Berapa Ukuran Velg CBR250RR dan Cara Modifikasinya?

MADENGINER.COM – Salah satu komponen CBR250RR yang paling umum dimodifikasi adalah pada sektor kaki-kaki yaitu ban dan velg. Tapi sebelumnya, Anda perlu mengetahui terlebih dulu ukuran velg CBR250RR versi pabrik.

Honda CBR250RR memang jadi andalan di kategori motor 250cc. Untuk menambah kekar, biasanya orang akan memodifikasi di bagian velg dan ban.

Ukuran velg CBR250RR adalah 2.75-17 untuk ban depan dan 4.00-17. Tentu saja, motor ini menggunakan velg ring 17 karena lebih mudah dicari dan harga bannya lebih murah.

Lantas, jika mau upgrade atau memperbesar ukuran ban, seberapa besarkah amannya? Sebaiknya, simak spesifikasi ukuran velg CBR250RR beserta ukuran ban motor ini terlebih dulu, yuk.

Berapa Ukuran Ban dan Ukuran Velg CBR250RR?

Ukuran velg CBR250RR 2022 | PT Astra Honda Motor
Berapa Ukuran Velg CBR250RR?

Berikut adalah spesifikasi ukuran ban dan velg dari CBR1250RR yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan diganti atau dinaikkan ukurannya.

Spesifikasi Ban dan Velg Honda CBR250RR
Ukuran Velg Depan  2.75-17
Ukuran Velg Belakang 4.00-17
Ukuran Ring 17
Tipe Velg dan Jumlah Palang Sport, 7 Palang
Merk Velg ENKEI Made in Indonesia
Sertifikasi Velg SNI, DOT, JWL
Ukuran Ban Depan 110/70-17
Ukuran Ban Belakang 140/70-17
Merk Ban IRC Road Winner

Seperti yang disebutkan di atas, velg dari CBR250RR dibuat oleh ENKEI namun pabrikan Indonesia. Tentu saja kualitasnya masih sangat baik.

Jumlah jari-jari atau palang di velg ini berjumlah tujuh buah. Agar lebih ringan, ada beberapa lubang seperti pada hub dan di palangnya sendiri. Tapi desain seperti ini tetap kuat karena sudah memiliki sertifikasi SNI dan DOT.

Baca Juga: Mengapa Permukaan Ban Sepeda Motor Yang Halus Harus Diganti?

Mengapa Harus Upgrade Ban dan Velg CBR250RR?

Jual Ban IRC-01R Original CBR 250RR | Shopee Indonesia

Salah satu yang umum diupgrade adalah bagian ban pada CBR250RR. Karena, kualitas ban IRC yang dipakai sebenarnya masih hard compound dan bisa diupgrade untuk meningkatkan kenyamanan.

Baca Juga:  3 Cara Kerja Sistem Pendingin Pada Mesin Mobil, AC dan Refrigerator

Selain itu, ditemukan beberapa keluhan mengenai daya cengkram yang kurang ketika melewati jalan basah. Begitu juga dengan ban yang kurang empuk ketika melewati jalan kering.

Jadi, banyak orang yang ingin mengupgrade ban dari CBR250RR ini ke ban yang lebih baik. Lalu bagaimana dengan velgnya?

Jual Velg Pelk Pelek All New CBR 250 RR Original Bagian belakang Versy 2  Sylinder HGP Made in Indonesia Enkei di Lapak vvv motor | Bukalapak

Biasanya, orang cenderung menggunakan velg dengan ukuran yang sama, yaitu ring 17. Yang membedakan hanya bobot velg yang dipakai pada motor ini.

Meskipun sudah ada sertifikasi SNI, DOT, dan merupakan pabrikan ternama ENKEI, nyatanya masih banyak orang yang ingin memodifikasi untuk mendapatkan bobot velg yang lebih ringan.

Pasalnya, jenis velg original CBR250RR adalah cast wheel. Jadi, banyak yang mengganti velg tersebut ke jenis forged di mana bobotnya jauh lebih ringan.

Lantas, berapa batas yang aman untuk upgrade ban dan velg CBR250RR? Tetap simak sampai habis, ya!

Baca Juga: Inilah Penyebab Oli Motor Cepat Habis

Batas Aman Untuk Upgrade Ban CBR250RR

Bagi penggemar modifikasi atau yang ingin mengupgrade ukuran ban, mungkin berfikir ukuran ban 110/70 dan 140/70 terasa kurang macho dan gagah.

Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan jangan sampai salah beli ban. Karena bukan keren yang didapat justru tampilan dan performa yang menurun.

Untuk ban depan, dilansir dari GridOTO yang aman adalah naik satu ukuran saja. Yaitu dari ukuran 110/70 diubah menjadi 120/70.

Batas aman ukuran velg CBR250RR dan ukuran bannya
Ilustrasi Ban 160/70 di CBR250RR (Dok. kobasyogas.com)

Sedangkan untuk ban belakangnya, maksimal naik dua ukuran dari versi standarnya. Jadi dari ukuran 140/70 dan maksimal di 160/70 atau 160/60.

Tapi disarankan untuk penggunaan harian, sebaiknya hanya diupgrade sampai ukuran 150/70 atau 150/60.

Mengapa seperti itu? Karena, semakin besar ban tentu bebannya akan semakin berat dan putaran mesin juga lebih berat yang membuat bensin lebih boros.

Baca Juga:  10 Cairan Pembersih Mesin Motor Bagian Dalam Terbaik & Recommended

Perlu diingat bahwa CBR250RR menggunakan velg ring 17, jadi sesuaikan dengan ukuran bannya ya.

Tidak ketinggalan, kami akan memberikan beberapa rekomendasi ban dan velg aftermarket untuk CBR250RR.

Rekomendasi Ban dan Velg Aftermarket untuk CBR250RR

Jika mau upgrade, tentu kualitas dan merk yang dipakai tidak boleh tanggung-tanggung. Kecuali hanya untuk replacement atau ketika komponen sudah rusak dan tidak mau ganti yang terlalu mahal.

Berikut adalah beberapa rekomendasi ban dan velg aftermarket untuk Honda CBR250RR, simak ya!

Rekomendasi Ban CBR250RR

  • Pirelli Diablo Rosso Sport
  • Pirelli Rosso III
  • Pirelli Supercorsa
  • Michelin Pilot Street Radial
  • Michelin Power 3, 5, dan RS
  • Michelin Road 4 dan 5
  • Bridgestone Battlax S21 dan S22
  • Dunlop Sportmax Alpha 13 SP
  • Aspira Premio Sportivo
  • Corsa R93

Beberapa dari ban di atas saat kami cek harganya ada yang menyentuh jutaan rupiah. Jadi, siapkan kantong Anda untuk merogoh kocek yang cukup dalam ya!

Rekomendasi Velg Aftermarket CBR250RR

  • Galespeed
  • OZ Racing Piega R Black Series
  • Marchesini
  • Delkevic

Oh ya, pastikan bahwa dalam mengganti velg, spesifikasinya serupa dengan motor kalian, ya. Bisa juga menggunakan velg dari motor lain jika dirasa cocok dengan melakukan beberapa perubahan pada kaki-kaki.

Baca Juga: Apa Itu Quick Shifter Dan Fungsinya Pada Motor?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar berapa ukuran velg CBR250RR dan ukuran bannya beserta dengan cara modifikasi dan rekomendasinya.

Semoga artikel dan informasinya dapat membantu. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment