Warna Resistor 2k2 dan Spesifikasinya

Ada banyak jenis resistor yang dapat anda temukan dengan mudah di pasaran, salah satunya adalah resistor 2k2 dengan warna resistor 2k2 bisa anda temukan. Untuk harga dari resistor 2k2 atau resistor 2k2 2 watt tergolong murah, yaitu Rp500,00 sampai Rp1.500,00.

Nah untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai warna resistor 2K, R 2k2, resistor 2k2 Ohm, dan sebagainya maka bisa untuk simak terlebih dahulu ulasan berikut ini.

Jenis dan Warna Resistor 2K2

Jenis dan Warna Resistor 2K2

Seperti sudah dijelaskan jika Resistor 2k2 Ohm ini cukup mudah untuk anda temukan di pasaran. Nah, ada dua jenis resistor 2k2 jika berdasarkan bahan pembuatannya, yaitu

1. Resistor 2k2 dari Bahan Karbon dan Debu Keramik

Yang pertama adalah resistor 2k2 yang terbuat dari bahan karbon dan debu keramik. Warna resistor 2k2 dengan bahan ini memiliki warna badan putih kecoklatan dengan empat gelang warna yang ada di bagian badan.

Untuk jenis ini memiliki toleransi 5%. Untuk jenis yang satu ini jarang ditemukan pada rangkaian yang melibatkan gelombang RF, dan malah seringkali ditemukan pada sirkuit audio dan main anak.

2. Resistor 2k2 Terbuat dari Metal Film

Jenis kedua adalah yang terbuat dari bahan metal film logam, untuk warna resistor 2k2 atau warna resistor 22k adalah memiliki warna badan biru dengan lima gelang warna.

Jika dibandingkan dengan jenis yang terbuat dari karbon dan debu keramik, jenis dari metal film logam memiliki nilai toleransi yang lebih kecil dengan tingkat noise yang lebih baik dibandingkan dari jenis karbon dan debu keramik. Karena hal tersebutlah, untuk jenis resistor 2k2 Ohm ini lebih sering ditemukan pada sirkuit RF.

Baca Juga:  Stabilizer Untuk Kulkas Berapa Watt?

Itulah dua jenis resistor berdasarkan jenis bahan pembuatannya dan warna resistor 2k2 dari dua jenis resistor tersebut.

Warna Gelang Resistor 2k2

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika dua jenis resistor berdasarkan bahan pembuatannya ada dua warna, yaitu putih kecoklatan untuk bahan yang terbuat dari karbon dan debu keramik dan warna biru yang terbuat dari metal film logam.

Untuk jenis yang terbuat dari karbon dan debu keramik memiliki empat gelang warna, yaitu gelang pertama memiliki warna merah, gelang kedua merah, gelang ketiga pun berwarna merah, dan gelang keempat memiliki warna emas.

Lalu untuk jenis yang terbuat dari metal film logam memiliki lima gelang warna, yaitu gelang pertama memiliki warna merah, gelang kedua berwarna merah, gelang ketiga hitam, gelang keempat berwarna coklat, dan gelang kelima juga memiliki warna coklat.

Itulah warna Resistor 2k2 baik dengan empat gelang dan lima gelang. Warna ini berfungsi sebagai kode hambatan resistor.

Cara Membaca Kode Warna Resistor 2k2 4 Gelang

Warna pada resistor digunakan untuk membaca jenis hambatan resistor tersebut, sehingga tidak heran pada bagian gelang warna resistor 2k2 berbeda dengan warna gelang Resistor 100k, 1k, 10k, dan sebagainya.

Untuk memahami cara bacanya maka perhatikan tabel berikut ini.

Dicontohkan dengan menggunakan resistor 2k2 dengan empat gelang warna, yaitu merah, merah, merah, dan emas. Ketahui terlebih dahulu bahwa

  • Gelang pertama merupakan digit pertama dari nilai tahanan
  • Lalu gelang kedua adalah digit kedua
  • Untuk gelang ketiga merupakan perangkat 10
  • Dan gelang keempat adalah nilai toleransi dan tahanan resistor tersebut

Dengan demikian maka

Resistor empat gelang dengan warna Merah, merah, merah, emas adalah

Merah = 2, Merah = 2, merah = 10², emas= 5

Jadi 22 x 10² = 2.200 ohm atau diuzabaca juga 2k2 dengan toleransi 5%.

Itulah cara baca kode warna resistor 2k2, untuk membaca Resistor 100k, dan sebagainya dengan empat gelang warna silakan liat tabel dan ikuti cara menghitung di atas.

Cara Membaca Kode Warna Resistor 2k2 Dengan Lima Gelang Warna

Resistor pun ada yang memiliki lima gelang warna. Jika tadi sudah dijelaskan cara membaca resistor dengan empat gelang, maka sekarang akan dijelaskan cara membaca resistor dengan lima gelang. Sebelum itu silakan perhatikan tabel berikut:

Akan dicontohkan dengan resistor 2k2 lima gelang warna, yaitu merah, merah, hitam, coklat, dan coklat, lalu ketahui jika

  • Untuk resistor dengan 5 gelang, maka untuk nilai tahanan dari resistor adalah dari gelang resistor yang pertama, kedua, dan juga ketiga
  • Lalu untuk gelang keempat adalah faktor pengali
  • Untuk gelang yang ke kelima adalah menunjukan toleransi dari resistornya

Jadi Resistor lima gelang dengan warna merah, merah, hitam, coklat, dan coklat adalah

Merah = 2, merah= 2, hitam= 0, coklat= 10¹, dan coklat = 1, dengan demikian maka 220 x10¹ = 2.200 dengan toleransi 1% atau 2k2 toleransi 1%.

Itulah cara membaca resistor dengan lima gelang yang dicontohkan dengan warna resistor 2k2. Jika sudah mengetahui cara membacanya maka anda bisa membaca kode warna resistor lima gelang lainnya, tinggal sesuai dengan tabel da ikuti cara menghitung yang telah diterangkan.

Spesifikasi Resistor 2K2

Resistor 2k2 pun memiliki sertifikat atau ciri-cirinya sendiri. Sebenarnya untuk ciri-ciri dari resistor ini sudah sedikit diterangkan di penjelasan sebelumnya.

Tapi agar makin paham dengan spesifikasi Resistor 2k2 maka berikut ini adalah spesifikasi dari R 2K2

  • Nilai hambatannya adalah 2.200 Ohm sehingga sering juga disebut dengan Resistor 2k2 atau Resistor 2k2 Ohm
  • Untuk peringkat dayanya adalah 0.5 watt
  • Toleransinya ada yang 1% untuk metal film, dan 5% untuk jenis yang terbuat dari karbon
  • Suhu kerja Resistor 2k2 adalah -55 sampai 150°C
  • Selanjutnya koefisien suhu adalah 350ppm/ °C
Baca Juga:  Kapan Komputer Ditemukan dan Sejarahnya Hingga Kini

Itulah spesifikasi atau ciri-ciri dari resistor 2k2 selain ciri yang sudah dijelaskan pada penjelasan sebelumnya.

Pengguna Resistor 2.200 Ohm atau 2K2

Resistor dengan tahanan 2.200 Ohm memiliki berbagai fungsi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Mungkin anda juga pernah menemukan Resistor ini di berbagai perangkat elektronik.

Nah, untuk fungsinya sendiri adalah sebagai berikut ini.

  • Sebagai pembatas arus LED
  • Digunakan untuk bias tegangan dengan basis transistor
  • Dapat digunakan untuk sirkuit regulator
  • Digunakan juga untuk menurunkan tegangan
  • Selanjutnya sebagai sirkuit mainkan anak
  • Digunakan untuk rangkaian audio
  • Rangkaian oscilator RF

Itulah berbagai fungsi atau penggunaan dari resistor 2k2 ini. Mungkin masih banyak lagi kegunaan dari resistor yang satu ini.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika anda dapat menemukan dengan mudah resistor berbagai jenis di pasaran, termasuk di toko online pun banyak sekali penjual dari resistor 2k2, 100k, 10k, dan sebagainya dengan harga yang beragam.

Penutup

Itulah penjelasan kali ini mengandung warna resistor 2k2 dan informasi lainnya seputar cara membaca warna resistor, spesifikasi, dan juga penggunaannya. Semoga penjelasan kali ini dapat bermanfaat untuk anda yang membutuhkannya, dan terima kasih sudah membaca, serta sampai bertemu kembali di penjelasan selanjutnya

Bagikan Postingan:

Leave a Comment