Platform Adalah: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya

Pengertian dari platform adalah wadah digital yang sering digunakan manusia untuk memenuhi segala kebutuhan. Di sini, banyak sekali pilihan platform yang tersedia. Misalnya platform Minecraft, digital, fortnite platform, maupun yang lainnya.

Dapat dikatakan juga bahwa platform memiliki arti sebagai rencana kerja. Untuk jurusan perkuliahan teknik informatika atau teknik elektro, memang tidak asing lagi mendengarkan kata platform.

Walaupun sebenarnya mempunyai banyak arti, akan tetapi platform pada intinya menjadi tempat berjalannya sistem teknologi. Supaya Anda tidak lagi bingung mengenai platform adalah dan contohnya, silahkan menyimak beberapa informasi berikut ini:

Pengertian Platform Adalah

Pengertian Platform Adalah

Platform merupakan sekelompok teknologi yang banyak digunakan sebagai dasar proses aplikasi maupun teknologi yang sedang dikembangkan pada reputasi personal. Platform juga termasuk perangkat keras dasar maupun perangkat lunak tempat aplikasi menjalankan perangkat lunak.

Memang platform memiliki pengertian yang cukup luas, baik itu dalam dunia komputer, dunia komputasi personal atau platform yang didefinisikan secara standar. Untuk definisi platform secara standar merupakan sebuah sistem yang bisa dikembangkan.

Apabila platform sudah ditentukan, maka pengembang dari perangkat lunak bisa menghasilkan perangkat sesuai yang diharapkan dan bisa membeli perangkat keras maupun aplikasi yang dibutuhkan.

Platform terkadang juga menjadi bagian yang bisa menciptakan karakteristik secara khusus bagi pengguna maupun teknologi jaringan dari social media. Untuk social media platform ini digunakan sebagai tempat berjejaring yang sudah digunakan banyak orang yang ada di seluruh dunia.

Jenis-Jenis Platform

Jenis-Jenis Platform

Secara umum, platform mempunyai dua varian yang dijadikan sebagai media aplikasi. Untuk yang pertama adalah single platform dan untuk varian yang kedua adalah multiple platform. Dari masing-masing varian pastinya mempunyai kelebihan maupun kekurangan tersendiri.

Oleh karena itu, sebelum Anda menggunakan, sebaiknya menyimak informasi berikut ini seputar jenis-jenis platform secara mendetail, di antaranya:

Baca Juga:  Daftar Freq K Vision C Band Terbaru Lengkap dengan Cara Penggunaannya

1. Single Platform

Untuk varian platform yang pertama yaitu single platform yang mana ini dibedakan menjadi dua yaitu platform yang dirilis pada satu perangkat manufaktur dan platform yang bisa digunakan banyak manufaktur sekaligus.

Pada biasanya, platform yang jenis ini dapat digunakan pada satu manufaktur. Contohnya iOS atau BlackBerry. Kita semua tahu bahwa platform BlackBerry ini hanya dapat dijalankan pada perangkat BlackBerry saja. Iphone hanya dapat dijalankan jika menggunakan perangkat iPhone saja.

Perlu untuk Anda ketahui secara pasti bahwa BlackBerry adalah vendor smartphone yang sangat mendominasi kawasan Amerika Serikat. Sementara iOS menjadi platform yang dirilis secara khusus untuk perangkat iPod atau iPhone.

2. Multiple Platform

Varian platform yang kedua yaitu multiple platform. Ini merupakan platform multi manufaktur, artinya bahwa varian ini banyak digunakan di manufaktur. Contohnya Android dan Java.

Diantara kedua platform tersebut dapat dijalankan pada berbagai perangkat, baik itu PC atau komputer dan juga smartphone. Seperti yang diketahui bahwa Android merupakan platform yang mempunyai kernel, Linux maupun sistem operasi yang sudah banyak digunakan vendor smartphone.

Berbeda dengan symbian yang merupakan sistem open solder dari dulu yang pernah digunakan Nokia sebagai salah satu sistem operasi di setiap ponsel sebelum pada akhirnya telah digusur oleh Android.

Tidak sampai di situ saja, sebenarnya banyak sekali platform yang digunakan pada beberapa perangkat manufaktur sekaligus. contohnya BRew, Windows mobile dan Net.

Fungsi Platform Adalah dan Contohnya

Sebenarnya fungsi platform adalah untuk wadah dalam menjalankan sebuah sistem yang sudah dirancang. Ada banyak sekali contoh platform yang bisa dijumpai, terutama di zaman digitalisasi seperti saat ini.

Keberadaan dari platform inilah yang membantu para masyarakat supaya dapat menyelesaikan pekerjaan lebih mudah. Selain itu juga dapat meningkatkan efisiensi dari segi komunikasi mudah, melakukan pencarian data yang berasal dari berbagai sumber.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Remote AC Sharp Tidak Berfungsi, Ga Perlu Bawa ke Teknisi

Platform juga dapat meningkatkan kecepatan distribusi barang. Untuk informasi mengenai contoh platform, silakan menyimak ulasan berikut ini:

1. Platform Digital

Platform Digital

Untuk contoh platform yang pertama yaitu digital ini merupakan sebuah kumpulan aplikasi perangkat lunak berjalan secara digital. Misalnya seperti marketplace, YouTube dan yang lainnya. Youtube menjadi platform digital untuk berbagai video yang dapat dinikmati banyak user.

Sementara marketplace adalah situs untuk melakukan jual beli secara online dengan memberikan penawaran segudang jasa dan barang. Ada juga fitur canggih yang membuktikan bahwa platform digital di zaman sekarang ini sudah mulai berkembang pesat.

2. Platform Seluler

platform seluler

Contoh platform seluler adalah Android yang menjadi pemberangkat lunak paling mudah dijumpai di pasaran Android. Termasuk platform yang menggunakan sistem operasi pada perangkat smartwatch atau smartphone.

Alasannya karena memang Android bisa menyesuaikan pada beragam aplikasi. Sehingga membuat kinerjanya lebih maksimal.

3. Platform Game

Platform Game

Platform game juga termasuk sebagai jenis secara khusus untuk menyediakan permainan yang super canggih kepada user di seluruh dunia.

Terlebih lagi sekarang game disajikan dengan mudah karena dapat dijalankan secara online yang ada di seluruh penjuru negara. Misalnya platform game PlayStation, PSXBOX, Nintendo Wii maupun yang lainnya.

4. Platform Social Media

Platform Social Media

Jenis platform sosial media cukup hits di zaman sekarang ini banyak sekali. Contoh dari platform social media seperti Facebook dan Twitter. Sosial media yang berbasis video bisa dijumpai pada TikTok dan Instagram.

5. Platform Website

Platform Website

Platform website juga termasuk sebagai platform untuk membuat maupun mengembangkan sebuah website. Secara umum banyak menggunakan WordPress, Drupal maupun Blogspot. Sementara platform website secara khusus digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan.

Baca Juga:  Kulkas Sharp Berapa Watt? Inilah Jawabannya!

6. Platform Browser

Platform Browser

Contoh platform selanjutnya yaitu browser, yang mana ini adalah alat peramban yang berjalan pada komputer atau smartphone. Untuk aplikasi ini berguna supaya bisa membantu user untuk melakukan pencarian informasi apapun yang dibutuhkan.

7. Platform Perangkat Elektronik

Platform Perangkat Elektronik

Contoh dari platform yang bisa Anda jumpai di perangkat elektronik di rumah yaitu seperti televisi, DVD player, telepon, dan yang lainnya. Untuk beberapa platform tersebut menjadi contoh perangkat keras atau hardware.

Manfaat Platform

Manfaat Platform

Jika membicarakan mengenai manfaat dari platform, tentu memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya. Khususnya para kaum milenial yang hidup di zaman sekarang ini. Pengertian platform adalah identik dengan teknologi informasi.

Baik aplikasi atau software yang sengaja dirancang supaya dapat menjalankan sebuah sistem. Untuk itu, manfaat yang diberikan pastinya jauh lebih bervariasi. Bagi Anda yang masih awam dengan platform dan kurang memahami manfaat apa saja yang ditawarkan, berikut ini penjelasan:

  • Memotong rantai distribusi yang panjang.
  • Meningkatkan kecepatan dari distribusi barang.
  • Mudah melakukan pencarian data yang berasal dari berbagai sumber.
  • Melakukan jual beli menjadi lebih cepat dan mudah.
  • Mempermudah akses berbagai jenis file.
  • Dapat meningkatkan efisiensi komunikasi.
  • Memudahkan orang mencari pekerjaan.
  • Melakukan perekrutan karyawan lebih efisien dan efektif.
  • Pekerjaan terasa lebih cepat dan mudah.

Sebenarnya platform adalah istilah yang seringkali digunakan untuk penggunaan sosial media. Sebutan dari platform social media itu sendiri memang cukup sering didengar dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya Twitter Instagram dan Facebook.

Sekarang platform tidak hanya digunakan untuk berjejaring saja. Akan tetapi juga membantu untuk memasarkan produk beriklan. Bahkan sampai dengan melakukan promosi. Alasan inilah yang membuat platform seringkali dikenal dalam dunia digital.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment