Pengertian dan Transistor BC547 Persamaan Datasheet

Informasi mengenai transistor BC547 persamaan datasheet perlu untuk diketahui terutama bagi Anda yang bekerja di bidang elektronika. Sebab nantinya dapat dijadikan sebagai pengganti apabila para teknisi kesulitan dalam menemukan unit original.

Seperti sudah diketahui bahwa transistor sendiri merupakan sebuah komponen semikonduktur yang berfungsi sebagai penguat. Tidak hanya sebagai penguat saja, tetapi biasanya juga digunakan sebagai pemutus atau penyambung arus (switching).

Jika digambarkan, maka sebuah transistor inilah dapat berperan sebagai kran tetapi kran listrik dimana sesuai arus input sekaligus tegangan input di dalamnya. Bc 547 adalah salah satu jenis transistor yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan.

Pengertian transistor

Pengertian transistor

Bagi Anda yang sudah sering bergulat dengan dunia elektronika pastinya sudah tidak asing lagi dengan komponen satu ini bukan? Nah transistor sendiri merupakan sebuah komponen semikonduktur dimana mempunyai sejumlah fungsi penting.

Fungsi tersebut diantaranya adalah digunakan untuk penguat, penyambung, stabilitas pada tegangan, pemutus hingga digunakan sebagai modulasi sinyal. Biasanya kegunaan alat satu ini sering ditemukan dalam rangkaian elektronika.

Ukurannya cukup kecil dan menonjol dimana dipasang di dalam sebuah rangkaian. Bagian dari komponennya terbuat dari bahan semikonduktor seperti arsedine, gallium, silicon ataupun germanium dimana merupakan bahan elektroda yang aktif.

Apabila dilihat secara umum, komponen tersebut biasanya digunakan untuk penguat atau amplifier serta saklar.

transistor yang Anda temukan di pasaran ternyata terdiri dari beberapa jenis. Sebut saja seperti R BC 547 yang banyak digunakan oleh teknisi untuk berbagai keperluan.

Mengenal Apa Itu Transistor BC547

Mengenal Apa Itu Transistor BC547

Sebelum Anda mengetahui bagaimana persamaan dari datasheet transistor satu ini, maka wajib memahami apa itu transitor bc 547 terlebih dahulu. Jadi ini adalah sebuah transistor bertipe NPN dimana sering dijumpai dalam konfigurasi elektronika.

Baca Juga:  Inilah Cara Mendapatkan Paket K Vision Gratis 2023

Keberadaan dari jenis inilah ternyata juga mempunyai sejumlah peran seperti sebagai penguat arus ataupun sebagai switching juga. Misalnya saja adalah digunakan sebagai penguat maka biasanya diaplikasikan di dalam penguat sinyal audio yang terdapat pada amplifier.

Sedangkan apabila keberadaan transistor tersebut digunakan sebagai switching biasanya dapat ditemukan pada rangkaian lampu flipflop, saklar sentuh dan masih banyak lagi. Di pasaran, harga dari transistor inilah ternyata sangat terjangkau yakni mulai dari 1000rupiah saja.

Apabila Anda ingin menggunakan jenis transistor satu ini, maka wajib memahami dahulu bagaimana persamaan transistor bc 547 terlebih dahulu.

Bagaimana BC 547 Ini Bekerja

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa informasi seputar persamaan bc547 inilah wajib diketahui oleh setiap pengguna. Tetapi sebelum itu, wajib untuk memahami bagaimana cara kerja dari transistor tersebut dengan baik.

Cara kerja dari transistor inilah ternyata hampir mirip dengan jenis transistor npn pada umumnya. Dimana kaki atau pin dari kolektor-emitter akan langsung membuka pada saat kaki basis terhubung ke bagian ground ataupun dibiaskan secara terbalik.

Selain itu, komponen tersebut akan tertutup apabila bagian dari kaki basisnya diberi sinyal atau bias maju. Dengan cara kerja itulah, maka Anda dapat mengaktifkan komponen tersebut dengan cara memberikan tegangan bias maju di bagian pin ataupun pada kaki basisnya.

Untuk tipe transistor inilah mempunyai ternyata mempunyai tingkat penguatan atau gain sebesar 110-800 kali lebih besar. Dari spesifikasi tersebut maka bisa dibilang mampu menghasilkan penguatan cukup tinggi, tetapi arus maksimum yang dapat dialirkan ke bagian kaki kolektornya ternyata hanya 100mA sehingga cukup rendah.

Daftar Transistor BC457 Persamaan Datasheet

Agar Anda semakin menguasai informasi seputar persamaan transistor bc547 terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa di pasaran ternyata ada banyak persamaan dari BC547 satu ini, tetapi secara umum orang-orang lebih suka untuk menggunakan C945 Serta C828.

Baca Juga:  Daftar Persamaan Transistor D5023, Beserta Pengertian dan Datasheet

Walaupun demikian masih ada persamaan bc547 datasheet yang bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan diantaranya adalah

  1. BC549
  2. BC550
  3. BC548
  4. BC636
  5. BC639
  6. 2N2222
  7. 2N3904
  8. 2N2369
  9. TO-1B
  10. TO-92
  11. 2N3055
  12. 2N3906
  13. 2SC5200
  14. 2N2369

Informasi Mengenai Datsheet BC 547

Selain memahami informasi seputar persamaan diatas, Anda juga perlu memahami datasheet transistor bc547 ini dengan baik. Ini adalah informasi yang sangat penting terutama bagi Anda yang merupakan seorang teknisi dimana sering menggunakan alat tersebut.

  • Jenis : NPN
  • Tipe : BC457
  • Kemasan paket : TO-92
  • Nilai penguatan (hfe) : Max.800
  • Arus kolektor (lc) : Max 0,1A
  • Tegangan emitor – basis (Veb) : 6V
  • Tegangan kolektor – emitor (Vcb) : Max.50 V
  • Tegangan kolektor – basis (vcb) : Max 50 v
  • Disisipasi kolektor : 0,5 W
  • Frekuensi transisi : 300 MHz
  • Nilai noise : – dB
  • Suhu kerja : Maximum 150O c

Contoh Penggunaan dari Transistor BC547

Setelah memahami bagaimana persamaan tr bc547, pastinya Anda juga penasaran apa sebenarnya kegunaan dari tipe tr satu ini bukan? Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa keberadaan dari komponen inilah sudah banyak digunakan untuk berbagai keperluan.

Agar lebih jelas, maka silahkan simak beberapa kegunaannya berikut ini.

Sebagai Saklar

Penggunaan dari tr bc547 inilah ternyata sering digunakan sebagai saklar dimana nantinya akan dioperasikan di daerah saturasi serta cut-off. Nantinya komponen tersebut akan bertindak sebagai saklar terbuka dalam proses bias maju dan akan tertutup ketika bias dalam kondisi mundur.

Keberadaan dari bias itulah ternyata dapat dicapai dengan cara memasokkan jumlah arus yang dibutuhkan ke dalam pin. Sebagai informasi tambahan bahwa arus maksimum dimana harus dicapai adalah 5 mA.

Sebagai Penguat

Masih ada kegunaan transistor lainnya yakni dapat berperan sebagai penguat seperti untuk penguat sinyal pada sebuah amplifier saat dioperasikan di daerah aktif. Selain itu, transistor inilah juga dapat berfungsi sebagai penguat untuk tegangan ataupun arus listrik.

Baca Juga:  Diagram Kulkas 2 Pintu dan Komponen Didalamnya

Biasanya terdapat sejumlah konfigurasi apabila sebuah transistor tersebut berperan sebagai penguat seperti common emitter, common collector ataupun commom base. Tetapi tipe common emitter ternyata lebih banyak digunakan oleh masyarakat.

Pengaplikasian Transistor Yang Perlu Diketahui BC547

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa keberadaan dari transistor inilah ternyata mempunyai peran yang sangat penting. Selain itu, pengaplikasiannya ternyata juga sudah sangat luas diantaranya adalah sebagai berikut.

Digunakan Untuk Keperluan Umum

Pengaplikasian dari komponen inilah juga sudah digunakan secara umum ataupun sebagai pengganti dari jenis transistor yang lainnya. Inilah alasan kenapa keberadaannya dapat digunakan untuk rangkaian elektronik berbeda misalnya adalah sebagai driver relay, amplifier audio dan masih banyak.

Membuat Rangkaian Listrik

Selain pengaplikasian diatas, keberadaan dari komponen inilah juga sering digunakan pada rangkaian listrik serta elektronik seperti rangkaian alarm, LED flasher, konfigurasi berbasis sensor, indikator level air, sensor suhu, alarm sensitive kelembaban dan masih banyak lagi.

Dari ulasan diatas, tentunya dapat diketahui bahwa keberadaan dari transistor inilah mempunyai peran yang sangat penting baik untuk tujuan umum ataupun amplifier. Pastikan Anda memahami transistor BC547 persamaan datasheet terlebih dahulu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment