Poster Hemat Energi agar Bisa Maksimal

Kampanye hemat energi terus digencarkan berbagai pihak, salah satunya dengan memperbanyak poster hemat energi yang dipasang di lokasi-lokasi strategis. Poster itu, bisa menjadi salah satu media penyampai informasi asalkan dibuat dengan cara yang tepat.

Untuk membuat sebuah poster yang isinya tentang himbauan untuk melakukan penghematan energi, bukan perkara sulit. Asalkan Anda sudah memenuhi semua unsur yang harus ada pada sebuah poster, maka tinggal tuangkan di dalam media dan kemas dengan tampilan menarik.

Berikut ini berbagai informasi penting terkait apa itu poster tentang hemat energi, apa saja unsur penting di dalamnya, hingga contoh yang dapat dijadikan referensi. Penasaran?

Apa itu Poster Hemat Energi

Apa itu Poster Hemat Energi

Bicara soal pengertiannya, kata pertama yang perlu dipahami adalah poster. Yaitu sebuah media yang berisikan informasi berupa ide, imbauan, informasi penting untuk disebarkan kepada banyak orang.

Pembuatannya menggunakan media kertas atau bahan yang bisa dicetak dengan desain poster yang sudah dibuat.

Nah, kalau poster hemat energi adalah poster yang isinya adalah informasi seputar hemat energi. Bagaimana mengajak orang untuk melakukan penghematan energi mulai dari listrik, air, dan energi lainnya.

Isi poster tentang hemat energi ini, tentunya harus memiliki tema yang jelas sehingga saat memadukan gambar dan tulisan pendukungnya menjadi sebuah kesatuan media informasi yang mudah dipahami siapa saja yang membacanya nanti.

Unsur Penting Pada Sebuah Poster Hemat Energi

Kalau di dunia promosi, poster menjadi salah satu yang populer. Oleh karena itu, untuk menyampaikan himbauan juga akan menjadi media tepat. Asalkan poster tersebut memenuhi beberapa unsur penting berikut ini.

Ada Pesan yang Ingin Disampaikan

Harus jelas pesan apa yang ingin disampaikan pada sebuah poster dengan tema hemat energi. Misalnya, untuk poster hemat air selamatkan bumi maka pesan utama yang ingin disampaikan adalah bagaimana cara menghemat air agar bumi bisa diselamatkan.

Baca Juga:  Siapa Pengusaha Walet Terkaya Indonesia? Ini 5 Daftarnya!

Atau jika Anda ingin membuat poster tentang cara menghemat energi listrik, pesan ini akan menjadi acuan dalam pembuatan sebuah poster.

Fokus pada Visual

Visual sangat penting dalam sebuah poster karena informasi yang akan disampaikan, diimplementasikan dalam bentuk visual berupa perpaduan gambar.

Gambar tersebut harus bisa “berbicara” dan menjelaskan tanpa banyak kata-kata tentang pesan yang ingin disampaikan.

Sebagai contoh, sebuah poster tentang air dengan visual yang ditampilkan adalah kran yang mengalir lalu dipadukan dengan gambar ember melimpah dan bumi yang mengering. Dari segi visualisasi bisa diartikan bahwa jika boros menggunakan air bisa menyebabkan kekeringan.

Elemen Desain yang Tepat

Unsur ini meliputi perpaduan gambar yang ditampilkan di dalam sebuah poster, kemudian warna apa saja yang dipilih pada visualisasi. Termasuk juga di bagian mana gambar akan ditempatkan, sehingga mudah dilihat dan pesannya sampai.

Selain itu, soal tipografi atau tata penulisan teks pendukung poster juga tidak boleh luput dari perhatian. Jangan sampai ada kesalahan penulisan yang bisa fatal akibatnya.

Informasi Penyampai Pesan

Jelaskan juga siapa pihak yang memberikan himbauan melalui poster tersebut. Apakah sebuah instansi, kantor, perorangan, atau organisasi tertentu. Jadi, orang juga bisa langsung tahu dan menyimpulkan sesuai yang diinginkan pembuat.

Tips Membuat Poster Hemat Energi

Jika Anda ingin membuat sebuah poster tersebut, maka perlu memahami juga bagaimana cara membuat poster hemat energi tersebut. Berikut ini, beberapa tips yang dapat dijadikan referensi saat pembuatannya.

  • Pastikan untuk menentukan tema dari poster terlebih dahulu. Apakah ingin membuat poster hemat energi secara garis besar termasuk energi listrik, air dan semua energi lainnya, atau poster yang lebih fokus tentang penghematan salah satu energi misalnya listrik saja atau air saja.
  • Pilih susunan kalimat yang tepat untuk ditampilkan pada sebuah poster. Bukan kalimat yang panjang, cukup kalimat pendek namun padat dan mudah diingat siapapun yang membaca. Upayakan juga kalimat tersebut bisa memberikan sugesti dan ajakan pada pembaca poster.
  • Pilih gambar yang tepat untuk menyampaikan pesan yang sudah ditentukan. Tidak perlu banyak gambar, cukup satu namun lengkap berisi pesan utama dari poster. Gunanya agar orang fokus pada satu gambar dan kalimat pelengkap yang ada disana.
Baca Juga:  4 Macam Bau Yang Tidak Disukai Burung Walet, Pengusaha Wajib Tahu!

Jika Anda memasukkan terlalu banyak gambar, tentu akan membuat orang bingung sehingga target mengajak pembaca bisa gagal

  • Media Poster yang Sesuai

Saat ini banyak media poster yang tersedia seperti kertas, kain, plastik, dan bahan lainnya yang bisa dijadikan media cetak poster. Pilihlah sesuai dengan lokasi dimana poster akan ditempatkan.

Jika akan diletakkan di tepi jalan mana bisa memilih kertas tahan air dan panas, supaya meskipun cuaca berubah-ubah namun gambar dan isi poster tidak mudah luntur.

Begitu juga kalau posisi penempatannya digantung, akan lebih baik memilih media kain yang akan lebih hemat biaya dan bisa memberikan kesempatan membuat gambar lebih besar dan ye catching

Contoh Poster Hemat Energi

Penasaran dengan contoh poster hemat energi air dan listrik yang bisa Anda tiru atau kembangkan? Berikut ini beberapa diantaranya.

Poster Hemat Air untuk Anak Sekolah

Poster ini sangat kompleks, menjelaskan bagaimana cara menghemat air yang bisa dilakukan. lengkap dengan contoh gambarnya. Untuk gambar utama adalah bumi dimana di dalamnya ada air yang memenuhi 2/3 bumi, lalu ada berbagai hewan di dalam air.

Kemudian ada 1/3 bagian daratan dengan pepohonan yang tumbuh subur. Pada samping kiri dan kanan gambar utama, ada cara-cara yang dapat dilakukan untuk menghemat air. Mulai dari mandi secukupnya menggunakan air, mengambil air dari kran sesuai kebutuhan.

Lalu beberapa contoh lainnya yang juga mudah dipraktekkan sendiri oleh siapa saja, di lingkungan masing-masing.

Poster Hemat Air untuk Kantor

Gambar ini memang terlihat sederhana, satu tetes air yang ditampung oleh kedua belah tangan. Lalu ada kata kata poster hemat air let’s save the water together. Poster dengan pesan mendalam soal menghemat energi air.

Baca Juga:  Mengenal Rumus VLOOKUP dan Contoh Penggunaannya

Semua orang bisa melakukannya dengan tidak boros lagi saat menggunakan air. Jika itu dilakukan maka dunia bisa terselamatkan dari kekeringan.

Poster Hemat Listrik di Kantor

Hemat listrik di kantor salah satunya dengan mematikan lampu dan peralatan setelah selesai kerja. Pada contoh poster ini, gambar utamanya adalah saklar dalam kondisi off yang mampu memberikan banyak penjelasan tentang hemat energi listrik.

Saklar itu dipakai untuk lampu, alat rumah tangga, komputer, dan berbagai perlengkapan yang membutuhkan arus listrik untuk menyalakannya. Jadi, terkesan simple namun pesannya jelas soal imbauan hemat listrik.

Poster Hemat Listrik di Rumah

Contoh terakhir adalah poster menghemat listrik menggunakan gambar lampu yang tertidur. Bisa dijadikan salah satu media kampanye hemat listrik di rumah. Jadi, ketika Anda tidur maka lampu bisa ikut tidur dan energi listrik bisa dipangkas penggunaannya.

Jika sudah paham berbagai hal tentang poster hemat energi, tidak ada salahnya untuk coba membuatnya sendiri. Jangan lupa untuk memastikan semua unsur penting sudah ada di dalamnya, kemudian ikuti tips membuatnya dengan benar.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment