Cara Menghitung Rangkaian Resistor Paralel dan Seri

Pada saat membahas tentang resistor tentunya terdapat banyak sekali topik yang dapat di pelajari. Topik tentang rangkaian resistor paralel dan seri menjadi salah satu bahasan yang paling umum untuk Anda ketahui.

Pemahaman terhadap kedua rangkaian resistor tersebut merupakan hal dasar bagi Anda yang ingin menghitung resistor. Pasalnya, pada setiap jenis rangkaian tersebut mempunyai cara perhitungan yang berbeda.

Nah, apakah Anda sudah memahami dengan baik cara perhitungan resistor tersebut? Jika belum, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyimak dan memahami caranya pada pembahasan berikut ini.

Cara Menghitung Resistor Paralel

Cara Menghitung Rangkaian Resistor Paralel dan Seri

Dalam melakukan perhitungan rangkaian paralel resistor, harus dipahami dulu tentang kegunaan dari susunan tersebut. Secara umum, resistor susunan paralel merupakan kuat arus pada ujung hambatan pengganti sama dengan jumlah arus yang lewat di tiap komponen.

Dengan kata lain, bisa juga susunan rangkaian resistor susunan paralel ini adalah pembagi arus. Sementara untuk rumus resistor paralel dari rangkaian susunan seperti ini adalah seperti berikut ini.

1/Rtotal = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3 + ……+ 1/Rn

Di mana:

Rtotal    : Jumlah Total Resistor

R1           : Resistor ke 1

R2           : Resistor ke 2

R3           : Resistor ke 3

Rn           : Resistor ke n

Sementara untuk menghitung besar tegangan pada resistor paralel rumusnya sebagai berikut:

V = I x Rtotal

Penggunaan resistor rangkaian paralel mempunyai fungsi untuk memperkecil hambatan yang terdapat pada suatu rangkaian. Pada rangkaian paralel ini, arus akan terbagi sesuai dengan besaran hambatan yang terdapat pada setiap resistor tersebut.

Contoh Soal Resistor Paralel

Untuk dapat menghitung soal resistor susunan paralel, Anda tinggal menerapkan saja rumus paralel resistor yang telah diberikan sebelumnya. Dengan rumus tersebut, perhitungan resistor sudah dapat dilakukan dengan mudah.

Baca Juga:  Apa Fungsi IC 555 Timer? Berikut 8 Kegunaannya, Simak!

Nah supaya lebih gampang dalam memahami proses perhitungannya, Anda bisa melihat beberapa contoh berikut ini.

Contoh Pertama

  1. Apabila terdapat 3 buah resistor dengan hambatan masing-masing sebesar 4 Ohm, 10 Ohm, dan juga 2 Ohm yang di susun paralel, maka berapakah jumlah total hambatan yang dapat dihasilkan dari ketiga resistor itu?

Diketahui             : R1 = 4 ohm, R2 = 10 ohm, R3 = 2 ohm

Ditanyakan         : Jumlah Total Hambatan Resistor

Jawab                   :

Berdasarkan rumus perhitungan resistor paralel, maka perhitungannya jadi seperti berikut:

1/Rtotal                = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3

1/ Rtotal               = 1/4 + 1/10 + 1/2

= (5 + 2 + 10) / 20

1/Rtotal                = 17/20

Rtotal                    = 20/17

= 1,17 Ohm

Berdasarkan dari cara menghitung rangkaian paralel yang dilakukan di atas, diperoleh bahwa besaran hambatan pengganti di rangkaian tersebut adalah 1,17 Ohm.

Contoh Kedua

  1. Terdapat rangkaian yang tersusun atas tiga resistor tersusun paralel dengan arus 6 A. Hitunglah besar tegangan di setiap resistor apabila masing-masing mempunyai besar hambatan 2 Ohm, 4 Ohm, dan 6 Ohm.

Diketahui:

R1 = 2 Ohm

R2 = 4 Ohm

R3 = 6 Ohm

I = 6 A

 

Ditanyakan: Berapa besar tegangan di setiap resistor

Jawab:

1/Rtotal                = 1/R1 + 1/R2 + 1/R3

= 1/2 + 1/4 + 1/6

= (6 + 3 + 2) 12

= 11/12

1/Rtotal                = 11/12

Rtotal                    = 12/11

= 1,09 Ohm

Dengan menggunakan hasil perhitungan hambatan, bisa di hitung besar tegangannya sebagai berikut.

V                             = I x Rtotal

= 6 x 1,09

= 6,54 Volt

Dari hasil cara menghitung hambatan paralel tersebut, bisa di peroleh besar tegangan pada masing-masing resistor adalah 6,54 Volt.

Melihat beberapa contoh soal tentang rangkaian resistor paralel di atas tentu dapat membuat Anda lebih jelas dalam penerapan rumusnya. Secara umum, rumus pada rangkaian paralel ini cukup sederhana, sehingga tidak terlalu menyulitkan saat perhitungan.

Cara Menghitung Rangkaian Resistor Seri

Tidak jauh berbeda dengan rangkaian resistor paralel, pada rangkaian seri juga terdapat metode perhitungannya sendiri. Untuk rumus menghitung jumlah hambatan pada rangkaian resistor seri, berikut adalah penjelasannya.

Baca Juga:  Tutorial Beli Voucher Nex Parabola di Indomaret dan Metode Lainnya

Rtotal = R1 + R2 + R3 + …. + Rn

Di mana:

Rtotal    = Hambatan Total Resistor

R1 = Resistor ke 1

R2 = Resistor ke 2

R3 = Resistor ke 3

Rn = Resistor ke n

Rangkaian resistor seri ini mempunyai fungsi untuk memperbesar hambatan yang terdapat pada sebuah rangkaian. Melihat dari rumus perhitungannya bisa dikatakan bahwa besar hambatan pengganti total merupakan jumlah dari hambatan resistor yang dipakai.

Contoh Soal Resistor Seri

Untuk dapat menghitung hambatan dan juga besar tegangan di rangkaian resistor seri, Anda cukup memperhatikan rumus yang telah diberikan sebelumnya. Nah agar dapat lebih mudah dalam memahaminya, Anda bisa coba lihat contoh soal berikut.

Contoh Pertama

  1. Terdapat tiga resistor yang mempunyai besar hambatan masing-masing 4 Ohm, 2 Ohm dan 10 Ohm. Kedua resistor tersebut kemudian disusun secara seri. Pertanyaannya, berapakah besaran hambatan total pada rangkaian tersebut.

Diketahui:

R1           = 4 Ohm

R2           = 2 Ohm

R3           = 10 Ohm

Ditanyakan: Berapakah besar hambatan resistor pada rangkaian

Jawab:

Untuk menghitung soal rangkaian di atas, Anda bisa menggunakan rumus total hambatan rangkaian seri berikut.

Rtotal    = R1 + R2 + R3

= 4 Ohm + 2 Ohm + 10 Ohm

= 16 Ohm

Berdasarkan hasil perhitungan dengan rumus mencari hambatan total rangkaian seri di atas dapat diketahui bahwa besaran hambatan pada rangkaian resistor seri tersebut adalah 16 Ohm.

Contoh Kedua

  1. Terdapat dua resistor dengan hambatan masing-masing sebesar 2 Ohm dan 10 Ohm yang di susun seri. Kemudian rangkaian tersebut dihubungkan dengan rangkaian paralel dua resistor yang tersusun seri. Kedua resistor tersebut mempunyai besar hambatan 4 Ohm dan 8 Ohm. Hitunglah hambatan total rangkaian tersebut.

Diketahui:

Resistor rangkaian seri pertama:

R1           = 2 Ohm

R2           = 10 Ohm

Resistor rangkaian seri kedua:

R3           = 4 Ohm

Baca Juga:  7 Alasan Kenapa Lampu Kulkas Mati dan Tips Memperbaikinya

R4           = 8 Ohm

Ditanyakan:

Berapakah besar hambatan total rangkaian seri setelah dihubungkan secara paralel

Jawaban:

Rtotal1  = R1 + R2

= 2 Ohm + 10 Ohm

= 12 Ohm

Rtotal2 = R3 + R4

= 4 Ohm + 8 Ohm

= 12 Ohm

Dari hasil perhitungan dua rangkaian seri di atas, selanjutnya akan dihitung menggunakan rumus hambatan total rangkaian paralel. Berikut adalah perhitungan lengkapnya:

1/Rtotal                = 1/Rtotal1 + 1/Rtotal2

= 1/12 + 1/12

= 2/12   = 1/6

1/Rtotal                = 1/6

Rtotal                    = 6 Ohm

Berdasarkan hasil perhitungan di atas, diperoleh besar hambatan total pada rangkaian seri yang terhubung secara paralel di atas adalah sebesar 6 Ohm.

Dengan memperhatikan beberapa contoh soal perhitungan hambatan pada rangkaian seri di atas, tentu Anda dapat memahami bab ini dengan lebih mudah. Perbanyak lagi latihan soal seperti ini agar Anda bisa semakin menguasai tentang rangkaian resistor seri.

Itulah tadi penjelasan tentang rangkaian resistor paralel dan seri beserta contoh soalnya. Semoga dengan membaca informasi tersebut, Anda dapat memahami materi rangkaian resistor ini dengan baik.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment