Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total dan Penyebabnya

Pada saat Anda mengalami kulkas mati, tentu harus mencari cara memperbaiki kulkas mati total tersebut dengan segera. Semakin cepat penanganannya maka semakin besar juga peluang kulkas untuk diperbaiki.

Kerusakan yang terjadi pada kulkas sampai mati total sebenarnya bisa disebabkan oleh berbagai hal. Kulkas mati total tersebut bisa dikarenakan hal sepele sampai dengan hal yang cukup serius.

Hal apa sajakah yang dapat membuat kulkas menjadi mati total? Untuk mengetahui penyebab dan cara untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat perhatikan pada pembahasan berikut.

Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total

Cara Memperbaiki Kulkas Mati Total dan Penyebabnya

Dalam upaya menyalakan kembali kulkas yang mati, tentu sesuai dengan penyebabnya. Dengan begitu, langkah untuk penyelesaian masalah kulkas mati ini bisa dilakukan dengan terarah dan juga sesuai keadaan kulkas.

Untuk memberikan Anda gambaran, pada bagian ini akan dijelaskan penyebab kulkas mati total dan juga cara untuk mengatasinya. Lebih jelasnya, Anda dapat simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Ganti Colokan Steker Listrik

Pada saat kondisi kulkas mati total, bisa saja itu disebabkan oleh hal yang sepele seperti rusaknya steker listrik yang digunakan. Hal ini tentu sangat masuk akal karena steker tersebut adalah sumber listrik utama agar kulkas bisa digunakan.

Untuk melihat kondisi kerusakan steker, bisa dilihat pada lampu di dalam kulkas. Perlu diketahui, sebenarnya lampu di dalam kulkas ini selain sebagai penerang juga menjadi penanda kondisi aliran arus listrik.

Oleh karena itu jugalah, pada saat kulkas dicolokkan ke steker, maka lampu dapat menyala ketika pintu kulkas di buka. Nah, jika terjadi masalah pada colokan atau steker tersebut, maka lampu tidak akan menyala karena tidak ada arus listrik.

Apabila hal tersebut terjadi, bisa disimpulkan bahwa terdapat masalah pada bagian steker colokan yang digunakan. Kerusakan yang ringan masih bisa untuk diperbaiki sendiri, namun saat kerusakan sudah terlalu parah, Anda bisa menggantinya.

Baca Juga:  Frekuensi ANTV 2024 Terbaru dan Cara Mencarinya

Belilah colokan atau kabel yang baru di toko elektronik terdekat untuk mengganti barang yang rusak. Untuk harga dan kualitasnya, semua itu kembali lagi tergantung dengan budget dan kebutuhan perbaikan.

2. Periksa Tabung Kompresor

Tabung kompresor juga menjadi salah satu hal yang kerap kali menyebabkan kulkas tiba-tiba mati total. Hal itu dapat terjadi pada saat terdapat komponen di kompresor mengalami kerusakan.

Keberadaan kompresor ini tentu merupakan bagian penting pada lemari kulkas. Pasalnya, kompresor tersebut sudah dianggap sebagai jantung pacu operasional untuk kulkas dapat beroperasi dengan normal.

Posisi dari kompresor ini umumnya terletak pada bagian belakang kulkas dan mempunyai bentuk seperti tabung gas. Untuk memeriksa bagian kompresor, harus dilakukan secara hati-hati dan menggunakan sarung tangan karet.

Pemeriksaan bisa dilakukan dengan menyentuh tabung kompresor tersebut. Jika tidak dirasakan getaran pada tabung, maka itu menandakan bahwa tabung kompresor mengalami masalah atau bahkan mati.

Untuk cara memperbaiki kompresor kulkas mati yang bisa dilakukan adalah menyerahkannya pada tukang servis kulkas profesional. Hal itu karena memang perbaikan kompresor ini terbilang sangat rumit dan memerlukan bantuan alat-alat khusus.

3. Pasang Kapasitor Tambahan

Cara berikutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulkas mati adalah dengan menambahkan kapasitor. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar putaran motor terbalik bisa dipicu.

Setelah menambahkan kapasitor, alirkan listrik selama 1 sampai dengan 2 detik saja. Apabila motor telah berhasil untuk berputar lagi, maka bisa dikembalikan lagi rangkaiannya seperti sedia kala.

Jika sudah, maka kompresor dapat coba dinyalakan lagi. Apabila masih belum berhasil, maka mau tidak mau pergantian kompresor kulkas harus dilakukan agar kulkas dapat dinyalakan kembali seperti semula.

Baca Juga:  Berapa Watt Kulkas yang Cocok Untuk Kebutuhan Anda?

4. Pakai Tegangan Listrik Lebih Besar

Untuk dapat menjalankan tabung kompresor yang ada di kulkas, spesifikasi dari tegangan yang digunakan tentu berbeda-beda. Misalkan saja, sebuah kompresor pada kulkas yang mati total memerlukan tegangan listrik norma sebesar 220 Volt.

Untuk mencoba menghidupkannya kembali, Anda bisa coba alirkan tegangan listrik sebesar 450 Volt selama beberapa saat. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memancing kompresor supaya bisa kembali bergerak.

Saat masalah penyebab kulkas mati ada pada tegangan listriknya, maka cara tersebut harusnya sudah bisa membuat kompresor menyala. Namun, jika setelah perlakuan tersebut tidak ada pergerakan, maka dapat dikatakan bahwa kompresor tersebut sudah rusak.

Solusi satu-satunya saat kompresor rusak tentu adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Namun, untuk dapat membeli tabung kompresor baru pada kulkas, pastinya biaya yang harus dikeluarkan cukup besar.

5. Cek Kinerja Overload

Pada saat bukan bagian kompresor yang menyebabkan mesin kulkas mati, maka Anda dapat cek komponen lainnya bernama overload protector. Fungsi dari komponen tersebut adalah untuk mengontrol arus listrik yang masuk ke tabung kompresor.

Ketika suhu dari tabung kompresor mengalami overheat, maka overload dapat melakukan pemutusan arus listrik. Tujuan dari pemutusan tersebut adalah agar memberikan kompresor waktu untuk beristirahat sejenak.

Setelah kompresor sudah menurun suhunya, overload protector akan kembali mengalirkan arus ke kompresor. Untuk mengecek kinerja dari overload protector, Anda bisa coba dengarkan bunyi “Tik” pada interval beberapa detik.

Apabila tidak terdengar maka bisa jadi overload protector mengalami kerusakan yang membuat kulkas mati total. Untuk mengganti komponen tersebut, harganya cukup terjangkau, yakni tidak sampai 100 ribu rupiah.

6. Periksa Komponen Relay

Berikutnya, Anda juga dapat mencoba cara memperbaiki kulkas mati total dengan memeriksa bagian relay. Bagian komponen riley ini berada pada bagian dekat kompresor di bawah kulkas.

Baca Juga:  Cara Memilih Jasa Pasang Antena TV Digital

Pada saat kompresor sedang menjalankan fungsinya, relay ini akan bekerja sebagai pemutus aliran listrik saat tegangan melebihi kapasitas kompresor. Untuk memeriksa bagian riley ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pada saat hendak memeriksa riley, pastikan Anda sudah melepaskan colokan kulkas. Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan sarung tangan yang mempunyai bahan dasarnya karet.

Pengecekan riley bisa dilakukan menggunakan bantuan obeng sebagai alat cungkil relay. Berikutnya, Anda bisa coba goyang bagian relay di dekat telinga dan dengarkan apakah ada suara.

Apabila memang terdengar suara, Anda bisa melakukan penggantian riley. Untuk menemukan komponen tersebut tidak terlalu sulit karena bisa didapatkan dengan mudah di toko elektronik terdekat dari lokasi Anda.

Setelah itu, tinggal pasang saja riley baru ke kulkas yang mati total sebelumnya. Jika setelah dinyalakan terdengar bunyi desis, maka dapat diartikan kulkas sudah bisa digunakan kembali dengan normal.

Kurang lebih seperti itu berbagai cara perbaikan kulkas mati total yang dapat Anda gunakan. Apabila memang belum berhasil, maka tidak ada salahnya untuk Anda langsung memanggil tukang servis barang elektronik yang sudah profesional.

Itulah tadi penjelasan tentang berbagai cara memperbaiki kulkas mati total sendiri di rumah. Semoga dengan informasi tersebut Anda dapat membuat kulkas mati kembali bisa digunakan seperti sedia kala.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment