Berapa Watt Kulkas Polytron 1 Pintu? Ini Jawaban dan Cara Menghematnya

Mengetahui berapa watt kulkas Polytron 1 pintu memang penting. Hal tersebut dikarenakan jumlah watt akan mempengaruhi tagihan listrik yang Anda bayar nantinya.

Meskipun beberapa produk tertentu sudah dibekali teknologi hemat energi, namun pada kenyataannya penggunaan listrik pada kulkas tetap lebih tinggi dibandingkan peralatan lainnya. Dari sinilah sangat penting bagi Anda untuk mengetahui watt tersebut.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena pada kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai watt yang dimiliki oleh kulkas merek Polytron berbagai tipe. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan beberapa tips untuk menghemat listrik saat menggunakan kulkas.

Sekilas Tentang Kulkas Merek Polytron 1 Pintu

Besaran watt pada kulkas 1 pintu

Sebelum membahas ke watt kulkas Polytron 1 pintu, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa informasi dasar seputar lemari es 1 pintu ini. Untuk lebih jelasnya, perhatikan pembahasan singkat di bawah ini.

1. Dimensi

Pada umumnya, dimensi untuk lemari es Polytron jenis satu pintu adalah 66 x 58 x 128 cm. Dari ukuran tersebut, bisa dibilang dimensi yang dimiliki lumayan lega untuk diletakkan di ruangan sempit sekalipun. Selain itu, bobotnya adalah sekitar 39 kg sehingga mudah untuk dipindahkan.

2. Daya listrik

Dalam peralatan elektronik, daya listrik atau watt juga harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Jika tidak, maka potensi tagihan listrik yang melonjak akan menjadi lebih besar dan mungkin bisa di luar perkiraan sebelumnya.

Lalu, berapa watt kulkas Polytron 1 pintu? Menurut beberapa sumber yang ada, rata-rata daya listrik yang dibutuhkan adalah sekitar 75 Watt. Angka tersebut bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung dari tipe yang Anda miliki. Untuk lebih jelas, Anda bisa menyimak pembahasan tentang ini di bagian lain.

3. Fitur

Lemari es ini memiliki peminat yang cukup banyak karena terdapat berbagai fitur menarik di dalamnya. Salah satu fitur cukup menonjol bisa dilihat pada tempered glass rack yang dapat menahan beban penyimpanan hingga 100 kg.

Baca Juga:  Inilah Pengertian dan Jenis Kalibrasi Secara Lengkap

Selanjutnya, untuk tipe tertentu terdapat fitur jumbo freezer compartment untuk menyimpan es batu berukuran besar. Dengan fitur tersebut, Anda akan sangat terbantu apabila hendak membuat es batu besar dalam jumlah banyak.

Jawaban Pertanyaan Berapa Watt Kulkas Polytron 1 Pintu

Di bagian sebelumnya, Anda sudah mendapatkan informasi bahwa rata-rata watt pada lemari es merk ini adalah sekitar 75 watt, bisa kurang atau lebih tergantung tipe. Oleh karena itu, untuk informasi lebih detail, Anda bisa melihat daftar tipe berikut ini.

  • Tipe Belleza Varia PRA 17 DRX sebesar 106 Watt
  • Tipe Belleza Varia PRA 17 PAX sebesar 75 Watt
  • Tipe Belleza Varia PRA 17 MOB sebesar 75 Watt
  • Tipe Belleza Varia PRA 18 CRX sebesar 72 Watt
  • Tipe Belleza Varia PRA 16 CRX sebesar 106 Watt
  • Tipe Belleza Varia PRA 18 DRX sebesar 106 Watt
  • Tipe Belleza Varia PRA 16 PAX sebesar 75 Watt
  • Tipe Metallic PRB 187 LB sebesar 75 Watt
  • Tipe Metallic PRB 177 LB sebesar 75 Watt
  • Tipe Metallic PRB 157 LB sebesar 75 Watt

Itulah beberapa daftar kulkas polytron berapa watt untuk Anda jadikan referensi. Di luar daftar tersebut, mungkin ada beberapa masih belum tertulis, namun Anda dapat mencari dari sumber-sumber lain.

Apakah kulkas 1 pintu hemat listrik?

Adanya berbagai teknologi mutakhir yang diterapkan pada produk keluaran terbaru tentu membuat kulkas semakin bisa menghemat daya listrik, salah satunya adalah Polytron. Oleh karena itu, lemari es ini bisa dikatakan tidak membutuhkan daya terlalu besar.

Penyebab Kulkas Menjadi Boros Listrik

Mengetahui watt pada kulkas polytron

Setelah mengetahui daya kulkas Polytron 1 pintu di bagian sebelumnya, Anda juga perlu memahami bahwa tagihan listrik yang membengkak bisa disebabkan oleh faktor lain. Jadi, meskipun secara watt rendah, penggunaan yang salah dapat menjadikan boros listrik.

Baca Juga:  10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Serta Cara Mengatasinya

1. Sering membuka pintu kulkas

Pintu kulkas yang dibuka tutup terlalu sering dapat membuat suhu pada ruangan menjadi lebih lambat mencapai ideal settingannya. Hal tersebut dikarenakan kompresor akan aktif berulang kali supaya dapat mempertahankan suhu tetap dingin.

2. Isi kulkas terlalu penuh

Selanjutnya, isi kulkas terlalu penuh dapat menyebabkan konsumsi listrik terpengaruh, terutama jika Anda mengisinya di luar kapasitas. Ketika isi di dalamnya terlalu banyak, maka sistem operasional pendingin akan menjadi lebih aktif dan berpengaruh pada konsumsi listrik.

3. Suhu diatur terlalu dingin

Setiap lemari es pasti memiliki pengaturan suhu yang dapat diatur sesuai kebutuhan, mulai dari nol hingga maksimal. Semakin sering Anda mengatur temperatur terlalu dingin, maka beban kerja lemari es akan menjadi lebih berat.

4. Menyimpan makanan panas

Kesalahan satu ini kerap sekali terjadi pada masyarakat Indonesia, yakni menggunakan lemari es untuk menyimpan makanan atau minuman panas. Suhu yang tinggi akan membuat pendingin lebih sering aktif dan bukan tidak mungkin akan membuat lemari es tidak dingin.

5. Kompresor terlalu tua

Penyebab yang terakhir mungkin akan sering dirasakan bagi Anda yang sudah memiliki lemari es berusia cukup lama. Pasalnya, semakin lama usianya, maka kinerja kompresor juga tidak akan seoptimal kondisi baru dan hal tersebut dapat membuat konsumsi daya listrik boros meskipun Anda tahu berapa watt kulkas Polytron 1 pintu tidak terlalu besar.

Berapa Watt Televisi Polytron?

Selain kulkas, Polytron juga mempunyai produk elektronik lain, yakni televisi. Mengenai besaran watt yang dimiliki, semua tergantung dari tipe dan juga ukuran layar. Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa daftar untuk Anda jadikan referensi.

  • Ukuran 21 inci tabung 80 W
  • Ukuran 24 inci 35 W
  • Ukuran 32 inci 45 W
Baca Juga:  Cara Setting TV Digital Polytron Otomatis atau Pakai Set Top Box, Anda Pilih yang Mana?

Untuk ukuran lain, Anda bisa mencari di sumber lainnya. Selain itu, Anda juga dapat melihat besaran daya ini pada box atau bagian belakang televisi.

Cara Menghemat Konsumsi Listrik Televisi Polytron

berapa watt kulkas polytron 1 pintu

Selain kulkas, televisi juga berpotensi menyebabkan tagihan listrik membengkak jika tidak digunakan dengan baik. Lalu, bagaimana cara menghematnya?

1. Mengatur cahaya

Setiap televisi pasti memiliki pengaturan tampilan cahaya yang dapat disesuaikan dengan kondisi penggunanya. Agar konsumsi daya tidak terlalu besar, Anda bisa mengatur cahaya tidak terlalu terang kecuali dalam keadaan tertentu seperti di ruangan terbuka.

2. Menyalakan mode tidur

Beberapa televisi sudah dilengkapi dengan fitur mode tidur. Dengan fitur tersebut, televisi akan mati dengan sendirinya apabila tidak ada aktivitas dalam rentang waktu tertentu. Cara ini sangat baik untuk menghindari TV terus menyala saat tiba-tiba tertidur.

3. Mengatur volume

Selain cahaya, volume juga turut berpengaruh pada konsumsi listrik. Jangan mengatur volume terlalu besar apabila menggunakannya di ruang tertutup. Selain itu, mengaktifkan mode bisu saat iklan berlangsung juga sangat baik untuk menghemat daya.

Jadi, bisa dikatakan bahwa mengetahui berapa watt kulkas Polytron 1 pintu cukup penting sebagai acuan. Selanjutnya, Anda juga perlu menggunakan peralatan tersebut dengan baik agar tagihan listrik tidak terlalu membengkak.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment