Penyebab Bunga Es Pada Kulkas Dan Cara Meminimalisirnya!

Banyak sekali penyebab bunga es pada kulkas salah satunya adalah suhu terlalu rendah. Bukan hanya itu saja, banyak juga faktor lainnya yang dapat menyebabkan lemari es memiliki bunga es.

Dengan menumpuknya es di freezer, memang sudah dikenal menjadi salah satu hal yang cukup merepotkan. Bahkan dapat membuat ruangan lemari es menjadi sempit dan memberikan pengaruh terhadap proses dari pendinginan makanan.

Hal ini banyak sering sekali terjadi dan belum banyak orang mengetahui, apa saja penyebab dari bunga es muncul dan bagaimana cara mengatasi bunga es pada kulkas 1 pintu. Berikut adalah pembahasan mengenai apa saja penyebab munculnya tumpukan es pada lemari es.

5 Penyebab Bunga Es Pada Kulkas

5 Penyebab Bunga Es Pada Kulkas

Banyak sekali yang menyebabkan gumpalan es muncul pada lemari es anda. Hal ini tentunya penting untuk diketahui guna meminimalisir kemungkinan bunga es akan muncul kembali.

Simak beberapa penyebab bunga es pada kulkas dimakan cukup mengganggu proses pendinginan makanan.

Pengaturan Suhu Terlalu Rendah

Salah satu penyebab gumpalan es di kulkas paling utama adalah suhu terbilang sangat rendah. Bunga es akan cepat sekali mengalami penumpukan jika anda memasang suhu di bawah dari angka 1,6 derajat celcius. Menghindari munculnya bunga es kulkas, anda dapat set suhu lemari es lebih tinggi agar tidak terjadinya penumpukan.

Dengan menggunakan suhu cukup rendah, tidak akan membuat makanan yang ada di freezer menjadi cepat mengalami pembekuan jika masalah bunga es masih ada. Pastikan bahwa suhu memiliki keadaan normal tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah.

Intensitas Membuka Pintu Kulkas

Bukan hanya suhu saja, melainkan intensitas dalam membuka dan menutup lemari es juga menjadi pemicu hal tersebut. Terutama pemilik kulkas 1 pintu, dimana akses freezer dan juga area bagian rak memiliki pintu sama. Saat kulkas dibuka, maka akan membuat udara hangat masuk ke dalamnya.

Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mencegah Bunga Es di Kulkas 1 Pintu

Udara hangat inilah akan mengalami perubahan menjadi uap, dimana terjadi saat kulkas di tutup pintunya. Inilah yang membuat menumpuknya es muncul dan semakin menumpuk di bagian dalam ruangan pendingin.

Terjadi Kebocoran Gasket Freezer

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi bunga es pada kulkas 1 pintu, hal yang harus di perhatikan adalah munculnya penumpukan es bisa menjadi tanda bahwa adanya kerusakan pada gasket. Merujuk ke bagian karet dimana membantu segel dalam keadaan rapat mengelilingi bagian freezer atau lemari es. Gasket merupakan hal penting pada lemari pendingin, pasalnya akan membuat pintu terbuka seharian.

Hal ini akan membuat udara lembap sangat mudah masuk ke bagian dalam freezer dan membuat adanya pengembunan. Nantinya bunga es kulkas akan muncul dan menumpuk.

Walaupun kulkas anda sudah sangat canggih dengan adanya mekanisme pencairan secara otomatis, namun jika hal ini terjadi penumpukan es tetap saja akan muncul.

Makanan Memiliki Masalah

Penyebab bunga es pada kulkas memiliki masalah selain mekanisme pada lemari pendingin yaitu adanya masalah pada makanan atau minuman yang anda masukan. Dalam hal ini bisa jadi bahwa minuman atau makanan, dimasukkan dalam kondisi panas dan memiliki uap. Selain itu juga tutup juga digunakan untuk menyegel tidak memiliki kedap udara.

Hal ini yang menyebabkan uap panas pada makanan atau minuman, akan memicu munculnya embun dan nantinya akan membeku menjadi gumpalan es. Selalu pastikan bahwa anda hanya memasukkan makanan dan minuman dalam keadaan hangat dan tidak melebihi suhu kedalam lemari pembeku.

Memiliki Masalah Pencairan Es

Penyebab lainnya hal ini terjadi adalah penumpukan bunga es terjadi karena adanya masalah pencairan pada lemari es. Dalam hal ini adanya hambatan suhu peningkatan pada suhu secara otomatis dimana terjadi di dalam lemari pendingin. Adanya penghambat yang membuat suhu otomatis meningkat sehingga embun membeku tidak dapat mencair dengan mudah secara otomatis.

Baca Juga:  Cara Mengukur Dioda, Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya 

Hal ini biasanya disebabkan oleh adanya penyumbatan pada saluran pembuangan air dimana dihasilkan oleh cairnya bunga es. Cara mudah mengatasinya adalah cobalah untuk menuangkan larutan cuka dan juga air hangat ke dalam saluran pembuangan yang ada. Jika es yang menyebabkan penyumbatan, larutan cuka dapat membantu untuk mencairkannya.

4 Tips Ampuh Cara Mengatasi Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu

Tips Ampuh Cara Mengatasi Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu

Memiliki bunga es pada freezer adalah hal wajar dan normal, namun jika gumpalan es terlalu banyak maka dapat disimpulkan bahwa adanya masalah yang terjadi. Setelah mengetahui penyebab bunga es pada kulkas terjadi, anda wajib mengetahui bagaimana cara ampuh, agar gumpalan es dapat dihilangkan dari lemari pendingin anda.

Menyediakan Spatula Plastik atau Sendok Kayu

Cara pertama dalam menghilangkan bunga es kulkas adalah menggunakan spatula plastik atau bantuan sendok kayu. Sangat aman untuk menggunakan sendok kayu atau spatula dengan ukuran paling kecil.

Gosokan secara perlahan pada bagian bawah es untuk mengeluarkan bunga es. Ini adalah cara mengatasi bunga es pada kulkas 1 pintu paling ampuh untuk dilakukan.

Gunakan ember atau tempat sampah agar kerokan dapat dikumpulkan. Metode ini paling sering dilakukan, karena dinilai paling mudah dan ampuh dalam menghilangkan gumpalan es pada lemari pendingin. Jangan lupa untuk cabut steker freeer saat dilakukan.

Gunakan Air Panas dan Kain

Cara kedua yang dapat dilakukan menghilangkan bunga es kulkas adalah membasahi kain pembersih atau bisa menggunakan spons dengan air hangat atau panas. Gunakan kain lembab, langsung pada tumpukan es atau embun beku.

Cobalah menekan dengan lembut sampai es dapat cair sepenuhnya. Salah satu penyebab bunga es pada kulkas terjadi adalah tidak bisa mencairnya kumpulan es.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Magic Com Stainless Steel yang Perlu Kamu Ketahui

Dengan cara ini, anda dapat mencairkan gumpalan es secara manual dan mudah hanya menggunakan dua peralatan saja.

Gunakan Sendok Kayu atau Sikat Bulu

Jika kedua cara sebelumnya terasa sulit dilakukan, cobalah untuk menghilangkan bunga es kulkas menggunakan sikat bulu sedang atau kaku agar dapat mengiris bongkahan es padat.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan menghancurkan potongan es menggunakan sendok kayu kokoh. Hindari menggunakan benda terlalu tajam, dalam hal ini di khawatirkan dapat memberikan kerusakan pada lemari pendingin anda.

Bantuan Alkohol dan Air Hangat

Menggunakan air hangat merupakan cara efektif menghilangkan gumpalan es di lemari pendingin, namun menggunakan alkohol menjadi cara paling ampuh yang dapat dilakukan. Dengan menggunakan lap ditambah dengan air mendidih ditambahkan alkohol akan membantu mencairkan es di dalam lemari es.

Banyak sekali penyebab bunga es pada kulkas dimana membuat makanan atau minuman anda sulit membeku dengan cepat. Dalam hal ini sangat penting menghilangkan gumpalan es agar freezer dapat bekerja dengan baik. Bunga es kulkas memang tidak dapat dihindarkan, namun anda dapat mempraktikan cara menghilangkannya dengan mudah di rumah.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment