Fungsi Thermostat Kulkas dan Cara Kerjanya Lengkap

Walaupun menjadi komponen cukup penting, tetapi tidak sedikit dari masyarakat tidak tahu fungsi thermostat kulkas, baik pintu 1 ataupun 2. Padahal kalau dilihat lebih jauh lagi, sebenarnya komponen tersebut mempunyai fungsi cukup penting lho.

Secara sederhana fungsi dari thermostat adalah untuk mengatur suhu pada lemari es di rumah Anda agar tetap stabil sesuai dengan keinginan para penggunanya. Bahkan Anda dapat mengatur suhu dari paling tinggi hingga ke rendah sesuai kebutuhan dari penggunaannya.

Adapun thermostat kulkas sharp 1 pintu mungkin berbeda dengan kulkas 2 pintu di merk-merk lainnya. Sebab untuk kulkas 2 pintu sendiri, komponen inilah akan terhubung secara langsung dengan time kulkas, dimana fungsinya adalah untuk mengendalikan kerja dari komponen bernama kompresor.

Apabila Anda ingin memahaminya lebih jauh, maka dapat memahami fungsi thermostat kulkas dan cara kerjanya dibawah ini.

Pengertian dan Fungsi Thermostat Kulkas

Pengertian dan Fungsi Thermostat Kulkas

Anda pastinya sudah paham bahwa thermostat kulkas merupakan sebuah komponen dimana berguna untuk mengatur temperature suhu pada lemari es. Selain itu, kehadirannya juga akan otomatis mengatur kapan mesin akan bekerja ataupun dalam keadaan mati.

Sebagai informasi tambahan bahwa bukan hanya pada kulkas saja, tetapi keberadaan dari thermostat inilah juga dapat ditemukan pada pendingin seperti AC juga, atau biasanya disebut dengan thermistor pada bagian AC.

Nantinya fungsi thermostat sendiri adalah akan menyebarkan udara yang dapat memberikan efek dingin atau bahkan menjadi beku di ruangan tertentu dalam lemari pendingin. Di awal kemunculannya, thermostat inilah tidak mempunyai pilihan bagi pengguna berkaitan dengan suhu.

Biasanya hanya mampu menawarkan suhu lebih dingin dibandingkan perkiraan suhu ruang pada biasanya saja. Tetapi seiring dengan berkembangnya teknologi dan jaman, thermostat inilah dapat digunakan dengan mudah yakni pengguna bisa mengubah suhu sesuai dengan keinginan.

Baca Juga:  Cara Mencari Sinyal TV Digital Via Set Top box dengan Mudah

Apabila suhu didalamnya dirasa masih kurang dingin, maka pengguna dapat menurunkan suhu dengan cara memutar thermostatnya. Adapun letak thermostat pada kulkas biasanya dapat ditemukan pada pintu dan berdekatan di posisi freezer dengan bentuk kecil dan dapat diputar oleh penggunanya.

Tetapi pada beberapa jenis kulkas pintu satu, thermostat berada di bagian bawah dari ruangan freeer. Bahan dari komponen itulah biasanya terbuat dari plastik latek yang cukup lentur, dengan begitu pengguna tidak akan kesulitan ketika akan menggunakannya.

Bagaimana Cara Kerja Thermostat Pada Kulkas

Bagaimana Cara Kerja Thermostat Pada Kulkas

Apabila Anda diminta untuk jelaskan bagaimana cara kerja thermostat tersebut, maka tidak perlu khawatir. Sebab cara kerjanya sendiri juga cukup sederhana bahkan dapat dipahami oleh para pengguna hanya dalam hitungan menit saja.

Seperti sudah diketahui bahwa kulkas fungsinya adalah digunakan sebagai pendingin dan agar dapat bekerja dengan baik, maka dilengkapi dengan thermostat ini untuk mengatur suhu nantinya. Cara kerja dari komponen inilah akan dilengkapi dengan mode sensor didalamnya.

Kendati nantinya, pengguna dapat mengatur sendiri tingkat suhu yang diinginkan, tetapi tetap terdapat beberapa sifat mekanik dari komponen dimana melakukan pemindaian. Adanya pemindaian atau scanning tersebut berasal dari pengecekan suhu ruangan dimana akan dilakukan oleh sensor.

Perlu diketahui bahwa unsur utama yang terdapat pada thermo sendiri merupakan gas dimana akan berpengaruh terhadap suhu di sekitarnya. Gas itulah dapat ditemukan di dalam sebuah pipa logam dengan bagian ujung ditaruh di bagian evaporator atau ruangan pada freezer.

Anda juga akan menemukan adanya skala pada nop untuk mengatur suhu 1-5. Nantinya semakin rendah nilai yang Anda pilih, maka semakin dingin pula suhu ruangan didalamnya ataupun sebaliknya.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Televisi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Sebab semakin tinggi nilai skala nop itulah akan membuat relay di dalam bagian timer menjadi lebih keras sehingga tidak mudah terbuka karena adanya penurunan tekanan gasnya.

Perbedaan Thermostat pada Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Perbedaan Thermostat pada Kulkas 1 Pintu dan 2 Pintu

Setelah memahami cara kerja thermostat inilah, Anda juga perlu mengetahui bahwa komponen ini mungkin terdapat sejumlah perbedaan pada kulkas 1 pintu dan 2 pintu. Walaupun sama-sama mempunyai cara kerja yang sama yakni bertugas untuk mengatur suhu.

Tetapi Anda mungkin akan menemukan sejumlah perbedaan tersebut cukup terlihat pada kulkas 2 pintu dan 1 pintu. Perbedaan paling mencolok tersebut dapat terlihat pada sistem relai di timer lemari pendingin satu ini.

Dimana pada lemari pendingin 2 pintu, selain dapat mengatur kerja kompresor, time yang terdapat didalamnya itulah juga mempunyai fungsi untuk mengendalikan kerja dari defrost. Yakni merupakan komponen yang dapat mencegah adanya bunga es.

Dimana ketika telah mencapai suhu dingin tertentu, maka bagian dari relai timer itulah akan langsung memutuskan aliran listrik yang mengalir ke kompresor. Kemudian akan memindahkannya ke bagian defrost sehingga nantinya akan memanaskan bagian freezer agar terhindar dari adanya bunga es.

Ciri-ciri Thermostat Kulkas Alami Kerusakan

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan komponen inilah ternyata mempunyai fungsi yang cukup penting pada kulkas. Sebab apabila keberadaannya mengalami kerusakan, ternyata dapat mengakibatkan hal fatal tersendiri bahkan dapat mengakibatkan kinerja dari lemari pendingin menjadi kurang efektif.

Fungsi thermostat adalah untuk mengatur suhu didalamnya dan apabila komponen ini mengalami kerusakan tentu akan menjadi masalah tersendiri. Oleh karena itulah, penting agar memahami lebih lanjut bagaimana ciri-ciri dari thermo ini alami kerusakan.

Tidak Bisa Mengeluarkan Suhu yang Dingin

Ciri pertama yang dapat mengindikasikan bahwa sensor ini alami kerusakan adalah suhu tidak terlalu dingin didalam kulkas. Kendati pengguna tidak dapat merasakan adanya perubahan suhu cukup signifikan tetapi tetap akan dirasakan oleh penggunanya.

Baca Juga:  Persamaan Dioda 1n4002 dan Rumusnya yang Perlu Diketahui

Dimana kemungkinan besar Anda akan merasakan suhu kulkasnya tidak dingin seperti biasanya atau bagian dari freezer kesulitan untuk membekukan cairan ataupun makanan beku.

Lampu Konektor Mati

Didalam semua sensor kulkas baik pintu 1 dan 2 ternyata dilengkapi dengan adanya lampu konektor dengan ukuran kecil. Dimana letaknya berada di samping dari thermostat dan berfungsi untuk memberitahukan bahwa sensor dapat bekerja dengan baik.

Tetapi apabila pengguna justru menemukan adanya lampu konektor mati ternyata juga dapat menjadi pertanda bahwa komponen tersebut tengah mengalami kerusakan. Disinilah pengguna dapat menggunakan tester untuk mengecek kerusakan didalamnya.

Adanya Karat pada Komponen

Karat yang terdapat pada komponen inilah biasanya diakibatkan karena adanya kelembaban cukup tinggi didalamnya. Perlu diketahui bahwa keberadaan dari karat inilah ternyata dapat merusak kerja dari sensor tersebut.

Itulah mengapa agar Anda dapat menjaga bagian tersebut agar tidak berkarat maka sebaiknya harus rajin-rajin dalam membersihkannya terutama ketika terdapat air.

Defrost Tidak Dapat Bekerja dengan Baik

Pada kulkas pintu 2 ternyata terdapat defrost dimana memiliki fungsi untuk mencegah timbulnya bunga es. Tetapi apabila komponen satu ini tidak dapat berfungsi dengan baik, ternyata dapat menjadi indikasi bahwa thermostat alami kerusakan.

Seperti sudah diketahui bahwa komponen satu ini pada kulkas baik pintu satu atau dua mempunyai fungsi cukup penting. adapun fungsi thermostat kulkas sendiri adalah digunakan untuk mengatur suhu didalam lemari pendingin.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment