10 Motor yang Cocok untuk Anak Muda di 2022

MADENGINER.COM – Memilih motor yang cocok untuk anak muda di masa sekarang ini tidaklah sulit. Berbagai produsen motor telah merilis berbagai macam lini motor yang sudah tampil kekinian dan mesin yang bandel.

Biasanya, anak muda menggunakan kendaraan roda dua untuk berangkat ke sekolah, kampus, maupun tempat kerja mereka. Kategori masyarakat tersebut memerlukan motor yang praktis, irit, dan gesit.

Tidak hanya tiga aspek tersebut, tapi tampilan motor tersebut harus trendy dan bisa meraih atensi dari orang-orang di jalanan.

Jadi, memilih motor yang cocok anak muda sebenarnya sama seperti memilih motor pada umumnya. Tapi langkah yang baik adalah memilih motor yang benar-benar praktis dan fungsional untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Sebelum kami membagikan motor apa saja yang cocok untuk anak muda, simak dulu cara memilih motor untuk anak muda di bawah ini, cek!

Cara Memilih Motor untuk Anak Muda

Inilah beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam memilih motor untuk anak muda, simak yuk!

cara memilih motor untuk anak muda
Ilustrasi Memilih Motor (Dok. Freepik)

1. Rute Perjalanan

Hal pertama untuk menentukan motor apa yang cocok untuk anak muda bisa dilihat dari rute perjalanan yang akan dilewati sehari-hari. Apakah jalannya naik turun, punya banyak jalan rusak, dan kondisi iklim di tempat tersebut.

Selain rute perjalanan, yang harus dipertimbangkan juga seberapa sering Anda menggunakan motor untuk rute perjalanan tersebut dan rute perjalanan lainnya. 

Contohnya seperti motor matic yang memang bisa digunakan dalam segala medan namun kurang dari segi tenaga terutama untuk menanjak dan keamanan saat melewati jalanan yang curam.

2. Kapasitas Mesin

Untuk anak muda, sebaiknya pilih motor yang irit terlebih dahulu dengan kapasitas mesin di bawah 150cc. Karena, meskipun lebih bertenaga dan mampu meraih top speed yang lebih tinggi namun bensin juga akan lebih boros.

Terutama untuk motor yang digunakan harian, sebaiknya motor lebih irit agar tidak membuat dompet jebol. Kami lebih menyarankan untuk memilih motor dengan torsi yang tinggi dibanding memilih motor dengan top speed yang lebih tinggi.

Motor dengan torsi tinggi akan lebih mudah untuk melewati jalanan yang naik dan melakukan stop-n-go di kemacetan.

Baca Juga:  3 Cara Kerja Sistem Pendingin Pada Mesin Mobil, AC dan Refrigerator

3. Tampilan Motor

Selanjutnya, untuk anak muda tentu motor harus terlihat keren. Motor akan jadi ciri khas ketika Anda memilih motor yang memiliki tampilan modern dan sesuai dengan kepribadian Anda.

Sebaiknya, pilih motor yang sangat menggambarkan diri dan gaya berpakaian Anda agar terlihat lebih keren lagi.

4. Bentuk Motor yang Pas

Selain tampilan, proporsi antara tubuh dengan motor yang Anda tunggangi juga mempengaruhi estetika. Jangan sampai motor terlalu besar sampai Anda harus menjinjit ketika mengendarainya.

Sebaliknya, motor jangan terlalu kecil. Karena biasanya motor milik anak muda juga digunakan untuk berboncengan dengan teman agar lebih fungsional.

5. Kemudahan Mencari Sparepart dan Aksesoris

Terakhir adalah kemudahan dalam mencari sparepart dan aksesoris untuk motor pilihan. Terutama bagi anak muda yang memilih motor untuk dimodifikasi sesuai keinginan mereka.

Motor yang memiliki penjualan tinggi biasanya punya banyak sparepart dan aksesoris yang tersedia baik pabrikan original maupun aftermarket, jadi mereka bisa lebih leluasa untuk menghias motornya.

Baca Juga: Mengenal Komponen Rem Cakram Pada Motor Dan Fungsinya

10 Motor yang Cocok untuk Anak Muda di 2022

Setelah mengetahui beberapa pertimbangan dalam memilih motor, saatnya kami membagikan beberapa pilihan motor untuk anak muda versi Madenginer.

Pilihan motor akan kami bagi menjadi tiga kategori transmisi, yaitu matic, bebek, dan kopling manual. Berikut adalah daftarnya, simak!

Motor Matic

Honda Beat

Motor yang cocok untuk anak Muda, Honda Beat

Ora Beat ora so sweet”, begitu kata orang. Honda Beat dengan kapasitas mesin 110cc merupakan salah satu motor terlaris di Indonesia. Motor ini dianggap gesit, irit, dan mesinnya bandel.

Selain itu, banyak sekali pilihan warna dan model yang tersedia. Sparepart dan aksesoris juga bisa dengan mudah ditemukan baik di toko offline maupun e-commerce.

Untuk harga di 2022, saat ini Honda Beat berkisar 17 jutaan sampai 18 jutaan. Sangat cocok bagi anak muda yang mencari motor untuk penggunaan harian.

Honda Vario

Advance Matte Blue (Tipe CBS-ISS SP)

Masih dari Honda, ada Vario dengan tipe 125cc dan 160cc. Mesinnya mengalami perkembangan dari Honda Beat dan masih jadi ciri khas Honda, yaitu mesinnya bandel, torsi yang besar, bertenaga, dan irit.

Baca Juga:  Apa itu Quick Shifter dan Fungsinya Pada Motor?

Tampilannya lebih elegan dan modern dengan sudut-sudut tajam di bentuk motornya. Pilihan warnanya juga beragam dan cocok untuk anak muda.

Harga Honda Vario di tahun 2022 berkisar 22 – 23 jutaan. Sparepart dan aksesorisnya juga sangat mudah untuk dicari.

Yamaha Fazzio

Yamaha Fazzio Hybrid Rilis di Thailand, Warna Menggoda dan Punya Fitur Pembeda dari Versi Indonesia | Oto

Beralih ke pabrikan Yamaha ada motor keluaran baru, yaitu Fazzio. Sekilas, tampilan motor ini seperti motor listrik yang dikombinasikan dengan motor keluaran Italia, Vespa.

Mesinnya berkapasitas 125cc, konsumsi bahan bakarnya hemat. Namun sayangnya, beberapa review menyebutkan suspensi dari motor ini tidak seempuk motor lain.

Namun bagi Anda yang ingin mencari motor dengan tampilan modern-retro dan konsumsi bensin yang hemat, motor ini bisa jadi pilihan di harga 21 jutaan.

Yamaha Aerox

Yamaha Aerox 155 Connected: Spesifikasi, Fitur dan Harga

Motor matic bergaya racing? Aerox jawabannya. Dengan kapasitas mesin 155cc dan torsi 13.9 Nm, motor ini cocok digunakan baik untuk jalanan perkotaan maupun pedesaan yang naik turun.

Tampilan Yamaha Aerox cenderung lebih beraliran racing dibanding motor lainnya. Pilihan warna yang ditawarkan juga menarik dan keren.

Untuk harga, Yamaha Aerox berada di harga 26 jutaan. Cocok untuk Anda yang mencari motor matic bertenaga besar.

Baca Juga: Bagaimana Warna Pelek Motor Beat Yang Bagus? Ini 11 Pilihannya!

Motor Bebek

Honda New Blade 125

Kredit Motor Honda Blade 125 FI - Cermati.com

Pilihan motor bebek pertama jatuh kepada Honda Blade terbaru dengan kapasitas mesin 125cc. Meskipun tidak memiliki pedal kopling di tangan, tapi bentuk New Honda Blade cukup mirip dengan motor bebek kelas 150cc.

Ada beberapa pilihan warna, termasuk warna motor tim Repsol Honda. Tampilannya juga dihiasi dengan garis-garis yang tegas. Fiturnya pun tidak kalah dari motor-motor lain, bagasinya luas dan tangki bensinnya besar.

Untuk harganya, motor ini dibanderol dengan harga mulai 16 – 17 jutaan.

Honda Supra X 125 dan GTR 150

Honda Supra GTR 150 2022 | PT Astra Honda Motor

Seri Supra di motor Honda tidak pernah lekang oleh waktu. Mesin yang irit dan bertenaga tetap jadi andalannya. Terutama pada motor kelas 150cc-nya yaitu Supra GTR 150.

Kedua kapasitas mesinnya tergolong sangat irit dan bertenaga, ditambah lagi dengan teknologi injeksi dan torsi yang besar membuat motor ini cocok untuk jalanan perkotaan maupun pedesaan.

Baca Juga:  10 Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Aqua AQR D261, Plus Spek!

Harga Honda Supra X 125 di 2022 dibanderol mulai dari 20 – 22 jutaan. Sedangkan Supra GTR 150 pada harga 24 jutaan.

Yamaha MX King 150

Yamaha MX King 150: Rajai Jalanan dengan Mesin Berperforma Tinggi

Tidak ketinggalan inilah raja motor bebek dari Yamaha. MX King 150cc memiliki desain yang sporty ditambah dengan mesin yang bertenaga. Torsi 13.8 Nm sangat cocok untuk jalanan yang naik dan turun.

Untuk harga, Yamaha MX King berkisar mulai dari 25 jutaan. 

Baca Juga: 3 Cara Memperbaiki Injektor Motor Yang Rusak, Tergantung Kerusakan!

Motor Kopling Laki

Honda CB150R

5 Pilihan Warna Honda CB150R Streetfire 2022 | Oto

Motor kopling yang satu ini merupakan versi naked dari Honda CBR150, tampilannya tegas dan macho membuat siapapun yang mengendarai motor ini terlihat keren.

Seperti namanya, kapasitas mesin dari motor ini adalah 150cc dengan 6 percepatan. Fitur dan mesinnya sudah sangat mumpuni untuk Anda melakukan touring kecil-kecilan.

Harganya berkisar mulai dari 28 juta hingga 29 jutaan. Tersedia juga dalam versi Honda CB150 Verza dengan teknologi mesin dan motor yang dipangkas, namun sama tangguhnya.

Yamaha R15

Yamaha All New R15 & R15M Connected, Connect With The R Spirit Motor untuk anak muda terbaru

Beralih ke sportbike, ada Yamaha R15 terbaru yang tampilannya mirip motor 1000cc, yaitu Yamaha R1. Dengan kapasitas mesin 155cc yang dilengkapi teknologi VVA dan torsi 14,7 Nm motor ini lebih dari cukup untuk Anda berkendara sehari-hari melalui rute apapun.

Tampilan sportbike yang satu ini juga tidak pernah salah, speedometernya juga sudah full digital dan memiliki lampu LED.

Harga OTR 2022 dari Yamaha R15 terbaru dibanderol mulai dari 37 jutaan.

Honda CBR150

CBR150RR Motor untuk anak muda

Selanjutnya ada saingan dari R15 yaitu Honda CBR150. Teknologi mesinnya sama dengan CB150R namun dari tampilannya merupakan motor sport.

Untuk harga, Honda CBR150 hampir sama seperti R15 yaitu di harga 36 jutaan.

Baca Juga: 10 Cairan Pembersih Mesin Motor Bagian Dalam Terbaik & Recommended

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar motor yang cocok untuk anak muda berkendara sehari-hari. Semoga dapat membantu dan sampai jumpa di artikel lainnya!

Bagikan Postingan:

Leave a Comment