Cara Menggunakan Kode Remot TV Sharp Semua Tipe

Pada saat remote tv Sharp Anda rusak, salah satu solusinya adalah menggunakan remote universal. Namun untuk dapat menggunakan remot tersebut Anda harus mencari tahu dulu kode remot tv Sharp.

Seperti diketahui, sistem dan cara kerja dari remote tv universal ini adalah dengan memasukkan kode dari tv Sharp yang digunakan. Kode tersebut berfungi untuk menghubungkan remot dengan tv Sharp.

Untuk mengetahui kode tv tersebut, pastinya tidak terlalu sulit. Nah, bagi Anda yang ingin mencari kode tersebut, maka bisa melihat pada beberapa ulasan yang ada di bawah ini.

Tentang Remote Universal

kode remote universal Sharp

Bagi Anda yang belum tahu, remote universal ini merupakan alat yang bisa digunakan untuk remote pengganti pada berbagai merek TV. Dibandingkan membeli remot original baru, umumnya orang lebih memilih beli yang universal.

Alasannya tentu karena harga dari produk remote universal ini lebih terjangkau dibandingkan remote original. Selain itu, melihat dari fungsinya juga tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua remote tersebut.

Untuk dapat menggunakan remote universal tersebut dibutuhkan proses untuk menghubungkan tv dengan remote tersebut. Caranya sangat sederhana yakni tinggal memasukkan saja kode-kode tv ke remote universal.

Kode Remote Sharp

Telah dijelaskan sebelumnya tentang remote universal secara umum. Selanjutnya, pada bagian ini akan diberikan berbagai macam kode Sharp yang dapat Anda gunakan untuk menghubungkan remote universal ke tv Sharp.

Untuk mendapatkan kode tv tersebut, sebenarnya dari buku manual remote sudah diberikan. Namun, Anda juga bisa mencari tahu kode tersebut lewat pencarian google agar bisa lebih spesifik lagi.

Nah, agar Anda lebih mudah dalam mencari kode remot Universal Sharp ini, berikut akan diberikan daftar-daftar kode remote universal dari TV Sharp.

1. Kode Remot TV Sharp Tabung

Perlu diketahui, tv Sharp mempunyai berbagai macam jenis yang ada di pasaran. Salah satu jenis yang paling umum dimiliki oleh banyak orang adalah tv Sharp yang masih berbentuk layar tabung.

Baca Juga:  Pengertian Kapasitor Elektrolit, Fungsi, Jenis, Serta Contohnya

Meskipun sudah mulai banyak ditinggalkan, namun tv tersebut masih ada yang menggunakan. Untuk Anda yang mencari kode tv Sharp tabung tersebut, maka langsung saja lihat daftar kodenya di bawah ini.

  • 003
  • 016
  • 018
  • 025
  • 135
  • 136
  • 137

Kurang lebih, seperti itulah kode remot tv tabung Sharp yang dapat Anda gunakan. Cobalah kode tersebut satu persatu sampai pada akhirnya menemukan yang tepat untuk digunakan pada tv Sharp Anda.

2. Kode Remot TV Sharp LED / LCD

Selain tv tabung, saat ini yang paling sering digunakan oleh orang adalah tv Sharp yang sudah LED atau LCD. Nah, bagi Anda yang menggunakan jenis tv tersebut, maka berikut ini adalah kode tv Sharp LED/LCD yang dapat Anda coba masukkan ke remote universal.

  • 003
  • 018
  • 135
  • 136
  • 137

Seperti dilihat pada penjelasan di atas, terdapat banyak kode remot sharp yang dapat digunakan. Hal itu karena saat memasukkan kode ke remote, tidak semuanya langsung benar sehingga Anda perlu mencoba-coba nomor mana yang tepat.

Cara Memasukan Kode Remote TV Sharp Universal

Apabila Anda sudah mendapatkan kodenya pada bagian sebelumnya, maka berikutnya akan dijelaskan tentang setting remote tv Sharp universal. Secara keseluruhan, cara memasukkan kode tersebut tidak memerlukan perlakuan yang khusus.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, siapkan terlebih dahulu remote tv universal yang akan digunakan. Untuk mereknya bebas sesuai dengan selera Anda.
  • Jika sudah, maka segera siapkan remote dan isi dengan baterai
  • Setelah itu, hidupkan tv Sharp Anda baik yang tabung, LCD, maupun LED.
  • Kemudian, arahkanlah remote universal ke bagian receiver sinyal tv
  • Selanjutnya, tekan dan tahanlah beberapa saat tombol “SET” pada remote
  • Tekanlah juga bagian power button remote
  • Apabila lampu indikator sudah mati, maka lepaskanlah tekanan pada tombol
  • Lalu, tinggal coba masukkan saja berbagai kode sharp yang telah diberikan sebelumnya. Masukkan kombinasi kode tersebut secara berurutan
  • Jika kode yang dimasukkan benar, maka secara otomatis remote universal dapat digunakan pada tv Sharp.
  • Selesai
Baca Juga:  Berapa Daya Kulkas Sharp 1 Pintu? Ini Besaran Energi yang Dibutuhkan!

Dalam mencari kode yang tepat tentu bisa dilakukan dengan mencobanya satu persatu ke remote. Untuk mengecek apakah kode sudah benar, Anda bisa cek dengan tekan volume button ke televisi.

Apabila sudah muncul indikator volume, maka artinya pengaturan remote universal sudah benar. Sementara jika tv sudah respons namun fungsi remote belum tepat, maka bisa untuk mencoba kode Sharp lainnya.

Cara Setting Remote Universal Tanpa Kode

Hal yang mungkin kerap menjadi masalah pada cara setting remot tv Sharp universal ini adalah semua kode yang dicoba tidak ada yang berhasil. Apabila hal tersebut terjadi, biasanya disebabkan karena memang tipe dari tv tidak cocok dengan kodenya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mencoba input kode Sharp dengan seri di atasnya. Selain mencoba hal tersebut, Anda juga dapat melakukan pengaturan remot universal tanpa kode berikut ini.

  • Siapkan remote universal yang dimiliki
  • Pastikan baterai remote tv dalam kondisi terisi
  • Hidupkan tv Sharp milik Anda dengan tekan power button
  • Jika sudah, arahkan remote universal ke tv
  • Tekan dan tahan beberapa saat tombol “SET” di remote universal
  • Tunggulah beberapa saat untuk memberikan waktu remote untuk scanning otomatis. Tandanya lampu indikator berkedip.
  • Apabila channel sudah berpindah, maka bisa lepaskan tombol SET.
  • Remote universal siap untuk digunakan.

Mengapa Remote TV Universal Sharp Tidak Bisa Digunakan?

Pada saat proses memasukkan kode ke remote, terkadang ada saja masalah yang membuatnya tidak berhasil. Namun, semua hal tersebut dapat terjadi pastinya karena ada yang menjadi penyebabnya.

Berikut adalah beberapa penyebab mengapa remote tv universal tidak bisa digunakan.

1. Salah Kode

Penyebab pertama mengapa remot universal Anda gagal dihubungkan adalah karena kode tv yang digunakan salah. Perlu diketahui, jenis dan seri dari tv Sharp ini ada banyak sekali macamnya mulai dari tv tabung sampai dengan tv LED.

Baca Juga:  5 Cara Mematikan Timer AC Sharp, Mudah dan Cepat

Berdasarkan hal itu, pastinya kode remote universal-nya juga ada banyak. Oleh karena itu, pada saat memasukkan kode ke remote bisa saja Anda salah dalam memilih kode tv Sharp sesuai yang digunakan.

2. Remote Low Battery

Seperti halnya peralatan elektronik lainnya, remot universal ini membutuhkan daya dari baterai agar bisa berfungsi dengan baik. Apabila digunakan saat kondisi baterai lemah, maka bisa membuat proses menghubungkan dengan tv bisa gagal.

3. Remote Rusak

Penyebab selanjutnya remote universal tidak bisa dihubungkan adalah karena memang remote dalam kondisi rusak. Apabila rusak, tentu alat tersebut tidak dapat mengirimkan sinyal dengan baik ke tv Sharp Anda.

4. Receiver TV Rusak

Selain kerusakan pada remote, kegagalan untuk menghubungkan remote universal bisa disebabkan juga karena receiver tv rusak. Apabila receiver tersebut rusak, maka kode Sharp tv yang dikirimkan dari remote tidak akan bisa diterima oleh tv.

Berbagai penyebab di atas tentu wajib untuk Anda jadikan perhatian. Dengan begitu, pada saat proses menghubungkan remote ke tv, Anda bisa melakukannya dengan lancar tanpa mengalami gangguan.

Itulah tadi informasi tentang kode remot TV Sharp beserta cara untuk menggunakannya. Pastikanlah Anda menggunakan kode tv yang benar agar tv Sharp bisa dihubungkan dengan remote universal yang digunakan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment