Cara Perbaikannya Macam-macam Kerusakan pada Kipas Angin

Kipas angin adalah benda elektronik yang sering menjadi solusi untuk menyejukan udara saat cuaca sedang panas. Hampir setiap rumah pasti memiliki kipas angin, kipas angin dipilih sebagai alternatif penyejuk ruangan karena harganya yang relatif murah bila dibandingkan dengan AC. Lalu pernahkah Anda saat sedang nyaman-nyamannya menggunakan kipas tapi tiba-tiba terjadi kerusakan? Jika pernah, pasti anda sangat merasa sebal. Oleh karena itu perlu bagi Anda membaca artikel ini, supaya sedikit tahu tentang macam-macam kerusakan kipas angin dan bagaimana cara memperbaiki kerusakannya.

Kipas Angin Mati Total

Kerusakan pertama adalah kipas angin mati total, gejala dari kerusakan jenis ini sangat jelas yaitu perangkat elektronik tidak akan bekerja sama sekali dan lampu indikator perangkat pun mati. Penyebab kerusakan ini ada berbagai macam, namun paling sering terjadinya kerusakan ini karena ada aliran listrik pada kipas yang terputus. Berikut ini adalah cara memperbaiki kipas angin yang mati total.

  1. Pertama-tama saat terjadi kondisi kerusakan kipas angin yang mati total lakukan pemeriksaan bagian steker dan kabel.
  2. Untuk pemeriksaan siapkan alat ukur berupa multimeter, multimeter digunakan untuk mengetahui kondisi kipas angin apakah masih bekerja dengan baik atau tidak.
  3. Hubungkan ujung-ujung probe pada multimeter dengan kabel steker pada kipas angin.
  4. Apabila multimeter bergerak ke bagian kanan, lalu kembali lagi ke posisi awal dengan gerakan yang stabil. Maka itu berarti steker dan kabel masih dalam keadaan baik.
  5. Namun apabila jarum pada multitester bergerak secara tidak beraturan atau diam, artinya steker dan kabel rusak.
  6. Jika demikian dapat disimpulkan kerusakan ada pada kabel atau steker. Anda hanya cukup menyambungkan kabel yang terputus atau mengganti komponen steker yang rusak dengan yang baru agar kipas angin dapat kembali beroperasi.
Baca Juga:  Kenali Bagian-Bagian Mikroskop dan Fungsinya Sebelum Anda Gunakan

Kipas Angin Baling-baling Berputar tetapi Pelan

Pernahkah kipas angin Anda berputar tetapi sangat pelan? Penyebab pelannya putaran angin ada beberapa faktor, diantaranya adalah: kurangnya daya listrik yang mengalir, kapasitor yang rusak, As rotor sudah aus atau kotor, kumparan pada kipas angin tidak normal, thermostat bermasalah, gearbox rusak, kipas angin jarang dibersihkan, atau umur kipas angin yang sudah menua.

Jika penyebab lambatnya putaran baling-baling kipas angin karena kipas angin jarang dibersihkan dan kurangnya daya listrik yang mengalir, maka berikut ini adalah cara memperbaikinya:

  1. Periksa kestabilan tegangan listrik rumah menggunakan alat khusus seperti multitester atau AVO meter.
  2. Jika perputaran kipas angin yang pelan adalah karena disebabkan oleh daya listrik yang rendah. Anda dapat memasang stabilizer untuk menstabilkan tegangan.
  3. Setelah tegangan listrik normal, beri pelumas pada bagian poros kipas angin agar tidak kering.

Kipas Angin Tidak dapat Berputar

Kerusakan kipas angin yang tidak dapat berputar disebabkan oleh sekring atau fuse pada kipas angin yang terputus. Sekring merupakan suatu komponen pengaman dalam peralatan elektronik, dalam pengaplikasiannya pada kipas angin digunakan sebagai pengaman dari panas yang berlebihan sehingga akan melindungi kumparan supaya tidak terbakar. Cara kerja sekering adalah sekring akan memutus aliran listrik saat terjadi kondisi kumparan terlalu panas, untuk memastikan kondisi sekring dapat dilakukan pengukuran dengan multimeter.

Kipas Angin Berdengung

Kipas angin yang berdengung sedikit mengganggu pendengaran karena bunyinya yang berisik, penyebab kerusakan ini biasanya karena baut listrik ada yang kendur atau ada bagian porong yang kering. Berikut adalah cara memperbaikinya:

  1. Langkah awal periksa posisi baut pada kipas angin.
  2. Apabila baut longgar, kencangkan dengan menggunakan obeng.
  3. Beri pelumas pada kumparan supaya bagian tersebut tidak kering dan macet.
Baca Juga:  Apakah Yang Dimaksud Dengan Bridge di Jaringan Komputer? Berikut Cara Kerja Dan Fungsinya

Kipas Angin Konslet

Kondisi Kipas angin konslet terjadi karena adanya masalah pada salah satu komponen dari kipas angin. Cara memperbaiki kipas angin konslet dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Periksalah kabel bagian steker dan stop kontak. Jika terdapat kerusakan, Anda hanya perlu mengganti komponen tersebut.
  2. Periksalah sirkuit dan pastikan sirkuit tersambung dengan benar.
  3. Cek kondisi sikring kipas, apabila tidak berfungsi Anda dapat menggantinya.
  4. Setelah itu periksalah sambungan kabel di bagian dalamnya apakah mengalami konsleting, jika terdapat sambuat yang konslet maka perbaiki kabel tersebut.
  5. Jika semua bagian sudah diperiksa, lakukan perawatan untuk mengurangi gejala kerusakan lain yang akan timbul. Bersihkan debu dan kotoran pada kipas angin, dan berikan pelumas pada mesin supaya tidak terjadi kemacetan pada kipas.

Kipas Angin Panas (Overheating)

Ada beberapa macam penyebab kipas angin mudah panas diantaranya adalah bushing pada kipas sudah aus, penumpukan debu, korsleting pada motor, motor kipas yang rusak, dan terjadi kebocoran. Setelah Anda mengetahui beberapa penyebab dari kerusakan kipas angin yang overheating, Anda sudah bisa melakukan langkah sederhana untuk mengatasinya jika penyebab kerusakan karena penumpukan debu. Tetapi jika masalahnya terletak pada bagian motor dan jalur listriknya, lebih baik Anda menghindarinya dan service kipas angin pada ahlinya.

Membersihkan Debu

  1. Buka casing kipas dan lepaskan bilah.
  2. Buka sekrup dengan hati-hati.
  3. Lepaskan penutup motor.
  4. Periksa apakah kondisi motor telah menumpuk debu. Debu menyebabkan kipas terseret tanpa henti dan karenanya menjadi terlalu panas.
  5. Bersihkan debu, berhati-hatilah agar tidak merusak sirkuit dan kabel.
  6. Jika semua sudah dibersihkan, maka merangkai kembali kipas seperti sedia kala.

Membersihkan Bushing

  1. Lepaskan semua sekrup yang menahan motor ke badan kipas.
  2. Tarik keluar motor dengan hati-hati supaya tidak merusak koneksi kabel yang terhubung.
  3. Umumnya kipas mempunyai satu bushing di depan dan satu di belakang.
  4. Untuk melakukan pencopotan bushing bergantung pada jenis bushing yang digunakan di dalam kipas.
  5. Beberapa dari mereka dapat dilepas menggunakan tang hidung, sementara beberapa membutuhkan obeng datar. Setelah bushing dibersihkan, rangkai kembali kipas angin seperti semula.
Baca Juga:  Karakter Kapasitor Milar dan Penerapannya

Itu dia beberapa macam kerusakan yang terjadi pada kipas angin, dan penjabaran tersebut dilengkapi dengan langkah-langkah yang bisa dilakukan Anda untuk memperbaikinya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca, jangan bosan untuk mampir kesini dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment