Kelebihan TV Digital dan Kekurangannya Lengkap

Peralihan TV analog ke TV digital saat ini telah dilakukan secara bertahap di Indonesia. Tentunya langkah tersebut diambil karena terdapat kelebihan TV digital yang bisa dinikmati dibandingkan dengan TV analog.

Pemberitahuan dan sosialisasi yang dilakukan oleh pihak pemerintah juga sudah dari jauh-jauh hari sehingga masyarakat bisa mempersiapkannya dengan baik. Dengan perubahan tersebut diharapkan siaran TV bisa lebih berkualitas.

Namun, meski telah dilakukan peralihan ke TV digital, tidak sedikit orang yang masih belum tahu kelebihan serta kekurangan dari siaran digital. Untuk mengetahui informasi tersebut, Anda bisa simak informasi berikut.

Tentang TV Digital

kelebihan TV digital

Sebelum memberikan pembahasan lengkap tentang kelebihan dan kekurangan antena tv digital akan dijelaskan dulu sekilas tentang apa itu TV digital. TV digital merupakan siaran yang menggunakan sinyal digital sistem kompresi.

Apabila melihat dari kualitas siaran yang didapatkan, maka pada TV digital ini gambarnya tentu lebih baik dibandingkan TV analog. Atas dasar kualitas siaran tersebut, perlahan-lahan dilakukan perubahan atau migrasi TV analog ke digital.

Sementara untuk dapat memperoleh siaran TV digital tersebut, tidak harus membeli TV baru yang sudah mempunyai fitur penangkap sinyal digital. Untuk TV analog, dapat menggunakan bantuan dari alat Set Top Box DVB T2 guna mendapatkan siaran digital.

Dengan menggunakan alat set top box tersebut, tidak diperlukan juga penggantian antena khusus digital. Jadi, bisa dikatakan perubahan siaran analog ke digital ini dapat dilakukan dengan cara yang terbilang simpel dan sederhana.

Meskipun menawarkan berbagai keuntungan menarik, tentu akan lebih baik jika Anda mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan TV digital tersebut. Dengan begitu, peralihan dari TV analog ke digital dapat berjalan lancar.

Apa Saja Kelebihan TV Digital?

Setelah mengenal sekilas tentang TV digital, selanjutnya akan diberikan penjelasan tentang kelebihan yang dimiliki oleh siaran TV tersebut. Secara umum, tentu banyak sekali kelebihan yang dimiliki saat Anda beralih ke siaran digital.

Baca Juga:  Kode Error Mesin Cuci Sanyo EA, EC, E1, E2, U4, U5 & Solusinya

Untuk mengetahui apa saja kelebihan dari TV Digital tersebut, Anda bisa melihatnya pada penjelasan berikut ini.

1. Gambar Dan Suara Kualitasnya Jernih

Kelebihan pertama dari TV digital ini adalah siaran yang didapatkan dapat mempunyai kualitas gambar serta suara yang lebih jernih. Hal tersebut dapat terjadi karena pada transmisi siaran digital kecil terjadinya gangguan dari gelombang lain.

Kondisi tersebut membuat gambar mempunyai kualitas tajam dan juga audio-nya jernih. Dengan kata lain, Anda tidak akan menemui kondisi sinyal TV digital tidak stabil yang dapat mengganggu kenyamanan saat sedang menikmati siaran.

2. Audio Jelas

Selain pada kualitas gambar yang menjadi kelebihan utama, audio dari sinyal siaran digital yang dihasilkan juga sangat jelas dan jernih. Kondisi tersebut dapat terjadi karena pada siaran TV digital mempunyai kemampuan untuk meminimalkan terjadinya noise.

3. Banyak Fitur Menarik

Kelebihan yang lain yang bisa diperoleh dengan beralih ke siaran digital adalah terdapat fitur tambahan yang menarik. Hal tersebut dapat dirasakan baik Anda yang menggunakan set top box maupun TV yang sudah punya fitur DVB T2.

Salah satu fasilitas yang terbilang menarik adalah fitur EPG atau Electronic Program Guide. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan untuk melihat acara yang sudah berlangsung serta yang akan ditayangkan kemudian.

Selain fitur tersebut, ada juga fitur untuk merekam siaran TV yang sedang berlangsung. Namun, untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap, Anda bisa menggunakan set top box atau TV digital yang kualitasnya baik.

4. Kekuatan Sinyal Stabil

Pada saat Anda menyaksikan TV analog, mungkin seringkali mendapati siaran tiba-tiba hilang ataupun muncul banyak semut. Hal tersebut dapat terjadi karena memang terdapat kendala sinyal yang kurang stabil pada TV analog.

Namun, keresahan seperti itu tentu tidak akan Anda temukan saat menonton siaran TV digital. Pasalnya, teknologi kompresi yang ada di siaran digital mempunyai kekuatan yang stabil. Alhasil, siaran yang didapatkan pada TV digital tajam dan juga jernih.

5. Banyak Pilihan Channel

Terakhir, kelebihan TV digital yang bisa Anda dapatkan adalah terdapat banyak pilihan channel yang dapat dinikmati. Anda bisa memperoleh channel-channel menarik yang sebelumnya tidak ditemui pada siaran TV analog.

Banyaknya channel tersebut disebabkan karena sistem kompresi di TV digital membuatnya mampu menangkap banyak data informasi pada satu spektrum sinyal. Oleh karena itu, siaran atau channel yang ditangkap akan jauh lebih banyak.

Apa Kekurangan TV Digital?

Selain terdapat kelebihan yang dimiliki, tentu ada juga beberapa kekurangan penyiaran TV digital yang perlu dipahami. Dengan memperhatikan kekurangan tersebut, Anda dapat mempersiapkan peralihan siaran ke TV digital ini secara lebih baik.

Selain itu, mengetahui kekurangan dan kelebihan Televisi digital ini dapat membuat Anda memperoleh gambaran yang objektif tentang siaran digital tersebut. Nah, untuk mengetahui apa saja kekurangannya, Anda bisa simak pada informasi di bawah ini.

1. Banyak Masyarakat Belum Memahami Pengoperasian TV Digital

Kekurangan pertama pada peralihan ke siaran TV digital ini adalah banyak masyarakat yang masih kebingungan dalam mengoperasikannya. Meski penyuluhan serta sosialisasi TV digital ini sudah dilakukan jauh hari, rupanya masih banyak masyarakat yang belum paham.

Hal tersebut membuat kebanyakan dari mereka mengalami kesulitan saat siaran analog resmi dimatikan. Kondisi itu tentu dapat sedikit memberikan kesulitan terutama bagi orang yang kurang begitu memahami teknologi.

2. Masalah Geografis

Seperti diketahui, Indonesia ini merupakan negara kepulauan yang tidak semua daerahnya telah terjangkau sinyal yang bagus. Hal tersebut juga berlaku dengan penyaluran sinyal digital yang diperoleh pada setiap daerah.

Baca Juga:  Cara Mencari Channel TV Digital dengan Mudah

Untuk daerah yang dekat dengan perkotaan, sinyal digital yang diperoleh mungkin dapat maksimal. Sementara untuk yang tinggal di daerah terpencil tentu sinyal digital yang didapatkan jauh lebih lemah sehingga channel yang ditangkap sedikit.

3. Harga TV Digital Cukup Mahal

Bagi yang tidak ingin repot menggunakan set top box, pilihan yang bisa dilakukan adalah dengan membeli TV digital baru. Namun, yang menjadi kekurangan televisi digital tersebut adalah harganya terbilang cukup mahal.

Oleh karena itu, sebagai pilihan alternatif agar tetap bisa menonton TV, disarankan bagi masyarakat untuk menggunakan set top box saja. Harga dari alat tersebut terbilang sangat terjangkau sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa memilikinya.

4. Kabel Bisa Mengalami Masalah

Dalam memasang TV digital, dibutuhkan kabel yang menghubungkan TV dengan set top box. Kondisi dari kabel penghubung tersebut tentu sangatlah penting untuk kelancaran dalam menangkap sinyal siaran TV digital.

Namun, tentu kabel tersebut terbilang cukup rawan mengalami kerusakan. Alhasil, saat kabel tersebut rusak, sinyal jaringan TV digital yang didapatkan pada TV Anda bisa menjadi terputus-putus atau bahkan hilang.

Keadaan kabel yang mudah mengalami masalah menjadi salah satu kekurangan TV digital yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, untuk mencegah permasalahan seperti itu, Anda bisa melakukan pengecekan berkala.

5. Kabel Kotor Bisa Menghambat Kekuatan Sinyal

Perawatan pada set top box memang cukup penting diperhatikan agar siaran digital tetap lancar. Hal itu karena saat terdapat kabel atau komponen yang kotor, siaran digital yang didapatkan dapat terganggu.

Itulah tadi penjelasan tentang kelebihan TV digital dan kekurangannya. Semoga dengan informasi tersebut, Anda dapat memahami tentang siaran digital dengan jelas mulai dari kelebihannya sampai dengan kekurangan yang dimilikinya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment