Daftar Persamaan Transistor S9013 Lengkap

Dalam rangkaian elektronika terdapat banyak sekali komponen yang digunakan, salah satunya adalah persamaan transistor S9013. Komponen tersebut mempunyai peranan penting sebagai penguat sinyal atau saklar.

Transistor tersebut merupakan salah satu jenis transistor NPN daya kecil. Arus maksimum IC yang dimiliki oleh komponen tersebut kurang lebih adalah 500 mA dengan VCEO sebesar 40V.

Kehadiran transistor seperti ini tentu sudah menjadi hal yang biasa bagi orang yang memang memahami rangkaian elektronik. Namun, bagi Anda yang belum begitu paham, dapat simak informasinya di bawah ini.

Tentang Persamaan Transistor S9013

persamaan transistor S9013

Pada rangkaian elektronik, beberapa peran transistor yang satu bisa digantikan dengan transistor lainnya. Hal tersebut juga termasuk pada jenis transistor S9013 yang mempunyai beberapa pengganti yang bisa digunakan.

Untuk transistor tersebut, transistor S9013 dapat diganti dengan seri BC337, BC847, 2SC945, 2N3904, BC546, dan juga A1015. Meskipun begitu, pada dasarnya tetap terdapat perbedaan parameter di setiap transistor tersebut.

Perbedaan parameter tersebut antara lain ada pada IC, HFE, dan juga VCEO. Oleh karena itu, dalam mencari persamaannya, Anda perlu untuk mencari pengganti yang paling tidak mempunyai parameter yang hampir sama dengan transistor aslinya.

Dalam memahami informasi lengkap tentang transistor ini, Anda bisa melihatnya pada datasheet. Di dalam data sheet tersebut akan ditampilkan secara rinci tentang parameter yang dimiliki oleh transistor tersebut.

Anda bisa memperoleh informasi terkait data sheet tersebut di berbagai situs online yang membahas elektronika. Selain itu, bisa juga informasi data sheet diperoleh dari pihak produsen dari transistor tersebut.

Daftar Persamaan Transistor S9013

Telah dijelaskan di awal tadi terdapat beberapa persamaan transistor yang bisa digunakan untuk menggantikan peran S9013. Namun, tentu selain yang disebutkan di atas masih ada beberapa contoh lain yang bisa dicoba untuk Anda gunakan.

Baca Juga:  Frekuensi RCTI K Vision dan Cara Aksesnya

Pasalnya beberapa contoh persamaan sebelumnya mungkin ada yang tidak bisa Anda temukan di pasaran. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memperluas referensi persamaan tersebut agar fungsi dari S9013 bisa digantikan dengan baik.

Hal yang mungkin diperhatikan adalah mungkin terdapat perbedaan pada urutan kaki transistor pengganti. Kondisi tersebut tentu sangat wajar mengingat transistor ini hanyalah pengganti dari transistor yang utama.

Nah untuk daftar persamaan transistornya, berikut adalah nama-namanya.

  • S8050
  • S9011
  • 2N2222
  • MPS6532
  • BC337
  • BC338
  • MPS6601
  • MPS6602
  • MPSW01

Kurang lebih contoh yang disebutkan di atas bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang mencari pengganti dari S9013. Jangan lupa untuk memilih transistor dengan parameter yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan transistor pada rangkaian Anda.

Fungsi Penerapan Persamaan Transistor S9013

Pada dasarnya, transistor seri S9013 merupakan transistor yang termasuk ke dalam jenis bipolar junction atau BJT. Transistor tersebut umumnya digunakan pada rangkaian elektronik untuk amplifier atau switch.

Lebih luas lagi, tentu masih terdapat beberapa fungsi lain yang bisa dilakukan oleh S9013. Nah, berikut ini adalah beberapa contoh fungsi penerapan dari transistor S9013 yang umum ditemui pada rangkaian elektronika.

1. Fungsi Pada Amplifier

Pada amplifier, transistor tersebut dipakai untuk menjadi penguat sinyal elektronik. Hal tersebut dapat berlaku dan diterapkan pada berbagai macam aplikasi seperti pada penguat sinyal radio, penguat sinyal listrik, sampai dengan penguat suara.

2. Switch

Selanjutnya transistor seperti ini juga biasa difungsikan untuk saklar pada rangkaian elektronik. Saklar tersebut dipakai untuk mengontrol arus listrik yang terdapat di dalam suatu rangkaian elektronik.

Pada peranannya sebagai saklar, transistor ini bisa dipakai untuk menyalakan dan mematikan beban listrik. Menariknya, adanya transistor ini dapat membuat pekerjaan tersebut menjadi lebih efisien serta lebih cepat lagi.

Baca Juga:  Rangkaian Resistor Seri dan Pembagi Tegangan Secara Lengkap

3. Kontrol Motor

Penerapan berikutnya transistor S9013 in adalah sebagai pengontrol kecepatan dan juga arah perputaran motor DC. Hal ini umumnya ditemui pada aplikasi otomatisasi industri ataupun hal yang berkaitan dengan robotika.

4. Proteksi Overload

Selanjutnya transistor ini juga kerap digunakan pada komponen sirkuit proteksi overload. Dalam rangkaian aplikasi ini, transistor ini akan menjalankan tugas sebagai saklar yang dapat memutus atau menyambungkan aliran listrik.

Pada saat aliran listrik atau beban listrik terlalu besar, maka transistor ini akan memutus arusnya. Dengan begitu, rangkaian elektronika yang dibuat tidak akan mengalami arus berlebih pada saat dijalankan.

5. Sensor

Selain menjalankan fungsinya sebagai saklar pada rangkaian elektronik, transistor ini juga kerap difungsikan secara sederhana, yaitu menjadi sensor. Pada umumnya, transistor ini akan dipakai untuk sensor terhadap perubahan intensitas cahaya ataupun suhu lingkungan.

Kelima hal yang dijelaskan di atas hanyalah beberapa contoh penerapan dari transistor ini saja. Untuk lebih jauh lagi, tentu transistor tersebut bisa dipakai dalam berbagai macam kebutuhan rangkaian elektronika.

Nantinya, tinggal disesuaikan saja penggunaan transistor tersebut dengan keperluan spesifik dari rangkaian elektronik. Dengan begitu, rangkaian yang dibuat dapat menjalankan kerjanya secara maksimal dengan adanya peran transistor ini.

Data Sheet Transistor S9013

Dalam memahami tentang transistor ini, akan lebih mudah memang jika melihat pada datasheet. Untuk Anda yang mencari informasi lengkap tentang transistor ini, silakan untuk melihatnya pada data sheet yang ditampilkan di bawah ini.

  • Jenis : NPN
  • Kemasan paket : TO 92
  • Serial : SS9013
  • Arus kolektor max. : 12:05 AM
  • Tegangan kolektor – emitor max. : 20 V
  • Tegangan basis – kolektor max. : 40 V
  • Tegangan bias basis max. : 5 V
  • Disisipasi kolektor max. : 625 mW
  • Frekuensi kerja : 150 MHz
  • Tingkat penguatan : 64 – 202
  • Suhu kerja : Max. 150 °C
Baca Juga:  Kode Remot TV Votre dan Cara Settingnya

Melihat penjelasan pada informasi di atas, Anda bisa membaca berbagai detail-detail terkait transistor ini. Anda bisa melihat penjelasan mulai dari jenis, serial, sampai dengan suhu kerja dari transistor tersebut.

Berbekal dari informasi tersebut diharapkan Anda bisa menggunakan transistor ataupun persamaan transistor ini dengan tepat. Hal yang paling penting, pastikan bahwa pemilihan persamaan transistor yang dilakukan mendekati parameter transistor aslinya.

Kesimpulan

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan tentang berbagai macam hal terkait transistor bernama S9013. Dari penjelasan tersebut dapat dilihat berbagai macam persamaan transistor yang bisa digunakan untuk menggantikan peran S9013.

Pengetahuan tentang persamaan transistor tersebut cukup penting untuk mengantisipasi tidak tersedianya tipe S9013 di pasaran. Pasalnya, peran dari transistor tersebut cukup penting sehingga hampir dipakai pada berbagai aplikasi rangkaian elektronik yang memerlukan saklar atau penguat sinyal.

Selain itu, untuk mengetahui tentang informasi lengkap dari transistor ini juga telah ditampilkan data sheet yang bisa Anda pahami. Di data sheet tersebut telah tertera berbagai informasi detail tentang parameter dari transistor tipe S9013.

Begitulah tadi ulasan lengkap tentang persamaan transistor S9013 beserta datasheet yang bisa Anda pahami. Pada dasarnya, terdapat cukup banyak persamaan dari transistor tipe S9013. Namun, dalam pemilihannya, Anda bisa sesuaikan parameternya dengan kebutuhan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment