Cara Menggunakan Dongle Wifi dengan Mudah

Cara menggunakan dongle wifi sangat mudah apabila untuk para pemula. Mungkin banyak orang yang masih asing dengan alat yang satu ini, sehingga harus dipahami terlebih dahulu sebelum masuk ke cara menggunakannya. Hal tersebut bertujuan agar tidak salah pengertian dan salah penggunaan.

Dongle sendiri merupakan suatu barang atau perangkat keras dengan bentuk USB. Fungsi utamanya adalah untuk digunakan agar bisa membuat enkripsi. Dongle terbagi menjadi berbagai jenis yang berbeda, salah satu jenisnya adalah dongle wifi yang akan kita bahas lebih jauh.

Wifi dongle merupakan stick USB wifi portable dengan ukuran kecil yang bisa disambungkan ke laptop, tablet, maupun handphone. Hal tersebut bertujuan untuk bisa menyediakan berbagai layanan internet yang bisa di akses saat perjalanan jauh. Wifi tersebut juga sangat user friendly terhadap PC.

Wifi dongle juga sering disebut sebagai salah satu jenis wireless adapter yang sangat mudah penggunaanya. Namun, perlu menjadi perhatian, hal tersebut hanya berlaku pada beberapa perangkat yang terdapat colokan port USB saja, karena sambungannya hanya bisa dilakukan melalui USB.

Istilah yang digunakan pada dongle juga sangat umum digunakan bagi perangkat yang lainnya. Tujuan dari perangkat ini hampir sama, namun berbeda jenis berbeda juga fungsinya. Penyambungannya rata-rata menggunakan port USB, sehingga bisa disesuaikan dengan jenis laptop dan komputer.

Kelebihan dan Kekurangan Dongle

Setiap alat elektronik maupun perangkat keras pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Sebelum membahas cara menggunakan dongle wifi, ada baiknya kamu memahami kelebihan serta kekurangan yang akan diberikan oleh perangkat dongle untuk komputer maupun laptop kamu.

Pertama, kelebihan yang akan kamu dapatkan adalah bentuknya yang sederhana dan cara penggunaanya. Cukup mencolokkan USB ke berbagai perangkat seperti handphone, laptop dan juga komputer, kamu bisa langsung menggunakan jaringannya dengan lancar.

Baca Juga:  Apa Itu Dongle, Fungsi, dan Jenisnya. Simak Disini 

Dongle juga dapat memberikan kamu fleksibilitas yang cukup besar di dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut karena kemudahan perangkatnya yang dapat digunakan pada saat online dan dimana saja dengan bantuan sinyal handphone. Alat ini juga tidak memerlukan pengisian daya.

Untuk kekurangannya sendiri terletak pada kestabilan koneksi pada jaringan internetnya yang sering bergantung pada penerimaan operator seluler yang kamu gunakan di beberapa area tersebut. Jika koneksi tidak terlalu bagus, maka hal tersebut juga akan berpengaruh pada koneksi internetnya.

Perlu menjadi catatan, bahwa dongle wifi bukanlah sebuah pengganti koneksi pada broadband rumah yang dapat digunakan dengan baik. Kecepatan yang diberikan akan mencapai batas minimum dengan cepat dibandingkan jika kamu menggunakan kecepatan super cepat di dalam koneksi rumah.

Beberapa kelebihan serta kekurangan yang diberikan oleh dongle wifi bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk kamu para pemula yang baru akan menggunakannya. Perlu menjadi perhatian, bahwa harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal, sehingga masih bisa terjangkau di kantong.

Fungsi dari Dongle Wifi

Terdapat beberapa fungsi dari dongle wifi yang juga wajib kamu ketahui, agar tidak keliru mengenai tujuan penggunaanya. Mengingat bahwa dongle wifi bukanlah sebuah pengganti koneksi yang baik jika digunakan di dalam rumah. Jadi hal tersebut harus menjadi perhatian bersama.

Fungsi dongle wifi adalah agar memberi layanan internet yang nyaman pada saat berpergian. Mengingat, beberapa jalan mengalami koneksi yang buruk pada internetnya, sehingga dongle wifi akan membantu kamu menjangkau jaringan tersebut agar tetap bisa menggunakan layanan internet.

Selain itu, dongle wifi juga berfungsi sebagai model dalam internet portable, sehingga ketika dongle dicolokkan maka perangkat akan terhubung ke modem tersebut. Perlu diingat bahwa broadband USB pada dongle menggunakan teknologi yang sama seperti ponsel yang dihubungkan pada internet.

Baca Juga:  Kabel VGA: Jenis, Fungsi, dan Bedanya dengan HDMI

Pada umumnya, mobile broadband akan lebih cepat terhubung pada perangkat PC maupun laptop. Dongle wifi akan memungkinkan kamu dalam menambahkan koneksi nirkabel ke dalam komputer. Hal tersebut dapat sangat mempermudah kamu untuk terhubung pada jaringan pribadi dan internet.

Dongle sendiri tidak menggantikan koneksi RJ-45 atau jauh lebih cepat, namun menambahkan konektivitas nirkabel yang tidak dimiliki oleh banyak orang sebelumnya, jadi, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu agar bisa merasakan fungsi yang sesungguhnya.

Cara Menggunakan Dongle Wifi dengan Mudah

Wifi dongle pada umumnya merupakan perangkat berbentuk USB portable yang sangat user friendly. Hal tersebut sering juga disebut sebagai stick atau modem. Jaringan USB atau stick broadband seluler USB tersebut sangat mudah untuk digunakan pada semua PC dan laptop dimanapun.

Menggunakannya cukup dicolokkan ke port USB yang terdapat di laptop maupun komputer, kemudian, kamu bisa menyambungkan jaringannya sesuai kebutuhan seperti 3G, 4G dan juga 5G yang sama saat digunakan pada handphone kamu. Hal ini bisa dilakukan tanpa bantuan perangkat tambahan.

Alat ini sangat berguna untuk kamu yang ingin berpergian jauh dan tetap membutuhkan jaringan internet saat berada di perjalanan. Jadi, bisa disesuaikan dengan perangkat yang digunakan. Kamu juga dapat menggunakan handphone, tapi memerlukan sambungan tambahan.

Alat ini berbentuk sambungan USB dan colokkan USB, jadi sebenarnya tidak bisa digunakan pada ponsel karena rata-rata dari ponsel tidak memiliki colokkan usb seperti yang dimiliki laptop maupun komputer. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena dengan bantuan sambungan tambahan tetap bisa digunakan pada handphone jenis apapun.

Mengenal Jenis-jenis Dongle untuk Pemula

Selain membahas cara penggunaan dongle wifi, kita juga akan membahas mengenai beberapa jenis dongle yang wajib diketahui. Tujuannya bukan hanya untuk menambah pengetahuan, tapi juga untuk tahu cara penggunaan dan fungsi masing-masing dari dongle tersebut.

Baca Juga:  Jenis Kabel Listrik dan Fungsinya

Bluetooth Dongle

Pada umumnya, laptop yang dipasarkan saat ini memiliki konektivitas pada Bluetooth. Hal tersebut membuat kemudahan berbagi media seperti photo dan video. Namun, terdapat beberapa perangkat yang tidak bisa di kirim melalui bantuan Bluetooth biasa.

Maka dari itu, kamu harus mencoba untuk menggunakan Bluetooth dongle. Kamu bisa menghubungkan internet melalui Bluetooth dongle tersebut. sehingga mampu memberikan kecepatan untuk mentransfer data lebih baik dan cepat tanpa harus ribet.

Dongle Penyimpanan

Lanjut dengan dongle penyimpanan yang bisa menambah kapasitas penyimpanan di dalam perangkat yang terpasang. Kegunaannya juga sangat mudah, sama seperti hard drive eksternal. Jenis pelindung yang satu ini, memiliki perangkat lunak yang memungkinkan kamu untuk memasukkan kartu memori yang dapat memudahkan untuk mengakses media seperti photo dan video.

Dongle Navigasi

Berbeda dengan dua yang lainnya. Kamu bisa menggunakan dongle navigasi yang dimana akan memudahkan kamu terhubung dengan satelit di berbagai posisi yang ada di peta. Hal tersebut juga akan memudahkan kamu untuk melacak GPS yang mengubah komputer menjadi handphone.

Beberapa jenis-jenis dongle, dan penjelasan lengkap mengenai cara menggunakan dongle wifi serta fungsi dan kelebihannya, bisa dipelajari dan dipahami dengan baik. Perlu menjadi perhatian, gunakanlah sesuai dengan kebutuhan, sehingga tidak ada jaringan atau kuota yang terbuang percuma.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment