1 HA Berapa M2 dan Daftar Tabel Konversi Lengkapnya!

Apakah Anda masih bingung dengan pernyataan 1 HA berapa m2? Jika demikian maka wajib untuk menyimak penjelasan pada uraian dibawah ini. Seperti sudah diketahui bahwa hektar (HA) menjadi satuan yang paling sering digunakan untuk menghitung luas.

Di samping hektar juga terdapat meter persegi atau biasa disingkat M2 untuk melakukan perhitungan luas. Walaupun menjadi satuan cukup umum digunakan buat menghitung luas, namun tidak sedikit dari Anda mungkin masih bingung bagaimana mengonversikannya.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini akan membahas seputar 1 hektar ke meter persegi tersebut. Agar bisa semakin paham maka silahkan, simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Satuan Hektar

Pengertian Satuan Hektar

Sebelum mengetahui bagaimana hektare ke m2, maka wajib memahami pengertiannya terlebih dahulu. Sebab tidak sedikit dari Anda mungkin masih bingung apabila diminta untuk menjabarkan pengertian dari hektar.

Hektar sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Belanda yakni hectare dimana gabungan dari hecto dan are. Sedangkan pengertiannya adalah satuan ukuran yang terdapat di salam sistem Satuan Internasional. Keberadaannya adalah bentuk penyederhanaan dari ukuran 100 m2.

Ini menjadi satuan yang digunakan untuk mengukur luas untuk menyatakan besaran luas di dalam proses pengukuran tanah. Walaupun terdapat beberapa jenis ukuran satuan untuk mengukur tanah, tetapi satuan paling banyak digunakan adalah hektar dan meter.

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa hektar merupakan turunan dari area. Apabila dilihat dari tangga satuan luas (are), posisi dari hektar berada di 2 tingkat diatas dari are. Jadi bisa disimpulkan bahwa 1 ha berapa are adalah 100 are.

Meskipun demikian, satuan hektar juga dapat dikonversikan menjadi meter persegi. Adapun nilai dari 1 hektar adalah 10.000 meter persegi.

Satuan Are

Berikutnya Anda juga harus memahami satuan area di dalam sistem satuan internasional. Keberadaannya sendiri adalah bentuk penyederhanaan dari 100 m2. Are sendiri termasuk satuan unit model lama di dalam sistem metrik dimana masih sering digunakan untuk mengukur luas bidang tanah.

Baca Juga:  Standar Deviasi Beserta Contohnya Lengkap

Adapun turunan dari are paling umum adalah hektoare atau hektar seperti sudah disinggung sebelumnya. Sama seperti hektar, satuan area juga dapat Anda konversikan dalam bentuk m2. Dimana nilai 1 are adalah 100 meter persegi. Terdapat beberapa jenis satuan yang berbasis are diantaranya adalah:

  • Kiloare
  • Hektaare
  • Dekaare
  • Are
  • Desiare
  • Centiare
  • milliare

Mengenal Satuan Meter Persegi (m2)

setelah memahami satuan hektar dan are maka berikutnya adalah memahami satuan meter persegi atau dalam bahasa inggris adalah Square Meter. Dimana keberadaannya juga dapat digunakan untuk mengukur luas area yang berasal dari satuan meter.

Adapun nilai satu meter persegi setara dengan 10 m x 10 m atau 100 meter. Lalu apakah kita bisa mengkonversikan satuan m2 ke meter? Ternyata jawabannya tidak bisa karena m2 digunakan untuk menghitung luas, sedangkan meter untuk satuan panjang.

1 HA Berapa M2? Ini Jawabannya

Hitungan mengenai 1 HA berapa m2 memang wajib untuk diketahui oleh siapa saja khususnya bagi Anda yang akan melakukan perhitungan luas tanah. Sebab jenis satuan tersebut paling banyak digunakan di masyarakat.

Adapun jawaban dari 1 hektar berapa meter persegi adalah 10.000 m2. Adapun satuan dasar dari hektar adalah are dan satu are mempunyai nilai 100 meter persegi.

Tabel Konversi Hektar ke Meter Persegi

Sudah memahami jawaban dari HA ke M2 di atas? Berikutnya Anda juga perlu melakukan konversi hektar di bawah ini terlebih dahulu.

Hektar  Meter Persegi
1 hektar 10.000 m2
2 hektar 20.000 m2
3 hektar 30.000 m2
4 hektar 40.000 m2
5 hektar 50.000 m2
6 hektar 60.000 m2
7 hektar 70.000 m2
8 hektar 80.000 m2
9 hektar 90.000 m2
10 hektar 1.000.000 m2
50 hektar 50.000.000 m2
100 hektar 100.000.000 m2
Baca Juga:  Pengertian Pengukuran: Jenis dan Alat Ukur Yang Digunakan, Cek Ini!

Berapa 1 Hektar ke KM2?

Selain konversi ke meter persegi, tidak sedikit dari Anda mungkin juga akan menanyakan seputar 1 hektar berapa km persegi bukan? Seperti sudah diketahui bahwa hitungan km2 atau kilometer persegi juga menjadi salah satu satuan yang digunakan untuk menghitung luas suatu area.

Namun tidak sedikit dari Anda tentu bingung bagaimana mengonversikan 1 hektar ke km2 bukan? Adapun jawaban dari pertanyaan tersebut adalah 1 hektar setara dengan 0,000001 kilometer persegi.

Contoh Soal

Untuk memahami lebih lanjut mengenai konversi Hektar ke m2, maka Anda juga perlu mengetahui contoh soalnya. Sebab tanpa contoh soal, kemungkinan besar masyarakat masih kebingungan untuk mempelajari.

Langsung saja berikut beberapa contoh soal dari hektar ke meter persegi berikut ini.

Contoh Soal

Sebuah stadion untuk tenis mempunyai luas 7,4 are persegi. Jadi berapa meter persegikah luas dari stadion tenis tersebut:

Jawaban: 1 are adalah 100 meter persegi

Maka 7,4 are: 7,4 x 100 meter persegi: 740 m2. Sehingga bisa disimpulkan bahwa lapangan tenis tersebut mempunyai luas 740 m2.

Contoh 2

Pak Irawan mempunyai tanah dengan bentuk persegi panjang dengan ukuran 400 m x 300 m, berapa are luas lahan pak Irawan tersebut”

Jawaban:

1 are = 100 m2

Luas lahan = pajang x lebar = 400m x 300m= 120.000 m2

Luas lahan pak dwi dalam are adalah 120.000:100 are= 1200 are

Contoh 3

Azzar hendak membangun taman di depan rumah dengan luas 2,4 hektar. Berapa meter persegi tanah yang hendak dijadikan taman tersebut.

Jawaban: 2,4 hektar= 2,4 x 10.000 meter persegi = 24.000 meter prsegi. Jadi luas tanah yang dibutuhkan untuk membuat taman adalah sekitar 24.000 m2.

Jenis Satuan Luas Lainnya

Jenis Satuan Luas Lainnya

Selain ada are, hektar dan meter persegi ternyata masih terdapat satuan lainnya yang biasanya digunakan untuk mengukur tanah. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa jenis satuan tersebut:

Baca Juga:  Apa itu Transformator: Pengertian, Bagian, Jenis, Fungsi, Prinsip Kerja, dan Rumus Perhitungannya

Kilometer Persegi

Ini merupakan satuan yang sangat besar dan biasanya sering digunakan untuk mengukur wilayah geografis seperti bagian daratan ataupun negara tertentu. Satu kilometer persegi merupakan luas dari sebuah bidang dimana mempunyai panjang 1 km dan lebar 1 km.

Sentimeter Persegi

Berbeda dengan kilometer persegi, untuk sentimeter persegi menjadi satuan ukuran luas paling kecil. Satu meter persegi sendiri setara dengan 10.000 sentimeter persegi.

Acre

Ini merupakan suatu satuan luas yang digunakan secara luas di kawasan Amerika Serikat terutama berkaitan dengan pertanian ataupun properti. Untuk 1 acre setara dengan 4046,86 meter persegi.

Kaki Persegi

Selain itu juga terdapat kaki persegi dimana sering digunakan di Amerika Serikat. Adapun satu kaki persegi merupakan luas dari sebuah bidang yang mempunyai panjang dan lebar 1 kaki.

Ada berbagai macam satuan yang bisa digunakan untuk mengukur luas suatu bidang. Tetapi paling populer adalah penggunaan dari hektar dan meter persegi.

Karena menjadi satuan yang banyak digunakan, maka penting agar memahami bagaimana cara mengonversinya. Dengan memahami 1 HA berapa M2 memberikan kemudahan dalam melakukan perhitungan nantinya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment