7 Tips Cara Cepat Panggil Walet Dari Yang Sudah Berpengalaman

Merupakan suatu kegembiraan tiada tara bagi para pengusaha walet apabila burung walet bisa cepat datang, masuk dan menginap di dalam rumah burung walet (RBW) yang disiapkan. Namun dengan cara dan persiapan yang keliru, usaha walet banyak juga yang gagal atau setidaknya butuh waktu yang lebih lama sebelum bisa dikatakan produktif. Itulah pentingnya mengetahui tips cara cepat memanggil burung walet, tentu dari orang yang sudah berpengalaman.

Tips Cara Cepat Memanggil Burung Walet

Berikut 7 tips dari ahli wallet yang sudah berpengalaman mengenai bagaimana memanggil walet dengan cepat. Semoga bisa menjadi referensi Anda.

1. Perhatikan Speaker dan Perangkat Pendukungnya

speaker dan suara panggil walet
Speaker dan suara panggil walet

Lokasi pemasangan speaker panggil sangat penting untuk mengundang atau memanggil burung walet yang memang sudah ada di lingkungan sekitar rumah burung walet. Speaker (tweeter) dengan kualitas suara yang keras dan jernih / tidak sember harus ditempatkan di bagian atas rumah, namun tetap harus terlindung dari hujan dan terik matahari untuk mengoptimalkan usia dan kualitas speaker.

2. Suara Panggil

Komponen ini adalah komponen yang sangat penting dalam mengundang walet. Kualitas suara panggil bisa dilihat dari harganya, semakin mahal dan ter-enkripsi (tidak bisa digandakan), biasanya bukti suksesnya sudah banyak. Kisaran harga untuk suara panggil yang baik dan terbukti berhasil dimulai dari angka 4 juta.

Jangan ragu atau sungkan untuk mengundang pihak toko perlengkapan walet terdekat untuk melakukan pengamatan bersama ke rumah burung walet yang sudah berhasil agar bisa diketahui suara model apa yang cocok di daerah tersebut. Dan ingat pula untuk tidak mudah menggonta-ganti suara panggil agar walet tidak kebingungan.

3. Amplifier

amplifier untuk memanggil walet
Amplifier untuk memanggil walet

Sesuaikan ukuran rumah burung walet dengan kekuatan amplifier. Jangan sampai kekuatannya terlampau kecil (suara kurang terdengar) atau terlalu besar (berpotensi menghasilkan dengungan berlebih). Dan pertimbangkan betul-betul untuk memilih ampli rakitan tangan berpengalaman ketimbang ampli pabrikan yang sudah jadi.

Baca Juga:  8 Aplikasi Laundry Terbaik Untuk Kebutuhan Cucianmu!

Kelebihan ampli rakitan yang berkualitas baik adalah, biasanya sudah dijual dalam paket lengkap, misalnya sudah ada kipas, bisa AC/DC, penanda waktu, kapasitas lebih dari 1 player (untuk tarik dan inap) dan bisa memainkan suara dalam beberapa format. Harganya sendiri dimulai dari 2,500,000 sampai 4,000,000.

4. Memilih Lokasi

Bangunlah rumah walet dimana sudah terlihat ada burung walet yang berterbangan, atau bisa memilih tempat dimana sudah ada rumah burung walet lainnya yang berhasil. Karena ada beberapa pengusaha walet yang kurang melakukan observasi lapangan dan berujung pada lambatnya walet untuk menginap di rumah yang sudah disediakan. Atau diistilahkan, memancing di tempat yang salah, sehingga membuang waktu, modal dan tenaga. Inilah salah satu resiko berbisnis sarang walet.

5. Aroma

bau yang tidak disukai burung walet
Bau yang tidak disukai burung walet

Walaupun aroma lebih identik saat proses tarik dan inap, tapi pemilihan aroma yang baik sangat direkomendasikan untuk betul-betuk diperhatikan sejak awal. Mengapa? Karena apabila sudah ada walet yang mulai membangun sarang, biasanya walet-walet lain akan mengikuti untuk datang yang disebabkan oleh suara si walet yang sudah menginap tersebut.

Dan pemakaian aroma ini pun sebaiknya dimasukkan kedalam mesin humidifier atau penghasil kelembaban agar aroma yang dikeluarkan bisa memenuhi seisi rumah dan uapnya juga dapat keluar terbawa angin. Bacaa juga: bau yang tidak disukai burung walet

6. Suhu dan Kelembaban

Burung walet diketahui nyaman untuk tinggal berkembang biak di area yang lembab dengan suhu 25°C – 28°C. Oleh karena itu, pemanfaatan mesin penghasil kelembaban bisa menjaga suasana rumah agar senantiasa lembab. Dan untuk suhu sendiri, sebaiknya rumah burung walet dipasang pompa air untuk menghasilkan air mancur atau tetesan air yang bisa membasahi dinding supaya temperatur tetap sejuk.

Baca Juga:  Berapa Harga Burung Kuntul Sawah? Persiapkan Budget Ya!

7. Menjaga Kebersihan Alat

perhatikan kebersihan
Perhatikan kebersihan

Sangat penting untuk mempekerjakan penjaga rumah burung walet yang telaten dan cekatan agar setiap perlengkapan bisa dibersihkan atau dirawat dengan baik. Misalnya, memastikan perangkat audio dalam kondisi yang baik dengan mengelapnya secara rutin.

Karena ruangan yang lembab, sangat mudah untuk alat elektronik rusak; contoh, apabila ampli atau tweeter dalam kondisi yang tidak sempurna, maka suara yang dihasilkan pun akan ikut jelek dan putus-putus. Yang berakhir pada enggannya burung walet untuk datang karena gangguan suara tadi.

Demikianlah tips-tips dari kami untuk mempercepat memanggil walet. Namun demikian, usaha walet adalah usaha yang perlu ketelitian dan kesabaran. Karena mengundang makhluk dari alam bebas untuk tinggal di lingkungan buatan manusia merupakan hal yang cukup menantang, apalagi persaingan usaha yang sudah mulai ketat sekarang ini. Semoga tulisan ini bisa membantu dan menambah wawasan Anda.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment