Ayo Mengenal Macam-Macam Peralatan dan Perlengkapan Gambar Teknik

Gambar teknik salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh calon engineer, karena gambar teknik ini sangat penting dalam dunia perteknikan. Gambar teknik merupakan suatu gambar yang diciptakan dengan berpondasi pada aturan baku yang sudah disepakati oleh para ahli teknik secara internasiona. Aturan atau kesepakatan ini menyangkut beberapa hal, diantaranya adalah huruf teknik, garis, simbol, dan lainnya.

Dalam dunia teknik terdapat badan yang membuat ketentuan-ketentuan tertentu sebagai standar baku untuk menggambar teknik, contohnya badan internasional untuk standarisasi adalah ISO (International Organisation for Standardisation). Selain badan standarisasi international, terdapat juga badan standarisasi yang berlaku skala nasional. Contohnya: SNI (Standar Nasional Indonesia), ANSI (American National Standard Institute), JIS (Japanese Industrial Standard), DNI (Deutsche Industrie Normen), NNI (Nederland Normalisatie Institute).

Untuk dapat menggambar diperlukan macam-macam peralatan dan perlengkapan gambar teknik yang sesuai kebutuhan. Semakin baik pilihan dari peralatan gambar maka akan semakin baik pula hasil kualitas gambarnya. Silahkan simak apa saja macam-macam peralatan untuk gambar teknik yang perlu Anda ketahui, yuk belajar bersama dari artikel ini.

1. Pensil

Proses pembuatan gambar teknik sangat membutuhkan alat gambar yaitu sebuah pensil gambar, pensil gambar sendiri mempunyai dua jenis yaitu pensil gambar berbentuk batang pensil dan pensil gambar berbentuk pensil mekanik. Pensil gambar mempunyai tingkat kekerasan dan kualitas warna masing-masing, berikut kami sajikan tabel mengenai tingkat kekerasan pensil dari lunak hingga keras:

Keras Sedang Lunak
4H 3H 2B
5H 2H 3B
6H H 4B
7H F 5B
8H HB 6B
9H B 7B

Tingkat kekerasan pensil dinyatakan dari kode huruf dan angka. Menurut tingkat kekerasannya, pensil dibagi menjadi tiga jenis, yaitu lunak (B), sedang (F), dan keras (H). berikut ini adalah gambar dari perbedaan kualitas pensil berdasarkan jenisnya.

Baca Juga:  Pengertian Tegangan Listrik: Jenis, Alat Ukur, Rumus dan Contoh Soal

Ayo Mengenal Macam-Macam Peralatan dan Perlengkapan Gambar Teknik

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai jenis kekerasan pensil:

  • Huruf H (Hard) artinya simbol H menunjukkan bahwa pensil yang keras, semakin besar nilai angkanya maka akan semakin keras.
  • Huruf B (Black) artinya simbol B menunjukkan bahwa pensil lunak, semakin besar nilai angkanya maka akan semakin lunak.
  • Huruf F (Fine / Firm) dan huruf HB (Half Black) artinya simbol F dan HB menunjukkan bahwa pensil mempunyai tingkat kekerasan sedang.

2. Penghapus

Ayo Mengenal Macam-Macam Peralatan dan Perlengkapan Gambar Teknik

Penghapus digunakan sebagai alat bantu untuk menghapus bekas goresan pensil atau tinta. Penghapus dengan karet lunak digunakan untuk pensil dan penghapus dengan karet keras digunakan untuk menghapus tinta.

3. Kertas Gambar

Kertas gambar adalah salah satu hal terpenting dalam gambar teknik, karena tanpa adanya kertas gambar tidak dapat tercipta. Jenis kertas gambar yang banyak digunakan adalah kertas HVS putih dan kertas kalkir. Kertas HVS putih merupakan jenis kertas yang tak tembus cahaya, jenis ini biasa digunakan untuk menggambar dengan alat pensil atau terkadang juga tinta.

Sedangkan kertas kalkir merupakan jenis kertas yang mempunyai sifat transparan atau tembus cahaya. Jenis kertas ini banyak digunakan untuk menggambar dengan bahan utama menggunakan tinta, proses menggunakan tinta merupakan proses lanjutan dari pembuatan gambar dengan alat pensil terlebih dahulu. Karena sifat kertas kalkir yang bersifat transparan sehingga jenis kertas ini sangat mempermudah dalam proses penggandaan atau reproduksi gambar.

4. Penggaris

Penggaris atau mistar merupakan sebuah alat bantu gambar untuk membuat garis lurus ataupun membuat gambar dengan ukuran tertentu. Penggaris gambar yang sering digunakan untuk menggambar teknik tergolong menjadi beberapa jenis, yaitu penggaris segitiga, penggaris skala, penggaris T.

● Penggaris segitiga

Penggaris segitiga umumnya digunakan saat akan membuat garis tegak lurus atau garis sejajar baik posisi mendatar atau tegak. Mistar segitiga ada beberapa jenis, yaitu mistar siku 30°, siku 60°, dan siku 45°.

Baca Juga:  Berapa Ukuran Loyang Dan Jumlah Telur Saat Membuat Kue?

● Penggaris skala

Penggaris skala mempunyai skala tertentu pada penggarisnya, biasanya skala terletak pada bagian sisi penggaris. Pada penggaris skala sudah dicantumkan ukuran sebenarnya dari sebuah skala tertentu contohnya: cm, mm, atau inch.

● Penggaris T

Penggaris T umumnya digunakan untuk menarik garis mendatar ataupun membatu penggunaan penggaris segitiga. Cara membuat garisnya sangat mudah hanya perlu menggoreskan pensil dari arah kiri ke kanan.

5. Mal

Ayo Mengenal Macam-Macam Peralatan dan Perlengkapan Gambar Teknik

Mal adalah alat bantu yang mempunyai fungsi untuk menggambar atau untuk mempercepat proses menggambar berbagai jenis bentuk sesuai dengan cetakan dari Mal. Penggunaan mal huruf atau angka bertujuan untuk menjaga kerapian dan keseragaman, sedangkan untuk menggambar simbol dan bentuk tertentu menggunakan mal bentuk. Selain mal huruf, angka, dan bentuk terdapat jenis mal yang dapat membantu membuat garis kurva atau lengkungan (hiperbola, parabola, dan elips) namanya yaitu mal kurva.

6. Jangka

Ayo Mengenal Macam-Macam Peralatan dan Perlengkapan Gambar Teknik

Jangka merupakan alat bantu menggambar teknik yang digunakan untuk menggambar bentuk lingkaran atau busur lingkaran. Biasanya pada jangka terdapat tempat khusu untuk meletakan pensil maupun tinta. Jenis jangka ada beberapa macam yang sering digunakan untuk gambar teknik yaitu: jangka besar, jangka pegas, jangka bagi, jangka orleans, dll. Berikut penjelasan singkatnya:

● Jangka besar

Jangka besar merupakan jenis jangka yang mampu membuat lingkaran dengan ukuran sampai dengan 200mm.

● Jangka pegas

Jangka pegas merupakan jenis jangka yang berfungsi untuk membuat lingkaran kecil dengan baik.

● Jangka bagi

Jangka bagi adalah jangka yang digunakan untuk membagi garis dengan jumlah sesuai kebutuhan.

● Jangka orleans

Jangka orleans adalah jenis jangka yang fungsinya mirip dengan jangka pegas yaitu untuk membuat lingkaran kecil dengan baik. Biasanya ukuran lingkaran yang dihasilkan adalah 1mm sampai 5mm. besar kecil dari lingkaran yang dihasilkan dapat disetel dengan bantuan sekrup penyetel.

Baca Juga:  Mengenal DVD Player dan Bagian-bagiannya

7. Rapido

Ayo Mengenal Macam-Macam Peralatan dan Perlengkapan Gambar Teknik

Rapido adalah alat bantu gambar dengan bahan tinta, bisa juga menggunakan trekpen. Tetapi penggunaan trek pen tidak praktik, dapat membuat tinta menetes keluar, dan perlu penyetelan yang berulang setiap ingin membuat garis dengan ketebalan tertentu.

Rapido mempunyai sifat mudah diisi ulang jika tinta habis (refil). Rapido sendiri mempunya berbagai macam ukuran yaitu mulai dari 0,1 – 2,0 mm.

Ketika membuat garis dengan bantuan rapido lebih baik tidak menekannya ke kertas atau hanya menempelkannya saja kemudian baru ditarik dari kemiringan antara 60° sampai 80°, pergerakan dilakukan dari kiri ke kanan disarankan tidak melakukan dari atas ke bawah.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment