Kode Remot TV JVC yang Wajib Diketahui

Kode remot TV JVC wajib diketahui untuk para pemula. Perlu menjadi perhatian, bahwa TV JVC merupakan sebuah merk yang banyak dijual di Indonesia. Produk tersebut berasal dari perusahaan asal Negara Jepang. Terdapat beberapa kode remot pada tv tersebut yang wajib dihafal.

TV JVC sendiri terdiri dari tabung, LCD dan LED. Kami akan memberikan informasi mengenai beberapa kode remotnya serta cara menyettingnya dengan baik dan benar. JVC adalah singkatan dari Victor Company of Japan. Hal tersebut merupakan perusahaan asal Jepang.

Perusahaan tersebut didirikan sejak tahun 1927 yang lalu dan diklaim sebagai salah satu perusahaan penghasil tv serta video recorder pertama di Negara tersebut. JVC memproduksi berbagai barang elektronik selain TV, seperti radio, aksesoris komputer, software dan sebagainya.

Televisi mungkin jadi produk yang memiliki keunggulan dan manfaat bagi banyak orang, sehingga tidak heran jika saat ini TV menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan. Salah satu masalah yang biasa dialami pemilik tv adalah remot tvnya yang rusak, terdapat beberapa sebab hal tersebut bisa terjadi.

Penyebab yang paling umum adalah baterai dari remote habis. Remote yang rusak juga bisa digantikan oleh yang baru agar dapat digunakan untuk semua tv yang tersedia. Agar bisa menggunakan JVC, terdapat beberapa setting serta kode remot tv jvc yang wajib kamu pahami.

Kode Remot TV JVC yang Wajib Diketahui

Kode Remot TV JVC yang Wajib Dipahami

Terdapat beberapa kode remot tv JVC yang berbeda. Biasanya kode pada remot terdiri dari 3 angka. Perlu menjadi perhatian, bahwa setiap tv memiliki banyak kode yang sesuai dengan tempat tinggal wilayah kamu. Cara setting remot tv nya juga sangat mudah, jadi tidak perlu khawatir kebingungan.

Baca Juga:  Pengertian Tegangan Listrik: Jenis, Alat Ukur, Rumus dan Contoh Soal

Kombinasi kode remot dapat berlaku pada tv yang berbentuk tabung, LED maupun LCD. Jadi, bisa digunakan pada semua tipe asalkan masih dalam satu branding yang sama. Beberapa kode mungkin saja bisa cocok digunakan, dan bisa jadi sebagian kode tidak bekerja. Jadi hal tersebut harus disesuaikan.

Kode remot JVC terdiri dari 161, 089, 004, 024, 156 dan 103. Kode tersebut bisa kamu sesuaikan dengan tipe dan wilayah tempat kamu tinggal. Namun, biasanya bisa cocok pada berbagai bentuk yang sama. Jika kamu mengalami kebingungan bisa melihat berbagai tutorial di youtube agar lebih mempermudah.

Kegunaan dari kode remot JVC adalah untuk mencari berbagai siaran di tv tersebut. Hal itu akan sangat memudahkan kamu untuk menonton berbagai siaran yang biasanya disediakan oleh tv. Kamu bisa mencoba satu per satu semua kode yang tertera agar lebih paham dan bisa pada semua jenis.

Cara Setting Kode pada Remot TV JVC

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk seeting berbagai kode di dalam remot tv JVC. Berikut beberapa cara untuk setting berbagai kode pada remot TV JVC.

  1. Tekan tombol set terlebih dahulu yang tersedia pada remot, tahan tombol tersebut dan jangan dilepaskan.
  2. Tekan tombol power, lalu tunggu sampai lampu indikatornya menyala.
  3. Lanjut dengan melepaskan kedua tombol tersebut jika lampu remot sudah menyala.
  4. Kemdian tekan beberapa kode remot JVC yang dapat disesuaikan seperti yang dijelaskan diatas. Contohnya jika kamu ingin masukkan 089, maka tekan tombol 0, tombol 8 serta tombol 9 secara berurutan.
  5. Setelah kode tersebut selesai ditekan, maka lampu yang berada di remote akan mati secara otomatis dan remote tv jvc sudah bisa digunakan secara normal.
Baca Juga:  11 Komponen Kipas Angin dan Fungsinya Secara Detail

Cara diatas sudah dijelaskan secara simple dan mudah sehingga bisa langsung dipraktekkan dalam remote yang ada dirumah kamu khususnya pada tv JVC. Perlu menjadi perhatian, jangan sampai salah pencet karena dapat berakibat fatal atau error pada remote maupun TV.

Pastikan menyesuaikan beberapa kode sesuai frekuensi dan wilayah agar tidak keliru dan salah dalam menekan kode. Remote tidak akan bisa digunakan apabila kamu salah menekan kode yang tidak sesuai dengan frekuensi dan wilayah setempat.

Fungsi dari Kode Remot TV JVC

Bukan hanya membahas mengenai kode dan cara settingnya saja. Kamu juga harus mengetahui fungsi dari kode remot tersebut. Untuk fungsinya sendiri adalah menghubungkan remot universal dan remot pengganti agar bisa normal seperti versi aslinya.

Saat remot rusak, kamu perlu menggantinya pada remot universal yang dimana remot tersebut dapat digunakan oleh semua jenis televisi. Maka dari itu, terdapat kode khusus yang bisa menghubungkan remote dan tv untuk bisa memutar berbagai channel yang ada di tv tersebut khususnya pada TV JVC.

Jadi, sebelum dapat berfungsi dengan baik, kamu harus memasukkan kode remotnya terlebih dahulu sesuai dengan berbagai merek dan jenis tvnya agar bisa digunakan sebagaimana mestinya. Perlu menjadi perhatian, bahwa setiap merek mempunyai kodenya masing-masing jad diharapkan jangan sampai keliru dalam memasukkan kode.

Rata-rata dari kode tersebut tersedia melalui 3 digit angka dan memiliki perbedaan antara kode remot TV JVC, kode remot TV Polytron, Panasonic serta akari dan merk lainnya. Jadi, pastikan menghafal sesuai dengan kebutuhan tv yang kamu gunakan.

Beberapa Penyebab Remot TV tidak Berfungsi

Dalam proses mengganti remot versi asli ke remot universal, kamu harus mengetahui beberapa penyebab sebuah remot bisa tidak berfungsi. Dalam beberapa kasus, kerusakan bukan terletak pada remotnya, namun terletak pada barang elektroniknya. Maka dari itu, hal tersebut harus diperhatikan.

Baca Juga:  Rekomendasi Persamaan TR 5551 untuk Amplifier

Masalah Teknik

Remot menjadi tidak berfungsi seringkali karena ada gangguan teknis seperti kotoran dan karat pada besi yang berfungsi menjadi penghubung antara baterai dan aluran sistemnya. Hal tersebut akan menghambat kerja baterai, sehingga tidak sempurna dalam mengalirkan teknisnya.

Baterai Remote Habis

Hal yang sering terjadi adalah orang-orang jarang mengecek ketahanan baterai, sehingga saat remote rusak sudah langsung menyimpulkan, bahwa remote tidak bisa menyala dan harus diganti dengan yang baru, sebenarnya tidak seperti itu. Remote hanya harus diganti baterai agar bisa berfungsi kembali.

Keliru Memasukkan Kode

Seperti yang sering dijelaskan diatas, bahwa setiap tv memiliki kode yang berbeda-beda. Salah satu akibat dari keliru memasukkan kode adalah tidak berfungsinya sebuah remote. Untuk dapat mengatasi permasalahan seperti itu, kamu bisa mengulang memasukkan kode yang sesuai dengan jenis dan tvnya.

Kerusakan yang Diakibatkan oleh TV

Seringkali orang tidak sadar bahwa kerusakan bukan terletak pada remote, tapi pada tvnya. Maka dari itu, setelah melakukan beberapa cara agar remote dapat berfungsi dengan baik, tapi tetap tidak bisa berfungsi, sebaiknya periksa kembali tvnya. Sebab, kemungkinan ada sistem yang rusak didalamnya.

Beberapa kode remot tv jvc, cara setting dan berbagai penyebab kerusakan yang seringkali terjadi pada sebuah remote perlu dipahami dengan baik agar tidak keliru dalam pemahaman. Kamu bisa menjaga remote dan barang elektroniknya agar tidak mudah rusak dan bisa bertahan lebih lama.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment