Listrik Kulkas Berapa Watt Beserta Cara Menghitung Biayanya

Saat ini banyak orang yang telah mempunyai kulkas untuk tempat pendingin dan pengawet makanan di rumah. Namun pernahkah Anda bertanya cara menghitung listrik kulkas berapa watt yang digunakan sehari-hari.

Mengetahui tentang perhitungan listrik tersebut cukup penting untuk mengukur berapa konsumsi listrik kulkas. Terlebih lagi, kulkas ini merupakan salah satu peralatan elektronik yang memakan banyak biaya listrik di rumah.

Oleh karena itu perencanaan yang matang perhitungan konsumsi daya listrik kulkas ini perlu dilakukan. Nah, untuk tahu tentang watt listrik pada kulkas di rumah, Anda bisa simak ulasan berikut ini.

Mengenal Istilah Watt Listrik Kulkas

Listrik Kulkas Berapa Watt Beserta Cara Menghitung Biayanya

Apabila mendengar istilah watt, maka hal apakah yang terbesit di dalam pikiran Anda? Tentunya, saat mendengar kata watt tersebut, ada hubungannya dengan konsumsi listrik pada pemakaian alat elektronik.

Artinya, ukuran watt tersebut merupakan satuan yang dipakai untuk mengukur jumlah konsumsi listrik yang digunakan. Oleh karena itu, besaran watt tersebut memengaruhi juga seberapa besar daya yang dikonsumsi.

Dengan kata lain, semakin besar konsumsi daya listrik, maka akan membuat tagihan biaya listrik rumah menjadi semakin besar. Umumnya, ukuran watt alat elektronik seperti ini tertera pada keterangan kulkas ataupun brosurnya.

Listrik Kulkas Berapa Watt?

Pada dasarnya saat membahas tentang kulkas terdapat tiga jenis yang perlu diketahui. Jenis kulkas tersebut adalah showcase series, fridge series, dan juga jenis freezer series.

Untuk jenis fridge series, umumnya yang diperjual belikan di pasaran adalah kulkas satu pintu dan juga dua pintu. Sementara untuk fungsi jenis kulkas tersebut, tentunya satu sama lain mempunyai perbedaan mendasar.

Perbedaan dari fungsi tersebut otomatis juga dapat memengaruhi besaran konsumsi daya dari kulkas. Nah, supaya lebih mudah dalam memahami, Anda dapat menyimak watt dari berbagai macam jenis kulkas tersebut.

Baca Juga:  Penyebab Kulkas Tidak Bunyi dan Cara Mengatasinya

1. Kulkas 1 Pintu

Jenis kulkas pertama yang akan dibahas adalah kulkas 1 pintu. Sesuai dengan nama tersebut, jenis kulkas 1 pintu ini hanya menggunakan satu buah pintu utama.

Pada kulkas 1 pintu, ruang utama kulkas, freezer, serta box vegetable bagiannya dibuat menjadi satu. Dengan konsep tersebut, jenis kulkas ini umumnya mempunyai bentuk body kulkas paling kecil di antara yang lainnya.

Melihat kembali pada penjelasan tentang watt kulkas, bisa dilihat bagaimanakah konsumsi daya dari kulkas 1 pintu. Perlu diketahui, pada jenis ini digunakan teknologi inverter yang membuat konsumsi daya lebih baik sehingga biaya listrik jadi lebih hemat.

Nah untuk mengetahui berapakah watt pada kulkas 1 pintu di Indonesia, Anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

  • Panasonic NR-199AN SS = 80 watt
  • Polytron Belleza Pra 17 HORF = 80 watt
  • Aqua AQR-D191                 = 36 watt
  • Sharp Kireii II SJN-166F                 = 84 watt
  • LG GN-201CK                                 = 60 watt
  • Sanken SK-V161A-SB                 = 72 watt
  • Samsung RR18T1001SA = 113 watt

Berdasarkan data yang disebutkan di atas, dapat dilihat bahwa konsumsi daya dari kulkas 1 pintu ini berada di kisaran kulkas 30 watt sampai dengan 90 watt. Artinya, sangat jarang ditemukan kulkas seperti ini yang mempunyai kapasitas daya lebih dari 100 watt.

Lalu kulkas 220v 50hz berapa watt? Untuk besar tegangan dan frekuensi tersebut, biasanya watt yang dimiliki oleh kulkas sekitar 80 sampai 90 watt tergantung juga dari merek serta komponen pada kulkas.

2. Kulkas 2 Pintu

Sementara itu berapakah daya yang dibutuhkan pada kulkas 2 pintu? Melihat dari jenisnya, bisa dipastikan bahwa daya atau watt pada kulkas 2 pintu lebih besar daripada yang jenis 1 pintu.

Perbedaan watt tersebut dapat terjadi karena fitur serta kapasitas di kulkas 2 pintu lebih canggih. Nah, sebagai gambaran berapa daya kulkas 2 pintu, Anda bisa lihat beberapa list yang ada di bawah ini.

  • Sharp SJ-246GC-SR 100 watt
  • Samsung RT38                 100 watt
  • Sanken SK-V231A-CB 116 watt
  • Polytron Belleza 3 114 watt
  • LG GN-B215SQMT 70 watt
  • Panasonic NR-B229S 97 watt
Baca Juga:  7 Penyebab Kulkas Tidak Bisa Buat Es Batu dan Mengatasinya

Berdasarkan dari beberapa contoh kulkas 2 pintu beserta dayanya di atas dapat terlihat konsumsi dayanya lebih mayoritas lebih besar di banding kulkas 1 pintu. Melihat kisaran dayanya yang berada di angka 70 sampai 116 watt, maka jenis kulkas ini memerlukan daya listrik tinggi.

3. Kulkas Showcase

Berikutnya akan dibahas tentang watt pada kulkas jenis showcase. Melihat dari fungsinya, konsumsi daya dari jenis kulkas ini tentu lebih besar dibandingkan jenis fridge yang satu pintu ataupun dua pintu.

Hal itu disebabkan oleh adanya LED yang digunakan pada kulkas dan harus dinyalakan secara terus-menerus. Oleh karena itu, jenis kulkas ini umumnya ditujukan untuk showcase makanan agar bisa dilihat oleh pembeli.

Lalu untuk besaran watt dari kulkas showcase ini tentunya juga berbeda-beda tergantung dari mereknya. Berikut adalah beberapa daftar kulkas showcase beserta dengan kapasitas dayanya masing-masing.

  • Sharp SCH-170PS                 185 watt
  • Aqua AQB-345AB                 270 watt
  • Sanken SRS-279 170 watt
  • Polytron SCN230L                 180 watt
  • Moderna Finestra SC 2691 L 450 watt
  • GEA EXPO 26FC 180 watt
  • Maspion USG218 Uchida 155 watt

Dari beberapa contoh merek di atas, bisa terlihat seberapa jauh perbedaan konsumsi dayanya dengan dua jenis kulkas sebelumnya. Umumnya, daya dari kulkas showcase berada di angka 150 watt sampai dengan 270 watt.

Cara Menghitung Biaya Listrik Watt Kulkas

Pada bagian sebelumnya telah diberikan jawaban pertanyaan tentang 220 v berapa watt pada beberapa jenis kulkas. Nah, selanjutnya, akan dijelaskan juga tentang cara menghitung biaya listrik kulkas dalam sebulan.

Hal ini sangat penting supaya Anda bisa membuat perencanaan yang baik sebelum membeli kulkas untuk rumah atau bisnis. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung besar biaya konsumsi listrik kulkas.

Baca Juga:  Kenapa Kulkas Tidak Dingin dan Tidak Bunyi, Caritahu Penyebab dan Atasinya

1. Lihat Spesifikasi

Untuk bisa menentukan dan menghitung berapa biaya watt kulkas, tentu harus melihat juga pada spesifikasinya. Sebagai contoh, dalam hal ini akan dihitung biaya untuk jenis kulkas Polytron Belleza 3.

Berdasarkan spesifikasi dari kulkas tersebut, daya yang dimilikinya adalah sebesar 114 watt. Dengan menggunakan data watt kulkas tersebut, Anda kemudian bisa menghitung berapa biaya listrik yang harus dikeluarkan.

2. Ubah Watt Jadi KWh

Setelah menemukan spesifikasi watt dari kulkas, maka berikutnya ubahlah satuan tersebut menjadi KWh. Dalam kasus ini akan dihitung konsumsi untuk per hari jadi hour atau jam sebagai perhitungannya adalah selama 24 jam.

Berdasarkan asumsi tersebut, Anda dapat mengubah satuan watt pada kulkas Polytron Belezza 3 tadi menjadi KWh. Berikut adalah perhitungannya:

114 Watt x 24 jam           = 2736 Watt Hours

= 2,736 Kwh per hari

3. Hitung Tarif Dasar Kwh Dalam 1 Bulan

Langkah ketiga perhitungan biaya kulkas adalah dengan mengalikan tarif dasar harian yang didapatkan sebelumnya selama satu bulan atau 30 hari. Dengan begitu, perhitungan tarif listrik kulkas ini menjadi seperti berikut.

2,736 Kwh x 30 hari = 82,08 Kwh per bulan

Setelah itu, tinggal kalikan saja dengan tarif dasar listrik bangunan. Dalam kasus ini diambil contoh tarif dasar listrik 1300A yakni Rp 1.444,70/Kwh, sehingga hitungannya menjadi seperti di bawah ini.

Konsumsi kulkas Polytron Belezza 3 Perbulan      = 1.444,70 x 82,08

= Rp 118.580 per bulan

Demikianlah perhitungan listrik kulkas berapa watt sesuai dengan jenisnya. Setelah mengetahui perhitungan tersebut, diharapkan Anda bisa membuat perencanaan pembelian kulkas dengan lebih tepat lagi.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment