Cara Pasang Parabola Mini K Vision yang Benar

Bagi para pemula, tentu banyak yang masih belum mengetahui cara pasang parabola mini K vision. Apalagi untuk orang yang baru saja akan menerapkan parabola K vision tersebut di rumah.

Sebenarnya, cukup banyak pihak yang menawarkan jasa pemasangan saat membeli produknya. Namun, tentu tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba melakukan pemasangan parabola tersebut secara mandiri.

Selain tidak mempunyai cara pemasangan terlalu rumit, pengaturan siarannya juga tidak terlalu membingungkan. Dengan begitu, proses pemasangan dan pemrograman dari parabola dapat berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti.

Tentang Pasang Parabola K Vision

Cara Pasang Parabola Mini K Vision yang Benar

Dalam memasang antena para bola mini, sebenarnya tidaklah terlalu berbeda jauh konsepnya dengan pemasangan ukuran normal. Hanya saja, untuk versi mini tentu parabolanya mempunyai ukuran jauh lebih kecik daripada yang normal.

Bagi yang belum terbiasa dengan pemasangan alat elektronik seperti antena ini, pasti akan merasa kesulitan. Padahal, karena ukuran parabolanya termasuk mini, pemasangan dapat dilakukan jauh lebih mudah.

Namun, meskipun mudah tetapi Anda tetap harus memperhatikan urutan pengaturannya secara benar. Apabila sampai terjadi kesalahan dalam pengaturan antena atau programnya, maka Anda tidak akan bisa menikmati siarannya.

Oleh karena itu, terdapat beberapa hal penting untuk diperhatikan dalam proses pemasangan k vision para bola mini. Dengan mengikuti langkah pemasangan yang tepat, tentu Anda dapat segera menikmati siaran dari parabola K vision secara lancar.

Sebelum pasang parabola mini tersebut, Anda perlu untuk melakukan aktivasi dahulu agar dapat membeli paket. Dengan begitu, pada saat proses scanning, semua channel dari K Vision dapat ditampilkan untuk Anda nikmati.

Cara Pasang Parabola Mini K Vision

Terdapat berbagai macam pilihan merek para bola untuk Anda gunakan dalam menangkap sinyal K Vision. Beberapa contoh dari merek tersebut antara lain adalah parabola dari Tanaka, Optus, Matrix, Viva, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Cara Beli Paket K Vision Mulai dari SMS Hingga WhatsApp

Sedangkan ukuran dari disk antena yang dapat digunakan lebih baik memilih ukuran diameter 65 cm. Hal itu karena semakin besar disk antena, maka akan semakin bagus juga daya tangkap sinyal parabolanya.

Akan tetapi, meskipun seperti itu Anda tetap bisa gunakan ukuran lain seperti ukuran 45 cm untuk menangkap sinyal dari K Vision. Namun, saat memakai ukuran tersebut tentu sinyal dari satelit kurang dapat ditangkap secara maksimal.

Berikutnya, untuk receivernya, Anda bisa menggunakan K2000 atau Cartenz K2000. Nah, lalu untuk cara pasang K Vision parabola, Anda dapat menyimak beberapa tahapannya di bawah ini.

1. Pasang Disk Parabola K Vision

Tahapan pertama dalam cara pasang parabola mini K vision adalah memasang disk parabolanya. Berikut adalah langkah-langkah pemasangan disk parabola mininya.

  • Pertama, rakit semua bagian disk parabola dengan LNB secara benar.
  • Letakkan konektor LNB parabola ke arah bawah atau samping
  • Lanjutkan pasang tiang penyokong disk parabola di lokasi yang diinginkan
  • Pilihlah lokasi di tempat yang tidak terdapat penghalang seperti bangunan atau pohon
  • Pastikan penyokong parabola dipasang secara kuat serta tegak lurus.
  • Jika sudah sesuai, baut pengatur kemiringan jangan dikuatkan dulu
  • Lanjut pasang kabel antena ke LNB parabola dan Receiver dengan benar dan kuat.

Pemasang disk ini harus dilakukan secara benar dan berada di posisi yang tepat. Nantinya, hal ini akan menjadi salah satu penentu dari seberapa bagus kualitas sinyal siaran yang didapatkan.

2. Setting Receiver K Vision

Pengaturan receiver dari K Vision juga harus dilakukan secara benar dan tepat. Pengaturan pertama pada receiver bisa dilakukan dengan menambahkan satelit MEASAT 3A.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tekan menu di remote receiver Anda
  • Setelah itu, pilih “instalasi” dan “OK”
  • Lihatlah daftar satelitnya. Pilih satelit MEASAT 3A dengan tekan tombol merah di remote
  • Isilah parameter seperti nama satelit dan koordinat dari MEASAT 3A
  • Simpan satelit
Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Smart Sensor dan Jenis-jenisnya

Setelah berhasil menambahkan satelit, Anda dapat lanjut dengan menambahkan frekuensi transponder K Vision. Untuk melakukan hal tersebut, bisa ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Tekan menu di remote receiver
  • Pilih “Instalasi”
  • Pilih “Sat” di remote
  • Pilih tombol merah dan tambahkan frekuensi transponder baru.
  • Jika sudah, segera simpan transponder.

Untuk mengisi frekuensinya, Anda bisa mengikuti informasi berikut:

Frekuensi transponder : 12396 atau 12436

Polaritas : Horisontal ( H )

Symbol rate : 31000

Berikutnya, Anda tinggal melakukan setting frekuensi antena. Caranya tinggal masuk saja ke menu receiver dan pilih instalasi. Pilihlah satelit MEASAT 3A yang sebelumnya sudah ditambahkan.

Selanjutnya, bisa arahkan navigasi ke pengaturan antena. Kemudian, Anda dapat melakukan pengisian data frekuensi pada antena tersebut seperti berikut.

Frekuensi LNB : Universal (9750 – 10600)

DISECqC1.0 : Disable (Jika hanya menggunakan 1 lnb)

DISECqC1.1 : Disable

Power LNB : ON

Untuk data lainnya, Anda dapat membiarkannya dalam keadaan default. Setelah semuanya terisi sesuai cara di atas, simpanlah pengaturan antena tersebut dan jika sudah benar, maka akan terlihat level sinyal di indikator.

3. Tracking Arah Parabola Mini K-Vision

Tahapan terakhir pada cara pasang parabola mini K Vision adalah melakukan tracking arah dari parabola. Cara ini dilakukan untuk membuat sinyal yang didapatkan antena menjadi lebih kuat dan lancar.

Berikut adalah langkah-langkah untuk trackingnya:

  • Pertama, pastikan sinyal sudah menunjukkan angka kurang lebih 65%
  • Selanjutnya, Anda dapat mengarahkan disk parabola ke arah barat. Bisa juga gunakan kompas untuk mendapatkan arah lebih tepat.
  • Jika sudah, angkatlah disk parabola perlahan sampil memperhatikan kualitas sinyal pada indikator
  • Saat terlihat level sinyal muncul di indikator sinyal, Anda bisa gerakkan disk ke arah atas, bawah, kanan, atau kiri untuk mendapatkan kualitas sinyal paling tidak di angka lebih dari 65%.
  • Saat dirasa kuat sinyal sudah mencapai maksimal, maka bisa kuatkan baut pengaturan di disk parabola
  • Setelah itu, arahkan lagi remote ke receiver untuk pilih satelit MEASAT
  • Lakukan scan satelit MEASAT dengan cara tekan tombol berwarna biru untuk mencari channel siaran
  • Terakhir, tekan menu simpan supaya semua hasil pencarian siaran tadi tersimpan.
Baca Juga:  Nomor WA K Vision dan Aktivasi yang Perlu Diketahui Pelanggan

Berbagai tahapan yang sudah dijelaskan di atas dapat Anda ikuti secara perlahan saja. Pastikan semua langkah dilakukan dengan baik supaya tidak terjadi kesalahan dalam cara pasang parabola mini K Vision tersebut.

Bagi para pengguna baru dari K Vision, terlebih dahulu lakukanlah aktivasi receiver. Hal itu perlu dilakukan agar dapat memperoleh berbagai macam siaran menarik dari channel K Vision ini.

Apabila proses aktivasi sudah berhasil dilakukan, maka akan diberikan nomor ID pelanggan. Dengan nomor tersebut, Anda dapat memakainya saat hendak melakukan pembelian paket di K Vision.

Lakukanlah cara pasang parabola mini K Vision sesuai langkah yang sudah dijelaskan di atas. Cara tersebut terbilang cukup panjang sehingga Anda harus memperhatikan setiap detailnya agar tidak terjadi kesalahan.

Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan aktivasi dan pembelian paket agar bisa menikmati siarannya. Setelah itu, Anda sudah dapat menonton berbagai channel menarik K Vision bersama keluarga dengan nyaman.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment