Ciri Timer Kulkas Rusak agar Bisa Cepat Ketahuan

Fitur timer biasanya ditemukan pada kulkas yang menggunakan dua pintu. Mengingat pentingnya fitur tersebut, Anda perlu mengetahui apa saja ciri timer kulkas rusak supaya dapat segera di atasi masalahnya.

Untuk yang belum tahu, timer tersebut mempunyai fungsi sebagai pengatur waktu proses defrost dan juga pendinginan. Jadi, freezer dapat terbebas dari menumpuknya bunga es yang jika dibiarkan akan mengganggu fungsinya.

Secara umum, terdapat beberapa pertanda yang dapat dibaca untuk mengetahui kondisi dari mesin pengatur waktu tersebut. Nah, berikut ini adalah berbagai macam penjelasan dari ciri-cirinya.

Mengenal Sistem Timer Pada Kulkas

Guna lebih memahami tentang pertanda pengatur waktu di kulkas sudah tidak berfungsi, diperlukan juga pemahaman tentang bagaimana cara kerjanya. Hal ini bisa menjadi bekal bagi Anda untuk melihat apakah timer masih berfungsi secara baik atau tidak.

Pada umumnya, ada dua macam timer yang dipakai pada kulkas, yakni timer 1-3 dan juga timer 1-4. Berdasarkan mekanisme, kedua tipe tersebut tidak memiliki begitu banyak perbedaan.

Hal yang menjadi pembeda adalah posisi dari pemasangan kabel sebagai sumber listrik AC saja. Berikutnya, Anda dapat melihat cara kerja dari pengatur waktu di lemari es tersebut pada penjelasan berikut ini.

  • Pada saat lemari es terhubung ke aliran listrik, timer akan menyalurkan aliran listrik ke kompresor. Hal itu membuat proses pendinginan dimulai karena adanya sirkulasi dari cairan pendingin.
  • Ketika ruang di dalam kulkas sudah mencapai tingkat dingin tertentu, timer akan menghentikan aliran listrik yang mengalir ke kompresor untuk kemudian listrik akan disalurkan ke fuse defrost.
  • Adanya listrik ke fuse defrost akan membuat pendinginan berhenti dan defrost akan berjalan. Defrost akan membuat bunga es terkendali sehingga tidak akan memenuhi ruang pendingin atau freezer kulkas.
Baca Juga:  Inilah 3 Fungsi Kiprok Pada Motor dan Cara Merawatnya

Berdasarkan ulasan di atas, dapat terlihat jelas bahwa peranan timer ini sangat penting untuk menjaga sistem di freezer. Dengan pengaturan waktu yang masih baik, kondisi dari freezer dapat terjaga sehingga kinerja kulkas dapat optimal.

Cara Mengecek Kondisi Timer Kulkas

Ciri Timer Kulkas Rusak agar Bisa Cepat Ketahuan

Selanjutnya, akan dijelaskan juga tentang bagaimana cara untuk mengecek kondisi dari timer-nya. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, posisi pengatur waktu kulkas terletak di bagian belakang tepatnya di kiri kompresor atau bawah pintu.

Berikut adalah langkah-langkah pengecekannya:

  • Untuk pengecekannya, Anda perlu melepaskannya dari badan kulkas. Setelah itu, perhatikanlah apakah keadaan kulkas dalam kondisi defrost atau stand by.
  • Selanjutnya, gunakanlah obeng minus kecil lalu putar lubang kecil pada pengatur waktu hingga terdengar “klik”. Lihatlah lagi apakah kondisi kulkas dalam keadaan defrost atau stand by.
  • Pada kondisi tersebut, timer haruslah berada dalam keadaan hidup. Jika seperti itu, tandanya kondisinya masih terbilang bagus. Namun, jika timer-nya tidak jalan, maka itu menandakan terdapat kerusakan.

Apabila ditemui kondisi timer yang sudah rusak, maka Anda dapat segera melakukan tindakan penanganan. Caranya bisa dengan memperbaiki sendiri dengan mencari sumber masalahnya atau menyerahkan hal tersebut ke teknisi profesional.

Namun, sebagai saran lebih baik serahkan saja permasalahan tersebut pada ahlinya. Pasalnya, kulkas ini termasuk barang elektronik dengan komponen rumit dan bertegangan tinggi sehingga perlu skill serta wawasan khusus untuk memperbaikinya.

Ciri Timer Kulkas Rusak

Selain melakukan pengecekan, Anda bisa juga mengetahui kerusakan pada timer kulkas LG 2 pintu dan merek lainnya melalui beberapa ciri. Berikut adalah tanda dan ciri saat timer pada kulkas Anda mengalami kerusakan atau mati.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kapasitor untuk Tweeter Lapangan

1. Kulkas Tidak Dapat Beroperasi Normal

Perlu diketahui, pengatur waktu di kulkas itu langsung terhubung ke sumber arus listrik. Jadi, apabila ada masalah atau kerusakan di dalamnya, aliran listrik tidak akan dapat mengalir ke kulkas.

Hal itu tentu membuat kulkas tidak bisa beroperasi seperti biasanya. Kondisi tersebut tidak akan berbeda meskipun Anda mencoba menghubungkan mesin ke sumber aliran listrik lainnya di rumah.

Untuk mengetahui lemari es masih bekerja atau tidak, Anda dapat mengeceknya memakai Ampere meter. Jika memang kondisi dari timer memang rusak, maka saat dicek tidak akan muncul besar arus pada ampere meter.

2. Tidak Terjadi Proses Pendinginan

Pada saat mesin lemari es sudah dihubungkan ke listrik dalam beberapa jam namun tetap tidak dingin, maka itu bisa disebabkan adanya kerusakan di pengaturan waktunya. Biasanya, kerusakan terjadi karena switch tidak berjalan normal.

Switch merupakan alat yang berfungsi untuk menyalurkan aliran listrik ke bagian kompresor. Apabila alat tersebut rusak, pastinya kompresor jadi tidak bekerja sehingga proses pendinginan tidak dapat terjadi.

Ketika hal tersebut terjadi, lemari es tidak akan terasa dingin meskipun Anda menghidupkannya dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, saat Anda melihat ciri timer kulkas rusak seperti ini, segera lakukan tindakan perbaikan agar lemari es bisa berjalan normal.

3. Bunga Es Tebal

Ketika membuka freezer dan menemukan bunga es yang banyak dan tebal, itu merupakan salah satu ciri timer kulkas rusak. Seperti diketahui, bunga es akan muncul saat suhu di freezer sangat dingin sehingga kandungan air di udara akan membeku dan menumpuk.

Munculnya bunga es tersebut dapat dikendalikan oleh mesin defrost. Akan tetapi, fungsi dari mesin defrost ini tergantung dari switch yang terdapat di pengaturan waktu lemari pendingin seperti halnya kompresor.

Baca Juga:  Informasi Tabel Datasheet Dioda Lengkap dan Jenis-Jenisnya

Nah, saat switch tersebut rusak, maka proses kinerja dari kompresor dan juga defrost dapat terganggu. Alhasil, bunga es yang muncul di freezer tidak dapat dikendalikan sehingga akhirnya menumpuk memenuhi ruangan.

4. Kompresor Terus Bekerja

Telah diketahui dari pembahasan sebelumnya, kompresor ini cara bekerjanya dikendalikan dan tergantung dengan kondisi switch. Kompresor akan bekerja pada saat switch mengalirkan arus listrik ke dalamnya.

Artinya, kompresor ini akan menyala dan berhenti tergantung dari switch tersebut. Cara kerjanya adalah dengan menyambung dan memutus aliran listrik dari sumber yang mengalir ke bagian kompresor.

Namun, saat ada kerusakan di bagian pengatur waktu tersebut, proses penyambungan dan pemutusan arus ke kompresor jadi terganggu. Hal itu dapat membuat kompresor yang tadinya bisa diatur kerjanya menjadi terus menyala.

Kondisi tersebut membuat suhu pada ruangan freezer terus menurun karena kompresor terus bekerja. Hal itu jika terus terjadi dapat menimbulkan jumlah bunga es yang cukup besar sehingga akan mengganggu kinerja dari lemari es.

Berbagai macam ciri di atas tentunya juga berlaku untuk timer kulkas sharp 2 pintu ataupun merek lainnya. Pahami ciri tersebut agar bisa segera dilakukan tindakan untuk memperbaiki masalahnya.

Timer pada kulkas mempunyai fungsi penting supaya kulkas dapat tetap bekerja secara normal. Hal itu karena alat tersebut dapat mengatur kapan hidup dan matinya kompresor serta defrost di dalam lemari es.

Pada saat terjadi kerusakan pada alat tersebut, baik kompresor maupun defrost tidak bisa melakukan tugasnya secara normal. Anda dapat mengetahui kerusakan tersebut dengan memahami ciri timer kulkas rusak yang telah dijelaskan di atas.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment