Ragam Ukuran TV Sebelum Ingin Membeli TV Baru

Keberadaan televisi di rumah tak hanya sebagai sarana hiburan, namun juga sebagai sumber informasi terkini. Karenanya sebelum memutuskan untuk membeli TV, terlebih dahulu ketahui ukuran TV yang tepat untuk hunian Anda.

Mengetahui ukuran televisi dalam satuan cm menjadi hal penting yang perlu diperhatikan sebelum membeli televisi. Pasalnya hal tersebut berkaitan dengan tata letak TV dalam suatu ruangan, agar ukurannya sesuai dengan ruangan.

Beragam ukuran TV dijual di pasaran dan dapat dipilih sesuai kebutuhan. Bagi Anda yang berencana membeli TV dalam waktu dekat, simak ukuran di bawah ini.

Mengenal Jenis TV yang ada Saat Ini

Ragam Ukuran TV Sebelum Ingin Membeli TV Baru

Sebelum membahas ragam ukuran TV, terlebih dahulu ketahui jenis-jenis televisi berdasarkan fitur yang ditawarkan mulai dari Smart TV, Android TV, hingga TV konvensional. Simak penjelasannya berikut ini.

Smart TV

Smart TV merupakan jenis televisi yang telah dibekali dengan sistem operasi tertentu guna menjalankan aplikasi layaknya prinsip kerja pada ponsel pintar atau smartphone.

Beragam sistem operasi yang umumnya ditanamkan pada Smart TV mulai dari Android, webOS, Tizen OS, Firefox OS, dan lain-lain. Salah satu kelebihan dari Smart TV adalah terkoneksi dengan internet, sehingga memungkinkan pemiliknya untuk melakukan browsing internet dengan mudah.

Android TV

Android TV termasuk ke dalam jenis Smart TV yang menggunakan sistem operasi Android. Sehingga penggunaan sistem operasi tersebut membuat Android TV terintegrasi dengan toko aplikasi Google Play Store.

Jenis TV ini menggunakan otak memori RAM untuk menjalankan aplikasi Android yang tersedia di platform Android. Perbedaan dengan Smart TV adalah pemilik dapat terhubung dengan akun Android di ponsel, sehingga tanpa perlu menggunakan akun berbeda.

TV Konvensional

TV konvensional merupakan televisi pertama yang lebih dulu dipasarkan di masyarakat, bahkan jenis televisi ini sudah ada sejak dekade 70-an. Ciri khas dari TV konvensional adalah layarnya berbentuk tabung dan cembung, ukurannya pun lebih besar dari TV modern.

Baca Juga:  5+ Cara Membuat TV Bisa Jernih Tanpa Menggunakan Booster, Sudah Coba?

Macam-macam Ukuran TV

Ukuran tersebut berapa saja? Memilih ukuran televisi yang tepat untuk ruangan merupakan hal paling penting, agar penontonnya dapat melihat televisi dengan nyaman. Berikut beragam ukuran TV inch yang perlu diketahui, diantaranya :

TV Ukuran Kecil

Ukuran pertama adalah televisi berukuran kecil. Televisi yang termasuk ke dalam ukuran ini mulai dari 19 inch, 22 inch, 24 inch, 29 inch, hingga 32 inch.

19 Inch

TV paling kecil berapa inch? Televisi 19 inch menjadi televisi ukuran kecil dan cocok untuk ruangan minimalis. Untuk ukuran 19 inch memiliki panjang diagonal 19 inch, panjang 42 cm, dan tinggi atau lebar 23,6 cm.

22 Inch

Ukuran di atas 19 inch adalah 22 inch. Lalu ukuran 22 inch berapa cm? Berbobot kurang lebih 5 kg, TV 22 inch memiliki panjang diagonal 22 inch, lebar 48,7 cm, dan tinggi 27,4 cm.

24 Inch

Televisi yang umum dijual di pasaran dan cukup banyak dimiliki masyarakat adalah ukuran 24 inch. Meskipun berukuran relatif kecil, namun televisi ukuran ini nyaman ditempatkan di ruangan karena kualitas gambarnya pun tajam dan jernih.

Untuk ukuran 24 inch memiliki panjang diagonal 24 inch, lebar 53,1 cm, serta tinggi 29,9 cm.

29 Inch

Selain itu ada televisi ukuran 29 inch, yang memiliki ukuran ideal untuk rumah berukuran sedang karena televisi ini berukuran tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Ukuran tv inch berapa cm? Untuk ukuran 29 inch memiliki panjang diagonal 29 inch, lebar 64,20 cm, serta tinggi 36,11 cm.

32 Inch

Ukuran TV 32 inch sangat mudah ditemukan di pasaran, pasalnya hampir seluruh produsen TV memproduksi televisi ukuran ini. Ukuran TV 32 inch berapa cm? Dengan diagonal 32 inch, TV ini memiliki lebar 71 cm dan tinggi 39,9 cm.

Baca Juga:  Daftar Frekuensi SCTV 2024 dari Beberapa Satelit yang Perlu Diketahui

TV Ukuran Sedang

Selain ukuran kecil, ada pula televisi dengan ukuran sedang yang sudah dibekali dengan resolusi 4K untuk pengalaman menonton yang lebih baik. Televisi ukuran sedang yang dijual di pasaran mulai dari ukuran 40 inch, 42 inch, hingga 43 inch.

40 Inch

Televisi ukuran 40 inch cocok digunakan untuk ruangan berukuran sedang, dan umumnya televisi ukuran ini hadir dengan desain futuristik yang elegan khas TV modern.

Untuk ukuran televisinya memiliki panjang diagonal 40 inch, lebar 88,6 cm, dan tinggi 49,8 cm.

42 Inch

Selain itu ada televisi berukuran 42 inch, yang cocok dipilih bagi Anda yang ingin menonton program TV dengan kualitas gambar bagaikan asli. Tak sedikit produsen TV yang juga memproduksi televisi ukuran ini, sehingga mudah ditemukan di toko elektronik.

Untuk ukuran televisinya memiliki panjang diagonal 42 inch, lebar 93 cm, dan tinggi 52,3 cm.

43 Inch

Berukuran sedikit lebih besar, ukuran 43 inch juga cukup banyak dipilih karena umumnya menghadirkan kualitas visual terbaik, gambar yang tajam, serta ukuran televisi yang pas dengan ruangan.

Untuk ukurannya sendiri memiliki panjang diagonal 43 inch, lebar 95,2 inch, serta tinggi 53,5 cm.

50 Inch

Bagi Anda yang ingin membeli TV berukuran sedang yang tidak terlalu kecil, televisi ukuran 50 inch dapat dijadikan pilihan. Pasalnya tak jarang produsen TV memproduksi televisi jenis ini dengan desain TV elegan berbingkai layar tipis.

Untuk ukuran TV 50 inch sendiri panjang diagonalnya 50 cm, lebar 110,7 cm, serta tinggi 62,3 cm.

TV Ukuran Besar

Untuk hunian berukuran luas, maka dapat memilih ukuran paling besar contohnya 55 inch, 65 inch, hingga 75 inch. Meskipun dibandrol dengan harga mahal, namun televisi ukuran besar juga dibekali dengan fitur lebih canggih.

Baca Juga:  7 Keyboard Mechanical Terbaik 2024, Andalan Para Gamer dan Programer

55 Inch

TV ukuran 55 inch memiliki bentang layar luas serta resolusi gambar tinggi, sehingga cocok dihadirkan di ruangan yang lebar. Selain itu TV ukuran ini umumnya sudah menyematkan resolusi 4K untuk pengalaman menonton yang lebih nyaman.

Untuk ukuran TV 55 inch memiliki lebar 121 cm dan tinggi 68,5 cm.

65 Inch

Selain itu ada pula TV dengan ukuran lebih besar yakni 65 inch, yang mengusung layar super lebar dan cocok digunakan untuk menonton bersama keluarga. Untuk ukurannya adalah lebar 143,90 cm dan tinggi 80,94 cm.

75 Inch

Apabila Anda menginginkan televisi dengan ukuran lebih besar, TV 75 inch dapat dipilih untuk menonton tayangan favorit dengan keluarga. Hadir dengan lebar 166 cm dan tinggi 93,5 cm, sehingga cocok untuk ditempatkan di ruang keluarga yang luas.

Tips Memilih TV yang Bagus

Agar tak salah dalam memilih televisi, ketahui beberapa tips dalam memilih TV yang bagus di bawah ini.

  • Sesuaikan ukuran televisi dengan ukuran ruangan, contohnya memilih TV ukuran 32 inch untuk ruangan ukuran 3×3 m2
  • Perhatikan fitur yang ditawarkan
  • Pilih resolusi layar yang paling tajam
  • Pilih produsen TV yang berani memberikan masa garansi

Itulah ragam ukuran televisi yang dapat dijadikan referensi ketika ingin membeli televisi baru.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment