3 Cara Sharing Printer Windows 7 yang Mudah diLakukan 

Jika kamu adalah pengguna PC dengan Windows 7 maka kamu dapat sharing printer dengan beberapa perangkat menggunakan wifi. Sharing printer ini tentu mempunyai banyak manfaat ternyata pekerjaan yang dapat dilakukan dengan hemat dan efisien.

Berikut ini adalah cara sharing printer windows 7 menggunakan wifi yang perlu kamu ketahui. Simak ulasannya dibawah ini .

Apa itu Sharing Printer?

Sharing printer adalah pengaturan untuk printer agar dapat melakukan proses cetak secara bersama pada beberapa komputer yang ada di satu jaringan LAN atau wifi. Saat ini sharing printer sudah banyak diaplikasikan dalam berbagai tempat atau institusi seperti sekolahan, bank, warnet, kantor dan lainnya. Sharing printer ini dapat dilakukan mulai dari dua komputer.

Cara Sharing Printer Windows 7

Saat ingin melakukan sharing printer seseorang harus  melakukan pengaturan dari printer yang akan digunakan, pengaturan tersebut memuat komputer master dan client. Selain itu pengguna juga harus paham dengan cara print serta penginstalan driver di komputer. Memastikan komputer yang akan digunakan terlebih dulu dengan jaringan yang sama juga menjadi hal yang penting saat akan melakukan sharing printer.

Syarat Sharing Printer

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan melakukan sharing printer. Berikut adalah beberapa syarat yang perlu kamu lakukan :

  • Setiap komputer harus sama-sama berada dalam jaringan LAN yang saling terhubung.
  • Satu komputer telah terhubung dengan printer dan nantinya akan disebut sebagai komputer master.
  • Komputer yang lain tidak terhubung dengan printer dan akan disebut sebagai komputer client.

Kelebihan sharing printer

Sharing printer mempunyai beberapa kelebihan sehingga hal ini perlu dilakukan. Berikut ini adalah manfaat dan kelebihan dari sharing printer :

  • Sharing printer memungkinkan setiap orang untuk dapat mencetak dokumen dengan satu printer dari berbagai perangkat dalam satu jaringan.
  • Dengan sharing printer proses dari mencetak data serta dokumen akan cenderung menghemat waktu. Proses ini lebih efisien karena menghemat tenaga serta biaya yang akan dikeluarkan.
  • Sharing printer akan menghemat ruangan sehingga berguna jika digunakan pada beberapa lembaga seperti sekolah, kantor, bank dan lainnya. Hal ini karena setiap orang akan memerlukan printer sebagai mesin cetak file sehingga tanpa harus memiliki banyak printer, satu saja sudah cukup dan pastinya menghemat ruangan.
Baca Juga:  11 Cara Menghapus File Sampah Di Laptop yang Bikin Lemot

Kekurangan Sharing Printer

Meski mempunyai beberapa kelebihan, sharing printer juga memuat berbagai kekurangan seperti kondisi komputer yang digunakan harus selalu menyala. Komputer dapat mati jika mempunyai port LAN, jika tidak maka komputer harus tetap menyala. Selain itu, lebih baik menggunakan komputer dengan kualitas terbaik karena kebutuhan dari mencetak akan begitu banyak secara terus menerus. Komputer yang baik akan mengurangi resiko kerusakan dari perangkat.

Pemantauan kondisi jaringan juga harus selalu stabil dan bagus. Jika kondisi jaringan bagus maka proses dari sharing data akan berjalan lancar tanpa adanya halangan. Kondisi jaringan yang buruk akan membuat pengguna tidak dapat melakukan proses sharing serta pencetakan dokumen.

Cara Sharing Printer dengan Windows 7

Berikut ini adalah beberapa cara sharing printer di windows 7 yang dapat kamu lakukan :

Aktifkan file dan menu printer sharing

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaktifkan fitur sharing yang berada di printer. Kamu dapat klik tombol start terlebih dulu dan pilih menu “ device & printer “. Selanjutnya pada layar tampilan komputer akan muncul berbagai jendela yang memuat macam-macam jenis perangkat bizzie. Klik kanan yang ada di printer kemudian pilih menu “ printer properties “.

Setelah itu akan muncul kotak dialog, lanjutkan dengan mengetuk tab “ sharing “ . kamu dapat memberikan ceklis pada opsi “ share this printer “ berikan nama dari printer di kolom bawah. Pemberian nama ini mempunyai tujuan agar perangkat dapat dengan mudah memindai printer. Tutorial ini akan membuat sharing printer windows 7 semakin mudah.

Kamu juga dapat membiarkan bagian di bawah kolom kosong. Jika kamu tidak menamainya maka sistem akan memberikan nama secara gratis. Jika semua sudah selesai kamu dapat memberikan klik pada kolom “ apply”. Dengan cara ini printer akan terhubung dengan jaringan LAN komputer.

Baca Juga:  4 Ways to Check JPJ Summons via Online and SMS

Instal printer di perangkat pertama

Jika pada langkah pertama adalah mengaktifkan sharing printer, maka cara selanjutnya adalah menghubungkannya dengan komputer lain. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetuk menu “ device & start menu “. Jika sudah kamu akan dihadapkan dengan tampilan beberapa jendela dengan pilihan yang beragam. Klik opsi di kolom “ add a printer “. Terkadang akan ada menu untuk tulisan tambahan di bagian paling atas.

Tujuan dari cara ini adalah untuk menambahkan printer yang akan dibagikan ke perangkat lain. Jendela yang muncul ini akan memberikan beberapa opsi jenis printer yang harus kamu tambahkan. Selain itu, pada opsi kedua akan muncul “ local printer “ kamu dapat memilih kedua opsi dan lanjutkan ke menu “ next”. Selanjutnya kamu dapat memilih opsi dari berbagai printer yang akan digunakan.

Jika printer kamu belum terdaftar sebelumnya, kamu dapat menggunakan opsi “ browse for a printer “. Setelah itu kamu akan menemukan beberapa opsi dari printer dan tunggu beberapa saat sampai benar-benar terdeteksi merk printer yang akan digunakan. Setelah ditemukan kamu dapat melihat beberapa jenis dari printer yang akan terhubung pada jaringan. Pilih salah satu jenis yang sedang kamu inginkan pada sharing printer.

Tunggu proses penyambungan selesai kemudian lakukan test page jika ketika jendela muncul. Tets page ini bertujuan agar komputer yang digunakan benar-benar tersambung dengan jaringan. Jika sudah terhubung klik kolom dengan tulisan “ finish”.

Instal printer pada kedua komputer

Cara berikutnya yang dapat kamu lakukan untuk melakukan sharing printer pada windows 7 adalah menginstal printer pada kedua komputer. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuka windows explorer (CTRL E). Langkah ini perlu kamu lakukan untuk kedua client komputer. Jangan lupa untuk memasukkan alamat IP komputer yang ada di bagian “ address bar”. Jika kamu tidak mengetahui alamat IP dari komputer, klik opsi “ network” yang ada di sebelah kiri.

Baca Juga:  Check Police Summons Using Vehicle Number by Online and SMS

Setelah itu, akan muncul beberapa daftar komputer yang ada di jaringan. Buka komputer master yang ada di printer hingga semua bagian terbuka dan muncul berbagai macam folder jenis printer agar sharing dapat dilakukan. Klik kanan pada printer yang akan digunakan kemudian pilih “ opsi connect” lanjutkan dengan mengikuti seluruh proses instalasi sampai selesai.

Demikian cara sharing printer windows 7 yang dapat kamu lakukan. Setelah itu kamu dapat mencetak dokumen dengan jaringan . pilih jenis printer yang akan kamu gunakan untuk sharing. Sementara itu nama dari printer akan diawali dengan nama komputer di bagian utama atau masternya. Semoga artikel ini membantu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment