Kecanggihan yang Ada pada Microsoft Word yang Paling Menonjol

Saat ini bisa dibilang jika Microsoft Word itu memiliki peranan yang sangat krusial dalam menunjang aktivitas belajar para siswa. Hal itu dikarenakan banyak sekali kelebihan dari software tersebut. Salah satu kecanggihan yang ada pada Microsoft Word adalah bisa digunakan untuk membuat laporan ilmiah.

Dengan begitu kamu tidak perlu lagi capek-capek menulisnya di dalam buku. Namun faktanya bukan hanya itu saja masih banyak lagi kelebihan lainnya dari software Microsoft Word tersebut. Lantas apa saja kelebihan dari Microsoft Word itu?.

Tiga Kelebihan Microsoft Word yang Perlu Diketahui

Meskipun aplikasi Microsoft Word ini sudah ada sejak lama yakin pada tahun 1983, namun sampai sekarang software tersebut masih sangat diminati karena memiliki banyak sekali kelebihan. Adapun beberapa kelebihannya seperti berikut ini.

Telah Terintegrasi dengan Berbagai Aplikasi

Salah satu kecanggihan yang ada pada Microsoft Word adalah sudah terintegrasi dengan aplikasi Excel. Dengan begitu nantinya ketika kamu membuka spreadsheet di Excel, maka bisa langsung mengcopy paste isinya ke dalam tabel yang ada di aplikasi Microsoft Word.

Hal ini tentunya sangat membantu terutama bagi seseorang yang bekerja sebagai accounting. Bukan hanya Excel saja, namun di sini para pengguna juga bisa menghubungkan Microsoft Word itu dengan berbagai aplikasi lainnya seperti PowerPoint, Outlook, OneNote dan lain-lain.

Mudah Ditemukan

Kehadiran Microsoft Word di tengah-tengah masyarakat ini juga terbukti sangat membantu dalam hal menyimpan dokumen atau mengerjakan file di komputer. Hal itu bisa terjadi dikarenakan aplikasi pengolah kata ini sangat mudah ditemukan. Bahkan untuk mendapatkannya bisa dilakukan cukup dengan mendownloadnya di Play Store yang kemudian diinstal di perangkat Android.

Memiliki Sifat Kompatibilitas

Keunggulan berikutnya dari aplikasi pengolah kata Microsoft Word yaitu memiliki sifat kompatibilitas. Berkat sifat kompabilitasnya itu membuat Microsoft Word ini bisa diakses dengan berbagai macam versi aplikasi. Meskipun begitu ada juga beberapa fitur dari Microsoft Word yang tidak didukung oleh versi terdahulu.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word yang Perlu Kamu Ketahui

Adapun fitur yang dimaksud itu yakin equations. Perlu diketahui bahwa fitur equations itu nantinya akan berubah menjadi gambar jika kamu buka di versi Microsoft Word yang lama.

Mampu Menyempurnakan Tulisan

Nantinya ketika digunakan secara otomatis aplikasi pengolah kata itu akan memberikan garis berwarna merah jika ketikan atau ejaan yang kamu buat salah. Dengan begitu kamu tidak perlu repot-repot lagi untuk mengeceknya ketika selesai mengetik. Hal ini tentunya bisa menghemat waktu dan tenaga bukan?. Bukan hanya itu saja namun aplikasi pengolah kata ini juga mampu membenahi kesalahan pada kata dan struktur kalimat yang terdapat di dalam dokumen.

Kecanggihan yang Ada pada Microsoft Word

Mengetahui Beberapa Fungsi dari Microsoft Word

Selain bisa digunakan untuk membuat laporan ilmiah, ternyata masih banyak lagi fungsi lainnya dari Microsoft Word tersebut. Adapun beberapa fungsi dari Microsoft Word yang perlu kamu ketahui seperti berikut ini.

Membuat Dokumen

Di dalam  aplikasi pengolah kata ini nantinya para pengguna bisa membuat dokumen apa saja sesuai keinginan masing-masing. Adapun beberapa dokumen yang bisa dibuat menggunakan Microsoft Word tersebut seperti makalah, skripsi, cerpen, surat lamaran kerja, proposal, newsletter hingga katalog.

Bahkan menariknya lagi aplikasi pengolah kata ini bisa dimanfaatkan untuk membuat CV. Hal itu bisa terjadi dikarenakan di dalam aplikasi ini telah dilengkapi dengan berbagai template gratis.

Untuk Mengedit Dokumen

Di samping bisa digunakan untuk membuat berbagai macam file, aplikasi pengolah kata ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengedit dokumen. Contohnya ketika kamu salah mengetik kata, maka untuk memperbaikinya cukup dengan menghapusnya memakai tombol backspace.

Dalam hal ini untuk meminimalisir kesalahan penulisan pada Microsoft Word juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan menu review. Adapun beberapa kesalahan yang bisa diperbaiki melalui menu review itu seperti typo, grammar dan spelling.

Baca Juga:  14 Nama Peralatan untuk Instalasi Listrik dan Fungsinya

Membuat Tabel

Sama halnya dengan excel, Microsoft Word ini juga bisa digunakan untuk membuat tabel. Bahkan di sini para pengguna bisa memodifikasi tabel itu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Untuk cara membuat tabel di Microsoft Word sendiri juga tidaklah terlalu sulit yakin kamu hanya perlu mengklik menu insert, kemudian memilih opsi table. Terakhir tinggal memasukkan baris dan kolom di tabel yang dibuat tersebut.

Untuk Memformat Dokumen

Pada aplikasi pengolah kata ini nantinya para pengguna juga bisa melakukan formating  dokumen seperti mengubah teks menjadi bold, italic, underline dan lain-lain.

Bukan hanya itu saja namun kamu juga dapat menambahkan nomor halaman, mengubah tampilan, menyisipkan gambar maupun mengedit header dan footer. Nantinya setelah proses pemformatan selesai dilakukan bisa langsung menyimpan file tersebut dengan cara menekan opsi save.

Untuk Mencetak Dokumen

Seperti yang sudah diketahui bahwa Microsoft Word itu mempunyai slogan yang berbunyi “what you see is what you get”. Ternyata maksud dari slogan tersebut adalah apapun yang kamu tulis  bisa dilihat di lembar kerja. Itulah yang membuat kamu bisa mencetak dokumen dari Microsoft Word.

Untuk mencetaknya sendiri di sini para pengguna hanya perlu menekan opsi file dan memilih tombol print. Setelah itu secara otomatis dokumen yang ada di Microsoft Word akan tercetak dalam wujud lembaran kertas.

Apa Saja Fitur-Fitur yang Terdapat pada Microsoft Word Itu?

Untuk fitur yang ada pada Microsoft Word sendiri bisa dibilang sangatlah lengkap. Maka dari itu wajar jika saat ini banyak orang menggunakan aplikasi tersebut termasuk para pekerja kantoran. Adapun beberapa fitur yang bisa ditemukan pada Microsoft Word seperti berikut ini.

  • Spelling & Grammar merupakan fitur yang berfungsi untuk menghindari kesalahan penulisan.
  • Co author office files merupakan fitur yang memungkinkan para penggunanya bisa mengerjakan dokumen secara bersamaan dengan teman kerja.
  • Translate tool merupakan fitur yang berfungsi untuk menerjemahkan dokumen ke bahasa lainnya.
  • Find and Replace merupakan fitur yang berfungsi untuk mengubah dan menemukan kata pada dokumen.
Baca Juga:  Pengertian HSD: Jenis, Penggunaan Serta Harga Terbarunya

Mengetahui Kekurangan dari Aplikasi Microsoft Word

Ternyata di balik kepopulerannya, aplikasi Microsoft Word ini juga memiliki beberapa kekurangan. Tetapi kekurangan yang ada pada Microsoft Word ini tidak terlalu fatal sehingga masih bisa ditoleransi. Adapun beberapa kekurangan dari Microsoft Word seperti berikut ini.

  • Microsoft Word bisa memakan ruang penyimpan hardisk hingga 16 GB.
  • User interface yang kerap di update setiap beberapa tahun. Dengan begitu mengharuskan pengguna lama untuk selalu mengetahui versi terbarunya agar tidak ketinggalan zaman.
  • File jenis baru pada Microsoft Word menggunakan ekstensi docx, sehingga untuk software versi 2003 filenya akan rusak.
  • Microsoft Word termasuk ke dalam software berbayar.
  • Bisa mempengaruhi kinerja perangkat menjadi lebih lemot.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa salah satu kecanggihan yang ada pada Microsoft Word adalah bisa digunakan untuk membuat dokumen dengan mudah.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment