Ketahui Datasheet Persamaan Transistor 2SD882 Dalam Elektronika

Jika Anda ingin mengetahui datasheet persamaan transistor 2SD882 ini tetapi belum mengetahui lebih lanjut mengenai transistor tersebut, maka perlu mengetahui ulasan dalam artikel ini lebih lanjut terutama kalau akan membuat suatu rangkaian elektronika.

Keberadaan dari transistor d882 inilah ternyata sering ditemukan dalam berbagai susunan komponen elektronika seperti dalam bentuk penguat audio, relay, switch dan masih banyak lagi. Bahkan keberadaannya juga menjadi komponen sangat penting.

Tetapi karena transistor tipe tersebut cukup sulit ditemukan di pasaran, maka mencari persamaannya adalah pilihan yang terbaik. Sebab apabila benda tersebut mengalami kerusakan atau masalah, maka dapat mengganti dengan persamaannya saja.

Mengenal Transistor 2SD882 Lengkap

Mengenal Transistor 2SD882 Lengkap

Sebelum Anda mengetahui d882 datasheet maka perlu mengetahui terlebih dahulu mengenai transistor satu ini. Kehadiran dari transistor tersebut ternyata paling umum ditemukan di dalam suatu rangkaian elektronika dengan kinerja cukup tinggi.

Transistor inilah masuk ke dalam jenis bipolar dengan tipe NPN serta mempunyai tingkat penguatan sinyal menengah. Di lihat dari karakteristik yang ada di dalamnya, tentu jenis tersebut sangat ideal untuk digunakan dalam berbagai proyek elektronik Pendidikan, komersiil ataupun hobi saja.

Tidak hanya itu saja, tetapi kehadirannya juga sudah banyak diaplikasikan pada berbagai jenis sirkuit switching serta penguatan sinyal. Karena didalamnya mempunyai arus kolektor maksimal adalah 3A, maka mengakibatkan bisa menggerakan beban LED, relay, motor DC dan berbagai sirkuit  lainnya.

Kendati demikian, komponen tersebut tetap mempunyai kelemahan yakni pada terbatasnya jumlah produksi yang dimilikinya. Keadaan inipun mengakibatkan transistor D882 tersebut menjadi sangat langka baik di pasar offline ataupun online.

Karena alasan itulah, akhirnya persamaan dari transistor satu inipun banyak dicari oleh masyarakat. Namun perlu diingat bahwa menemukan pengganti komponen tersebut ternyata tidaklah semudah seperti di bayangan.

Baca Juga:  Rangkaian Sensor Cahaya 12 Volt Beserta Pengertiannya

Sebab Anda harus mencari transistor dengan spesifikasi yang sesuai rangkaian sirkuitnya. Ini tentu menjadi kendala tersendiri bagi masyarakat dimana bekerja di bidang elektronika karena transistornya cukup langkah.

Datasheet D882

Datasheet D882

Jika Anda ingin mengetahui persamaannya, maka terlebih dahulu perlu mengetahui spesifikasi d882 data sheet terlebih dahulu. Dengan informasi inilah ternyata akan memberikan kemudahan bagi pengguna dalam menemukan komponen yang tepat.

Berikut ini datasheet lengkap dari transistor tipe D882:

  • Jenis : NPN
  • Kemasan paket : TO 126
  • Arus kolektor max : 3 A
  • Serial : 2SD882
  • Tegangan kolektor – emitor max: 30 V
  • Tegangan – kolektor max : 40 V
  • Tegangan bias basis max : 5 V
  • Disisipasi kolektor max : 10 W
  • Tingkat penguatan : 60-400
  • Frekuensi Kerja : 90 Mhz
  • Suhu Kerja : 150oC

Daftar Persamaan Data Sheet D882

Daftar Persamaan Data Sheet D882

Setelah mengetahui data sheet di atas, maka berikutnya Anda perlu memahami persamaan transistor D882 satu ini dengan baik. Terlebih lagi keberadaannya ternyata sering digunakan buat tujuan umum pada paket TO – 126.

Karena mempunyai kemampuan menampung arus listrik mencapai 3A inilah sering digunakan sebagai penguat audio apabila menggunakan fitur output 10 watt. Tetapi karena keberadaannya memang cukup susah didapatkan di pasaran, maka Anda perlu mengetahui daftar persamaannya terlebih dahulu.

Berikut ini daftar persamaan dari D882 transistor:

  • BD349
  • BD185
  • MJE802
  • MJE182
  • BD189
  • TIP122
  • BD131
  • BD187
  • 2SSD1693
  • 2sd1712
  • 2SC442
  • 2SD1018

Sebagai catatan bahwa konfigurasi yang terdapat pada berbagai jenis transistor dalam persamaan diatas mungkin juga akan mempunyai perbedaan dengan konfigurasi transistor D882. Itulah mengapa sebelum memutuskan buat memasangnya, Anda perlu melakukan pemeriksaan PIN konfigurasi terhadap setiap transistor tersebut.

Karakteristik dari Transistor D882

Bagi para pengguna yang ingin memahami lebih lanjut mengenai transistor tipe satu ini, maka perlu mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu. Nah untuk karakteristik sebenarnya tidak jauh berbeda dengan transistor pada umumnya lho.

Baca Juga:  10 Cara Menghindari Bahaya Tersengat Listrik

Kendati demikian, tetap ada sejumlah perbedaan yang terdapat pada komponen tersebut. Berikut ini penjelasan mengenai karakteristik yang dimiliki oleh transistor satu ini.

  • Mempunyai model cangkang TO-126
  • Termasuk tipe NPN
  • Penguat arus pada bagian DC adalah antara 60-400
  • Suhu paling rendah yang dapat disimpan adalah -55 dan yang paling tinggi adalah sekitar 150 derajat celcius
  • Mempunyai maksimum collector power dissipation berjumlah 0.5 W
  • Maximum emitter-base voltase adalah hingga 6V
  • Operation junction temperature maximal yakni 150 derajat celcius
  • Adanya forward current transfer ratio yakni MIN 60
  • Adanya transition frequency mencapai 50 MHz.

Contoh Penggunaan Dari Transistor D882

Dengan memahami datasheet D882 itulah ternyata dapat menjadi informasi yang sangat penting dalam proyek elektronika. Sebab nantinya dapat membantu mengetahui manakah persamaan komponen dimana tepat untuk tipe D882 tersebut.

Perlu diketahui bahwa keberadaan komponen inilah ternyata sudah sering ditemukan dalam berbagai rangkaian elektronik seperti sirkuit, baterai hingga pengatur tegangan. Tidak hanya itu saja, kehadirannya bahkan sudah diterapkan dalam rangkaian penguat sinyal audio.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah kegunaan dari transistor D882 satu ini.

Sebagai Penguat Sinyal Sistem Audio

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa keberadaan dari tipe komponen inilah dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Termasuk juga dapat digunakan sebagai penguat sistem sinyal audio pada rangkaian amplifier dengan daya rendah.

Sebagai contohnya penerapan dari komponen tersebut dapat ditemukan dengan mudah pada speaker kecil ataupun konfigurasi preamplifier.

Sirkuit Switching

Kegunaan lainnya dari transistor tersebut adalah dapat dimanfaatkan sebagai komponen saklar dalam sirkuit switching. Sebagai contohnya adalah proyek elektronika dimana membutuhkan saklar elektronik seperti lampu LED.

Untuk Sistem Pengatur Tegangan

Baik komponen original ataupun persamaan transistor D882 inipun ternyata juga dapat digunakan sebagai sistem pengatur tegangan. Caranya adalah dengan mengatur arus yang nantinya akan mengalir ke rangkaian.

Baca Juga:  5 Rumus Induksi Magnetik Serta Contoh Soal & Pembahasannya

Kondisi tersebut akan menyebabkan tegangan output dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dari para pengguna.

Pengendali Motor DC

Tidak sampai disitu saja, keberadaan dari benda inilah juga dapat dimanfaatkan sebagai pengendali motor DC. Dalam prosesnya, transistor akan berfungsi sebagai saklar dimana nantinya dapat mengatur arus listrik yang mengalir.

Dengan cara itulah, Anda dapat melakukan pengontrolan kecepatan maupun arah putaran dari motor DC.

Driver Relay

Digunakan sebagai driver relay dimana mampu membantu dalam mengendalikan sekaligus mengaktifkan relay yang terdapat pada berbagai jenis rangkaian elektronik. Adapun contohnya dapat ditemukan dalam rangkaian control otomatis dimana butuh pemutusan sekaligus penyambungan arus listrik.

Untuk proses pemutusan serta penyambungan arus listrik itulah akan membutuhkan bantuan relay agar dapat bekerja dengan baik.

Mengatur Dimmer LED

Kegunaan lainnya adalah dapat berfungsi sebagai pengatur dimmer LED yang terdapat di dalam rangkaian elektronik dimana butuh intensitas cahaya tidak sama. Didalam hal inilah, transistor akan berfungsi sebagai saklar elektronik yang mampu mengatur arus listrik.

Keberadaan dari transistor inilah ternyata mempunyai kegunaan yang cukup banyak dalam rangkaian elektronik seperti sudah disebut sebelumnya. Disinilah mengapa pentingnya agar mengetahui informasi seputar datasheet persamaan transistor 2SD882 untuk mengganti adanya kerusakan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment