Cara Menghitung Kapasitor untuk Tweeter Lapangan

Karena peran yang sangat krusial, Anda tidak boleh menentukan nilai kapasitor untuk tweeter lapangan secara sembarangan. Hal tersebut dikarenakan kapasitansi akan turut berpengaruh kepada frekuensi yang dapat dihasilkan.

Tweeter atau beberapa orang kerap menyebutnya horn termasuk salah satu jenis speaker paling sering dipakai di berbagai perangkat sistem audio. Sistem audio ini bisa berupa skala kecil atau rumahan maupun lapangan.

Fungsi dari speaker tersebut adalah menghasilkan suara dengan frekuensi tinggi. Untuk lebih jelasnya mengenai hal ini, silakan Anda simak pembahasan berikut.

Sekilas Tentang Kapasitor untuk Tweeter Lapangan

Cara Menghitung Kapasitor untuk Tweeter Lapangan

Pada umumnya, tweeter dapat menghasilkan suara dengan frekuensi kisaran 12KHz sampai dengan 20KHz. Oleh karena itu, guna menyaring frekuensi tersebut dibutuhkan sebuah komponen tertentu, yakni kapasitor.

Dengan adanya kapasitor ini, maka Anda dapat mengatur frekuensi yang diinginkan untuk nantinya diloloskan ke bagian speaker. Bentuk tweeter cukup beragam sesuai dengan jenis speakernya seperti sub, middle, atau low.

Setiap jenis speaker memiliki kemampuan mengeluarkan frekuensi yang berbeda-beda pula. Dengan adanya speaker yang terpisah dengan produksi suara high, maka akan membuat suara yang dihasilkan menjadi lebih bagus.

Itulah sebabnya fungsi tweeter speaker adalah salah satu bagian yang penting pada sebuah sistem audio outdoor atau lapangan. Meskipun sound system lapangan memakai berbagai jenis speaker, namun pada dasarnya hanya speaker tweeter saja yang akan dipasangi kapasitor.

Beberapa Fungsi Kapasitor atau Elco untuk Tweeter

Satu hal yang tidak kalah pentingnya untuk Anda ketahui adalah mengenai fungsi dari kapasitor atau elco pada tweeter. Seperti yang telah dijelaskan di bagian sebelumnya, fungsi utama dari kapasitor pada tweeter adalah menyaring frekuensi rendah.

Pada beberapa jenis audio rumahan, sering kali sistem penyaringan untuk frekuensi tinggi hanya dilakukan kapasitor saja. Sebenarnya hal tersebut tidak akan maksimal karena tidak memiliki jalur grounding untuk sinyal frekuensi tinggi.

Baca Juga:  Cara Kerja Dinamo Motor Listrik, Jenis, dan Harganya Terbaru

Akan tetapi, apabila menggunakan crossover, maka frekuensi tinggi yang akan diloloskan ke speaker bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Aktivitas tersebut dilakukan dengan mengubah nilai kapasitansi dari kapasitor serta kumparan yang dipakai.

Tidak hanya itu saja, dengan membatasi frekuensi rendah saat masuk ke tweeter oleh kapasitor, maka hal tersebut juga bisa membantu melindungi speaker agar tidak cepat rusak. Pada dasarnya, tweeter memang dirancang guna menerima suara frekuensi tinggi dan dikhawatirkan akan mengalami kerusakan apabila frekuensi tersebut terlalu rendah.

Fungsi Elco Secara Umum

Elco atau singkatan dari elektrolit condensator mempunyai fungsi sebagai penyimpan arus listrik DC. Akan tetapi, pada kenyataannya komponen tersebut memiliki manfaat yang lebih beragam.

Sebagai contoh, elco kerap digunakan sebagai penyaring yang sempurna. Itulah kenapa komponen ini sangat sering digunakan di beberapa perangkat elektronik seperti amplifier, televisi, radio, dan lain-lain.

Kemudian, elco juga tidak jarang digunakan sebagai penghubung amplifier untuk tingkatan rendah menuju tingkatan lebih tinggi. Selain itu, pada lampu neon, elco berfungsi sebagai kapasitor guna menghemat penggunaan daya listrik.

Bagaimana Menghitung Nilai Kapasitor Tweeter dengan Tepat

Perlu diketahui bahwa sebenarnya tidak ada perhitungan atau ukuran pasti mengenai nilai kapasitor yang paling tepat untuk tweeter lapangan. Hal ini dikarenakan pada akhirnya semua akan kembali kepada selera atau kebutuhan dari pengguna agar suara tweeter ngecis.

Akan tetapi, pada dasarnya semakin tinggi besaran kapasitansi pada kapasitor, maka frekuensi yang dilewatkan juga akan menjadi lebih tinggi. Hal tersebut juga berlaku sebaliknya.

Dengan menggunakan prinsip tersebut, maka Anda bisa lebih mudah dalam memperkirakan besaran kapasitor yang tepat sesuai dengan frekuensi untuk ke speaker tweeter. Tentu saja hal tersebut juga harus didukung dengan kualitas tweeter yang baik agar suara menjadi lebih bagus.

Baca Juga:  Cara Membaca Kode Warna Kapasitor dan Kode Angkanya

Menentukan Ukuran Elco untuk Tweeter Speaker Middle

Salah satu hal yang cukup sering ditanyakan mengenai kapasitor adalah bagaimana menentukan ukuran untuk speaker middle. Pada dasarnya, untuk komponen speaker middle, jenis yang biasa dipakai adalah kapasitor mylar.

Nilai kapasitor tersebut biasanya terdapat ukuran khusus untuk memungkinkan frekuensi tengah bisa dihasilkan dengan lebih baik. Mengenai ukuran elco untuk speaker middle, yang paling sering digunakan adalah ukuran 22uF dengan voltase kisaran 400V hingga 650V.

Dengan ukuran tersebut, maka frekuensi mid yang akan dihasilkan dapat menjadi lebih baik. Tentu saja kualitas amplifier juga turut berpengaruh sehingga masih ada faktor-faktor lain yang berpengaruh.

Cara Pasang Elco pada Speaker Middle dengan Mudah

Untuk memasang elco baik pada speaker middle ataupun jenis apapun, semua harus dilakukan dengan benar. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari betul-betul terkait urutan langkah-langkahnya.

Jangan sampai ada satu kesalahan pun yang terjadi pada pemasangan elco karena akibatnya akan cukup fatal. Bahkan, ketika Anda memasang elco secara terbalik, hal tersebut dapat menyebabkan tweeter menjadi tidak berfungsi.

Salah satu alasan kenapa pemasangan elco untuk speaker middle tidak boleh terbalik adalah adanya perbedaan pada kaki satu dengan yang lainnya. Hal ini dikarenakan elco memiliki dua jenis kaki, yakni kaki positif dan negatif.

Untuk membedakan antara kaki positif dan negatif, Anda bisa melihat pada bagian bodi karena biasanya sudah tertulis beserta batasan tegangan maksimalnya. Jadi, silakan perhatikan hal tersebut dengan baik agar tidak terjadi hal-hal buruk.

Tips Supaya Suara Tweeter Speaker Lapangan Bagus

Tips Supaya Suara Tweeter Speaker Lapangan

Untuk mendapatkan suara speaker yang ngecis, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pada dasarnya, speaker tweeter yang bagus untuk sound system adalah yang dirangkai dengan tepat seperti berikut.

Baca Juga:  Mengenal Kapasitor Starting dan Fungsinya

Pertama-tama, silakan siapkan crossover dan juga audio filler 250V guna menyaring suara supaya lebih jernih. Setelah itu, sambungkan crossover tersebut ke speaker dari bagian power.

Selanjutnya, sambungkan kabel hitam dengan kabel plus, lalu kabel biru ke minus. Pada bagian power, sambungkan kabel kuning ke minus dan kabel merah ke plus.

Silakan perhatikan terlebih dahulu bagaimana suara yang dihasilkan apakah sudah nyaman atau belum. Apabila suara sudah cukup nyaman dan ngecis sesuai kebutuhan, maka speaker telah siap untuk digunakan.

Untuk mendapatkan suara yang lebih ngecis bisa menggunakan Audio Filler. Tweeter yang jernih akan meningkatkan kenyamanan suara saat didengar dan masih dapat ditingkatkan dengan Audio Filler.

Harga Tweeter ACR Lapangan

Untuk harga tweeter lapangan sebenarnya berbeda-beda tergantung dari jenis serta kualitasnya. Dari beberapa sumber seperti marketplace online, harga tersebut berada di kisaran Rp90.000 hingga Rp150.000.

Sebelum memilih, pastikan bahwa tweeter tersebut benar-benar berkualitas. Jika perlu, Anda bisa menanyakan kepada pihak penjual terlebih dahulu guna memastikan bagaimana kualitas dari tweeter tersebut.

Demikian penjelasan mengenai elco atau kapasitor untuk tweeter lapangan. Mengingat fungsinya yang cukup penting, pengetahuan ini harus Anda miliki, terlebih lagi jika ingin membuat rangkaian secara mandiri agar tidak mengalami hal-hal tidak diinginkan seperti kerusakan pada speaker.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment