkan.

5. Karet Pintu Longgar/Rusak

Penyebab lainnya mengapa suhu dingin tidak optimal pada kulkas pintu bawah adalah karena karet pintunya sudah longgar atau rusak. Perlu diketahui, fungsi dari karet pintu tersebut adalah untuk membuat udara luar tidak bisa masuk ke dalam.

Selain itu, karet tersebut juga berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran suhu dari dalam kulkas menuju keluar. Nah, pada saat karet tersebut longgar atau rusak, tentu fungsinya tersebut tidak bisa dijalankan dengan baik.

Ketika masalah ini terjadi, sirkulasi dari dalam akan terbuang keluar dan udara hangat dari luar akan masuk ke dalam. Jadi, sering-sering cek kondisi dari karet pintu ini dan jika memang sudah rusak segera ganti dengan yang baru.

Baca Juga:  Kenapa AC Mati Sendiri? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Berbagai penyebab di atas merupakan yang paling sering terjadi. Jadi, perhatikanlah informasi tersebut agar Anda bisa menemukan solusi yang tepat dari masalah tersebut sesuai dengan apa yang menjadi penyebabnya.

Cara Mengatasi Kulkas LG Bawah Tidak Dingin

Setelah mencari tahu tentang berbagai macam penyebab suhu dingin kulkas tidak maksimal, Anda tentu juga harus tahu bagaimana solusinya. Sebenarnya, dengan mengetahui penyebab di atas, Anda bisa menentukan bagaimana cara dan solusinya.

Namun untuk lebih jelasnya tentang hal tersebut, Anda bisa menyimak beberapa penjelasannya di bawah ini:

  • Apabila kulkas LG bawah tidak bisa dingin karena karet ataupun sistem defrostnya sudah rusak, maka Anda dapat mengganti saja bagian yang mengalami masalah tersebut.
  • Jika mempunyai kemampuan servis elektronik sendiri, bisa untuk membeli peralatannya saja. Namun, apabila tidak mempunyai skill, maka bisa saja panggil bengkel elektronik yang sudah ahli dalam service kulkas.
  • Terakhir, jagalah selalu penggunaan kulkas dari hal-hal tidak baik yang bisa membuat suhu di dalam kulkas naik. Kebiasaan seperti membiarkan pintu terlalu lama terbuka ataupun buka tutup pintu sebaiknya mulai dihindari.

Selain hal-hal di atas, Anda juga harus memperhatikan soal bagaimana merawat barang elektronik seperti kulkas ini. Dengan begitu, barang tersebut dapat bekerja terus secara optimal dan bisa digunakan dalam jangka panjang.

Berdasarkan dari berbagai penyebab kulkas LG bawah tidak dingin di atas, Anda dapat menemukan solusi untuk mengatasinya dengan tepat. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, sebaiknya diserahkan saja pada ahlinya supaya bisa diselesaikan dengan baik.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment