Penyebab AC Outdoor Mati dan Bahayanya Jika Ditaruh di Ruangan

Apakah penyebab AC outdoor mati? Pertanyaan ini tidak sedikit ditanyakan oleh orang-orang. Pemakaian AC  merupakan hal yang umum dimana biasanya diletakkan pada berbagai bangunan, baik itu di rumah, hotel, apartemen maupun gedung yang lainnya.

Selama penggunaan, tidak jarang terjadi gangguan misalnya di bagian outdoor AC. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui apa penyebab AC bermasalah sehingga dapat menemukan solusi penanganan yang cepat dan benar.

Untuk Air Conditioner (AC) memiliki dua jenis, yakni indoor dan outdoor. Sesuai namanya, untuk komponen outdoor diletakkan pada bagian luar ruangan.

Apabila mengalami gangguan, tentunya akan mempengaruhi fungsinya secara keseluruhan. kamu bisa memahami beberapa kemungkinan yang terjadi di mana dapat mengakibatkan masalah tersebut.

ac outdoor mati

Apa saja Penyebab AC Outdoor Mati

Pemakaian AC memiliki berbagai manfaat dalam tempat tinggal. Dengan penggunaan yang sudah lama atau bisa karena faktor lainnya, maka komponen di dalam AC menjadi rusak dan akhirnya tidak dapat berfungsi secara optimal.

kamu bisa mengetahui beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab AC outdoor mati seperti di bawah ini:

Kompresor yang Terlalu Panas

Salah satu bagian yang pasti terdapat di dalam AC yaitu kompresor. Jika dalam bagian itu menghasilkan suhu yang terlalu panas, maka bisa mempengaruhi fungsi pendingin ruangan.

Hal ini dapat terjadi sebab pipa kondensor sedang kotor. Sehingga, membuat udara panas tidak dapat keluar ataupun terbuang dengan baik.

Masalah kompresor yang sangat panas ini dapat menimbulkan overload tidak bekerja dengan baik. Overload maksudnya saklar yang bertugas menjadi penyalur listrik ke kompresor. Oleh karena itu, kamu harus memastikan  mengecek kompresor saat AC luar mati atau tidak berfungsi sama sekali.

Baca Juga:  10 Cara Menghindari Bahaya Tersengat Listrik

Thermistor Rusak

Kerusakan pada bagian ini memiliki hubungan terhadap kompresor. Adapun tugas  thermistor sendiri yaitu memberi sinyal suhu oleh AC sisi dalam. Membuat AC yang luar dapat menyesuaikannya dengan baik.

Kalau bagian itu memperoleh gangguan, maka harus segera memeriksa bagian kompresor seluruhnya. Pemakaian di mana suhu ruangan tak sesuai mempengaruhi berbagai bagian di dalamnya menjadi keras. Seperti thermistor yang wajib memberi informasi agar AC outdoor dapat menyesuaikan.

Start Kapasitor Tidak Berfungsi

Gangguan lain yakni sebab bagian Start Kapasitor telah rusak. Ada dua jenis kapasitor, yakni kompresor dan juga kipas. Bila gangguan terjadi ke salah satu saja, akan membuat kinerja AC indoor juga outdoor menjadi turun bahkan tidak dapat dinyalakan sama sekali.

Komponen outdoor yang rusak membuat bagian start kapasitornya perlu dilakukan pemeriksaan. Ini hal yang sangat penting, agar pendingin kamu bisa bekerja menjadi normal kembali.

Adapun caranya yaitu dengan melakukan service AC ke ahlinya dan mengubah bagian start kapasitor tersebut ke versi yang baru. Kemudian, pendingin ruangan yang di dalam atau di luar dapat memiliki kinerja yang maksimal

Ada Baut yang Longgar

Kemungkinan lain yang jadi penyebab AC outdoor mati selanjutnya yaitu ada baut yang sedang longgar atau mungkin terlepas. Hal ini bisa saja terjadi sebab saat pemasangan tidak dilakukan dengan baik.

Oleh karena itu, masalah yang tampak remeh seperti ini wajib terus kamu perhatikan sebab dapat memberi risiko besar untuk kinerja pendingin. Lakukan pemeriksaan di semua bagian AC outdoor. Bukan itu saja, kamu juga bisa melakukan cek di bagian kabel.

Kalau tak ada yang terputus ataupun rusak, maka mungkin saja karena baut-baut tersebut telah longgar. Ketatkan kembali seluruh bautnya kemudian periksa apakah telah bisa berguna lagi ataupun belum.

Baca Juga:  Solusi Tepat Saat AC Panasonic Mati Sendiri

Kabel yang Terputus

Di penyebab sebelumnya, kamu telah mengenal kalau ketika memeriksa baut juga dapat sambil mengecek bagian-bagian kabel. Seringnya, kabel ini rusak seperti terputus sebab berbagai sebab maka mengakibatkan tegangan jadi hilang.

Saat akan memeriksanya, maka kamu bisa memakai tespen agar mengecek apakah ada tegangan listrik ataupun tidak. Jika ternyata tegangan hilang ketika memeriksa menggunakan tespen, jadi ada baiknya segera membuat perubahan kabel.

Hal itu adalah indikasi adanya kerusakan di AC outdoor. Dengan membuat pergantian kabel, sehingga dapat aktif kembali.

Ada Perubahan Daya Listrik

Hal yang jadi faktor AC outdoor mati yang mungkin tidak sering disadari yaitu adanya perubahan tegangan listrik di rumah atau gedung. Tegangan yang pertama dibutuhkan AC untuk bekerja secara normal lalu berganti membuat komponen bagian dalamnya tidak dapat bekerja.

Kalau ada perubahan tidak stabil di tegangan listrik, sehingga dapat membuat bagian kompresor rusak. Jika telah ada kerusakan seperti ini, akan membuat pendingin di luar mati. Penangannya ialah memakai stabilizer agar aliran listrik yang  ke AC bisa stabil.

Bahaya Outdoor AC Diletakkan di Ruangan

Exclusive
Bahaya Outdoor AC Diletakkan di Ruangan

Berisik atau ribut

Beberapa pemakai AC ada yang komplain jika outdoor AC-nya ribut. Apalagi jika penghubungan outdoor AC ditaruh di dalam ruangan pada samping jendela kamar tidur. Akan sangat mengganggu orang tidur dan tentunya akan bikin kamu tidak nyenyak sebab ada suara yang ribut oleh outdoor AC.

Jika kamu mau tidur dengan nyenyak, Ada baiknya memasang Outdoor AC di luar ruangan. Maka tidak akan mengganggu tidur kamu.

Membuat Tidak Nyaman di Dalam Rumah

Seperti yang diketahui outdoor AC mengeluarkan udara panas. Jika AC yang dipakai yaitu unit AC kecil pada rumah yang minimalis, maka akan mengganggu kenyamanan kamu. Udara panas dari outdoor AC akan masuk lalu terjebak di dalam rumah.

Baca Juga:  Fungsi Defrost Pada Kulkas dan Jenisnya Lengkap

Mengganggu View

Untuk sisi estetika tentunya outdoor AC cukup tidak enak di pkamung mata. Jangan karena adanya outdoor AC mengganggu atau merusak pemkamungan kamu dan orang lain.

Sarana berbagai penyakit

Hal ini tentu terjadi jika ada anggota keluarga yang flu. Udara bisa jadi perantara dan udara yang dikeluarkan outdoor AC bersirkulasi pada rumah itu. Dampaknya jika ada salah satu anggota sakit, tentu seisi rumah bisa tertular penyakit sama. Beda jika unit outdoor AC dipasang di luar ruangan.

Udara yang keluar lewat Sirkulasi Outdoor yakni Udara Kotor

Ada baiknya kamu berhati-hati lagi dan dipikir ulang lagi kalau mau memasang outdoor AC dalam ruangan. Poinnya adalah sirkulasi udara yang dikeluarkan akan jadi tak baik juga kualitas udara dalam rumah jadi menurun.

Membuat panas tidak terbuang maksimal

Saat menaruh unit outdoor di ruangan, bahkan di ruangan yang tertutup rapat. Membuat panas yang dari outdoor tidak dapat terbuang dengan sempurna. Panas terjebak di dalam ruangan, dan inilah yang mengganggu kinerja dari outdoor AC.

Penting untuk mengetahui lebih tentang penyebab AC outdoor mati agar pengguna tau melakukan penanganan yang tepat. kamu juga perlu mengetahui bahaya tentang pemasangan AC outdoor untuk mengurangi risiko yang tak diinginkan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment