Ketahui Pengertian Band Stop Filter, Karakter Serta Cara Kerjanya Berikut

Sudah tahukah Anda mengenai band stop filter? Ini adalah salah satu rangkaian di dalam elektronika yang mempunyai fungsi penting. Dimana fungsi utamanya adalah melemahkan rentang frekuensi tertentu, tetapi di waktu bersamaan juga mengeluarkan frekuensi lainnya.

Rangkaian inilah tercipta melalui gabungan dua buah penyaring frekuensi yakni low pas filter serta high pass filter. Kedua buah penyaring itulah terhubung didalam konfigurasi rangkaian secara parallel.

Apabila Anda ingin memahami lebih jauh mengenai penyaring band stop tersebut, maka sebaiknya wajib untuk membaca penjelasan dari kami berikut ini, mulai dari pengertian, karakter hingga cara kerja didalamnya.

Apa Itu Band Stop Filter?

Apa Itu Band Stop Filter

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara kerja rangkaian maka penting agar memahami pengertiannya lebih lanjut. Dikenal dengan sebutan notch filter, ini merupakan sebuah filter atau penyaring frekuensi yang bertugas menolak dan memblokir frekuensi di dalam dua titik cut-off.

Tetapi di waktu bersamaan, pada frekuensi yang berada dibawah ataupun diatas frekuensi tertentu/cut-off tersebut akan dilewati atau loloas. Jadi secara sederhana adalah konfigurasi band stop itulah akan melewatkan semua frekuensi yang letaknya di luar kedua sisi cut-off.

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa rangkaian inilah terbentuk dari dua gabungan penyaring frekuensi yakni low pas filter dan high pass filter. Rangkaian inilah ternyata juga berbeda dengan rangkaian band pas filter.

Dimana pada rangkaian band pas filter menggunakan koneksi seri yang digunakan buat menggabungkan rangkaian low pass filter dan high pass filter.

Masih ada sebutan lainnya untuk jenis rangkaian tersebut yakni band reject filter dan band elimination filter.

Ciri-ciri dan Cara Kerja dari Band Stop Stop Filter

Selain memahami pengertian band stop, Anda juga perlu memahami bagaimana ciri-cirinya tersebut. Perlu diingat bahwa ciri atau karakteristik dari konfigurasi satu ini ternyata berbeda dengan karakteristik band pass filter (BPF).

Baca Juga:  Stabilizer Untuk Kulkas Berapa Watt?

Yakni pada saat sinyal input diberikan, maka frekuensi yang rendah akan diloloskan via Low Pass Filter di dalam konfigurasi BSF. Sedangkan pada frekuensi tinggi akan dilewatkan melalui high pass filter pada konfigurasi BSF.

Contoh Rangkaian yang Terdapat Didalamnya

Contoh Rangkaian Yang Terdapat Didalamnya

Secara umum, rangkaian dari band stop inilah terdiri dari dua filter dan dihubungkan secara parallel seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Berikut penjelasan lengkap mengenai rangkaian dasar dari penyaring band stop tersebut.

Band Stop Aktif

Ini merupakan jenis penyaring dimana ketika terdapat frekuensi yang melalui filter tersebut akan berubah tetapi nilai attenuatesnya masih di rentang tertentu. Hingga pada akhirnya akan menuju ke tingkat paling low atau rendah.

Filter jenis inilah juga dibagi menjadi dua yakni sempit dan lebar. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat menyimak penjelasannya dibawah ini.

Filter Sempit

Untuk konfigurasi inilah akan menggunakan model twin- T Sirkuit. Biasanya akan digunakan pada peralatan yang focus di bidang medis dan Anda juga akan melihat adanya daerah frekuensi dimana ditahan oleh konfigurasi notch filter.

Berikut ini rumus dari filter sempit ini FN= 1/2Πrc

Keterangan:

F      = Frekuensi dalam satuan Hz

Π     = 3,14

R     = Nilai resistor dalam satuan Ohm

C     = Nilai kapasitor dalam satuan Fahad

Terdapat kelebihan dari tipe filter sempit seperti tidak adanya masalah beban, harga lebih ekonomis dibandingkan dengan jenis penyaring pasih hingga penguatan sekaligus frekuensinya mudah untuk diatur.

Filter Lebar

Berbeda dengan filter sempit, pada jenis konfigurasi inilah ternyata terdiri dari rangkaian HPF dan LPF dimana akan dimasukkan ke dalam rangkaian penjumlah. Berbanding terbalik dengan karakteristik filter sempit dimana cenderung menolak frekuensi tertentu.

Baca Juga:  Spesifikasi Kelebihan Nokia G21 Secara Lengkap

Anda dapat menggunakan rumus dibawah ini untuk menentukan nilai komponen pasif yang akan digunakan merancang filter lebar tersebut.

FH= 1/2πRCLPF

FL= 1/2πRC HPF

Keterangan:

fH                   = Frekuensi batas atas

fL                    = frekuensi batas bawah

FCLPF                      = Nilai R dan C pada sisi rangkaian low pass filter

RC HPF                   = Nilai R dan C pada sisi rangkaian high pass filter

Band Stop Pasif

Jenis filter pasif band stop ini memilih efek kebalikan dibandingkan dengan band pass. Dimana nantinya terdapat dua parallel LC sirkuit yang letaknya di jalur sinyal dan akan digunakan sebagai pembentukan impedansi tinggi untuk frekuensi tidak dibutuhkan.

Selain itu, penggunaan dari konfigurasi inilah juga bertujuan buat membentuk impedansi rendah ke tanah pada frekuensi sama dengan cara penolakan. Penyaring inilah dapat ditemukan dalam frekuensi diantara (IF) amplier radio tua.

Penggunaan dari Penyaring Band Stop yang Perlu Diketahui

Penggunaan dari Band Stop Filter Yang Perlu Diketahui

Kehadiran dari konfigurasi band stop inilah ternyata juga sudah banyak diterapkan di berbagai peralatan elektronik dan komunikasi. Kandati demikian, tidak sedikit dari Anda pastinya masih bingung dengan penggunaan rangkaian

Desain dari band stop inilah dilengkapi dengan band stop lebar sebagai band reject filter serta desain band stop dengan filter sempit yang disebut dengan notch filter. Keberadaannya dirancang agar dapat memberikan redaman sehingga nantinya akan memberikan kenyamanan.

Berikut ini sejumlah penggunaan dari rangkaian satu ini yang perlu diperhatikan dengan baik.

Pada Amplifier Gitar Listrik

Bagi Anda yang sering memainkan gitar listrik, maka perlu mengetahui bahwa didalamnya terdapat suatu rangkaian dari band stop filter tersebut. Tetapi memang hanya mampu menghasilkan hum di frekuensi 60Hz.

Penyaring yang Anda temukan pada gitar listrik inilah biasanya digunakan buat mengurangi suara dengungan ketika memperkuat sinyal dari amplifier. Selain itu, juga sering digunakan pada beberapa alat musik akustik yang menggunakan amplifier.

Baca Juga:  Harga Netflix Terbaru dan Keunggulan Didalamnya

Digunakan Pada Teknologi Telefon

Tidak hanya diterapkan pada amplifier saja, tetapi rangkaian inilah juga sudah dimanfaatkan pada teknologi telefon. Fungsinya adalah untuk meminimalisir tingkat noise pada saluran telefon atapun layanan interne DSL.

Tidak sampai disitu saja, filter ini nantinya juga akan membantu menghilangkan interfensi frekuensi yang terdapat pada saluran dimana mengurangi performa DSL.

Pada Teknologi Komunikasi Optip

Sedangkan pada bidang lainnya, Band stop filter inilah juga sudah banyak dimanfaatkan pada teknologi komunikasi optic. Dimana caranya adalah dengan menghilangkan distorsi pada ujung serat optik.

Pada Bidang Medis

Bahkan bidang medis ternyata juga sudah memanfaatkan pengaplikasian dari band stop filter satu ini. Misalnya saja terdapat pada instrument biomedis seperti menghilangkan suaran line noise yang terdapat pada EGC.

Pada Proses Gambar dan Sinyal

Tidak hanya terbatas pada fungsi diatas saja, namun filter inilah juga memberikan manfaat untuk menolak derau atau noise pada saat pemrosesan gambar ataupun sinyal.

Selain itu, kehadirannya juga sudah sering digunakan untuk audio dengan kualitas yang tinggi misalnya saja adalah audio sistem di lapangan.

Penyaring frekuensi inilah ternyata sudah banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam bidang mulai dari peralatan elektronik hingga medis. Demikian pentingnya mengetahui pengertian dan cara kerja stop band filter satu ini.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment