Ciri Thermostat Kulkas Rusak dan Cara Mengatasinya

Lemari pendingin mempunyai fungsi yang penting dalam rumah tangga untuk menjaga makanan dan minuman tetap segar. Namun seiring dengan penggunaan, sering terjadi masalah kulkas rusak salah satunya pada komponen thermostat.

Pada lemari es baik jenis 1 atau 2 pintu, akan diberikan fitur thermostat dimana mempunyai fungsi untuk mengendalikan kinerja komponen kompresor lewar elemen pendeteksi suhu yang berada di dalam freezer box.

Komponen thermostat mempunyai cara kerja yang otomatis untuk mengatur dan menjaga suhu kulkas dalam keadaan optimal. Dengan demikian, apabila Anda menemukan kendala pemakaian, seperti lemari es jadi tidak dingin, perlu segera mengecek keadaan thermostat karena ditakutkan terjadi kerusakan.

Ciri Thermostat pada Kulkas yang Rusak

Ciri Thermostat Kulkas Rusak

Keberadaan pengatur temperatur otomatis kulkas sangat penting agar suhu di dalamnya tidak dingin atau terlalu dingin. Apabila terjadi keanehan suhu pada kulkas, maka Anda dapat cek ciri-ciri thermostat kulkas rusak sebagai berikut.

1. Suhu Tidak Dingin

Bagian pengatur suhu satu ini apabila terjadi kerusakan akan membuat kulkas menjadi tidak dingin sama sekali. Dengan begitu, makanan atau minuman yang disimpan akan menjadi basi.

2. Suhu Kurang Dingin

Pada ciri ciri thermostat rusak berikutnya adalah lemari es menjadi kurang dingin dimana titik suhu dingin menjadi tidak maksimal seperti biasanya.

3. Bunga-Bunga Es Bermunculan

Tahukah Anda ciri kulkas tanpa bunga es adalah suhu yang berjalan normal. Namun, jika suhu tidak stabil dan terjadi kerusakan di thermostat, kemungkinan bunga-bunga es tersebut justru akan semakin menjamur.

4. Kompresor Tidak Nyala

Kompresor bekerja untuk mengalirkan gas Freon pada pipa kapiler, sehingga ciri ciri kompresor kulkas normal adalah menyala dan mati secara otomatis sesuai kinerjanya. Apabila terus-terusan menyala, menjadi tanda adanya kerusakan.

Baca Juga:  4 Jenis Transistor: Fungsi, Prinsip Kerja Serta Klasifikasinya

Bagaimana Bentuk dari Thermostat pada Kulkas

Bagi orang awam, komponen-komponen di dalam lemari pendingin akan terasa sangat rumit dan kompleks untuk dipahami. Namun, supaya dapat mendeteksi kerusakan sejak dini, Anda perlu mengetahui apa itu thermostat.

Thermostat yang merupakan bagian dari kulkas dengan fungsi mengatur suhu otomatis ini biasanya berbentuk kotak. Pada komponen satu ini, juga terdapat pipa sensor yang menjulur dimana berisi gas sehingga mampu mengontrol temperature lemari es dengan optimal.

Keberadaan dari thermostat ini adalah di bagian dalam lemari pendingin dimana lebih tepatnya di bagian sisi samping atau tengah kulkas. Letak dari komponen tersebut berbeda-beda dimana tergantung dari brand/merk dalam meletakkannya.

Cara untuk Mengecek Kondisi Thermostat

Secara umum, lemari es mempunyai dua buah terminal kabel dimana akan langsung terhubung dengan kompresor dan arus aliran listrik. Pada komponen satu ini, terdapat switch yang terkoneksi dan memutus sambungan ke terminal kabel sebelumnya.

Dalam melakukan pengecekan pada thermostat, Anda memerlukan alat bernama multimeter serta siapkan satu mangkuk air es. Air es ini nantinya akan digunakan untuk mengetahui kondisi suhu apakah thermostat masih bekerja dengan baik atau tidak.

Berikut adalah langkah-langkah mudah pengecekan dimana bisa dilakukan sendiri di rumah atau menggunakan jasa dari ahli atau teknisi.

  • Lepas thermostat lemari pendingin yang berada di dalamnya baik di bagian tengah atau samping
  • Lepaskan soket terminal kabel yang tersambung ke bagian pengatur suhu tersebut
  • Lepaskan komponen pipa sensor suhu di bagian evaporator
  • Thermostat yang sudah lepas, biarkan saja sampai suhunya menjadi suhu ruang/luar
  • Lakukan pengukuran hambatan arus di kedua terminal memakai alat multimeter dengan skala Ohm
  • Untuk keadaan normal, maka jarum multimeter akan menunjuk atau bergerak ke arah kanan
  • Masukkan ujung pipa sensor ke air es yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Normalnya, jarum multimeter akan kembali ke arah kiri
Baca Juga:  Kode Warna Resistor 100k dan Cara Membacanya

Cara Mengatasi Thermostat yang Rusak

Cara Mengecek Keadaan Thermostat Kulkas

Selain proses pengecekan seperti sebelumnya, Anda juga dapat melakukan beberapa tips atau cara mengatasi kerusakan pada thermostat seperti di bawah ini.

1. Melakukan Proses Defrosting

Mengecek keadaan thermostat supaya kondisinya tetap stabil dan bekerja secara normal adalah dengan melakukan proses defrosting. Ini merupakan kegiatan mencairkan es di dalam lemari pendingin dengan memaksa kompresor berhenti bekerja.

2. Mengukur Tingkat Suhu

Mengatasi kerusakan pada thermostat kulkas 2 pintu berikutnya adalah dengan melakukan pengukuran suhu di dalam lemari es sesuai dengan tingkatan dan aturan yang tepat. Umumnya, semakin tinggi angka pada knop, maka semakin rendah suhu di dalam lemari pendingin.

3. Menyetel dengan Benar

Meyetel suhu dengan benar harus diperhatikan supaya thermostat tidak mengalami kerusakan yang parah. Jika lingkungan penempatan kulkas suhunya rendah, maka tekanan gas akan menurun sehingga semakin turun nilai tekanannya, maka suhu lemari es juga turun sesuai sensornya.

Perbedaan Thermostat Kulkas 1 dan 2 Pintu

Pada thermostat kulkas 1 pintu mempunyai fungsi yang sama dengan jenis 2 pintu yaitu mengatur suhu agar lemari pendingin mampu menjaga kondisi makanan atau minuman di dalamnya secara optimal. Namun, terdapat beberapa perbedaan dari keduanya.

Perbedaan dari kedua jenis kulkas 1 dan 2 pintu untuk komponen thermostat adalah pada sistem relay timer. Untuk tipe kulkas 2 pintu, timer atau pengatur waktu juga mempunyai fungsi untuk mengendalikan kinerja defrost.

Ketika suhu dingin sudah tercapai pada angka tertentu, maka relay timer akan memutus aliran listrik menuju kompresor untuk kemudian memindahkannya pada defrost. Defrost akan bekerja untuk memanaskan freezer supaya mencegah pertumbuhan bunga-bunga es.

Tips Setting Thermostat Kulkas

Atur Setting Thermostat dengan Tepat Agar Tidak Mudah Rusak

Supaya bisa memperoleh temperature pada lemari pendingin yang optimal, maka perlu melakukan setting yang tepat dan benar. Apabila dilakukan secara asal-asalan, tentu saja membuat kinerja kulkas menjadi tidak karuan sehingga menjadi cepat rusak.

Baca Juga:  Arti Kode Error Kulkas Samsung Inverter

Apabila Anda akan memutar knop lemari pendingin ke arah kanan, maka suhunya akan menjadi semakin dingin. Begitu juga sebaliknya, apabila mengaturnya ke arah kiri, tentu suhu akan semakin tinggi atau berkurang.

Secara umum atau standar, seperti pada kulkas 2 pintu, thermostat akan disetting pada level medium atau sedang, yaitu di angka 3. Namun, apabila Anda merasa kurang dingin, dapat menyetel uang dengan putar knop menuju arah kanan supaya temperaturnya menjadi rendah.

Mengganti Thermostat yang Rusak

Apabila ciri thermostat kulkas rusak sebelumnya muncul di lemari pendingin Anda, maka lakukan penggantian komponen tersebut sendiri atau memakai jasa dari teknisi yang sudah ahli. Berikut proses penggantiannya.

  • Buka mur penutup memakai obeng dengan tipe yang sesuai
  • Lepaskan soket kabel yang terkoneksi ke timer
  • Lepaskan thermostat yang rusak
  • Ambil thermostat baru yang dapat dibeli di pasaran dengan harga thermostat kulkas beragam sesuai tipe dan merk
  • Pasang pada kondisi yang tepat
  • Pasang kembali mur dengan obeng sampai benar-benar sempurna
  • Selesai

Itu dia informasi tentang ciri thermostat kulkas rusak yang bisa menyebabkan proses pendinginan bahan makanan atau minuman menjadi tidak optimal. Segera ganti dengan membeli komponen baru dan mengatur suhu thermostat dengan bijak agar tidak cepat mengalami kerusakan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment