Arti Spin di Mesin Cuci dan Penggunaan yang Benar

Arti Spin di mesin cuci mungkin membingungkan bagi sebagian orang. Spin berasal dari kata asing yang berarti lingkaran. Spinning pada mesin cuci artinya mesin cuci berputar dan fungsinya untuk menghilangkan kelembaban pada pakaian agar lebih kering

Dengan fungsi spin ini, pengguna dapat mengeringkan pakaian lebih cepat dari biasanya karena Spin juga bisa dipahami sebagai pengering. Umumnya mesin cuci melewati 3 tahap yaitu washing atau pencucian, pembilasan dan pengeringan atau pemerasan.

Setelah tahap pembilasan selesai, tahap Spin bisa dilakukan. Jika ingin cepat kering, sebaiknya gunakan fungsi spin pada mesin cuci Anda.

Cara Menggunakan Spin pada Mesin Cuci

Sangat mudah bagi siapa saja yang ingin memeras atau mengeringkan. Jika Anda ingin menggunakan  proses rotasi, ada dua cara untuk melakukannya:

Cara menggunakan spin pada mesin cuci 2 tabung

Pada mesin cuci 2 drum, saat kita ingin mengeringkan bahan makanan, terlebih dahulu kita  memindahkan cucian  ke dalam drum pengering. Mengapa? Karena harus dikeringkan di mesin cuci 2 tabung, ada tabung pengering khusus.

Setelah itu baru pilih putar. Namun, dalam mesin cuci tabung satu, pencucian, pembilasan serta pengeringan selalu dilakukan di tabung yang sama Di bawah ini adalah contoh penggunaan putaran pada mesin cuci dengan mesin cuci satu tabung. Cara menggunakan tabung Spin 1 di mesin cuci.

Arti Spin di Mesin Cuci dan Penggunaan yang Benar

Mengatur secara otomatis dari awal

Fungsi spin dapat diatur secara otomatis dari awal sebelum dicuci. Urutan proses pencucian pada mesin cuci adalah perendaman, pembilasan dan pencucian, pengeringan (spinning). Program spin akan berjalan secara otomatis  atau menjalankan mesin cuci.

Anda dapat menggunakan proses rotasi secara manual Misalnya, Anda ingin pakaian Anda lebih kering Anda dapat menggunakan kembali fungsi rotasi jika diperlukan. Yang harus Anda lakukan adalah menyalakan tombol putar dan mengatur waktu.

Baca Juga:  6 Langkah Cara Membaca Nilai Resistor Dengan Benar & Tepat

Meskipun fungsinya untuk mengeringkan pakaian, hasil dari proses pemintalan tidak sepenuhnya kering. Tapi yang harus Anda lakukan adalah menggantungnya sebentar atau mengeringkan pakaian Anda agar cepat kering. Itulah artinya spin mesin cuci.

Proses pemintalan sangat berguna bagi mereka yang bekerja di bidang laundry atau yang ingin menjemur pakaian dengan cepat Saat musim hujan saat matahari  jarang muncul, tombol putar ini akan sangat berguna. Mesin cuci tabung 1 dan 2 menawarkan fungsi Spin.

Fungsi Spin di mesin cuci

Fungsi peras mengeringkan pakaian lebih cepat daripada tanpa fungsi peras. Dibutuhkan lebih sedikit waktu untuk mengeringkan di bawah sinar matahari terutama di musim hujan, fungsi spin harus digunakan.

Berapa kecepatan Spin yang dibutuhkan?

Kecepatan putaran yang cepat tidak menjamin pakaian  lebih bersih Namun, kecepatan putaran yang terlalu cepat dapat mengeringkan pakaian yang telah dicuci di dalam mesin cuci. Oleh karena itu, semakin cepat putaran mesin cuci, semakin kering  hasilnya.

Salah satu keuntungan menggunakan mesin cuci dengan fungsi spin dengan kecepatan yang lebih cepat berarti daya listrik menjadi lebih hemat. Anda juga menghemat waktu mencuci dan mengeringkan pakaian.

Spin yang terlalu cepat ternyata memiliki kelemahan. Salah satunya adalah harga mesin cuci yang lebih mahal. Selain itu, mesin cuci yang spinnya sangat cepat memiliki daya cuci yang lebih besar. Ada kebisingan juga saat berputar.

Hal lainnya, mesin cuci memiliki kecepatan spin yang  lebih tinggi adalah biasanya lebih cepat rusak. Produsen mesin cuci umumnya memakai mesin yang sama. Namun, kecepatan spin yang ditawarkan bervariasi yakni 800, 900, 1000 dan lainnya.

Arti Spin di Mesin Cuci dan Penggunaan yang Benar

Jadi berapakah kecepatan putaran yang ideal pencucian? Meski sangat tergantung kebutuhan, kecepatan spin 1200-1400 termasuk Ideal untuk penggunaan sehari-hari mesin cuci.

Baca Juga:  Cara Kerja Mosfet Sebagai Saklar dan Penjelasannya Lengkap

Tentu saja setelah memperhitungkan tingkat daya tahan, level kekeringan dan  harga. Usai memahami pengertian siklus putaran mesin cuci, Anda dapat mengetahui apa yang dibutuhkan terkait spin di mesin cuci.

Kecepatan rotasi juga perlu diperhitungkan saat Anda ingin membeli mesin cuci, Proses Spin dapat digunakan berkali-kali setelahnya. Selesaikan siklus pencucian jika diperlukan.

Namun, banyak juga kelemahan  dalam menggunakan spin. Pada mesin cuci, salah satunya meningkatkan konsumsi listrik. Jadi Anda hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda

Tombol Water Level di Mesin Cuci

Dengan kata lain, tingkatan air  untuk mencuci pakaian yang ingin dicuci. Istilahnya adalah alat pendeteksi atau sensor  air yang masuk di dalam tabung

Jadi sesuaikan  water level atau pengaturan tingkat air. Jumlah air yang digunakan untuk mencuci pakaian. Umumnya, perbedaan satu pengguna dengan yang lainnya adalah penggunaan kadar air untuk mencuci.

Fungsi Tombol Eco Tub Clean

Sesuai dengan namanya, yaitu Eco Tub Clean. Tombol ini berfungsi dalam mencuci tabung mesin cuci supaya tidak kotor lagi. Mungkin tak seluruhnya  mempunyai fitur eco tub clean, namun di mesin cuci yang mempunyai bisa memilikinya saat tabung telah dipakai berkali-kali dan harus dicuci.

Maka, kapan Anda perlu mencuci tabung menggunakan eco tub clean? Ada baiknya, menyesuaikan dengan pemakaian. Contohnya, sebulan telah memakai berulang kali, ada baiknya langsung cuci tabung mesin cuci milik Anda.

Pada dasarnya, di panel display mesin cuci akan ada perintah agar mencuci tabung. Anda mungkin dapat menunggu perintah itu tampil dan memulai pencucian tabung.

Tombol Jeans, Blanket, Delicate

Ketiga tombol ini telah populer untuk pemakai mesin cuci samsung. Dari jeans adalah fitur yang bisa dipakai untuk mencuci untuk pakaian jeans. Kemudian, blanket digunakan mencuci selimut dan terakhir ada delicate berguna mencuci pakaian yang bahannya halus.

Baca Juga:  6 Merk Solderan Listrik yang Bagus dan Awet (Terbaik)

Melalui tombol-tombol tersebut, Anda bisa memakainya sesuai pada jenis pakaian yang ingin dicuci. Sebab dengan adanya fitur tersebut, sistem lewat mesin cuci jadi berbeda-beda saat sedang mencuci jenis pakaian jeans menggunakan blanket atau delicate.

Arti Fuzzy dan Quick Wash

Kedua tombol ini mempunyai perbedaan yang agak signifikan. Di tombol fuzzy, jadi mesin cuci akan memungkinkan putaran mesin yang biasa atau dengan kata lain fitur fuzzy ini adalah pencucian normal oleh mesin cuci.

Sementara, di quick wash proses pencuciannya menjadi lebih cepat dibanding dengan fuzzy. Sebab quick wash membuat jumlah putaran mesin cuci berkurang.  Dengan inilah kenapa saat Anda memakai quick wash wajib dalam air sedikit serta sabun deterjen yang sedikit.

Anda juga bisa mempunyai buku panduan yang cocok dengan jenis mesin cuci yang punya. Karena, pada buku panduan itu telah dijelaskan lengkap terkait penjelasan maksud dan fungsi tombol yang ada di mesin cuci seperti arti spin di mesin cuci.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment