Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

Artikel sebelumnya Anda sudah belajar dan mengenal apa itu aplikasi Proteus 8 Profesional, dan apa saja tools serta fitur yang dimiliki. Sekarang saatnya artikel ini akan membahas terkait tutorial cara menggunakan aplikasi Proteus 8 Profesional. Dalam artikel tutorial cara menggunakan aplikasi proteus terbagi menjadi empat sub bab yaitu cara menggambar rangkaian, cara membuat layout PCB, cara mensimulasikan skema rangkaian, dan bagaimana cara melihat bentuk 3D dari hasil rancangan yang sudah dibuat. Untuk penjelasan lebih lengkapnya sebagai berikut.

Cara Menggambar Skema Rangkaian pada Proteus

1. Buka aplikasi proteus 8 Profesional, tunggu sampai halaman utama aplikasi terbuka.

2. Klik simbol NEW, lalu beri nama project sesuai dengan keinginan Anda dan pilihlah lokasi untuk penyimpanan project. Dalam gambar dibawah lokasi penyimpananya adalah C:/Users/Istiqomah/Documents.

3. Setelah memilih lokasi penyimpanan project dan mengklik tombol next maka tampilan dari aplikasi akan menyajikan beberapa pilihan dari jenis ukurnan project yang digunakan.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

4. Klik terus tombol next sampai akhirnya aplikasi akan menampilkan area untuk mulai menggambar skematik rangkaian.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

5. Klik menu pick device (P) lalu anda mulai dapat mengetik nama komponen yang akan di pakai pada kolom keyword. Setelah mendapatkan komponen yang cocok lalu klik OK.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

6. Setelah memilih komponen sesuai kebutuhan maka komponen yang dipilih akan muncul pada bagian list komponen. Langkah berikutnya adalah meletakan posisi komponen pada area gambar, dan Anda dapat memulai untuk merangkai sebuah rangkaian sederhana.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

7. Anda dapat membuat rangkaian sederhana hanya dengan mengklik nama komponen pada label list komponen, lalu buatlah rangkaian sederhana yang saling terhubung

8. Setelah semua kaki-kaki komponen terhubung semua, berikutnya adalah dengan cara menambahkan terminal sumber dan ground (power & ground)

Baca Juga:  Mengenal Jenis Filter Frekuensi

9. Terakhir, edit nilai-nilai komponen sesuai dengan kebutuhan.

Cara Membuat Layout PCB di ARES

Untuk membuat PCB butuh ketelitian yang tinggi, karena dalam proses pembuatan wire/jalur PCB tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan kaidah pembuatan PCB. Karena jika terjadi kesalahan saat menghubungkan antara jalur satu ke jalur lain ada yang berimpangan atau tabrakan, maka akan beresiko pada kinerja rangkaian tidak baik, bisa terjadi short circuit karena terhubungnya dua jalur berbeda, beberapa komponen mungkin akan bertabrakan saat peletakan di papan PCB aslinya, atau bahkan bisa berdampak sampai PCB tidak dapat digunakan.

Untuk mengatasi kesalahan-kesalahan tersebut, Anda bisa membuat jalur PCB dengan bantuan Proteus 8 Pro pada menu ARES. Karena pada proteus terdapat bantuan berupa petunjuk dimana kaki-kaki komponen harus dihubungkan. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat PCB pada Proteus.

1. Pertama-tama Anda harus sudah mempunyai skema rangkaian yang akan dibuat jalur PCB, jika belum maka Anda dapat menggambarnya terlebih dahulu pada proteus menu ISIS. Contohnya kali ini kami akan menampikan gambara skema rangkaian dari pre amplifier.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

2. Setelah skema rangkaian selesai dibuat maka selanjutnya dapat beralih ke ARES untuk membuat layout PCB. Biasanya saat pertama kali membuka ARES, beberapa komponen dari skema rangkaian pada ISIS akan otomatis terbawa. Akan tetapi jika ada beberapa komponen yang belum terbawa, Anda bisa menambahkanya secara mandiri dengan cara menekan huruf P lalu mencari nama komponen yang diperlukan dan klik OK.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

3. Setelah semua komponen sudah ada, maka proses berikutnya adalah pembuatan jalur layout PCB. Pada menu sebelah kiri ARES adalah beberapa jenis bentuk lubang yang bisa dipilih saat membuat jalur PCB. Contohnya ada track mode (digunakan untuk menghubungkan setiap lubang yang ada untuk kaki komponen), zone mode (untuk membuat blok pada jalur agar nantinya layout PCB menjadi lebih lebar dan besar), (round through-hole pad mode (berguna untuk mengecilkan atau membesarkan ukuran lubang pada jalur), dan lainnya. Setelah mengetahui beberapa istilah pada ARES, Anda bisa mulai menyusun komponen-komponen yang akan dibuatkan layoutnya.

Baca Juga:  Pengertian Kapasitor Paralel dan Rumusnya Yang Perlu Diketahui

4. Langkah berikutnya adalah menghubungkan kaki-kaki komponen dengan track mode, namun jangan khawatir pada proteus Anda akan dibantu petunjuk dimana kaki komponen harus dihubungkan. Sebelum mulai membuat jalur Anda harus merubah dulu top cooper jadi bottom copper seperti tanda merah digambar ini.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

5. Setelah semua kaki komponen sudah terhubung, maka tahapan dalam membuat layout PCB sudah selesai. Anda dapat menambahkan nama pada PCB dengan mengklik  2D Graphics Text atau simbol huruf A. Lalu tulislah teks yang diinginkan.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

6. Setelah jalur PCB selesai dibuat Anda dapat melihat hasil 3D dari rancangan yang dibuat. Untuk langkah-langkahnya ada di sub bab berikutnya.

Cara Mensimulasikan Skema Rangkaian

1. Setelah semua skema rangkaian selesai dibuat, Anda dapat mensimulasikan rangkaian yang sudah dirancang.

2. Langkahnya sangat mudah, Anda cukup menekan tombol play (letaknya pojok kiri bawah) untuk memulai simulasi, tombol pause untuk berhenti sejenak dan tombol stop untuk berhenti.

Cara Melihat bentuk 3D dari Hasil Perancangan

1.  Setelah semua layout PCB sudah selesai dibuat, Anda dapat melihat visualisasi 3D dari hasil perancangan Anda sendiri.

2. Caranya sangat mudah tinggal klik logo 3D visiualizer yang sudah diberi tanda merah seperti gambar dibwah ini.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

3. Maka setelah mengklik 3D visualizer akan menjadi tampilan seperti berikut.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

4. Jika sudah muncul gambar 3Dnya, Anda dapat memutar gambar secara 360° untuk melihat bentuk PCB secara keseluruhan. Anda dapat mengotak-atik dengan bantuan tombol dibagian pojok kiri bawahnya.

Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

Bagaimana seru bukan menggunakan aplikasi Proteus 8 Pro? Anda sangat menikmati dan merasakan kepuasan tersendiri saat desain Anda sudah bisa ditahap bisa disimulasikan dan sudah tampak bentuk 3D. karena setelah melalu proses yang begitu panjang akhirnya rancangan yang Anda buat dengan susah payah dapat dinikmati hasilnya, meskipun baru nampak gambar 3Dnya.

Baca Juga:  4 Rekomendasi Clear Coat Terbaik Untuk Kendaraanmu!

Sepertinya artikel ini sudah sampai dipenghujung, apakah artikel ini membantu Anda dalam belajar menggunakan aplikasi proteus? Apakah Anda jadi termotivasi dan lebih tertarik untuk mencoba aplikasi proteus? Jika benar, kami sangat bersyukur dan merasa senang akan itu. Karena tulisan yang sudah kami buat dapat bermanfaat bagi Anda. Sekian, terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment