Rekomendasi Software Terbaik untuk Belajar Elektronika dan Listrik

Sebagai orang yang menyelami dunia elektronika ataupun yang baru akan terjun ke elektro, penggunaan aplikasi dalam elektronika sangatlah bermanfaat sekali. Seiring dengan perkembangan teknologi yang kiat pesat, berdampak dengan semakin berkembangnya software-software di berbagai bidang, salah satunya adalah bidang elektro. Dengan adanya software/aplikasi Anda dapat terbantu dalam belajar hal-hal baru dengan mudah lewat aplikasi, atau Anda dapat mengerjakan pekerjaan Anda dengan lebih efektif dan efisien karena bantuan dari sebuah aplikasi.

Berbagai macam software atau aplikasi sudah tersedia diberbagai platform, namun kali ini hanya beberapa aplikasi saja yang akan dibahas dan tentunya aplikasi-aplikasi tersebut sangat mudah, praktis, dan kaya akan manfaat untuk belajar elektro. Adapun aplikasi-aplikasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Proteus 8 Profesional

Proteus merupakan software atau aplikasi terbaik menurut mimin, aplikasi ini adalah aplikasi yang paling direkomendasikan untuk Anda yang ingin belajar dunia elektronika. Pada proteus hampir semua komponen sudah ada di library ataupun anda bisa menambahkannya secara custom. Fitur dalam aplikasi ini cukup lengkap mulai dari kita dapat menggambar sebuah rangkaian, lalu membuat layout PCBnya, dan kemudian dapat mensimulasikan rangkaian tersebut, kita juga dapat melakukan pengukuran rangkaian secara simulasi, selain itu kita bahkan bisa melihat bentuk 3D dari PCB yang sedang dirancang. Selain fitur-fitur yang disebutkan tadi, masih banyak fitur lain yang dapat di eksplor Anda saat sedang menggunakan aplikasi proteus. Anda juga dapat mengkolaborasikan proteus dengan aplikasi lain seperti Arduino.IDE saat sedang membuat sebuah rangkaian mikrokontroler.

2. LiveWire

LiveWare hampir mirip dengan proteus yaitu aplikasi ini diperuntukan untuk menggambar sekema rangkaian, aplikasi ini sangat mudah jika digunakan bagi pemula di dunia elektronika. Didalam aplikasi ini sudah terdapat komponen-komponen dasar elektronika seperti resistor, capasitor, dioda, transistor, dll. Selain membuat sekema rangkaian, aplikasi ini juga mampu untuk mensimulasikan dan melihat aliran arus yang mengalir didalam rangkaiannya.

Baca Juga:  Set Top Box (STB): Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis.

3. Fritzing

Fritzing adalah salah satu software yang dapat di unduh secara gratis oleh Anda. Sama halnya dengan kedua aplikasi sebelumnya, aplikasi fritzing juga digunakan untuk menggambar sekema rangkaian hanya saja perbedaan terletak pada gambar komponen yang sangat nyata atau seperti bentuk asli komponen pada dunia nyata berbeda dengan aplikasi lain yang hanya menggunakan simbol komponen untuk sekema rangkaiannya. Selain fitur gambar sekema, aplikasi ini juga dapat menggambar layout PCB dan melakukan pemrograman langsung arduino. Sayangnya kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak dapat mensimulasikan rangkaian yang sudah dirancang.

4. Autodesk Circuits

Autodesk Circuit adalah aplikasi berbasis online, jadi tanpa adanya jaringan internet Anda tidak dapat mengoperasikan aplikasi ini. Fitur-fitur yang dimiliki aplikasi autodesk circuit cukup lengkap diantaranya: electronic Lab, PCB Design, Circuit Scribe, Library Manager, dan Eagel. Secara tampilan untuk hasil sekema rangkaiannya mirip dengan aplikasi fritzing (sama-sama menggunakan bentuk nyata komponen), namun ada kelebihan dari aplikasi ini yaitu dapat mensimulasikan rangkaian yang sudah dibuat (meskipun tetap ada keterbatasan, karena library komponenya yang cukup terbatas).

5. Electronics Workbench (EWB)

Electronics Workbench atau disingkat dengan EWB adalah aplikasi yang tidak jauh beda dengan LiveWire. Aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan, ditambah lagi dengan fitur-fitur yang cukup membantu sperti simulasi osiloskop, spektrum analizer, AFG, dll.

6. NI Multisim

NI Multism adalah aplikasi yang masih satu pengembang dengan aplikasi EWB, atau dapat dikatakan aplikasi ini adalah pengembangan terbaru dari aplikasi EWB karena aplikasi ini memiliki variasi yang lebih lengkap dan terbaru daripada EWB. Dalam aplikasi ini fiturnya sudah cukup lengkap seperti komponen-komponen yang mempunyai fungsi dan ciri-ciri seperti wujud aslinya, begitu juga dengan peralatan elektronika seperti alat ukur osiloskop, AFG, spektrum analizer dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Mengenal Jenis Filter Frekuensi

7. Arduino IDE

Arduino IDE adalah software atau aplikasi yang digunakan untuk membuat sketch dari pemrograman atau dapat dikatakan sebagai media bantuk untuk melakukan pemrograman pada board. Ardunio IDE mempunyai banyak fitur seperti membuat program, mengedit, mengupload program ke board tertentu, dll.

8. Microsoft Office Visio

Microsoft Office Visio merupakan aplikasi komputer bawaan microsoft yang dapat digunakan untuk menggambar sekema rangkaian, selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menggambar diagram alir, brainstrom, dll.

9. Eagle

Eagle merupakan kepanjangan dari Easily Aplicable Graphical Layout Editor) adalah aplikasi berlisensi gratis (frewere) yang digunakan untuk membantu dalam proses pembuatan skema rangkaian elektronika dan juga membuat layout PCB. Aplikasi ini sangat cocok untuk belajar dalam merangkai sebuah rangkaian elektronika. Aplikasi ini sudah tersedia disemua sistem operasi baik Windows, Linux/GNU, maupun Macintosh.

10. Matlab

Matlab atau (Matrix Laboratory) merupakan software yang memanfaatkan matrik untuk penggunaanya. Matlab adalah software yang dikembangkan oleh pengembang mathworks,Inc. matlab mempunyai banyak sekali kegunaan, diantaranya adalah untuk simulasi rangkaian, analisis numerik, mengelola data dari suatu riset, dan lain sebagainya.

11. ETAP

ETAP atau Electric Transient and Analysis Program adalah software yang sangat berguna untuk sistem tenaga listrik. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan pada saat posisi internet sedang offline. ETAP mempunyai fitur untuk membuat proyeksi dari sistem tenaga listrik, melakukan simulasi tenaga listrik, digunakan untuk mengendalikan sistem secara real-time, dapat mengelola data real-time, dan lain sebagainya.

12. AutoCAD MEP

AutoCAD merupakan software komputer CAD untuk menggambar secara 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Aplikasi ini adalah yang paling populer di dunia. Aplikasi AutoCAD merupakan program desain berbasis teknik yang biasa digunakan untuk perancangan. Kelebihan dari aplikasi ini adalah karena mempunyai fitur tool yang dapat membantu Anda untuk mengestimasi waktu kerja Anda karena tidak perlu bekerja secara manual.

Baca Juga:  12 Penyebab dan Cara Memperbaiki Kulkas Sharp Tidak Dingin

Itu adalah beberapa aplikasi yang sangat bermanfaat untuk pemula baik di dunia elektronika ataupun dunia listrik. Aplikasi-aplikasi diatas dapat membantu mempersingkat dan mempermudah pekerjaan Anda, semoga dengan adanya informasi singkat mengenai aplikasi diatas dapat membantu Anda dalam meningkatkan semangat belajar dunia elektro. Terima kasih dan cukup sekian.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment