Cara Pasang IC 7812 dengan Mudah dan Cepat

Saat membuat sebuah rangkaian power supply, salah satu komponen yang dibutuhkan adalah IC 7812. Komponen ini akan sangat penting untuk memastikan rangkaian berfungsi dengan baik. Meskipun ukurannya kecil dan cara pasang IC 7812 sangat mudah, namun jangan sampai dilupakan penggunaannya.

Sebenarnya banyak “keluarga” dari IC 7812, yang membedakannya ada beberapa faktor tergantung fungsi yang ingin didapatkan dan rangkaian apa akan dibuat. Biar Anda tidak bingung, berikut ini informasi lengkapnya.

Apa itu IC 7812

Apa itu IC 7812

Bicara soal apa itu IC 7812, definisinya sendiri adalah komponen dari sebuah rangkaian elektronika yang berbentuk sirkuit terpadu. Gunanya untuk menstabilkan tegangan atau biasa disebut voltage regulator.

Dalam sebuah IC, misalnya 7812 terdapat susunan komponen turunannya yang menjadi satu kesatuan terintegrasi. Ada yang tersusun atas dioda, transistor, dan kapasitor dan ada juga yang menggunakan komponen turunan lain sesuai jenis IC.

Penggunaan jenis IC regulator ini sangat banyak ditemukan pada berbagai alat elektronik rumahan hingga industri. Contohnya saja adalah TV, notebook, DVD player, dan sejenisnya.

Selain IC 7812, banyak jenis IC regulator lain yang juga sering dipakai. Diantaranya adalah 7805,7815, dan masih banyak lagi. Khusus IC 7812, akan menjadi komponen yang dapat menstabilkan 12 Volt tegangan.

Seri IC dengan dua angka depan 78 digunakan pada regulator dengan tegangan positif. Dimana kinerjanya menghasilkan tegangan positif yang berhubungan dengan input tegangan positif yang dihantarkan dari komponen penyearah.

Ada lagi IC dengan kode depan 79xx, merupakan jenis IC untuk regulator yang menghasilkan tegangan negatif.

Data Sheet IC 7812

Sebelum menggunakan jenis IC ini, ada baiknya Anda juga mengenali terlebih dahulu karakteristik dari komponen tersebut. Biasanya setiap pabrikan rangkaian listrik atau alat yang menggunakan IC 7812, akan memberikan data sheet IC 7812 yang jelas. Salah satunya seperti penjelasan berikut.

Baca Juga:  Resistor Shunt untuk Cara Kerja dan Jenis-jenisnya Lengkap

Tipe : LM7812

Polaritas : Positif

Toleransi Tegangan Output : -0,04

Arus Output Maksimal : 1:00 AM

Tegangan Output : 12 Volt

Tegangan Input Maksimal : 27 Volt

Tegangan Input Minimal : 14 Volt

Kemasan : TO-220

Suhu Kerja Komponen Maksimal : 125 derajat celcius

Fitur yang Dimiliki : short circuit protection, thermal over protection,

 output safe protection

Fungsi IC 7812

Jika sudah melihat datasheet jenis regulator IC 7812, Anda juga perlu mengetahui apa saja fungsi dari regulator yang satu ini. Diantaranya adalah:

  • Menjadi regulator untuk tegangan yang ada pada rangkaian power supply, terutama pada alat elektronik yang memiliki daya relatif rendah
  • Membantu alat elektronik tertentu untuk mencapai posisi tegangan DC konstan dan bersih dari masalah Sehingga rangkaian yang ada dapat mendukung kinerja alat elektronik menjadi lebih baik.
  • Membatasi tegangan yang mengalir di dalam sebuah rangkaian, supaya tidak ada tegangan berlebih yang masuk sehingga overload tegangan tidak terjadi. Karena jika hal itu terjadi, akan sangat berpengaruh pada kinerja rangkaian dan alat elektronik itu sendiri.

Cara Pasang IC 7812 yang Benar

salah satu contoh cara pasang IC 7812

Selanjutnya bagaimana cara pasang IC 7812 yang benar, sehingga sebuah rangkaian power supply pada alat elektronik dapat bekerja secara maksimal menggunakan bantuan komponen regulator ini?

  • Pastikan Anda sudah mempersiapkan komponen IC regulator 7812, lengkap dengan komponen lain yang akan digunakan. Diantaranya rangkaian listrik, resistor, kapasitor
  • Atur berapa tegangan keluaran yang diinginkan pada rangkaian, dengan cara pengaturan yang tepat
  • Pada bagian breadboard atau bisa juga pada bagian PCB pasang regulator IC 7812. Posisinya adalah, kaki-kaki dari komponen IC tersebut disesuaikan dengan posisi pada rencana pembuatan rangkaian yang dijelaskan melalui layout
  • Lakukan penyambungan antara kaki-kaki IC 7812 dengan komponen lainnya sesuai fungsi yang diinginkan. Biasanya akan disambungkan pada bagian kapasitor dan resistor.
  • Untuk memastikan koneksi kaki-kaki dan komponen pendukung sudah benar, pastikan kembali layout rangkaian sebagai pedoman utamanya.
  • Lakukan konektivitas antara kaki input dan output dari regulator IC 7812 Jangan lupa untuk memastikan jumlah tegangan jenis input sudah sesuai dengan ukuran yang ditetapkan pada rencana layout.

Begitu juga dengan tegangan jenis output yang juga sudah disesuaikan, yaitu melalui pemilihan kapasitor dan resistor yang sesuai.

  • Terakhir adalah pemasangan heatsink untuk IC 7812 sehingga suhunya selama bekerja bisa tetap stabil tanpa terjadinya suhu panas yang berlebihan.
Baca Juga:  Jenis Induktor Beserta Pengertian dan Fungsinya

Prinsip Kerja IC 7812

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan IC 7812 adalah bagaimana prinsip kerja yang benar, ketika rangkaian sudah dalam posisi menyala. Berikut ini penjelasannya:

Pada Posisi Alat Elektronik Menyala

Arus yang ada dari komponen baterai mengalir dengan skema dari baterai menuju sekering, kemudian lanjut ke bagian kunci kontak, terminal IG, dan mentik di MIC.

Arus Pada Kaki Basic

Setelah berada pada bagian MIC, arus akan melanjutkan perjalanannya pada bagian kaki basic serta melalui bagian transistor yang tersedia di dalam rangkaian.

Pengisian Arus pada Komponen

Skema setelah rangkaian menyala, akan berpengaruh pada komponen bagian TR1 yang juga akan ikut menyala. Medan magnet yang terdapat dalam rangkaian juga akan muncul di bagian kumparan rotor.

Prinsip kerja ini juga merupakan penjabaran teknis dari IC 7812 datasheet yang tersedia. Oleh karena itu, memang sangat penting untuk mengenal datasheet terlebih dahulu, sehingga paham implementasi prinsip kerja komponen ini.

Plus Minus IC Regulator 7812 dan Sejenisnya

Sama halnya dengan komponen lain pada sebuah rangkaian listrik, IC 7812 juga memiliki plus minus yang perlu diperhatikan. Sehingga saat memilih regulator nantinya, bisa mendapatkan jenis yang lebih tepat sesuai kebutuhan di dalam sebuah rangkaian.

Nilai Kelebihan

Beberapa nilai plus ini berlaku untuk semua IC regulator, termasuk 7812. Ini dia penjelasan lengkapnya/

  • Efisiensi tempat karena ukuran dari IC sangat kecil, jadi saat digunakan di dalam sebuah rangkaian tidak akan membutuhkan tempat khusus dengan pelindung khusus. Cukup diselipkan pada posisi yang tepat dan terhubung dengan komponen lain, maka IC sudah dapat bekerja maksimal.
  • Saat sudah terhubung, bisa langsung bekerja dan tidak membutuhkan pengaturan tertentu. Alasan utamanya karena komponen ini tidak punya kontak poin, sehingga lebih efisiensi dalam penggunaannya
  • Tegangan hasil kinerja IC akan lebih stabil ketimbang komponen lain dengan fungsi dan tugas yang sama.
  • Sistem pengisian dari komponen ini lebih mudah dilakukan, karena sudah mengadopsi cara pengisian arus secara modern.
Baca Juga:  Kenapa TV Tiba-tiba Mati Sendiri? Cari Tahu Penyebabnya di Sini!

Nilai Kekurangan

Disamping nilai positif yang dimiliki komponen IC regulator ini, ada juga beberapa nilai negatif yang juga perlu dijadikan pertimbangan. Diantaranya adalah:

  • Jika sudah rusak, harus dilakukan penggantian dengan komponen baru karena kerusakannya tidak bisa diperbaiki. Atau lebih jelas disebut sebagai komponen sekali pakai
  • Butuh pembongkaran rangkaian jika IC regulator mengalami kerusakan, terutama saat penggantian sehingga butuh waktu ekstra untuk mengembalikan kemampuan rangkaian seperti semula.

Itulah penjelasan seputar IC 7812, mulai dari pengertian hingga cara pasang IC 7812 dan plus minus jika Anda menggunakannya. Semoga bermanfaat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment