Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay dengan Mudah

Masih ada beberapa orang yang belum mengetahui bagaimana cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay. Kulkas memang menjadi salah satu barang elektronik yang cukup banyak digunakan di rumah tangga.

Pada dasarnya, relay merupakan sebuah komponen pada kulkas yang berfungsi untuk melindungi mesin. Jadi, ketika sewaktu-waktu terjadi arus listrik yang tidak stabil, maka hal tersebut bisa segera diantisipasi.

Apabila terjadi masalah pada komponen tersebut, maka banyak orang merasa takut untuk menghidupkan compressor kulkas. Oleh karena itu, jika Anda mengalami masalah serupa, silakan simak pembahasan lengkap berikut ini.

Cara Kerja Relay PTC Kulkas

PTC relay kulkas pada kompresor

Sebelum berlanjut ke pembahasan utama, mungkin akan lebih baik jika Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja dari relay ini. Relay PTC atau Positive Temperature Coefficient merupakan komponen yang berfungsi memberikan arus listrik menuju kumparan starting kompresor.

Apabila dinamo pada kompresor telah berputar, maka arus listrik ke arah kumparan tersebut nantinya akan diputus oleh relay tersebut. Jadi, bisa dibilang PTC merupakan resistor dengan nilai yang berubah tergantung dari suhu pada resistor.

Secara perhitungan, hambatan yang terdapat pada PTC berbanding lurus dengan penambahan suhu penampang resistor. Apabila suhu pada resistor semakin tinggi, artinya nilai hambatan juga akan menjadi lebih besar dan sulit dilewati arus listrik.

Pengertian dan Fungsi Relay Overload

Relay overload merupakan komponen penting dalam perangkat elektronik, khususnya kulkas atau alat pendingin lainnya. Pada dasarnya, cara kerjanya hampir mirip dengan MCB, hanya saja fungsi overload kulkas adalah sebagai pelindung kompresor.

Overload terletak menempel pada bagian kompresor. Ada beberapa model overload yang biasa ditemui, yakni yang dapat dilepas atau menggunakan soket. Meski begitu, ada pula jenis yang menggunakan model tanam, yakni dipasang atau ditanam langsung pada kompresor.

Fungsi utama dari relay overload adalah mengontrol suhu kulkas. Ketika terjadi kelebihan beban listrik atau suhu kompresor terlalu panas, komponen ini akan memutuskan arus listrik. Ketika suhu mesin sudah normal kembali, maka relay overload akan menyala lagi.

Baca Juga:  Mengenal Apa Itu Mesin Cuci, Jenis-jenis dan Bagian-bagiannya

Cara Kerja Overload

Selain PTC, Anda juga perlu memahami tentang overload kompresor kulkas. Berbeda dengan sebelumnya, overload mempunyai fungsi mencegah adanya kerusakan yang terjadi pada kumparan kompresor yang disebabkan oleh panas berlebih.

Salah satu penyebab adanya panas berlebih pada kompresor adalah ketika beban terlalu besar atau oli pendingin yang mengering. Jika diperhatikan, di bagian dalam overload Anda dapat melihat sebuah switch atau relay dengan logam bimetal.

Komponen tersebut berfungsi menghubungkan atau memutuskan arus listrik yang mengalir. Ketika berada di dalam suhu normal, relay overload ini akan menghubungkan arus listrik ke kompresor. Sementara itu, saat suhu panas, logam bimetal akan memuai, melengkung, dan mengaktifkan relay sehingga memutuskan aliran listrik.

Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay

cara menghidupkan kompresor tanpa relay

Sebenarnya cara menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay tidak terlalu sulit. Sebelumnya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa terdapat tiga terminal socket yang terdapat pada kompresor, yakni terminal starting, com, dan running dengan fungsi berbeda-beda.

Yang pertama adalah kumparan starting. Fungsi utama dari kumparan tersebut adalah membantu ketika kompresor menyala pertama kali. Ketika kumparan running sudah bekerja, maka kumparan starting tidak akan berfungsi lagi.

Biasanya kumparan starting dikendalikan relay PTC dengan tidak adanya kumparan starting. Oleh sebab itu, kompresor pada kulkas tidak dapat bekerja dengan normal jika relay PTC mengalami kerusakan. Berikut adalah langkah menghidupkan kompresor tanpa relay.

  • Sambungkan terminal dengan running menggunakan colokan listrik
  • Pastikan untuk tidak menghubungkan arus listrik terlebih dahulu
  • Persiapkan kabel untuk starting
  • Sambungkan ujung kabel ke bagian terminal running
  • Sambungkan menuju listrik agar arus dapat masuk ke kumparan running
  • Hubungkan bagian ujung kabel menuju terminal starting
  • Tunggu hingga compressor mulai menyala
  • Lepas kabel
Baca Juga:  TV Digital: Pengertian, Standar, dan Jenis-Jenisnya.

Satu hal penting yang harus benar-benar diperhatikan ketika menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay adalah usahakan untuk tidak terlalu lama saat menghubungkan kabel menuju terminal starting. Hal tersebut dikarenakan potensi terjadi kerusakan pada compressor akan jauh lebih besar.

Fungsi PTC pada Kulkas

Ada beberapa fungsi PTC kulkas yang perlu diketahui. Seperti telah dijelaskan di bagian awal, PTC memiliki fungsi utama sebagai relay yang bekerja tergantung dari temperatur. Saat suhu naik, maka resistensi akan ikut naik sehingga listrik akan terputus saat suhu terlalu tinggi.

Dengan kata lain, bisa juga dikatakan bahwa PTC ini mempunyai fungsi dalam mengendalikan aliran listrik yang akan masuk ke lilitan bantu. Saat kulkas belum mulai bekerja, maka nilai resistansi PTC akan rendah karena suhu masih sama dengan lingkungan.

Sementara itu, saat arus listrik sudah mulai mengalir melalui PTC, nilai resistansi tersebut akan mulai naik seiring peningkatan suhu. Di waktu yang sama, putaran rotor yang terdapat pada compressor juga menjadi lebih cepat hingga mencapai kecepatan maksimal.

Ketika rotor berputar hingga maksimal, nilai resistansi menjadi sangat tinggi. Akibatnya, hanya lilitan utama saja yang akan mendapatkan aliran listrik. Salah satu kerusakan yang kerap terjadi di PTC adalah kepingan yang pecah karena perubahan suhu terlalu sering.

Cara Mengecek PTC Relay pada Kulkas

Mungkin saat ini Anda juga sedang mencari tahu bagaimana cara cek PTC relay kulkas. Secara umum, cara ini dibagi menjadi dua langkah, yakni sebagai berikut.

1. Langkah pertama

Untuk langkah pertama, silakan Anda cek kondisi piringan apakah kondisinya masih baik. Buka bagian penutup PTC di bagian konektor terminal dan Anda akan melihat piringan di bagian tengah. Apabila piringan tersebut masih utuh dan berwarna abu-abu, artinya kondisinya bagus, sedangkan jika berwarna hitam artinya sudah terbakar.

Baca Juga:  Rekomendasi 10 Merk Smartwatch Terbaik Dibawah 1 Juta yang Wajib Dimiliki

2. Langkah kedua

Setelah itu, Anda juga perlu mengecek hambatan piringan menggunakan multimeter. Lakukan pada konektor terminal S dan juga terminal R dalam suhu ruangan. Jangan lupa untuk memperhatikan nomor seri ketika akan mengganti start relay.

Cara Memasang Kabel Kompresor pada Kulkas

Mengenai cara pasang kabel kompresor kulkas, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak poin-poin penting di bawah ini.

  • Pastikan kulkas dalam keadaan mati
  • Tarik keluar dari dinding
  • Cari akses menuju compressor di bagian belakang
  • Lepaskan kabel compressor kulkas yang rusak
  • Ambil dan pasang kabel compressor yang baru
  • Hidupkan kulkas
  • Perhatikan apakah compressor berfungsi dengan normal
  • Selesai

Cara Menguji Kompresor Kulkas Inverter Tanpa Modul

Mengetahui cara tes kompresor kulkas inverter tanpa modul memang cukup penting. Hal tersebut dikarenakan tes kompresor jenis ini sulit didapatkan dan biayanya cukup tinggi. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Matikan kulkas terlebih dahulu
  • Cabut kabel dari stop kontak
  • Buka bagian belakang kulkas
  • Cari akses menuju kompresor
  • Lepas kabel yang menghubungkan kompresor
  • Siapkan dan ambil multimeter
  • Atur di skala Ohm
  • Hubungkan multimeter ke kabel yang terhubung ke kompresor
  • Perhatikan nilai resistansinya
  • Jika hasil mendekati 0 Ohm, artinya kompresor rusak
  • Jika hasil berbeda-beda tiap kabel, artinya kompresor masih normal
  • Selesai

Kesimpulan

Bisa dikatakan bahwa relay pada kompresor kulkas mempunyai peran yang sangat penting, yakni memastikan alat tetap aman saat berada di suhu tinggi. Meskipun tidak dapat berfungsi maksimal, Anda tetap bisa menghidupkan kompresor kulkas tanpa relay. Namun, pastikan untuk selalu berhati-hati dan jika perlu minta bantuan tukang servis jika mengalami kesulitan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment