4 Macam Bau Yang Tidak Disukai Burung Walet, Pengusaha Wajib Tahu!

Bau yang tidak disukai burung walet – Collocalia Fuciphaga atau yang dikenal dengan sebutan burung walet adalah burung yang memiliki keistimewaan tersendiri yang tidak ada pada burung lainnya. Burung dengan ciri khas warna tubuh yang hitam dengan bagian bawah tubuh berwarna coklat, sayap runcing, serta ekor panjang ini sangat mudah ditemukan. Karena gaya hidupnya yang berkelompok dengan tempat tinggal yang non maden seperti singgah di sebuah goa, daerah pesisir pantai, hingga bangunan kosong.

Sekilas tentang sarang burung walet

sarang burung walet
Sarang burung walet

Sarang dari burung walet ini termasuk ke dalam salah satu makanan termahal di Indonesia lho! Kok bisa? Nah buat yang belum tahu, hal ini dikarenakan sarang burung walet mengandung banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita yaitu dapat meningkatkan imun tubuh sampai ke metabolisme tubuh. Dalam 100 gram sarang burung walet mentah juga mengandung nutrisi seperti kalori energi, protein, lemak, kalsium, fosfor, hingga zat besi.

Untuk mendapatkan sarang dari burung walet, pada mulanya burung walet akan membuat sendiri sarangnya di tempat yang jauh dari keramaian ataupun terang. Kemudian burung ini akan membuat sarang – sarang mereka dari air liur nya sendiri dalam jangka waktu dua bulan. Di Indonesia sendiri, sebagai negara yang terdapat banyak burung walet banyak pengusaha walet yang berlomba – lomba mendirikan rumah burung walet. Meski demikian, resiko bisnis sarang walet tetap harus jadi pertimbangan.

Macam Bau Yang Tidak Disukai Burung Walet

bau yang tidak disukai burung walet
Bau yang tidak disukai burung walet

Sebenarnya dalam membudidayakan sarang burung walet juga tidak boleh di sembarang tempat dan perlu kondisi lingkungan yang mendukung agar dapat membuat si burung walet ini menetap loh. Karena dari hasil penelitian, menemukan bahwa burung walet tidak menyukai beberapa bau tajam yang dapat membuat mereka pergi dari sarangnya dan mencari sarang yang baru. Lalu apa saja sih bau nya itu? Yuk langsung simak penjelasan di bawah ini!

Baca Juga:  Siapa Pengusaha Walet Terkaya Indonesia? Ini 5 Daftarnya!

1. Aroma terasi atau Belacan

Yah, burung walet tidak menyukai bau tajam seperti bumbu dapur hasil fermentasi dari udang rebon, yaitu bau terasi. Mungkin bagi kita sebagian orang menganggap bau terasi adalah wangi dan harum tetapi bagi kawanan burung walet mereka akan kabur jika tercium bau menyengat dari terasi.

2. Aroma Cabe Goreng

Tidak cuma manusia saja yang tidak tahan mencium bau cabe goreng yang pedas menyengat hidung, tetapi burung walet juga sama hal nya tidak menyukai bau satu ini. Alhasil jika burung walet menemukan bau cabe goreng, maka mereka akan langsung meninggalkan sarangnya dan mencari tempat tinggal baru.

3. Aroma Gedung Baru

Bangunan baru pastinya identik dengan bau semen yang baru mau mengering. Hal ini membuat burung walet tidak akan singgah untuk membuat sarangnya karna bau semen yang tajam tidak disukai oleh tawanan burung walet. Makanya pada sebagian besar gedung baru yang dijadikan tempat khusus sarang walet, biasanya pemilik bakal menyemprotkan parfum pemikat walet terlebih dahulu agar para burung walet tidak mengenali atau mencium bau asli gedung baru.

4. Aroma Asap Sisa Pembakaran

Terakhir aroma yang tidak disukai burung walet yaitu aroma dari asap pembakaran sampah, plastik ataupun ban. Jika asap nya semakin banyak, tentunya akan membuat si walet tidak akan bertahan lama dan berakhir pergi meninggalkan tempat tersebut.

Baca juga: Cara Cepat Panggil Walet Dari Yang Sudah Pro

Jadi udah tahu kan, aroma apa saja yang tidak disukai burung walet? Apakah kamu juga pernah budidaya sarang burung walet? Yuk cerita pengalaman mu mengenai burung walet dibawah ini!

Bagikan Postingan:

Leave a Comment