Cara Memperbaiki Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mesin Cuci

Hampir sebagian besar rumah pasti mempunyai mesin cuci. Karena mencuci pakaian akan lebih ringan jika dibantu dengan mesin cuci, selain keuntungan mempersingkat waktu pengerjaan juga dapat mengurangi tenaga yang dibuang. Oleh sebab itu, merupakan hal penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara menangani mesin cuci yang rusak. Jadi ketika sewaktu-waktu mesin cuci mengalami kerusakan, Anda dapat mengatasinya sendiri.

Bagi para pengguna mesin cuci, pasti akan merasa kebingungan jika mesin cuci yang sedang digunakan tiba-tiba mengalami masalah. Seperti mesin cuci tidak mau berputar sama sekali atau air pembuangan yang terus menerus keluar tanpa berhenti alias bocor. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini akan dikupas mengenai cara menangani mesin cuci yang tergolong dalam kerusakan ringan yang sering terjadi.

Mesin cuci mempunyai dua jenis pengoperasian, yaitu mesin cuci manual dan otomatis. Selain kedua jenis tersebut mesin cuci juga mempunyai dua kategori lain yaitu mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung. Namun, jenis apapun mesin cuci tersebut ketika mengalami masalah maka cara memperbaikinya hampir sama. Karena pada dasarnya cara kerja setiap mesin cuci berpusat pada dinamo penggeraknya dan rangkaian modul pengoperasiannya.

Penggunaan mesin cuci dapat dikatakan hampir setiap hari, maka dari itu sebagus dan semahal apapun pasti ada kalanya akan mengalami masalah. Oleh karenanya, melalui artikel ini diharapkan dapat membantu Anda untuk menyimpulkan dan menemukan penyebab dari berbagai macam permasalahan mesin cuci yang mengalami kerusakan. Berikut adalah beberapa contoh kerusakan pada mesin cuci dan cara mengatasinya:

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Kerusakan yang Sering Terjadi pada Mesin Cuci

Penyebab kerusakan mesin cuci tidak mau berputar ada macam-macam kemungkinan, kemungkinan pertama adalah mesin cuci tidak mendapatkan daya listrik. Tidak adanya daya listrik disebabkan oleh terputusnya sambungan kabel power, saklar pintu buka tutup mesin cuci yang tidak berfungsi, atau muatan mesin cuci yang melebihi kapasitas. Untuk itu perhatikan langkah-langkah berikut untuk mulai mengatasi masalah mesin cuci tidak berputar:

  1. Periksalah kondisi sambungan kabel power (kabel yang terhubung langsung ke sumber listrik), karena biasanya kabel power rawan terkena gigitan tikus atau terputus.
  2. Jika ditemukan kondisi kabel power ada yang terputus ataupun terbakar, maka lakukan penyambungan kembali pada kabel tersebut.
  3. Lapisi bagian sambungan kabel dengan isolasi hitam.
  4. Tetapi jika kondisi kabel masih bagus tetapi mesin cuci masih tidak mau berputar, periksalah kondisi saklar pintu buka tutup mesin cuci. Karena saklar ini sering terjadi korosi yang akhirnya membuat tidak dapat mengaliri arus listrik.
  5. Jika ditemukan kondisi saklar rusak dan tidak berfungsi, gantilah komponen ini dengan yang baru.
  6. Sedangkan jika kedua bagian tersebut masih dalam kondisi bagus, tetapi mesin cuci masih juga belum berputar. Periksalah muatan kapasitas mesin cuci. Karena kelebihan kapasitas cucian yang masuk ke dalam tabung mesin cuci dapat membuat kerja dinamo mesin menjadi berat, sehingga mesin cuci tidak dapat berputar dan muatan harus dikurangi sesuai dengan muatan maksimal pada buku panduan mesin cuci.
Baca Juga:  Kulkas GEA Bagus Tidak? Ini 8 Kelebihan dan Kekurangannya!

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Mendengung Tidak Berputar

Kerusakan berikutnya yang sering terjadi pada mesin cuci adalah mesin cuci tidak mau berputar dan hanya mengeluarkan suara dengung saat dihidupkan. Penyebabnya utama masalah ini yaitu kapasitor dinamo pada mesin cuci lemah atau bahkan sampai meleleh terbakar. Untuk langkah mengatasi masalah ini adalah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama buka casing atau kerangka luar mesin cuci
  2. Cari letak komponen kapasitor, biasanya berada disekitar dinamo mesin cuci.
  3. Cek kondisi kapasitor apakah dalam kondisi baik atau rusak
  4. Jika terjadi kerusakan atau kapasitor tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka gantilah dengan kapasitor yang baru.
  5. Proses penggantian kapasitor yang baru perlu perhatian khusus, yaitu ukuran kapasitor baru dan kapasitor yang rusak haruslah sama,
  6. Jika proses penggantian kapasitor sudah selesai, tutup kembali kerangka luar mesin cuci.
  7. Dan mesin cuci siap digunakan kembali.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Tidak Bisa Membuang Air

Pernahkah Anda mengalami kondisi saat selesai menggunakan mesin cuci tapi tiba-tiba selang air pembuangan mampet? Jika iya, biasanya permasalahan ini disebabkan karena adanya kotoran atau kain kain kecil yang menyumbat aliran air pada saluran pembuangan. Saluran pembuangan pada mesin cuci berguna sebagai lubang yang mengeluarkan air hasil pencucian, jika mampet otomatis air tidak akan mengalir. Untuk memperbaiki permasalahan tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Periksalah bagian pangkal dari saluran pembuangan mesin cuci
  2. Jika ditemukan penyebab mampetnya aliran air seperti kotoran yang menutupi lubang pembuangan / kain kecil yang tersangkut
  3. Ambil dan bersihkan penyebab mampetnya saluran air, supaya air dapat keluar dengan lancar.
  4. Mesin cuci dapat kembali digunakan.

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Bocor

Kerusakan berikutnya yang sering terjadi adalah air pada selang pembuangan mesin cuci mengalir terus menerus atau terjadi kebocoran. Penyebab utama kerusakan ini ada pada bagian seal mekanik yang terdapat pada lubang pembuangan yang pirnya patah atau sudah melonggar. Untuk memperbaiki kerusakan ini, lakukan pemeriksaan berikut:

  1. Periksalah bagian seal mekanik yang posisinya ada pada lubang pembuangan
  2. Jika ditemukan kondisi seal mekanik yang pirnya patah atau longgar atau keras, gantilah seal mekanik tersebut dengan yang baru.
  3. Mesin cuci dapat kembali digunakan dengan normal.
Baca Juga:  Cara Kerja Motor DC: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Komponen Di dalamnya

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Lama Mengisi Air

Mesin cuci yang kurangnya perawatan biasanya akan mengalami masalah lamanya proses pengisian air. Penyebab masalah ini adalah mesin cuci kurang perawatan sehingga terjadi penumpukan kotoran pada filter air yang terdapat pada lubang pengisian. Untuk menangani permasalahan mesin cuci lama mengisi air, lakukan tahap-tahap berikut ini:

  1. Permasalahan kondisi bagian filter air pada lubang pengisian.
  2. Lepaskan filter air yang kotor.
  3. Bersihkan filter hingga benar-benar terbebas dari kotoran, sehingga air dapat mengalir kembali dengan normal.
  4. Pasang kembali filter pada lubang pengisian.
  5. Mesin cuci siap digunakan.

Demikian artikel ini membahas berbagai macam permasalahan dan cara mengatasi kerusakan yang sering terjadi pada mesin cuci, semoga bermanfaat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment