Cara Mencari Siaran K Vision yang Hilang dengan Mudah

Bagi Anda yang menggunakan siaran K Vision, sudah seharusnya untuk mencari tahu cara mencari siaran K Vision yang hilang. Masalah seperti itu adalah yang paling sering dialami oleh pengguna.

Seperti diketahui, siaran K Vision ini terkenal dengan tayangan dan channel-nya yang menarik. Jika sinyal siaran K Vision hilang, maka semua siaran itu tidak akan bisa Anda nikmati lagi.

Terdapat cukup banyak cara yang dapat dilakukan untuk masalah siaran K Vision hilang. Untuk mengetahuinya, Anda dapat simak saja pada ulasan yang ada di bawa ini.

Cara Mencari Sinyal K Vision yang Hilang

Cara Mencari Siaran K Vision yang Hilang dengan Mudah

Pada saat siaran K Vision di TV parabola hilang, pastinya itu bukanlah hal yang menyenangkan. Berbagai acara dan siaran tv menarik jadi tidak bisa lagi untuk Anda nikmati bersama dengan keluarga tercinta.

Untuk mengatasi apabila masalah itu terjadi, Anda bisa mencoba banyak cara. Berikut ini adalah berbagai macam cara mencari sinyal parabola yg hilang pada siaran K Vision.

1. Periksa Konektor Kabel Dan Receiver

Pertama-tama untuk cara mengatasi k vision tidak ada gambar atau siaran adalah dengan memeriksa konektor kabel dan receiver. Hal ini dilakukan karena masalah kabel konektor ini kerap kali tidak dipasang dengan sempurna baik pada antena maupun receiver tv.

Apabila memang terdapat masalah pada kabel konektor ini, biasanya dapat dilihat dengan hilangnya indikator sinyal di alat. Sinyal hilang tersebut bisa ada pada intensitas sinyal ataupun pada indikator kualitas sinyal yang didapatkan.

Jika memang k vision tidak ada sinyal karena kabel konektornya, maka Anda bisa memeriksa kondisi dari kabel tersebut di bagian belakang receiver. Periksalah kembali apakah kabel tersebut sudah terpasang dengan baik dan benar ke receiver.

Cek juga pada bagian fisik kabel apakah terdapat kerusakan atau tidak. Setelah ditemukan masalah pada konektor, Anda selanjutnya dapat melakukan tindakan seperti mengencangkan posisi kabel atau menggantinya jika sudah rusak.

Baca Juga:  Daftar Freq K Vision C Band Terbaru Lengkap dengan Cara Penggunaannya

2. Cek Posisi Antena

Salah satu penyebab mengapa siaran K Vision tidak ada gambar atau hilang adalah karena antena parabola terhalang bangunan atau pohon. Terhalangnya sinyal karena hal tersebut tentu menyebabkan antena tidak dapat secara sempurna menangkap sinyal dari satelit K Vision.

Akibatnya, siaran dari K Vision yang didapatkan oleh antena jadi tidak maksimal. Bahkan, siaran yang tadinya sudah bisa dinikmati tiba-tiba malah hilang dari frekuensi satelit K Vision.

Untuk mengatasi masalah sinyal parabola hilang karena lokasi antena yang terhalang, Anda bisa mencoba mengubah lokasinya saja. Pilihlah tempat yang lapang sehingga tidak ada yang menghalangi sinyal yang menuju ke antena parabola.

3. Perbaiki Arah Antena Parabola

Saat siaran pada K Vision hilang, Anda dapat coba cek pada indikator sinyal di receiver. Tekanlah tombol info di remote dan perhatikanlah tampilan indikator sinyal yang muncul pada layar tv Anda.

Apabila didapatkan intensitas sinyal yang ditangkap kekuatannya 85%, sedangkan indikator kualitas sinyal menunjukkan angka 0%, maka itu bisa jadi arah parabola Anda bergeser. Untuk hal ini, Anda dapat coba untuk mengarahkan kembali antena ke arah yang tepat.

Seperti diketahui, arah parabola yang tidak tepat akan memengaruhi kualitas yang didapatkan. Untuk Anda yang belum tahu cara mencari sinyal parabola K Vision dengan memperbaiki posisi antena, bisa lihat saja pada langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, batu untuk menyetel arah antena dikendurkan
  • Setelah itu, arahkanlah disk antena parabola ke kanan, kiri, atas, atau bawah sambil perhatikan besar kualitas sinyal di indikator
  • Apabila berhasil menemukan arah yang tepat, maka bagian indikator kekuatan sinyal akan mulai muncul.
  • Carilah arah parabola yang dapat memberikan kualitas sinyal lebih dari 85% supaya siaran K Vision yang didapatkan kuat dan tidak hilang.
  • Jika sudah, segera kuatkan kembali baut pada antena disk parabola
  • Selesai
Baca Juga:  9 Cara Mengatasi Printer Bergaris, Ampuh!

5. Periksa Paket K Vision

Hal lain yang bisa menyebabkan siaran K Vision jadi hilang adalah karena layanan paket yang dibeli sudah berakhir. Oleh karena itu, sebelum Anda periksa berbagai penyebab lainnya, pastikan dulu jika memang paket Anda masih aktif.

Apabila ditemukan memang sudah tidak aktif, maka Anda dapat kembali mencoba untuk berlangganan ulang. Selain itu, jika siaran K Vision yang hilang hanya sebagian dan layanan paket masih aktif, maka kemungkinan siaran tersebut memang dihentikan.

Mengecek paket layanan dari K Vision ini tentu merupakan hal yang sering dianggap sepele. Meskipun begitu, pada saat terdapat masalah pada siaran K Vision, Anda bisa melakukan pengecekan paket layanan ini dulu sebelum mengecek penyebab lainnya.

6. Scanning Ulang Frekuensi

Saat siaran K Vision ada yang hilang, Anda dapat mencoba cara mengembalikan siaran tv yang hilang di parabola dengan scanning ulang frekuensi. Berdasarkan pengalaman pengguna, dengan scanning ulang frekuensi yang hilang bisa dikembalikan.

Artinya, Anda dapat kembali memindai ulang semua siaran yang terdapat pada K Vision. Bagi yang belum tahu cara refresh k vision atau scanning ulang frekuensinya, langsung saja perhatikan langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Ambil remote K Vision
  • Pilih tombol “Menu”
  • Pilih menu “Instalasi”
  • Setelah itu, pilih ke satelit K Vision, bisa Telkom 4 atau MEASAT 3A
  • Pilih tombol scan yang warna biru
  • Lanjut, pilih “Blind Scan” dan pilih OK untuk memulai scanning
  • Simpan hasil scanning
  • Selesai

Penjelasan tentang scanning frekuensi di atas diharapkan bisa digunakan sebagai cara mengembalikan siaran tv yang hilang yang tepat. Dengan begitu, siaran yang diinginkan dapat kembali lagi ditonton pada layanan K Vision.

7. Update Frekuensi Transponder

Pada saat ada siaran di K Vision yang hilang, mungkin hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan lihat pada frekuensi transponder di receiver. Pastikanlah bahwa frekuensi yang dipakai sekarang adalah yang terbaru dari K Vision.

Baca Juga:  Nonton Youtube Tanpa Iklan dengan Mudah dan Cepat

Berikut adalah cara mencari sinyal tv yang hilang pada K Vision dengan mengecek update frekuensi K Vision terbaru:

  • Pertama, pilih menu button di remote receiver
  • Kemudian, pilih instalasi
  • Pilih satelit K Vision atau MEASAT 3A dan pilih OK
  • Tekan SAT pada remote untuk masuk ke transponder list
  • Lihatlah daftar tersebut dan pastikan frekuensi sudah menggunakan update terbaru, yakni 12396 H 31000 dan 12436 H 31000
  • Selesai

Selanjutnya, untuk melakukan update frekuensi K Vision C Band bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Pilih menu di remote receiver
  • Pilihlah menu instalasi
  • Setelah itu, pilih satelit Telkom 4 ataupun K Vision Band
  • Tekanlah SAT button di remote untuk masuk ke list transponder
  • Pastikan frekuensi di C Band sudah update yakni pada frekuensi 3860 V 31000 dan 4060 V 31000
  • Selesai

Untuk tahu frekuensi transponder ini sudah benar atau belum, Anda bisa lihat indikator dari intensitas sinyalnya sudah berada di angka 85%. Jika belum, maka pengaturan tersebut masih belum tepat.

Memperhatikan berbagai cara di atas tentu sangat penting bagi Anda yang menggunakan layanan parabola K Vision. Apabila setelah menggunakan semua cara di atas masih ada masalah siaran, maka bisa hubungi saja customer service dari K Vision.

Itulah pembahasan lengkap tentang cara mencari siaran K Vision yang hilang. Dengan memperhatikan cara di atas, kini Anda sudah tidak perlu panik dan bingung lagi saat siaran di K Vision tiba-tiba ada yang hilang.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment