Ukuran TV 40 Inch Berapa CM dan Tips Dalam Memilihnya

Tidak sedikit dari Anda mungkin masih bingung dengan ukuran TV 40 inch berapa cm bukan? Hal tersebut memang cukup lumrah mengingat satuan inch masih terbilang cukup asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Pasalnya masyarakat memang lebih familiar dengan satuan cm dibandingkan dengan inch. Oleh sebab itulah mengetahui ukuran TV 40 inch berapa cm panjang lebar adalah hal paling penting karena nantinya dapat dijadikan sebagai panduan dalam memilihnya.

Tidak sampai disitu saja dengan mengetahui ukuran tv 40 inch berapa cm itulah dapat memberikan bayangan ukuran dari dimensi tv yang sebenarnya. Terlebih lagi kalau Anda belum mau pergi ke tempat penjualan TV yang akan dipilih tersebut.

Seperti sudah diketahui bahwa televisi memang mempunyai beberapa jenis yang tersedia saat ini dan masing-masing juga mempunyai spesifikasi berbeda-beda. Salah satunya adalah produk dengan ukuran 40 inch ini dan apabila Anda ingin membelinya maka simak ulasannya dibawah ini dahulu.

Caritahu Ukuran TV 40 Inch Berapa CM Dibawah Ini

Caritahu Ukuran TV 40 Inch Berapa CM Dibawah Ini

Televisi menjadi salah satu produk elektronik yang harus hadir di tengah-tengah keluarga karena kehadirannya dapat menjadi sarana hiburan sekaligus mendapatkan berita. Apabila Anda hendak membeli tv, tentunya sudah tahu bahwa ukurannya biasanya menggunakan satuan inch bukan?

Salah satunya adalah ukuran TV 40 inch inilah dimana banyak dipilih oleh sebagian besar masyarakat terutama kalau mereka mencari produk dengan ukuran sedang. Jadi apa yang dimaksud dengan ukuran TV 40 inch sendiri merupakan panjang diagonal layar tv tersebut.

Untuk panjang diagonal layar TV sendiri adalah jarak antara dua sudut layar TV dimana nantinya saling berhadapan. Panjang diagonal layar inilah dinyatakan ke dalam satuan inch karena mengikuti ukuran satuan panjang secara internasional.

Baca Juga:  Cara Program TV Digital Polytron Berbagai Tipe

Selain dari sisi diagonal, layar tv inilah juga mempunyai sisi lebar sekaligus tinggi. Untuk panjang dari kedua sisi inilah ternyata dipengaruhi oleh aspek rasio yang digunakan pada layar produk satu ini, dimana aspek rasio adalah perbandingan antara lebar dan tinggi.

Sebenarnya aspek ratio tidak hanya diterapkan pada dimensi tv 40 inch saja tetapi juga pada semua perangkat elektronik lainnya seperti laptop, komputer atau bahkan smartphone. Untuk aspek rasio yang digunakan pada tv tipe LED adalah 16:9.

Disamping itu juga terdapat ukuran aspek rasio pada layar tv 40 in tersebut yakni 40:3. Dimana untuk jenis ini biasanya digunakan pada model tv layar tabung jaman dahulu.

Berapa Ukuran Sebenarnya dari TV 40 Inch

Berapa Ukuran Sebenarnya dari TV 40 Inch

Sampai disini, Anda tentunya juga masih bertanya-tanya mengenai lebar, tinggi serta panjang TV 40 inch berapa cm bukan? Jangan khawatir karena kami akan memberikan penjelasan lengkapnya. Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa ukuran dimensi layar tersebut akan berbeda-beda dan tergantung jenis ukuran perbandingan yang diterapkan.

Dengan kata lain ukuran untuk lebar sekaligus tinggi 40 inch tv yang mempunyai aspek rasio 16:9 tentu akan berbeda dengan tv 40 in yang mempunyai aspek rasio dengan perbandingan 4:3. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui penjelasannya berikut ini.

40 Inch Dengan Aspek Rasio 16:9

Adapun ukuran yang pertama adalah tv 40 inch yang mempunyai aspek rasio perbandingan 16:9 ini. dimana akan menyajikan panjang diagonal 101,6 cm, lebar 88,6 cm dan Tinggi 49,8 cm.

40 Inch Dengan Aspek Rasio 4:3

Untuk tv dengan ratio ini biasanya digunakan pada produk tv jaman dahulu seperti tv tabung. Adapun ukuran tv 41 inch dengan rasio ini adalah panjang diagonal 101,6 cm, lebar 81,3 dan tinggi 61 cm.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Sanyo yang Tidak Keluar Air, Masalah Tuntas dengan Mudah

Dari data diatas tentu dapat dijadikan sebagai panduan bagi Anda dalam memilih produk dengan aspek ratio yang paling tepat. Sedangkan untuk TV LED sendiri ternyata sudah banyak menggunakan aspek rasio sebesar 16:9.

Karena menggunakan ukuran rasio itulah ternyata layarnya mempunyai kemampuan dalam menampilkan gambar yang memiliki kualitas HD. Sedangkan untuk 4:3 biasanya hanya diterapkan pada jenis layar televisi yang memiliki kualitas SD saja.

Tips Membeli TV Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Tips Membeli TV Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Sudah mengetahui bukan ukuran 40 berapa cm diatas? tidak dapat dipungkiri bahwa informasi terkait dengan ukuran inilah memang sangat penting diketahui. Sebab nantinya akan memberikan gambaran mengenai ukuran sebenarnya dari produk tersebut ke dalam CM.

Sampai disini, apakah Anda tertarik untuk membeli TV dengan ukuran 40 in ini? Perlu diketahui bahwa membeli televisi inilah sebaiknya juga tidak dilakukan secara sembarangan agar tidak kecewa nantinya. Kendati sudah ada produk dari berbagai brand, namun Anda tetap harus berhati-hati.

Agar Anda dapat menemukan TV dengan ukuran 40 in yang terbaik maka terdapat sejumlah tips dimana perlu diketahui lebih lanjut dahulu.

Siapkan Budget Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan budget dahulu. Budget inilah sangat penting karena nantinya akan berpengaruh terhadap produk dimana akan didapatkan nantinya.

Terlebih lagi, sekarang sudah ada beragam model TV dari berbagai brand yang dibanderol dengan harga murah dan kualitas mumpuni. Dengan persiapan budget itulah, ternyata akan membuat Anda lebih mudah menemukan produk tepat.

Pertimbangkan Smart TV

Perlu diketahui bahwa sekarang pemerintah Indonesia memang sudah menonaktifkan siaran analog dan diubah menjadi digital. Apabila Anda ingin menikmati siaran digital tersebut maka diharuskan membeli set top box terlebih dahulu.

Baca Juga:  Komponen Televisi Beserta Sejarah dan Fungsinya

Cukup merepotkan bukan karena harus membeli peralatan lainnya? Karena itulah Anda lebih baik mempertimbangkan pemilihan Smart TV saja. Sebab dengan memilih smart TV itulah maka tidak perlu lagi membeli peralatan set top box lagi.

Pilihlah Bentuk Sesuai Kebutuhan

Telah mengetahui ukuran tv 40 inches in cm? Nah TV dengan ukuran inilah ternyata sudah hadir dengan berbagai macam bentuk lho. Karena itulah sebagai konsumen perlu memahami bentuk-bentuk dari televisi berukuran ini.

Kami sarankan agar memilih TV yang mempunyai bentuk sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja adalah apabila Anda hobi menonton pertandingan olahraga dan bermain game, maka layar dengan bentuk curved-screen dapat menjadi pilihan.

Sebaliknya apabila benda tersebut akan diletakkan pada ruangan dengan ukuran terbatas, maka sebaiknya pilih TV yang mampu diletakkan di tembok. Dengan begitu akan membuat Anda lebih hemat ruang nantinya.

Perhatikan Fitur-Fitur Didalamnya

Kini hampir semua produk TV keluaran terbaru terutama LED 40 in sudah dibekali dengan berbagai macam fitur unggulan. Sejumlah fitur tersebut diantaranya adalah akses ke aplikasi streaming, perintah suara bahkan dapat disambungkan ke gadget.

Disinilah kami sarankan agar memilih tv yang mempunyai fitur lengkap dan sesuai kebutuhan. Dengan begitu dijamin akan mendukung aktivitas Anda agar lebih maksimal.

Produk elektronik satu ini memang harus ada di rumah karena dapat digunakan sebagai sarana hiburan nantinya. Apabila Anda masih bingung, maka pastikan mengetahui ukuran TV 40 inch berapa cm agar mendapatkan gambarannya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment