Cara Mengurutkan Channel TV Digital, Cepat Tanpa Ribet

Bagi kamu yang bingung bagaimana cara mengurutkan channel TV digital jangan khawatir. Saluran TV digital merupakan saluran televisi yang menyiarkan siaran dengan format digital dan bukan analog. Format digital memungkinkan siaran TV yang tentunya lebih berkualitas dengan resolusi gambar yang jernih dan suara yang lebih baik.

Dengan menggunakan saluran TV digital juga memungkinkan penyiaran memiliki tambahan fitur seperti data interaktif serta layanan multimedia lainnya. Saluran TV digital bisa diterima melalui kabel, satelit parabola, atau bisa juga dengan perangkat ketiga seperti set-top box maupun TV digital built-in.

Indonesia sendiri menjadi salah satu negara yang mulai bermigrasi dari saluran TV analog menuju saluran digital untuk menghemat spektrum frekuensi dan meningkatkan kualitas siaran. Maka dari itu, bagi kamu yang masih bingung untuk beradaptasi dengan saluran digital dan bagaimana cara mengatur urutan channel TV, simak penjelasan berikut ini.

TV Digital: Pengertian, Standar, dan Jenis-Jenisnya

Apa itu Saluran TV Digital?

Saluran TV digital merupakan saluran televisi yang menggunakan teknologi digital untuk menyalurkan siaran televisi. Program siaran TV digital mempunyai kualitas gambar dan suara yang lebih baik dan lebih jernih jika dibandingkan dengan saluran televisi analog.

Dalam siaran televisi digital, informasi gambar dan suara akan dikompresikan menjadi format digital dan diterima lewat satelit parabola maupun antena. Kemudian akan diteruskan ke perangkat penerima dan dikirimkan menjadi tampilan gambar yang lebih berkualitas.

Siaran TV digital juga memberikan penggunanya banyak manfaat, seperti menjadi lebih efisien dalam penggunaan spektrum, pilihan saluran yang tersedia lebih banyak, serta adanya fitur-fitur tambahan seperti elektronik program guide atau EPG dan pilihan saluran on-demand.

Berikut beberapa keunggulan dari saluran TV digital, diantaranya:

  1. Karena informasi gambar dan suara dikompresi ke format digital, saluran TV digital tentunya memiliki kualitas gambar lebih tajam dan suara yang jernih dari televisi analog.
  2. Penggunaan spektrum frekuensi TV digital lebih efisien sehingga TV digital mampu menangkap dan menampung lebih banyak siaran televisi.
  3. Tersedia saluran stasiun televisi yang lebih banyak karena TV digital membutuhkan spektrum frekuensi lebih sedikit jika dibandingkan dengan TV analog.
  4. Adanya interaksi fitur dan program tambahan yang membuat pengalaman menonton televisi menjadi lebih baik.
  5. Penerimaan sinyal yang jauh lebih baik. Saluran TV digital mempunyai tingkat penerimaan sinyal yang jauh lebih stabil dan lebih baik dari saluran TV analog. Jadi, dengan demikian masalah interferensi dan penerimaan sinyal buruk bisa diminimalisir.
  6. Perlindungan terhadap gangguan elektromagnetik. TV digital memiliki perlindungan yang lebih baik dari gangguan elektromagnetik, sehingga sinyal yang diterima dipastikan tidak memiliki gangguan apapun.
Baca Juga:  Kelebihan TV Digital dan Kekurangannya Lengkap

Cara Mengatur TV Digital Mudah dan Cepat

Apakah kamu masih bingung dengan cara mengatur saluran TV digital? Tenang, kini sara mengatur saluran TV digital bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

Pastikan TV Mendukung Saluran Digital

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa TV kamu mendukung saluran TV digital atau tidak. Hal ini karena jika TV kamu tidak mendukung siaran digital, maka TV tidak akan bisa menangkap sinyal siaran TV digital.

Namun, jika TV kamu memang tidak mendukung saluran TV digital kamu bisa menggunakan perangkat ketiga seperti set-top box. Kamu juga bisa menggunakan set-top box DVB T2 untuk memastikan dukungan saluran siaran digital melalui spesifikasi perangkat.

Cari dan Atur Jangkauan Sinyal Siaran TV Digital

Setelah TV dipastikan sudah bisa menerima sinyal digital selanjutnya adalah kamu bisa mengecek jangkauan sinyal TV digital melalui aplikasi. Hidupkan lokasi pada handphone kemudian instal aplikasi SinyalTVDigital, setelah itu masuk dan klik ikon sinyal.

Kamu bisa memilih salah satu stasiun TV kemudian klik see mux detail. Nantinya akan muncul informasi seperti kekuatan sinyal, jenis layanan yang tersedia, operator mux, frekuensi atau channel, dan informasi lainnya. Kamu juga bisa melihat daftar lengkap siaran TV digital di ikon galeri di bawah layar.

Temukan Saluran Pada TV Digital

Jika langkah-langkah sebelumnya sudah selesai, kamu bisa mulai mencari saluran untuk diatur pada TV digital dengan cara pergi ke pengaturan pada televisi. Buka menu pengaturan dan pilih program atau programs.

Kemudian untuk bisa mencari siaran dan saluran TV digital pilih auto tuning dan pilih opsi antena atau bisa juga DB2. Setelah itu tekan tombol start untuk mulai melakukan pencarian saluran digital.

Baca Juga:  Daftar Harga TV Digital Samsung Lengkap

Cek Apakah TV Bisa Menangkap Saluran Digital

Ketika proses pencarian sudah selesai, kamu bisa melakukan pengecekan apakah channel yang muncul memiliki simbol DTV yang artinya channel sudah terformat siaran digital.

Kamu harus memastikan bahwa saluran televisi digital yang masuk dan muncul pada TV bisa diakses. Untuk pengaturan channel atau pengaturan nomor saluran bisa kamu sesuaikan sesuai dengan keinginan.

Langkah-Langkah Mengurutkan Channel TV Digital

Untuk bisa mengurutkan saluran TV digital tentunya bisa berbeda-beda, tergantung dengan jenis perangkat TV yang kamu gunakan. Beberapa langkah berikut ini bisa kamu ikuti dengan mudah untuk mengurutkan channel televisi.

Pada TV Dengan Remote

Kamu cukup menekan tombol menu pada remote dan pilih channel list atau channel management. Setelah itu, pilih auto tune atau channel search untuk memulai proses pencarian saluran TV digital.

Setelah menunggu beberapa saat hingga proses pencarian selesai, kamu bisa mulai mengurutkan saluran sesuai dengan keinginan menggunakan tombol up dan down yang ada pada remote.

Pada TV yang Tidak Memiliki Remote

Hampir sama dengan TV yang memiliki remote, jika TV yang kamu miliki tidak memiliki remote atau remote sudah rusak, kamu bisa membuka menu melalui tombol yang ada pada TV, kemudian pilih channel list atau channel management.

Setelah itu pilih auto tune atau bisa juga channel search dan pastikan kamu mengikuti instruksi yang tertera pada layar TV. Setelah proses pencarian selesai, kamu bisa mengurutkan saluran sesuai keinginan menggunakan tombol yang ada pada TV.

Pada Receiver Set-Top Box

Kamu bisa membuka menu pada receiver set-top box kemudian pilihlah channel list atau channel management. Jika sudah kamu bisa memilih auto tune atau channel search untuk memulai proses pencarian saluran.

Baca Juga:  11 Komponen Kipas Angin dan Fungsinya Secara Detail

Tunggulah beberapa saat sampai saluran yang tersedia muncul. Kemudian jika sudah selesai, kamu bisa mulai mengurutkan saluran TV dengan menggunakan tombol yang ada pada remote receiver TV.

Demikian informasi mengenai cara mengurutkan channel TV digital. Perlu diketahui bahwa prosedur atau cara untuk mengurutkan saluran TV digital mungkin saja berbeda antara perangkat yang satu dengan yang lainnya. Jika kamu mengalami kesulitan dalam mengurutkan saluran, kamu bisa mencoba mencari petunjuk pada buku panduan TV atau menghubungi vendor perangkat untuk mendapatkan bantuan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment