Cara Mencari Channel ANTV di TV Digital

Cara mencari channel antv di tv digital bisa dilakukan oleh siapa saja karena caranya juga sangat mudah untuk dilakukan. ANTV merupakan salah satu stasiun tv swasta nasional yang berada di Indonesia. Menawarkan siaran multi media mulai dari berita, hiburan, sinetron hingga beberapa drama India.

Channel ANTV tersebut bisa ditonton melalui siaran tv satelit atau tv digital menggunakan antenna yang biasa di pasang. Untuk tv digital sendiri, frekuensinya berbeda-beda pada setiap daerah dan wilayah. Hal tersebut akan ditentukan dari sinyal tv yang dipancarkan secara teresterial atau sama dengan analog.

Yang mana, stasiun pemancar tersebut memiliki keterbatasan dalam area jangkauan sinyalnya. Apalagi untuk beberapa daerah yang jauh dari pemancarnya, dimana sinyal tv digital lemah ketika ditangkap. Kemudian untuk suatu perangkat pesawat televisi, agar tv dapat menampilkan siaran yang lengkap.

Kominfo telah memberikan informasi mengenai kebijakan terkait dengan peralihan siaran analog ke digital, dimana para masyarakat pengguna TV analog dapat menggunakan set top box tanpa harus membeli tv yang baru, sehingga teknologi tersebut sudah didukung oleh DVB-T2.

Untuk mendapatkan channel antv di tv digital, tentu saja kamu harus mengetahui frekuensi dari channel antv yang ada pada siaran tv digital. Untuk mengetahui hal tersebut, kamu perlu memahami beberapa frekuensi dan kode channel tv digitalnya, dengan beralihnya siaran menjadi tv digital tersebut.

Frekuensi ANTV Terbaru 2022

Frekuensi dan Kode Channel ANTV pada TV Digital

Beralihnya sistem siaran tv akan memiliki banyak manfaat mulai dari kualitas gambar yang lebih tajam dan bersih, suara jernih, lebih banyak channel tv sehingga membuat pilihan dari tontonan jadi lebih beragam. Jadi, tidak ada salahnya beralih ke siaran tv digital.

Baca Juga:  Frekuensi Televisi Digital Palembang, Cek Disini

Dengan menggunakan jalur UHF, namun untuk frekuensi siaran tv digital yang berbeda. Kamu perlu mengetahui frekuendsi dan kode menurut wilayah Indonesia. Sehingga dapat dipastikan, mencarinya adalah hal yang mudah, jadi kamu bisa menonton siara ANTV tanpa gangguan.

DAERAH DVB- T2 (MHz) DVB-T2 (UHF)
Kota dempasar, singaraja, kintamani, buleleng, karangasem, gilimanuk 642 42
DKI Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, Tangerang 578 34
Mataram 610 38
Bantul, Yogyakarta, Wonosari, Sleman, Solo, Wates 586 35
Ambon 666 47
Semarang, Demak, Jepara, Kendal, Ungaran, Kudus 626 40
Bandung, Padalarang, Cimahi, Cianjur 682 47
Palangkaraya 642 42
Surabaya, Gresik, Mojokerto, Lamongan, Bangkalan, Pasuruan 490 23
Bandar Lampung, Konta Metro 594 36
Manado 586 35
Gorontalo 554 31
Palu 658 44
Maros, Makasar, Pangkajene, Sungguminasa 626 40
Banjarmasin, Marabahan, Martapura 650 43
Padang, Pariaman, Padang panjang, Bukit tinggi, solok 618 39
Batusangkar, Tanah Datar 618 39
Purwokerto, purbalingga, kebumen, cilacap, banyumas 602 37
Majalengka, indramayu 554 31
Garut, Ciamis, Tasikmalaya 554 31
Sukabumi 602 37
Malinau 674 46
Nunukan 610 38

 

Beberapa frekuensi dan kode dari setiap daerah ada yang memiliki persamaan da nada juga yang berbeda. Jadi, kamu bisa sesuaikan dengan daerah tempat tinggal. Pastikan kode sesuai dengan wilayah sekitar, agar channel ANTV bisa terlihat di dalam tv digital manapun.

Cara Mencari Channel ANTV di TV Digital yang Wajib Diketahui

Untuk mencari channel ANTV, kamu hanya perlu melakukan beberapa hal dengan mudah salah satunya adalah memanfaatkan opsi pencarian pada channel yang berada di pengaturan televesi. Jika, masih bingung, bisa langsung memperhatikan beberapa cara dibawah ini.

  • Nyalakan televisi terlebih dahulu.
  • Lanjut dengan menekan menu di remote TV
  • Kemudian pilih saluran, dan enter menggunakan tombol navigasi
  • Lalu pilih pemindaian saluran dan tekan tombol enter
  • Setelah itu, pilihlah jenis daluran serta pilih digital atau semua saluran TV.
  • Lanjut dengan tekan enter untuk memulai mencari channel
  • Tunggu hingga beberapa saat sampai proses pencarian selesai, dan channel siap untuk dipindai dan otomatis akan tersimpan.
Baca Juga:  Fungsi Thermostat Kulkas dan Cara Kerjanya Lengkap

Perlu menjadi perhatian, untuk Televisi yang menggunakan tv kabel akan berbeda dengan yang hanya menggunakan antenna. Setiap siaran akan berbeda nomernya, jadi kamu bisa menyesuaikan, setelah pencarian channel selesai. Beberapa tv kabel juga tidak memiliki siaran ANTV.

Jika dalam tv digital tidak ditemui siaran ANTV, kamu bisa mencari dan menonton siaran tersebut melalui aplikasi tambahan yang menyediakan siaran televisi. Umumnya, terdapat banyak pilihan siaran tv termasuk ANTV, jadi disarankan untuk menonton disitu saja.

Tips saat Channel ANTV Hilang

Selain cara mencari channel dan juga mengingat berbagai frekuensi serta kodenya, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan saat channel antv hilang di dalam tv digital kamu. Perlu menjadi perhatian, ketika baru beralih siara anlog, kemungkinan beberapa siaran tv akan hilang. Hal tersebut normal.

Kejadian seperti hal tersebut cukup bisa dimaklumi. Mengingat, peralihan membutuhkan proses dalam tahapan implementasi serta penataannya. Selain itu, siaran channel hilang juga bisa diakibatkan dengan perangkat yang digunakan seperti kualitas antenna, kabel coacial jelek dan STB yang kurang berkualitas. Cuaca yang buruk hingga arah serta ketinggian antenna yang kurang pas juga salah satu faktor.

Kamu tidak perlu khawatir, karena terdapat solusi yang bisa dilakukan dengan pengecekan sinyal tv digital. Lalu lakukan juga pengecekan pada berbagai komponen yang bisa mengakibatkan saran tv digital hilang. Kemudian kamu tinggal melakukan beberapa langkah-langkah untuk mencari channel tersebut.

Mengenal Perangkat STB untuk Mencari Channel ANTV

Untuk mencari channel antv, bisa menggunakan metode scan ulang yang otomatis bisa dilakukan. Metode manual dengan memasukan frekuensi 39 UHF. Hal tersebut bisa dilakukan untuk mengakses siaran ANTV melalui tv digital khususnya pada beberapa wilayah Semarang dan juga sekitarnya.

Baca Juga:  Merk Kapasitor Kipas Angin Terbaik, Fungsi dan Cara Merawatnya

Kamu hanya perlu memasang STB atau set top box yang memiliki sertifikat serta menghubungkan melalui antenna UHF, jika pesawat TV belum dilengkapi dengan tuner DVB-T2. Cara memasang STB juga sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh semua orang termasuk para pemula.

Pertama, siapkan STB serta antenna, dan pastikan TV dalam mede AV, pindahkan konektor antenna biasa dari TV menuju ke STB, pasang kabel RCA atau video audio sesuai dengan warna yang tertera di TV dan juga Set top box. Nyalakan STB dan atur LCN dalam keadaan hidup agar langsung memperoleh channel digital ANTV, kemudian masukkan kode area sesuai frekuensi dan klik pencarian.

Siaran tv antv siap untuk ditonton. Saat ini channel ANTV bisa dinikmati pada beberapa wilayah dan kota, jadi untuk kamu yang baru pemula tidak perlu khawatir kehilangan channel tersebut, karena tetap bisa dicari dengan mudah menggunakan perangkat STB.

Beberapa cara mencari channel ANTV di TV Digital diatas bisa langsung dipraktekkan dan menjadi acuan untuk kamu seorang pemula yang baru beralih pada tv analog ke tv digital. Hal tersebut dapat dilakukan dengan gratis jadi tidak perlu lagi berbayar sepeserpun.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment