Perbandingan Ukuran TV dan Jarak Ideal untuk Menonton

Saat hendak membeli televisi, Anda akan menemukan berbagai ukuran yang dinyatakan dalam satuan inci. Lalu, bagaimana perbandingan ukuran TV tersebut dan mana yang paling cocok untuk dipilih?

Hal tersebut memang cukup penting karena ukuran televisi perlu disesuaikan dengan ruangan agar tidak menyebabkan masalah pada penglihatan. Untuk mencegah hal tersebut, Anda juga akan mendapatkan tips memilih ukuran sesuai kebutuhan.

Jadi, pastikan untuk memperhatikan semuanya dengan saksama agar bisa mendapatkan ukuran televisi yang paling cocok. Cara tersebut juga dapat membantu Anda menghemat budget agar tidak membeli secara berlebihan.

Mengenal Tentang Ukuran Televisi

Setiap ukuran televisi memiliki kekurangan dan kelebihan

Saat awal-awal kemunculannya, mungkin ukuran televisi hanya sekitar 14 hingga 32 inci. Namun, seiring berkembangnya teknologi, ukuran tersebut kian bertambah untuk memenuhi kebutuhan tertentu hingga 105 inci.

Ukuran inci tersebut sebenarnya adalah jarak sisi diagonal pada layar. Semakin panjang jarak tersebut, semakin luas juga layar televisi yang dimiliki.

Selain itu, ada juga istilah yang tidak kalah penting untuk dipahami, yakni aspek rasio. Istilah ini merujuk pada perbandingan antara lebar serta tinggi layar televisi.

Saat ini sudah ada berbagai macam aspek rasio layar televisi di pasaran. Akan tetapi, kebanyakan yang beredar di pasaran Indonesia adalah aspek rasio 16:9 karena ukuran tersebut cukup familiar seperti ditemui pada layar ponsel ketika dimiringkan atau monitor PC dan laptop.

Kalaupun ada ukuran lain, mungkin aspek rasio 4:3 adalah salah satunya. Perbandingan tersebut dapat ditemui pada produk televisi tabung yang masih menggunakan kualitas gambar SD.

Perbandingan Ukuran TV Mulai dari Terkecil Hingga Terbesar

Perbandingan ukuran televisi

Seperti telah disebutkan di bagian sebelumnya, ukuran layar pada televisi dinyatakan dengan satuan inci. Lalu, bagaimana perbandingan ukuran TV mulai dari paling kecil hingga terbesar? Berikut adalah beberapa rinciannya.

Baca Juga:  5 Merk Skuter Listrik untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaik)

Sebagai catatan, ukuran yang akan diberikan di sini merupakan standar internasional, yakni menggunakan ukuran inci. Namun, untuk memudahkan pemahaman Anda juga bisa melihat konversi dalam sentimeter.

  • Berukuran 19 inch, panjang 42 lebar 23,6 sentimeter
  • Berukuran 21 inch, panjang 48,7 lebar 27,4 sentimeter
  • Berukuran 23 inch, panjang 50,9 lebar 28,6 sentimeter
  • Berukuran 24 inch, panjang 53,1 lebar 29,9 sentimeter
  • Berukuran 29 inch, panjang 64,2 lebar 36,11 sentimeter
  • Berukuran 30 inch, panjang 66,4 lebar 37,4 sentimeter
  • Berukuran 32 inch, panjang 71 lebar 39,9 sentimeter
  • Berukuran 40 inci, panjang 88,6 lebar 49,8 sentimeter
  • Berukuran 42 inci, panjang 93 lebar 52,3 sentimeter
  • Berukuran 50 inci, 110,7 x 62,3 cm
  • Berukuran 60 inci, 132 x 74,7 cm
  • Berukuran 75 inci, 166 x 93,5 cm
  • Berukuran 90 inci, 199,24 x 112,07 cm
  • Berukuran 100 inci, 221,38 x 124,53 cm
  • Berukuran 105 inci, 232,45 x 130,75 cm

Dengan mempelajari perbandingan ukuran layar di atas, Anda akan mendapatkan gambaran apabila ingin menempatkan di rak khusus atau di atas meja. Dengan begitu, tempat yang disediakan tidak akan terlalu kecil atau besar.

Cara Memilih Ukuran TV Sesuai Kebutuhan

Jarak aman untuk menonton televisi

Ada beberapa faktor yang perlu menjadi pertimbangan ketika hendak membeli televisi seperti luar ruangan, jarak menonton, dan sebagainya. Agar lebih jelas, Anda bisa mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Mempersiapkan budget

Dalam membeli barang apapun, sangat penting untuk mempersiapkan budget. Seperti kita ketahui, harga TV untuk keluaran terbaru mungkin cukup tinggi dan jika tidak diatur dengan baik dapat mengganggu kondisi keuangan.

Oleh karena itu, pertama-tama alokasikan budget terlebih dahulu. Pastikan setelah alokasi tersebut dibuat Anda masih memiliki budget untuk kebutuhan sehari-hari serta keperluan darurat. Ketika rancangan ini sudah dibuat, Anda tidak boleh membeli televisi dengan harga di atas itu.

Baca Juga:  Rangkaian Sensor Cahaya 12 Volt Beserta Pengertiannya

2. Mengetahui dimensi televisi

Jika Anda ingin menempatkan televisi di tempat khusus seperti meja atau rak, maka cobalah untuk memperhatikan dimensi televisi tersebut. Pada daftar di atas, Anda hanya mendapatkan garis besar panjang serta lebar dari televisi dan kemungkinan terdapat perbedaan di kenyataannya.

Setiap produk mungkin juga memiliki ukuran berbeda seperti ketebalan atau sebagainya. Jadi, sebelum membeli, pastikan Anda mencari informasi terlebih dahulu lalu sesuaikan dengan tempat yang sudah dipersiapkan di rumah.

3. Memperhatikan luas ruangan

Luas ruangan ini berkaitan erat dengan jarak aman dalam menonton televisi. Sebagai contoh, apabila panjang ruangan hanya dua meter, maka tidak disarankan untuk memilih televisi berukuran di atas 48 inci karena terlalu berbahaya untuk kesehatan mata.

Secara umum, TV berukuran 32 hingga 42 inci adalah yang paling ideal untuk menonton bersama keluarga. Namun, apabila hanya ditempatkan di kamar yang sempit, pilih televisi berukuran maksimal 32 inch agar tidak memakan tempat terlalu banyak.

4. Memperhatikan jarak tonton

Setiap ukuran televisi mempunyai jarak aman minimal untuk menonton. Hal tersebut bertujuan supaya Anda dapat menikmati tampilan dengan maksimal dan tidak merusak mata apabila menonton terlalu lama.

Berapa Ukuran Televisi yang Terbesar?

Sampai saat ini, ukuran televisi terbesar adalah 393 inch yang beresolusi 8k Ultra HD. TV tersebut memiliki panjang 9,5 meter dan tinggi 2,7 meter. Hanya saja, tidak semua orang dapat memilikinya karena bukan digunakan untuk keperluan pribadi.

Kelebihan dan Kekurangan Televisi Berukuran Besar

Meskipun TV dengan ukuran LED yang besar mampu menyajikan visual lebih memuaskan, namun Anda juga perlu tahu kelebihan serta kekurangannya. Jenis ini memang memiliki kelebihan kualitas gambar jernih, suara lebih baik, serta ideal untuk menonton bersama-sama.

Baca Juga:  Datasheet dan Persamaan Transistor a1015 Terlengkap, Cek Ini!

Akan tetapi, jika dilihat dari perbandingan ukuran TV di bagian sebelumnya, jenis ini memang membutuhkan tempat yang cukup luas untuk menempatkannya. Selain itu, konsumsi listriknya juga relatif besar sehingga hal tersebut perlu menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli.

Berapa Jarak Ideal untuk Menonton Televisi?

Memahami jarak ideal sangat penting agar ketika menonton Anda terhindar dari risiko kerusakan mata. Untuk menghitung jarak menonton TV berapa meter, Anda bisa menggunakan rumus lebar layar dikalikan 1,2 inch.

Sebagai contoh, apabila TV berukuran 49 inch, maka jarak idealnya adalah 49 x 1,2 yaitu 58,8” atau sekitar 149, cm. Perhitungan tersebut bisa Anda aplikasikan untuk ukuran televisi yang dimiliki. Pastikan untuk menonton dengan jarak sedikit di atas angka tersebut.

Dampak Menonton Televisi Terlalu Dekat

Anda dikatakan menonton televisi terlalu dekat apabila berada di bawah perhitungan pada bagian sebelumnya. Apabila itu terus menerus dilakukan, maka akan ada beberapa dampak negatif, terutama pada kesehatan mata.

Dampak yang pertama adalah terjadinya ketegangan mata. Mata yang tegang bisa menyebabkan keluar air, menjadi merah, atau pegal. Jika tidak segera beristirahat, hal tersebut bisa berdampak lebih buruk seperti menyebabkan mata minus.

Selanjutnya, jarak yang terlalu dekat akan mengurangi pengalaman mendapatkan gambar kurang baik. Kondisi ini dapat terjadi karena biasanya gambar akan terlihat pecah saat dilihat dengan jarak terlalu dekat.

Dengan memahami perbandingan ukuran TV di atas, kini Anda sudah bisa menentukan mana yang paling cocok untuk kebutuhan saat ini. Selain itu, Anda juga dapat menghitung jarak ideal menonton sehingga mendapatkan pengalaman yang lebih baik.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment