Cara Cari Frekuensi TV Digital Secara Otomatis dan Manual

Peralihan TV digital sudah dilakukan secara bertahap di berbagai daerah Indonesia. Namun meskipun sudah hampir diterapkan di seluruh Indonesia, masih ada saja yang belum tahu cara mencari frekuensi TV digital.

Hal tersebut tentu terjadi bukan karena pengoperasiannya yang sulit, tetapi karena memang belum banyak masyarakat yang mencari tahu. Padahal, jika dilihat secara menyeluruh, frekuensi tersebut pencariannya sangat mudah.

Lalu, apakah Anda termasuk orang yang belum mengetahui tentang cara pencarian frekuensi tersebut? Jika memang seperti itu, maka Anda tidak perlu khawatir karena bisa menyimak pada penjelasan berikut ini.

Tentang TV Digital

channel tv digital

Perubahan TV analog ke TV digital memang diharapkan dapat memberikan tontonan televisi yang lebih berkualitas. Namun, pada kenyataannya memang belum semua orang siap dan mempersiapkan peralihan tersebut dengan baik.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya orang yang masih kesulitan dalam memahami cara mencari sinyal TV siaran. Padahal siaran TV ini mempunyai banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan TV analog yang biasa dinikmati oleh masyarakat.

Berdasarkan penjelasan resmi dari pihak Kementerian Kominfo, TV digital ini adalah siaran yang memakai modulasi sinyal dengan sistem kompresi. Artinya, siaran TV yang didapatkan nanti akan mempunyai kualitas gambar bersih dan suara yang jernih.

Siaran TV tersebut juga dapat dinikmati oleh masyarakat secara gratis selama full 24 jam. Selain itu, pilihan channel pada siaran ini juga sangat banyak sehingga penonton dapat memiliki banyak alternatif pilihan siaran.

Cara Mencari Frekuensi TV Digital Secara Otomatis

mencari frekuensi tv digital

Untuk cara mencari sinyal TV digital, cara yang perlu dilakukan tidaklah sesulit yang orang-orang bayangkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pencarian frekuensi secara otomatis.

Berikut adalah penjelasan tentang cara cari channel TV digital secara otomatis:

1. Pastikan TV Sudah Support Siaran

Syarat utama untuk dapat menonton siaran berkualitas ini adalah pastikan TV yang digunakan sudah support digital. Saat ini, terdapat TV yang memang sudah diberikan fitur DVB T2 sehingga bisa menangkap sinyal siaran tanpa harus menggunakan Set Top Box.

Baca Juga:  Apa Itu Photo Transistor? Fungsi dan Cara Kerjanya

Untuk TV yang belum support fitur tersebut, bisa menggunakan bantuan alat Set Top Box (STB) untuk bisa menangkap sinyal siarannya. Nah, apabila TV Anda belum support dan menggunakan STB, maka tentunya siaran tersebut tidak bisa didapatkan.

Guna melihat TV Anda sudah digital atau belum, cara paling mudah adalah dengan melihat spesifikasi. Spesifikasi tersebut dapat dilihat pada buku panduan ataupun kertas informasi produk dari TV Anda.

Selain itu, bisa juga Anda mencari tahu dengan mengecek kode tv digital lewat internet. Pada umumnya, TV yang sudah dilengkapi dengan fitur DVB T2 adalah TV keluaran baru seperti Smart TV ataupun LED TV.

2. Buka Pengaturan TV

Setelah mengetahui TV sudah support atau belum, selanjutnya Anda bisa memulai cara mencari frekuensi TV digital secara otomatis. Caranya adalah dengan masuk ke menu setting pada TV menggunakan remote.

Selanjutnya, pada menu Anda bisa memilih bagian Programs. Pada menu tersebut, pencarian frekuensi siaran bisa dilakukan baik dengan menggunakan cara manual maupun cara pencarian secara otomatis.

3. Mulai Pencarian Frekuensi Siaran TV Digital

Berikutnya, Anda dapat melakukan pencarian siaran lewat menu Programs. Pada bagian pencarian siaran ini, bisa dipilih menu pencarian otomatis agar proses pencarian bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus memasukkan kode tertentu.

Pencarian otomatis bisa dilakukan dengan memilih “Auto Tuning”. Apabila semua sudah siap, maka bisa memilih pilihan “Start” untuk mulai proses pencarian siaran TV secara otomatis.

Setelah itu, tinggal tunggu saja proses pencarian otomatis tersebut sampai selesai dilakukan. Biasanya, akan ditampilkan proses scanning tersebut pada layar TV sehingga Anda bisa melihat progress dari pencarian channel tersebut.

Baca Juga:  Kelebihan TV Digital dan Kekurangannya Lengkap

Pada saat Anda menyelesaikan cara mencari channel TV digital di atas, maka otomatis layar TV akan menampilkan channel urutan pertama. Selanjutnya, Anda sudah bisa menikmati siaran TV dengan kualitas gambar HD dan juga suara lebih jernih.

Cara Mencari Siaran TV Digital Secara Manual

mencari siaran digital

Selain menggunakan pencarian otomatis, terdapat juga cara untuk mencari secara manual. Cara ini bisa Anda jadikan pilihan alternatif dalam melakukan pencarian siaran, terutama untuk mendapatkan kualitas sinyal lebih spesifik lagi.

Untuk cara mencari saluran tv digital manual, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan langkah sebelumnya. Lebih jelasnya lagi, Anda bisa mengikuti penjelasan langkah-langkahnya pada penjelasan di bawah ini.

1. Buka Pengaturan TV

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan masuk ke menu pengaturan yang terdapat di TV Anda. Selanjutnya, segera masuk ke bagian Programs untuk memilih proses pencarian channel atau siaran TV.

Apabila di bagian sebelumnya Anda memilih pencarian otomatis, maka untuk langkah ini bisa dipilih pencarian manual atau “Manual Tuning”. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan untuk proses pencarian channel secara manual.

2. Masukan Kode Tower Pemancar

Langkah berikutnya, Anda bisa memasukkan berapa kode sinyal TV digital atau tower pemancar serta nomor parameter MUX. Untuk kode atau nomor tersebut tentunya berbeda-beda tergantung lokasi tempat Anda tinggal.

Apabila memang belum mengetahui kode tersebut, maka bisa menghubungi penyedia layanan. Setelah berhasil mendapatkan kodenya, langsung saja masukkan ke bagian menu pencarian manual pada TV digital.

Jika sudah, tinggal lanjutkan saja untuk mulai pencarian dengan memilih menu “Start”. Tunggulah proses pencarian frekuensi tersebut sampai benar-benar selesai dilakukan oleh sistem dari TV digital Anda.

Baca Juga:  Cara Mendapatkan Siaran TV Digital Dengan Antena Biasa

Keunggulan Siaran Digital

Perubahan siaran dari TV Analog ke TV digital pastinya mempunyai berbagai macam alasan kuat dan pertimbangan matang. Hal tersebut tentu dilakukan karena memang siaran digital ini mempunyai banyak kelebihan dibandingkan TV analog.

Nah, untuk Anda yang belum tahu tentang kelebihan apa saja dari TV digital, langsung saja lihat pada penjelasan berikut.

1. Jumlah Channel Tv Digital Beragam

Keunggulan pertama dari TV digital adalah terdapat banyak sekali channel yang dapat dinikmati. Apabila pada analog TV hanya ada 10 sampai 15 channel, maka pada siaran TV ini bisa lebih dari 30 channel yang bisa dinikmati.

Namun, untuk jumlah channel tersebut tentu juga dipengaruhi oleh lokasi dan kekuatan dalam menangkap sinyal antena. Sementara untuk cara mencari sinyal TV digital, Anda bisa menggunakan cara yang sudah dijelaskan sebelumnya.

2. Gambar dan Suara Jernih

Berikutnya, siaran pada TV ini juga tentu lebih berkualitas dibandingkan analog TV. Pasalnya, dengan sistem kompresi, gambar dan suara yang dihasilkan pada siaran digital akan lebih jernih.

Alhasil, Anda sebagai penonton TV dapat menikmati menonton TV dengan kualitas yang lebih baik. Bahkan, pada beberapa channel sudah menerapkan kualitas siaran HD sehingga gambar ditampilkan bisa tajam dan jelas.

3. Mendorong Industri Kreatif

Keunggulan yang terakhir adalah adanya perpindahan ke saluran ini juga bisa membuat industri kreatif lebih berkembang. Hal itu karena kondisi tersebut dapat membuat industri kreatif terutama dalam dunia penyiaran semakin bermunculan.

Itulah tadi cara mencari frekuensi TV Digital yang bisa Anda pahami dan terapkan. Secara keseluruhan, penggunaan dan pencarian frekuensi ini tidaklah terlalu sulit dilakukan. Terlebih lagi, pengaturannya juga sederhana sehingga semua orang pasti bisa melakukannya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment