Ukuran TV 32 Inch dan Tips Memilihnya Dengan Tepat

Sebelum Anda memutuskan buat membelinya maka mengetahui ukuran TV 32 inch ke cm sangat penting. Ukuran sebuah televisi yang dinyatakan dengan satuan inch itulah sering membuat sebagian besar orang merasa bingung dalam menentukan ukuran sebenarnya.

Padahal sangat penting untuk mengetahui ukuran dari sebuah tv ketika hendak membelinya. Sebab perangkat apabila salah ukuran ternyata dapat mengurangi keharmonisan ruangan dengan televisi yang dibeli tersebut.

Salah satu ukuran tv yang paling banyak dipilih oleh sebagian besar orang adalah 32 inci satu ini. Walaupun banyak dipilih, tetapi pastinya tidak sedikit dari Anda yang bertanya-tanya TV 32 INCH berapa cm bukan? inilah mengapa pentingnya agar menyimak penjelasan berikut ini.

Syarat Ukuran TV 32 Inch Berapa CM?

Syarat Ukuran TV 32 Inch Berapa CM

Tidak sedikit dari masyarakat yang berpikir bahwa ukuran inch pada sebuah televisi merujuk pada lebar serta tinggi, padahal justru ukuran tersebut akan menunjukkan ukuran diagonalnya. Inilah mengapa sebagian besar dari masyarakat masih bingung dalam mengetahui ukuran sebenarnya.

Apabila Anda ingin melakukan pengukuran TV 32 Inch sebesar apa, maka perlu mengetahui terlebih dahulu syarat dalam mengukurnya. Adapun syarat untuk menghitung ukuran tersebut adalah mengetahui aspek rasio dari layar televisi yang digunakan.

Perlu diketahui bahwa terdapat 2 jenis aspek rasio yang biasanya digunakan pada tv 32 inci tersebut seperti 4: 3 ataupun 16:9. Tetapi untuk jenis televisi terbaru sendiri sudah menggunakan rasio 16:9 karena dinilai lebih pas dan cocok untuk berbagai aktivitas.

Tv ukuran 32 inch yang telah dilengkapi dengan resolusi HD, Full HD serta Ultra HD (4k) biasanya juga sudah menerapkan adanya rasio 16:9 ini. Dengan resolusi itulah ternyata jauh lebih luas dibandingkan 4: 3 sehingga akan berikan kenyamanan saat tengah menonton tayangan.

Baca Juga:  Komponen Televisi Beserta Sejarah dan Fungsinya

Tetapi bukan berarti rasio 4: 3 sudah tidak digunakan lagi karena biasanya sering diterapkan pada layar dengan resolusi rendah SD. Itulah mengapa apabila diubah menjadi CM, maka ukuran TV 32 inch menggunakan rasio 4: 3 atau 16:9 akan berbeda.

Ukuran TV 32 Inch Ke CM

Ukuran TV 32 Inch Ke CM

Setelah mengetahui apa syarat untuk melakukan pengukuran tv dengan ukuran diatas, maka pastinya Anda penasaran bagaimana cara melakukan perhitungannya bukan? nah untuk mengetahui ukuran tv LED 32 inch berapa cm atau jenis tv lainnya maka akan dibedakan berdasarkan rasionya.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai ukuran tv dengan menggunakan rasio 16:9 serta 4: 3 lengkap

Rasio 16:9

Pertama adalah rasio 16:9 dimana ukurannya akan mengacu pada panjang dari diagonal layarnya. Pada rasio ini, panjang diagonalnya sendiri adalah sebesar 81, 3 cm sehingga akan terlihat cukup lebar.

Untuk dimensi tv 32 inch dengan aspek rasio ini adalah tinggi 39,8 cm serta lebar 70,8 cm dan dapat dihitung dari bagian layar.

Rasio 4: 3

Untuk rasio ini biasanya sering digunakan pada tv SD terutama pada pada tipe tabung. Nah, panjang diagonal layar yang menggunakan aspek rasio tersebut adalah sebesar 81, 3 cm.

Sedangkan untuk ukuran tinggi layar adalah 48,8 cm, sedangkan untuk lebarnya adalah 65,8 cm.

Dari data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa televisi dengan rasio 16:9 mempunyai lebar lebih luas dibandingkan dengan 4: 3. Tetapi memang rasio 4: 3 lebih tinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya.

Cara Mengukur Televisi

Kendati ukuran TV LED 32 inch ataupun jenis lainnya sudah diketahui, tetapi tidak sedikit dari Anda tentu masih bingung bagaimana cara dalam melakukan pengukurannya bukan? Perlu diketahui bahwa cara mengukur sebenarnya sangat mudah dan praktis.

Berikut ini, kami berikan penjelasan mengenai cara melakukan pengukuran televisi.

  • Silahkan ukur secara diagonal yakni dari atas ke bawah dengan menggunakan alat ukur biasa ataupun penggaris besar
  • Setelah itu, pastikan pengukuran dilakukan dari layar ke layar dan bukannya dari bezel ke bezel. Sebab ukuran sebenarnya adalah dari layar terlebih dahulu.

Dengan mengetahui ukurannya itulah akan berikan kemudahan dalam melakukan penempatan nantinya.

Jenis Resolusi dan Panel yang Digunakan

Jenis Resolusi dan Panel Yang Digunakan

Setelah mengetahui bagaimana ukuran 32 inch berapa cm, maka perlu bagaimana jenis resolusi sekaligus panel yang digunakan tersebut. Resolusi yang dipilih itulah ternyata juga sangat berpengaruh terhadap kualitas gambarnya nanti. Semakin tinggi resolusinya, tentu kualitas gambarnya juga akan semakin bagus. Tetapi perlu diingat bahwa hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap harga dari perangkat.

Masuk ke bagian dari panel yang digunakan pada televisi berukuran 32 inci dimana juga sudah menggunakan beberapa panel misalnya LED, IPS, OLED, VA dan lainnya. Setiap panel yang digunakan itulah tentu akan menghadirkan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kami sarankan agar Anda memilih televisi dengan panel yang sesuai dengan kebutuhan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Tips Menempatkan Televisi di Rumah

Tips Menempatkan Televisi di Rumah

Televisi menjadi salah satu perangkat yang wajib dimiliki di rumah karena dapat dijadikan sebagai sarana hiburan nantinya. Agar Anda tetap nyaman ketika menonton televisi baik bersama keluarga ataupun sendirian, maka harus mengetahui bagaimana cara penempatannya dengan mudah.

Penempatan inilah ternyata tidak boleh dianggap sepele begitu saja karena jika kurang tepat akan membuat Anda tidak nyaman saat sedang menonton. Berikut ini beberapa cara buat mengatur posisi dari perangkat satu ini.

Tempatkan Sejajar Dengan Mata

Kami sarankan agar menempatkan televisi tersebut sejajar dengan mata dan tidak miring dari pandangan. Sebab jika penempatannya kurang sejajar dengan mata dapat mengakibatkan tidak nyaman dan leluasa dalam menonton.

Baca Juga:  Apa Saja Fungsi Kapasitor Kipas Angin, Kamu Wajib Tahu!

Berikan Jarak Yang Ideal

Selain sejajar dengan mata, maka Ana juga perlu memberikan jarak yang ideal terlebih dahulu buat menonton tv. Silahkan berikan jarak sekitar 3 – 5 meter dari pandangan agar dapat menjaga kesehatan dari mata.

Lengkapi Dengan Tempat Duduk

Agar Anda semakin nyaman ketika menonton televisi maka sebaiknya harus melengkapinya dengan tempat duduk. Dengan hadirnya tempat duduk inilah Anda bisa menonton tayangan dengan nyaman.

Di samping itu, sebaiknya hindari menempatkan perangkat di depan ataupun seberang jendela sehingga tidak terkena sinar matahari langsung.

Kelebihan dari TV 32 Inch

Informasi seputar 32 inch in cm inilah dapat dijadikan sebagai rujukan untuk membeli ataupun tidak sebuah produk. Keberadaan dari televisi berukuran inilah ternyata akan memberikan sejumlah kelebihan kepada pengguna.

Pertama adalah ukuran layar yang ditawarkan cukup lebar sehingga akan membuat pengalaman menonton lebih memuaskan serta nyaman. Kendati demikian, masih terdapat ukuran jauh lebih besar dibandingkan 32 inci.

Kedua, perangkat berukuran inilah sangat cocok apabila ditempatkan di ruangan yang mempunyai ukuran sedang atau tidak terlalu besar. Bahkan televisi ini biasanya sudah dibekali dengan fitur lebih canggih seperti 4k, HDR hingga smart TV.

Karena dinilai memberikan ukuran yang pas, televisi dengan diagonal diatas sering dijadikan sebagai pilihan bagi sebagian besar orang. Dengan mengetahui ukuran TV 32 INCH ke cm itulah dapat memberikan pandangan ukuran sebenarnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment