Penyebab dan Cara Mencegah Bunga Es di Kulkas 1 Pintu

Jika Anda tidak memahami cara mencegah bunga es di kulkas 1 pintu ternyata akan memunculkan sejumlah dampak negative nantinya. Walaupun demikian, masih banyak pemilik kulkas dengan 1 pintu ini yang mengabaikan masalah satu ini.

Berbeda dengan kulkas 2 pintu yang sudah terdapat sistem heater untuk mencegah munculnya bunga es, maka pada kulkas 1 pintu inilah ternyata jarang terdapat sistem tersebut. Karena itulah, Anda harus melakukan pembersihan secara rutin agar tidak semakin menumpuk.

Freezer menjadi salah satu bagian dalam kulkas 1 pintu dimana mempunyai peran cukup penting untuk menyimpan makanan ataupun minuman. Tetapi apabila Anda tidak rutin membersihkannya, maka dapat menimbulkan masalah yakni bunga es menumpuk.

Apa Itu Bunga Es di Kulkas?

Apa Itu Bunga Es di Kulkas

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara membersihkan kulkas polytron ataupun merk lainnya yang terdapat bunga es, maka perlu mengetahui dahulu apa itu bunga es? Dimana ini merupakan kumpulan uap air membeku pada dinding di bagian dalam dari freezer kulkas Anda.

Sebenarnya keberadaan bunga es inilah lebih sering ditemukan pada kulkas 1 pintu karena freezer ataupun chiller berlokasi di kompartemen yang sama. Tetapi hal tersebut tidak ditemukan pada lemari es yang memiliki dua pintu.

Tetapi apabila Anda menemukan adanya bunga es pada kulkas dua pintu, maka sebaiknya harus segera mewaspadainya. Sebab bukan tidak mungkin apabila kemunculannya tersebut akan mengakibatkan sejumlah masalah besar nantinya.

Penyebab Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu

Penyebab Bunga Es Pada Kulkas 1 Pintu

Kulkas 1 pintu yang tidak ada bunga es memang akan membuat Anda merasa nyaman ketika akan menaruh makanan ataupun minuman didalamnya bukan? tetapi berbanding terbalik apabila jumlahnya sampai bertumpuk, tentu memberikan ketidaknyamanan.

Kendati sebagian besar dari Anda mungkin akan menganggapnya sepele, tetapi ternyata jangan pernah dianggap remeh karena bisa memicu berbagai masalah. Berikut ini sejumlah penyebab munculnya bunga es pada kulkas Anda.

Baca Juga:  Pengertian Sekring Listrik, Fungi, dan Jenis-Jenisnya

Suhu Freezer Terlalu Rendah

Penyebab pertama kenapa bunga es tersebut dapat muncul adalah karena suhu freezer yang terlalu rendah. Anda memang dapat menyetel suhu hingga paling rendah pada kulkas, tetapi jika dibiarkan maka lama-kelamaan dapat memicu timbulnya bunga es dimana kian menebal.

Kerusakan Pada Karet Di Pintu Kulkas

Tahukah Anda bahwa kerusakan pada lapisan karet yang melilite area pintu kulkas serta membentuk segel atau gasket juga menjadi penyebabnya. Sebab gasket rusak itulah dapat menyebabkan sebagian pintu akan terbuka sehingga memudahkan udara lembab dapat masuk ke dalamnya.

Dari udara lembab itulah ternyata akan mengembun di dinding sekaligus langit-langit bagian dalam. Inilah yang nantinya akan mengantarkan adanya bunga es menempel pada area freezer.

Menyimpan Makanan atau Minuman Panas

Memasukkan makanan dan minuman panas dalam kulkas menyebabkan timbulnya bunga es juga. Sebab uap panas yang ditimbulkan itulah nantinya akan mengembun dan berubah menjadi bunga-bunga es.

Jika kebiasaan satu ini tidak segera dihilangkan, maka besar kemungkinan Anda juga akan menemukan bahwa bunga-bunga es semakin menebak. Dengan begitu, akan menyulitkan Anda untuk membersihkannya.

Cara Mencegah Bunga Es di Kulkas 1 Pintu

Cara Mencegah Bunga Es di Kulkas 1 Pintu

Sampai penjelasan dibawah ini, pastinya Anda juga tidak ingin bukan apabila kulkas kesayangan terdapat bunga es dengan jumlah banyak. Cara agar kulkas tidak ada bunga es sebenarnya sangatlah mudah dilakukan dan bahkan bisa dimulai dari cara-cara sederhana.

Jangan sampai membiarkannya semakin menumpuk karena bisa menimbulkan sejumlah masalah seperti aroma tidak sedap, tagihan listrik semakin membengkak hingga mengakibatkan freezer mengalami kerusakan lebih cepat.

Nah dibawah ini sejumlah cara yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan bunga es agar tidak timbul.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total dan Penyebabnya

Pastikan Menutup Pintu Kulkas Dengan Rapat

Perlu diketahui bahwa pintu lemari pendingin ini yang dibiarkan terbuka dalam waktu lama ternyata dapat mengakibatkan kelembaban didalamnya. kelembaban dimana mengandung uap air itulah ternyata dapat memicu bunga es.

Karena itulah sebaiknya Anda juga harus menutup pintu secara rapat dan apabila bagian dari karet pelapis pintu rusak, silahkan perbaiki sekarang juga agar tidak membuat suhu udara dari luar masuk.

Hindari Menyimpan Makanan dan Minuman Panas

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa memasukkan makanan ataupun minuman panas ke dalam lemari es bisa menimbulkan uap air yang akan berubah menjadi bunga es nantinya. Apabila Anda mempunyai makanan panas dan perlu dibekukan, maka biarkan dingin dahulu sebelum dimasukkan.

Merapikan Ruang Didalam Freezer

Tidak sedikit dari Anda mungkin asal-asalan dalam menaruh barang di dalam freezer bukan? Mulai dari sekarang, Anda dapat menghilangkan kebiasaan tersebut. Cobalah menyusun dan merapikan ruang di freezer dan jangan sampai saling bertumpukan.

Selain dapat memberikan kemudahan bagi Anda dalam menemukan barang yang diinginkan, cara inilah juga dapat meminimalisir munculnya kembang es didalamnya nanti.

Keringkan Makanan Dahulu

Apakah Anda hendak menyimpan makanan seperti eskrim ataupun lainnya yang akan disimpan di dalam freezer? Sebaiknya harus dikeringkan dahulu permukaannya luarnya. Ini juga dapat membantu menghilangkan kelembaban ataupun kembang es pada lemari pendingin.

Perhatikan Pemilihan Wadah Penyimpanan

Cara mencegah bunga es di kulkas 1 pintu berikutnya adalah dengan memperhatikan wadah penyimpanan didalamnya. Pastikan menggunakan wadah tepat dimana meminimalisir adanya akses ke udara sehingga tidak menimbulkan kelembaban nantinya.

Langkah-langkah Membersihkannya

Untuk cara membersihkan bunga es pada kulkas Polytron 1 pintu ataupun merk lainnya sebenarnya tidaklah sulit dilakukan. Kendati demikian, tidak sedikit dari Anda mungkin masih bingung memulainya bukan? karena itulah, kami akan memberikan panduannya dibawah ini.

  • Keluarkan barang-barang di dalam kulkas dahulu mulai dari tatakan, rak hingga laci. Bersihkan semua benda tersebut terlebih dahulu, tetapi apabila sulit keluar karena menumpuknya bunga es, silahkan cairkan dahulu
  • Aturlah suhu pada kulkas hingga paling rendah agar timbunan es didalamnya dapat mencair dengan cepat
  • Buka pintu lemari es selama proses pencairan es berlangsung dan dalam kurun waktu 40 menit maka akan mencair sedikit demi sedikit. Silahkan keluarkan makanan ataupun bahan-bahan lainnya didalamnya
  • Agar kembang es yang mencair tidak melebar kemana-mana, silahkan celupkan handuk ke dalam air panas dan letakkan didalam kulkas kurang lebih 10 menit
  • Setelah itu, ambil kembali dan masukkan ke dalam air hangat yang akan digunakan membersihkan bagian dinding. Lakukan langkah tersebut secara berulang-ulang
  • Anda juga dapat menggunakan campuran air dan soda kue untuk membersihkan freezer yang mengeluarkan aroma tidak sedap.
  • Setelah cara membersihkan kulkas 1 pintu diatas dilakukan, maka dapat menaruh kembali bahan-bahan makanan dan barang-barang lainnya.
Baca Juga:  Kenapa Kulkas Kadang Bunyi Kadang Tidak, Cek Penyebab dan Solusinya

Kendati terlihat cukup sepele tetapi terdapat sejumlah dampak yang dapat ditimbulkan dari kembang es ini seperti mengurangi kapasitas dari lemari es, mengakibatkan aroma yang tidak sedap, makanan atau minuman didalamnya akan cepat busuk hingga tagihan listrik membengkak.

Keberadaan dari kembang es inilah sebaiknya memang tidak boleh dianggap sepele begitu saja. Karena itulah, sebaiknya harus memahami lebih lanjut mengenai cara mencegah bunga es di kulkas 1 pintu agar tidak menumpuk.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment