Solusi Parabola LGSAT Tidak Ada Sinyal dan Penyebabnya

Masalah yang cukup sering terjadi pada LGSAT adalah parabola LGSAT tidak ada sinyal. Pada saat hal tersebut terjadi, maka Anda sebagai pengguna LGSAT tidak akan bisa untuk menikmati siarannya.

Hilangnya sinyal pada siaran tv parabola Anda tentu terdapat hal-hal yang menjadi penyebab utamanya. Entah itu pada antena parabola yang mengalami masalah ataupun receiver parabola yang digunakan sedang error.

Untuk dapat mengatasi masalah hilang sinyal tersebut, pastinya Anda harus mencari tahu apa saja penyebabnya. Berikut ini adalah penjelasan tentang berbagai hal yang menyebabkan sinyal LGSAT hilang.

Tentang Parabola LGSAT

Solusi Parabola LGSAT Tidak Ada Sinyal

Sebelum menjelaskan lebih jauh tentang penyebab LGSAT 101 stars tidak ada sinyal, akan dibahas terlebih dahulu secara singkat tentang parabola LGSAT. Bagi yang belum tahu, LGSAT adalah merek parabola tv yang sampai saat ini cukup populer di masyarakat.

Produsen dari LGSAT tidak hanya menawarkan parabola biasa saja tetapi juga ada paket bundling dengan menyertakan paket parabola mini. Sementara untuk produk receiver-nya, LGSAT menjalin kerja sama dengan pihak K Vision.

Salah satu contoh receiver LGSAT yang paling banyak digunakan adalah LGSAT 101 Star. Pada receiver tersebut telah didapatkan paket premium K Vision yang telah support untuk menampilkan kualitas video HD.

Berkat kualitas siarannya, banyak pengguna memilih untuk menggunakan paket k vision LGSAT 101 stars. Tentang penjelasan paket tersebut, Anda dapat mengeceknya langsung pada pusat layanan dari LGSAT parabola.

Penyebab Parabola LGSAT Tidak Ada Sinyal

Pada saat receiver parabola yang digunakan mengalami hilang sinyal, Anda bisa melakukan penanganan pertama dengan melakukan reprogram parabola. Hal ini dilakukan sebagai langkah untuk mengantisipasi jika terdapat error di dalam receiver parabola yang Anda gunakan.

Selain reprogram, Anda bisa juga melakukan reset ulang parabola ke setelan pabrik agar bisa kembali seperti semua. Jika memang masalahnya ada pada receiver, maka seharusnya dengan cara ini masalah sudah teratasi.

Baca Juga:  Ragam Ukuran TV Sebelum Ingin Membeli TV Baru

Lalu, bagaimana jika penyebab masalah parabola LGSAT KVision hilang sinyal ini bukan pada receiver? Jika memang seperti itu, maka bisa jadi hilangnya sinyal tersebut karena beberapa penyebab yang ada di bawah ini.

1. Kabel Konektor Antena Longgar

Kabel konektor mempunyai fungsi untuk dapat menyambungkan kabel dari antena ke LNB parabola atau receiver. Untuk dapat menangkap sinyal parabola dengan kuat, posisi dari kabel konektor ini harus terpasang secara kuat.

Pasalnya, saat kabel konektor antena tersebut longgar atau tidak sempurna terpasang, biasanya bisa menyebabkan parabola tidak ada sinyal. Untuk itu, apabila parabola mengalami hilang sinyal, maka Anda bisa mencoba untuk cek keadaan kabel konektor antena.

Kabel konektor ini biasanya terpasang pada receiver parabola di bagian belakang. Anda bisa mencoba untuk melepaskan dulu kabel tersebut untuk melihat apakah konektor tersebut telah terpasang secara benar dan kuat atau belum.

Jika posisi pemasangan kabel konektor sudah dibetulkan, maka bisa sambungkan kembali konektor kabel tersebut ke bagian receiver. Pastikan pemasangan tersebut dilakukan dengan kuat agar tidak menyebabkan gangguan sinyal hilang pada parabola.

Selain itu, periksalah juga pada bagian konektor kabel yang menuju ke LNB. Periksa dan pastikan bahwa kabel konektor antena tersebut telah dipasang dengan benar serta kuat.

2. Kabel Antena Rusak

Penyebab berikutnya mengapa sinyal pada parabola LGST ataupun STB matrix tidak ada sinyal adalah karena antena yang digunakan sudah rusak atau putus. Seperti dikatakan sebelumnya, kabel konektor antena tersebut sangat penting perannya dalam menangkap sinyal.

Jadi, apabila posisi dan keadaan dari kabel tersebut rusak, maka tidak akan bisa menangkap sinyal dengan baik. Hal semacam ini bisa terjadi pada pengguna yang memilih untuk menggunakan kabel antena yang berkualitas buruk.

Baca Juga:  6 Cara Masuk Sermod TV Sharp, Gak Pake Ribet!

Kerusakan pada konektor kabel antena ini umumnya terjadi karena kabel serabut di dalam kabel sudah lapuk ataupun putus. Kondisi seperti itu pastinya dapat memengaruhi kelancaran sinyal yang disalurkan dari LNB ke receiver.

3. LNB Mati

Penyebab lain yang membuat sinyal pada parabola menjadi hilang atau lemah adalah LNP pada parabola mati. Perlu diketahui, LNB parabola ini adalah perangkat yang mempunyai tugas untuk menerima dan mengelola sinyal yang didapatkan.

Selanjutnya, sinyal yang telah dikelola tersebut akan dikirimkan ke bagian receiver. Pada umumnya, letak dari LNB parabola ini terdapat pada bagian atas disk antena parabola LGSAT.

Tanda bahwa LNB parabola mengalami kerusakan bisa dilihat pada sinyal indikator receiver. Apabila memang mengalami masalah atau mati, maka lampu pada sinyal indikator receiver tidak akan muncul.

Saat kondisi seperti itu terjadi, bisa dipastikan bahwa antena parabola yang digunakan tidak akan bisa menampilkan siaran. Oleh karena itu, untuk cara memperbaiki tv yang tidak ada sinyal karena LNB mati adalah dengan segera memperbaiki atau menggantinya.

4. Disk Parabola Terhalang

Selama penggunaan antena parabola, pengguna seringkali kurang memperhatikan kebersihan area disk parabola. Padahal, ketika disk parabola tersebut tertutup atau terhalang oleh ranting pohon ataupun bangunan maka bisa menyebabkan susah sinyal.

Pada dasarnya, sinyal yang dikirimkan dari satelit dapat kesulitan untuk menembus benda-benda seperti ranting pohon dan bangunan. Alhasil, saat kondisi tersebut terjadi, sinyal yang dikirimkan ke parabola tidak akan maksimal.

Untuk mengatasi tv parabola tidak ada sinyal karena disk parabola terhalang benda, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu. Jika memang ada halangan, maka bisa mencoba untuk membersihkannya ataupun memindahkan disk parabola.

Baca Juga:  Pengertian Photodiode: Jenis, Fungsi, Prinsip Kerja Serta Aplikasinya

Satu hal yang pasti untuk dilakukan adalah pasanglah disk parabola pada tempat terbuka. Dengan begitu, sinyal yang dikirimkan oleh satelit dapat diterima dengan baik oleh antena parabola LGSAT Anda.

5. Ada Perubahan Frekuensi Transponder

Berikutnya, perubahan pada frekuensi transponder juga dapat membuat sinyal parabola menjadi hilang. Perubahan pada frekuensi tersebut tidak hanya berlaku pada parabola tetapi juga bisa menjadi penyebab STB tidak ada sinyal.

Untuk mengetahui perbuahan frekuensi ini, Anda cari tahu lewat informasi layanan dari parabola yang digunakan. Jika memang benar terdapat perubahan frekuensi, maka Anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan melakukan scanning ulang.

6. Pergeseran Disk Parabola

Pergeseran yang terjadi pada disk parabola juga dapat menjadi penyebab parabola tidak ada sinyal. Hal tersebut biasanya dapat terjadi karena adanya cuaca ekstrem seperti angin kencang ataupun hujan yang terbilang deras.

Selain kondisi tersebut, baut antena yang telah rapuh karena korosi juga bisa menjadi salah satu penyebab bergesernya disk parabola. Pergeseran arah dari disk parabola yang terlalu jauh dari posisi semestinya dapat membuat parabola kehilangan sinyal.

Namun, masalah ini pada dasarnya hanya membuat kualitas sinyal parabola hilang saja. Sementara untuk intensitas sinyal dari parabola masih dapat muncul pada receiver parabola yang Anda gunakan.

Apabila memang Anda mengalami hilang sinyal karena disk parabola bergeser, maka untuk mengatasinya tinggal melakukan pointing ulang. Dengan begitu, disk dapat kembali mengarah ke satelit sehingga sinyal dapat muncul lagi di parabola.

Seperti itulah tadi berbagai macam penyebab dan solusi dari masalah parabola LGSAT tidak ada sinyal. Dengan memahami informasi yang diberikan di atas, tentunya Anda dapat melakukan penanganan sendiri saat sinyal parabola hilang.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment